cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Journal of Education Action Research
ISSN : 25804790     EISSN : 25493272     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes widely available and exemplifying the variety of possible styles of reporting. It aims to establish and maintain a review of the literature of action research. It also provides a forum for dialogue on the methodological and epistemological issues, enabling different approaches to be subjected to critical reflection and analysis.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2022): February 2022" : 20 Documents clear
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VI dengan Menggunakan Metode Cooperative Learning Sunilawati, Ni Made
Journal of Education Action Reseach Vol 6, No 1 (2022): February 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i4.40572

Abstract

Masih banyak guru yang menggunakan metode pembelajaran konvensional saat melaksanakan proses pembelajaran dan masih kurangnya kemampuan guru dalam mengevaluasi materi yang telah disampaikanmenyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi PKn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas VI melalui penerapan metode Cooperative Learning. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD yang berjumlah 34 orang, terdiri atas 15 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Data yang diperoleh/dikumpulkan berupa data yang langsung tercatat selama pembelajaran di kelas. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil temuan menunjukkan nilai rata-rata klasikal yang dicapai pada data awal adalah 68,24 dengan ketuntasan yang dicapai 65%, meningkat pada siklus I menjadi 76,47 dengan ketuntasan yang dicapai 76% dan nilai rata-rata klasikal yang dicapai siklus II yaitu 84,12 dengan ketuntasan 100%. Maka, metode Cooperative Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PKn di Kelas VI semester I SD. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Upaya Optimalisasi Prestasi Belajar Matematika melalui Pemberian Tes secara Kontinu pada Siswa Kelas XI Kayon, I Wayan
Journal of Education Action Reseach Vol 6, No 1 (2022): February 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v6i1.44768

Abstract

Banyaknya siswa yang kurang tertarik terhadap matematika menyebabkan penguasaan dan pemahaman siswa terhadap matematika masih rendah. Hal ini berimbas pada prestasi belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan prestasi belajar matematika melalui pemberian tes secara kontinu pada siswa kelas XI. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas XI yang terdiri atas 23 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Data dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian prestasi belajar prasiklus menunjukan bahwa rata-rata nilai prestasi belajar Matematika sebesar 61,71 dengan daya serap belajar mencapai 62%, serta ketuntasan klasikal 53%. Nilai prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata nilai kelas sebesar 74,41 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,12. Untuk daya serap pada siklus I mencapai 82% meningkat pada siklus II menjadi 82%. Sedangkan untuk ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 71% dan pada siklus II mencapai 88%. Jadi, proses pembelajaran dengan pemberian tes secara kontinu dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar lebih giat agar mampu menyelesaikan soal tes yang diberikan dengan nilai yang baik.
Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan Marheni, Made Sri
Journal of Education Action Reseach Vol 6, No 1 (2022): February 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v6i1.44468

Abstract

Kompetensi guru dalam menyusun rencana pembelajaran khususnya silabus dan RPP masih tergolong rendah. Jumlah guru yang menyusun silabus dan RPP sebelum mengajar masih belum maksimal. Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Abad 21 melalui penerapan supervisi akademik yang berkelanjutan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru di SD yang jumlahnya 10 orang. Data dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen berupa lembar observasi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP sesuai dengan abad 21 pada prasiklus sebesar 67,17 yang tergolong cukup, meningkat pada siklus I menjadi 71,22 yang tergolong cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,00 yang berada pada kategori baik. Maka supervisi akademik berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP sesuai dengan abad 21. Implikasi kegiatan supervisi untuk membantu guru dalam mengelolah proses pembelajaran dan juga membantu meningkatkan mutu pendidikan, meningkatkan kualitas kinerja atau profesionalisme guru, dan meningkaatkan situasi pembelajaran dalam kelas.
Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Akhlak Terpuji Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Marliah, Marliah
Journal of Education Action Reseach Vol 6, No 1 (2022): February 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v6i1.44291

Abstract

Peserta didik yang aktif, kreatif, dan mampu mengembangkan potensi dirinya masih belum banyak. Hal ini akan memengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar akidah akhlak pada materi akhlak terpuji kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif komparatif dan deskriptif komunikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik sebesar 11,21% dari pra siklus ke siklus I dan 11,52 % dari siklus I ke siklus II. Penerapan model pembelajaran Index Card Match juga dapat meningkatkan hasil belajar dengan peningkatan sebesar 21,21% dari pra siklus ke siklus I dan 12,12% dari siklus I ke siklus II dengan kategori tinggi. Model Pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Diharapkan temuan ini dapat disosialisasikan pada teman sejawat dalam satu rumpun bidang studi, teman satu madrasah, atau dalam MGMP Akidah Akhlak.
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Mice Target Board untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Mertayasa, I Wayan
Journal of Education Action Reseach Vol 6, No 1 (2022): February 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v6i1.41914

Abstract

Siswa kurang aktif memperhatikan penjelasan guru dalam proses pembelajaran, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah. Hal ini memberikan dampak rendahnya hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar IPS siswa Kelas V SD melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media mice target board. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap-tiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi/evaluasi, dan tahap refleksi. Data hasil belajar IPS siswa dikumpulkan dengan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil belajar IPS siswa pada siklus I sebesar 67% dalam kategori sedang dan hasil belajar IPS siswa pada siklus II menjadi sebesar 82% dalam kategori tinggi. Jadi, hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan sebesar 15% dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media mice target board dapat meningkatkan hasil belajar IPS Kelas V SD. Model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga menghasilkan output yang lebih baik, khususnya dalam mata pelajaran IPS.
Supervisi yang Berkesinambungan untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Proses Pembelajaran Tistawati, Ni Ketut
Journal of Education Action Reseach Vol 6, No 1 (2022): February 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v6i1.44467

Abstract

Kurangnya kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran disebabkan karena wawasan guru tentang pembelajaran inovatif, diksusi dengan teman sejawat tentang kendala-kendala yang ditemui ketika melaksanakan proses pembelajaran belum dipahami dengan maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Rancangan masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru-guru yang berjumlah 9 orang. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yaitu pada prasiklus tingkat kemampuan guru melaksanakan pembelajaran sebesar 69,60% yang tergolong cukup, pada siklus II menjadi 73,77 yang tergolong cukup, dan pada siklus II menjadi 77,31 yang tergolong baik. Maka, kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sudah baik melalui pelaksanaan supervisi yang berkesinambungan. Implikasi penelitian diharapkan adanya kesediaan untuk menerima perbaikan sebagai upaya meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanaan pembelajaran.
Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Termokimia Antara, I Pande Putu Alit
Journal of Education Action Reseach Vol 6, No 1 (2022): February 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v6i1.44292

Abstract

Penelitian tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Semarapura di Kelas XI MIPA.4 Semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang kemampuan siswanya untuk pelajaran kimia cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes hasil belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 76,54 dengan ketuntasan belajarnya 71,43%, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 80,77 dengan ketuntasan belajarnya 88,57% dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 84,49 dengan ketuntasan belajarnya 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan  hasil belajar kimia pada pokok bahasan termokimia.
Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD Sutarningsih, Ni Luh
Journal of Education Action Reseach Vol 6, No 1 (2022): February 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v6i1.44929

Abstract

Rendahnya mutu belajar peserta didik, kurang aktifnya peserta didik dalam pembelajaran, kebiasaan peserta didik menunggu instruksi guru, dan kesibukan guru dengan kegiatan-kegiatannya menyebabkan pembelajaran yang diselenggarakan belum maksimal. Hal ini memberikan dampak buruk terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD melalui penerapan model pembelajaran Inquiry. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran Inquiry. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahapan prasiklus, prestasi belajar siswa hanya mencapai 63,65 dengan ketuntasan belajar 38,46%. Pada siklus I, meningkat menjadi 68,85 dengan ketuntasan belajar 65,38%. Pada siklus II meningkat menjadi 75,19 dengan ketuntasan belajar 88,46%. Maka, penerapan model Inquiry dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak terhadap hasil belajar serta prestasi belajar siswa.
Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX SMP Sukadana, I Nyoman
Journal of Education Action Reseach Vol 6, No 1 (2022): February 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v6i1.44594

Abstract

Kurangnya partisipasi siswa dalam menyelesaikan soal ataupun masalah-masalah dalam pembelajaran menyebabkan hasil belajar IPA menjadi rendah. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IX melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media konkret. Subjek penelitian ini adalah semua siswa yang berjumlah 41 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi dan tes. Penelitian terdiri atas dua siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa indikator keberhasilan belum tercapai karena rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 72 dan prosentase ketuntasan belajar kelasikal sebesar 63% dengan tingkat kategori hasil belajar “sedang”. Rata-rata hasil belajar pada siklus II adalah 82 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 98% berada pada tingkat kategori “baik”. Jadi, model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Implikasi penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi siswa mampu meningkatkan rasa antusias, motivasi, dan pencapaian kompetensi pengetahuan siswa.
Upaya Peningkatan Hasil dan Aktivitas Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Materi Limit Fungsi Fadilah, Siti
Journal of Education Action Reseach Vol 6, No 1 (2022): February 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v6i1.44293

Abstract

Pembelajaran matematika masih dianggap sulit oleh siswa. Hal ini menyebabkan hasil dan aktivitas belajar siswa menurun. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil dan Aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Think Pair Share. Subjek penelitian berjumlah 26 orang, obyek penelitian peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi komparatif dengan membandingkan hasil belajar pada kondisi awal dengan hasil belajar yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskripsi kualitatif dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 7,4 yaitu dari 72,65 pada siklus I menjadi 80,05 pada siklus II dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 22 orang (85%); 2) terjadi peningkatan rerata aktivitas belajar sebesar 32,5%, yaitu dari 45% pada siklus I menjadi 77,5% pada siklus II. Model pembelajaran Think Pair Share terbukti dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada materi Limit Fungsi. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi limit fungsi, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 2 (2025): May Vol 9 No 1 (2025): February Vol 8 No 3 (2024): August 2024 Vol 8 No 2 (2024): May 2024 Vol 8 No 1 (2024): February 2024 Vol 8 No 4 (2024): November Vol 7 No 4 (2023): November 2023 Vol 7 No 3 (2023): August 2023 Vol 7 No 2 (2023): May 2023 Vol 7 No 1 (2023): February 2023 Vol 6 No 4 (2022): November 2022 Vol 6 No 3 (2022): August 2022 Vol 6 No 2 (2022): May 2022 Vol 6, No 1 (2022): February 2022 Vol 6 No 1 (2022): February 2022 Vol 5, No 4 (2021): November 2021 Vol 5 No 4 (2021): November 2021 Vol 5, No 3 (2021): August 2021 Vol 5 No 3 (2021): August 2021 Vol 5, No 2 (2021): May 2021 Vol 5 No 2 (2021): May 2021 Vol 5, No 1 (2021): February 2021 Vol 5 No 1 (2021): February 2021 Vol 4, No 4 (2020): NOVEMBER 2020 Vol 4 No 4 (2020): NOVEMBER 2020 Vol 4 No 3 (2020): August 2020 Vol 4, No 3 (2020): August 2020 Vol 4, No 2 (2020): May 2020 Vol 4 No 2 (2020): May 2020 Vol 4, No 1 (2020): February 2020 Vol 4 No 1 (2020): February 2020 Vol 4, No 2 (2020) Vol 4, No 1 (2020) Vol 3 No 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 4 (2019): November 2019 Vol 3 No 3 (2019): August 2019 Vol 3, No 3 (2019): August 2019 Vol 3 No 2 (2019): May 2019 Vol 3 No 1 (2019): February 2019 Vol 3, No 3 (2019) Vol 3, No 2 (2019) Vol 3, No 1 (2019) Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol 2 No 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 3 (2018): August 2018 Vol 2 No 3 (2018): August 2018 Vol 2 No 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 1 (2018): February 2018 Vol 2 No 1 (2018): February 2018 Vol 1, No 3 (2017): November 2017 Vol 1 No 3 (2017): November 2017 Vol 1, No 2 (2017): August 2017 Vol 1 No 2 (2017): August 2017 Vol 1, No 1 (2017): May 2017 Vol 1 No 1 (2017): May 2017 More Issue