Journal of Education Action Research
Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes widely available and exemplifying the variety of possible styles of reporting. It aims to establish and maintain a review of the literature of action research. It also provides a forum for dialogue on the methodological and epistemological issues, enabling different approaches to be subjected to critical reflection and analysis.
Articles
15 Documents
Search results for
, issue
"Vol 4 No 2 (2020): May 2020"
:
15 Documents
clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI
Ginting, Evi Susanti
Journal of Education Action Reseach Vol 4 No 2 (2020): May 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v4i2.12334
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII A 1 SMP Negeri 1 Singaraja melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan bantuan media gambar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A 1 SMP Negeri 1 Singaraja, berjumlah 30 orang dengan rincian 15 orang putra dan 15 orang putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data rata-rata nilai keterampilan menulis cerita fantasi siklus I yaitu sebesar 72,46 dengan ketuntasan klasikal 43,33% dan rata-rata nilai keterampilan menulis teks tanggapan kritis pada siklus II yaitu sebesar 81, 76 dengan ketuntasan klasikal 86,67%. Dari data hasil belajar tersebut dapat dikatakan bahwa hasil belajar keterampilan menulis cerita fantasi pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 9.3. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar keterampilan menulis cerita fantasi meningkat melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan media gambar pada siswa kelas VII A 1 SMP Negeri 1 Singaraja.
Efektivitas Metode Diskusi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Agama Hindu
Suardana, Made
Journal of Education Action Reseach Vol 4 No 2 (2020): May 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v4i2.24735
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu siswa klas V SD Negeri 1 Tianyar Tengah Semester 1 tahun ajaran 2018/2019. Metode diskusi dipilih dengan pertimbangan metode ini akan membangkitkan semangat siswa dengan cara siswa belajar dengan temannya yang merupakan tutor sebaya. Disamping itu siswa akan terbiasa berfikir kritis, kreatif dan mampu berpendapat sehingga dapat meningkatkan pemahamannya. Dengan meningkatnya pemahaman maka hasil belajarnya juga meningkat. Penerapan metode ini tentunya tidak akan berdiri sendiri,namun tetap didukung dengan metode yang lain, hanya saja prioritas tetap pada metode diskusi. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dinyatakan bahwa dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu pada siswa. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan nilai hasil belajar yang diperoleh siswa. Pada akhirnya, jumlah siswa yang mencapai nilai ≥75 semakin banyak dan mencapai kriteria keberhasilan yaitu 75%. Peningkatan presentase pencapaian KKM siswa pada siklus I sebesar 57,14% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan rata-rata hasil belajar pendidikan agama hindu siswa pada siklus I sebesar 75,23, dan pada siklus II meningkat menjadi 86,19. Oleh karena itu, pada penelitian ini siswa yang mendapatkan nilai ≥75 mencapai kriteria keberhasilan yaitu ≥75%, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil dan di hentikan pada siklus II.
Penggunaan Model Pembelajran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris
Ardana, Gusti Ngurah Alit
Journal of Education Action Reseach Vol 4 No 2 (2020): May 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v4i2.24783
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gianyar tahun pelajaran 2018/2019 semester II dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas IX H di SMP Negeri 1 Gianyar melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX H SMP Negeri 1 Gianyar yang berjumlah 39 orang dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Data tentang prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode tes dengan instrumanya yaitu berupa tes prestasi belajar. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas IX H SMP Negeri 1 Gianyar pada semester II tahun pelajaran 2018/2019. Skor rata-rata prestasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata kelas prestasi belajar pada awal pembelajaran hanya mencapai 67,94, siklus I meningkat menjadi 74,61 pada siklus II menjadi 83,58. Ketuntasan klaksikal awal hanya mencapai 41,02%, pada siklus I meningkat menjadi 61,53% dan pada siklus II menjadi 92,30%.
Penerapan Model Pembelajran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Bimbingan Individu dan Kelompok untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika
Balik, I Wayan
Journal of Education Action Reseach Vol 4 No 2 (2020): May 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v4i2.24784
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gianyar tahun pelajaran 2018/2019 semester II dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Gianyar melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan metode bimbingan individu dan kelompok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Gianyar yang berjumlah 36 orang dalam mata pelajaran Matematika. Data tentang prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode tes dengan instrumanya yaitu berupa tes prestasi belajar. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan metode bimbingan individu dan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Gianyar pada semester II tahun pelajaran 2018/2019. Skor rata-rata prestasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata kelas prestasi belajar pada awal pembelajaran hanya mencapai 67,22, siklus I meningkat menjadi 75,00 pada siklus II menjadi 83,33. Ketuntasan klaksikal awal hanya mencapai 19,44%, pada siklus I meningkat menjadi 52,77% dan pada siklus II menjadi 94,44%.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENYANYI MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE
Sriani, Ni Wayan
Journal of Education Action Reseach Vol 4 No 2 (2020): May 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v4i2.24804
Penelitian ini dilaksanakan di TK Swadharma Sastra 1 Lebih di kelompok B1 yang kemampuan siswanya dalam pelajara Menyanyi masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan prestasi belajar menyanyi siswa kelompok B1 TK Swadharma Sastra 1 Lebih. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 58,22, pada siklus I menjadi 64,83 dan pada siklus II menjadi 75,83. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan prestasi belajar Menyanyi siswa kelompok B1 TK Swadharma Sastra 1 Lebih.
Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika
Manik, I Ketut
Journal of Education Action Reseach Vol 4 No 2 (2020): May 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v4i2.24805
Penelitian ini dilaksanakan di Satdik SD Negeri 1 Tulamben di Kelas VI sebanyak 37 orang yang kemampuan siswanya untuk materi matematika cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar matematika siswa dapat meningkat. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Siklus I rata-ratanya 64,595, dengan ketuntasan 64,86%. Sedangkan rat-rata siklus II mencapai 72,568, dengan presentase ketuntasan 97,30%. Dari Siklus I ke Siklus II terjadi kenaikan rata-rata prestasi belajar matematika sebesar 7,973, sedangkan presentase ketuntasan belajarnya naik 32.44%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan prestasi belajar.
Implementasi Supervisi Klinis Berbasis Konsep Tri Hita Karana (THK) Untuk Meningkatkan Kinerja Guru
Putriasih, Ni Nyoman
Journal of Education Action Reseach Vol 4 No 2 (2020): May 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v4i2.24874
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kinerja Guru di SD Negeri 1 Banyuning Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah diterapkan Supervisi Klinis Berbasis Konsep Tri Hita Karana (THK). Subjek penelitian ini adalah seluruh Guru di SD Negeri 1 Banyuning Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 14 orang. Metode pengumpulan data dalam peneltian ini menggunakan metode observasi untuk mengumpulkan data. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian siklus I Hasil Kinerja guru adalah pada perencanaan mencapai 74,0, pelaksanaan 73,5 dan pada penilaian mencapai 74,9. Pada siklus II hasil penelitian meningkat menjadi : pada perencanaan 87,3, pelaksanaan 88,1 dan pada penilaian mencapai 88,0. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui Implementasi Supervisi Klinis Berbasis Konsep Tri Hita Karana (THK) dapat Meningkatkan Kinerja Guru di SD Negeri 1 Banyuning Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018018.
IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA MONOLOG PENDEK BERBENTUK PROSEDUR
Teiseran, Gaudentia Gratiana
Journal of Education Action Reseach Vol 4 No 2 (2020): May 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v4i2.24923
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris dalam monolog pendek berbentuk procedure melalui penerapan metode Demonstrasi. Penenitian ini berbentuk penelitian Tindakan kelas(Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus berlangsung 2 kali pertemuan di setiap siklusnya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model Stephen Kemmis dan Mc. Taggart (1998) yang diadopsi oleh Burns (2010) dengan pola Perencanaan-Pelaksanaan-Pengamatan dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas VII-F SMP Negeri 5 Abiansemal semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 26 orang. Data ketrampilan berbicara dikumpulkan dengan menggunakan tes, yang dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukan peningkatan pada aspek kosa kata 84,62% di siklus I dan 96,15% di siklus II dengan peningkatan sebesar 11,53%. Peningkatan keterampilan berbicara siswa pada aspek ketepatan logika urutan Langkah-langkah pembuatan(Steps) adalah 19,23% pada siklus I dan 76,92% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 57,69% . Peningkatan keterampilan berbicara siswa terlihat pada aspek kelancaran berbicara 23,08% pada siklus I dan 76,92% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 57,69%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa Metode demonstrasi pada pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan keterampilan berbicara monolog berbentuk procedure pada siswa . kelas VII-F SMP Negeri 5 Abiansemal semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020
IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU
Kusumawati, Gusti Ayu
Journal of Education Action Reseach Vol 4 No 2 (2020): May 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v4i2.24984
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kinerja guru SD di Gugus 3 Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020 setelah diimplementasikannya supervisi akademik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah guru SD di Gugus 3 Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar yang berjumlah 58 orang guru. Data kinerja guru pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: apabila rata-rata kinerja guru minimal pada kategori Tinggi, dan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa implementasi supervisi akademik secara efektif dapat meningkatkan kinerja guru SD di gugus 3 Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar Semester I tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini ditunjukkan dari rerata kinerja guru sebelum penelitian sebesar 120,64 berada pada kategori sedang, meningkat pada siklus I menjadi 141,98 berada pada kategori tinggi dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 174,57 berada pada kategori sangat tinggi.
PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI KELOMPOK KERJA GURU (KKG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG INOVATIF
Supatni, Ni Made
Journal of Education Action Reseach Vol 4 No 2 (2020): May 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.23887/jear.v4i2.25002
Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang inovatif di SD Negeri 3 Belega pada semester I tahun pelajaran 2019/2020 dengan menggunakan pendekatan Saintifik melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara melakukan supevisi dengan instrumen. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kemampuan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang inovatif, hanya mencapai nilai 73,55 dan ketuntasan baru mencapai 33,33%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat ketuntasan pelaksanaan proses pembelajaran minimal 81,77. Rata-rata nilai siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-ratanya mencapai 81,11 dan prosentase ketuntasannya mencapai 66,66%. Pada siklus II perolehan rata-ratanya sudah mencapai 90,00 dan persentase ketuntasan sudah mencapai 100%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan, yaitu penggunaan pendekatan Saintifik melalui Kelompok Kerja Guru dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang inovatif di SD Negeri 3 Belega pada semester I tahun pelajaran 2019/2020.