cover
Contact Name
JP3M
Contact Email
jp3m.rekarta@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jp3m.rekarta@gmail.com
Editorial Address
https://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jp3m
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M)
ISSN : 26228246     EISSN : 26227673     DOI : https://doi.org/10.36765/jp3m
Core Subject : Education,
Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M) adalah salah satu jurnal yang dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram. JP3M terbit dua kali setahun yakni bulan Mei dan Nopember dengan ISSN 2622-8246 (Cetak) dan ISSN 2622-7673 (Online). Adapun cakupan publikasi meliputi: (1) Pengembangan metode atau model pembelajaran matematika di Sekolah sampai Perguruan Tinggi berbasis pendekatan konstruktivis (PMRI/RME, PBL, CTL, dan sebagainya), (2) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT dan Non ICT, dan (3) Penelitian atau pengembangan/design research di bidang pendidikan matematika, statistika, analisis matematika, komputasi matematika, dan matematika terapan.
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No.1, Mei 2019" : 3 Documents clear
Peramalan Data Penduduk Miskin Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Model Auto Regressive Integrated Moving Average (ARIMA) Mizan, Samsul; Pelangi R, Baiq Dewi; Suriani, Novia; Muhaimin, Rizal; Laili, Nihajatul; Ernita, Weni
JP3M: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol. 2 No.1, Mei 2019
Publisher : Rekarta Academic Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to predict the number of poor people in West Nusa Tenggara (NTB) in 2019. Data used as many as 17 years and processed with a computer program Eviews to see the pattern and results in the auto regressive integrated moving average (ARIMA) model. This modeling phase starts from testing data stationarity, model identification, model estimation, model verification, and forecasting. Based on the results of this study, the prediction of the number of poor people in 2019 was 684,158 people. with MAD error parameters of 30.507,5625, MSE of 1.989.563.779, and MAPE of 3%.
Penerapan Metode Kooperatif Model Group Investigasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VI SD Aspari, Aspari
JP3M: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol. 2 No.1, Mei 2019
Publisher : Rekarta Academic Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Group Investigasi pada siswa kelas VI SDN Pemepek yang dilaksanakan dengan pendekkatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus, pengumpulan data dengan metode Observasi,  interview, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,00%), siklus II (75,00%), siklus III (85,00%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Group Investigasi dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa  kelas VI SDN Pemepek.
Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Yang Memperoleh Pembelajaran PBL dan Mind Mapping Ditinjau Dari Gaya Kognitif Bahri, Samsul; Heniati, Farah
JP3M: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol. 2 No.1, Mei 2019
Publisher : Rekarta Academic Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak  Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pencapaian kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran PBL dan Mind Mapping (MM) ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini merupakan quasi ekseprimen yang melibatkan 97 mahasiswa semester I. Sebanyak 46 mahasiswa memperoleh pembelajaran PBL dan sebanyak 51 mahasiswa memperoleh pembelajaran MM. Analisis penelitian menggunakan Two way ANAVA. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran PBL dan MM, (2) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan field independent, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan komunikasi matematis.

Page 1 of 1 | Total Record : 3