cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
ISSN : 26139677     EISSN : 25992600     DOI : https://doi.org/10.23887
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha" : 10 Documents clear
Efektivitas Flipped Classroom Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Pratiwi, Kadek Ayu Mutiara
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v12i2.37320

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain post test only group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Semarapura sebanyak 275 orang. Sedangkan sampel yang digunakan dipilih secara acak (cluster random sampling) sehingga menghasilkan dua kelompok yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah dengan memberikan intrumen post-test kepada dua kelompok kelas pada akhir penelitian, menghasilkan data hasil belajar matematika siswa. Data dianalisis menggunakan uji-t independent sample pihak kanan dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa H0 ditolak. Hal ini berarti hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran flipped classroom lebih baik dibandingkan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional. Temuan ini menunjukkan keefektifan dari penggunaan flipped classroom learning terhadap hasil belajar matematika pada masa pandemi Covid-19.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL Luthfiyah, Rifdah
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v12i2.34630

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang dituju dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika semester empat Universitas Sriwijaya sebanyak 35 mahasiswa. Tes soal tipe uraian soal problem solving digunakan sebagai teknik pengumpulan data yang dibutuhkan untuk penelitian. Berdasarkan hasil dan pembahasan mengenai kemampuan problem solving  pada materi aritmetika sosial, sehingga disimpulkan bahwa mahasiswa calon guru matematika Universitas Sriwijaya didapatkan yaitu 1) mean kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dikategorikan sangat rendah; 2) semua mean kemampuan pemecahan masalah mahasiswa mengenai  indikator 1-4  dikategorikan sangat rendah
KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATERI SPLDV Simarmata, Ruth Helen
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v12i2.34632

Abstract

Pemecahan masalah pada Sistem Persamaan Linear Dua Variable (SPLDV) memiliki beberapa tahapan yang saling berkaitan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa Pendidikan Matematika dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada SPLDV untuk kelas VIII sebagai bekal mereka untuk mengajar nanti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun dalam penelitian ini digunakan tes tertulis, wawancara, dan video dokumentasi sebagai teknik dalam mengumpulkan data. Yang menjadi sasaran dalam kegiatan penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2019 universitas Sriwijaya. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa ternyata masih terdapat mahasiswa yang melewatkan beberapa tahapan yang menjadi indikator penilaian ketika menjawab soal pemecahan masalah. Dimana tahapan yang paling sering dilewatkan mahasiswa saat menjawab soal pemecahan masalah dari hasil penelitian ialah bagian penulisan kesimpulan.
ANALISIS KESALAHAN DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN POLA BILANGAN SMPN 1 BLAHBATUH TAHUN AJARAN 2020/2021 Noviantari, Putu Suarniti
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v12i2.33318

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal pemecahan masalah dengan Prosedur Newman dan penyebab kesalahannya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMPN 1 Blahbatuh yang kemudian dikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu kelompok tinggi, sedang, dan rendah yang diambil 2 siswa dari masing-masing kelompok sehingga jumlah subjek penelitian menjadi 6 siswa. Data dalam penelitian ini adalah soal tes pemecahan masalah materi pola bilangan dan wawancara. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data (triangulasi).Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga kelompok, jenis kesalahan yang paling sering dilakukan adalah 1) membaca masalah, 2) memahami masalah, 3) transformasi, dan 4) penulisan jawaban. Kesalahan 1 sampai 4 sering dilakukan oleh kelompok rendah, kesalahan 2 sampai 4 sering dilakukan oleh kelompok sedang, dan kesalahan 3 dan 4 sering dilakukan oleh kelompok tinggi. Penyebab kesalahan yang sering dilakukan ketiga kelompok adalah : tidak bisa menyusun makna kata yang dipikirkan kedalam bentuk struktur gramatikal, tidak memahami makna kata yang diminta, kurang teliti, terlalu tergesa-gesa dalam mengerjakan soal, dan tidak bisa mengatur waktu dengan baik.Kata kunci : Pembelajaran Matematika;Kesalahan Siswa;Prosedur Newman ABSTRACTThis research is a descriptive study with qualitative methods. This study aims to determine the types of student errors in solving problems with the Newman procedure and the causes of the errors. The subjects of this study were students of class VIII D of SMPN 1 Blahbatuh who were then grouped into 3 groups, namely the high, medium, and low groups which were taken by 2 students from each group so that the number of research subjects became 6 students. The data in this study were the problem solving questions of the number pattern material and interviews. The data analysis technique used data reduction, data presentation, drawing conclusions, and data validity (triangulation). The results showed that of the three groups, the most frequent types of errors were 1) reading the problem, 2) understanding the problem, 3) transformation, and 4) writing answers. Mistakes 1 to 4 are often done by the low group, errors 2 to 4 are often done by the moderate group, and errors 3 and 4 are often done by the high group. The causes of mistakes that are often made by the three groups are: not being able to compile the meaning of the thought thought into a grammatical structure, not understanding the meaning of the word requested, not being careful, being too hasty in working on the problem, and not being able to manage the time well. Keywords : Mathematics learning;Student error;Newman procedure
Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP pada Masa COVID-19 Arlavinda, Virla; Pujiastuti, Heni
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v12i2.34786

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini bersifat deskriptif yang menggunakan analisis data kualitatif sehingga menjadi paparan data yang mudah dimengerti. Pembelajaran pada sekolah menengah pertama dalam penelitian ini menggunakan pembelajaran secara daring atau biasa disebut dengan pembelajaran jarak jauh dengan bimbingan orang tua dan guru di sekolah. Siswa melakukan pembelajaran daring melalui Google Classroom, Google Meet, Zoom dan berinteraksi dengan guru melalui aplikasi Whatsapp Group. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada siswa SMP pada masa COVID-19. Responden yang diambil adalah siswa SMP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa, siswa merasa bosan karena tidak bertemu dengan teman dan gurunya secara langsung.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BLAHBATUH Noviyanti, Putu Ledyari
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v12i2.33319

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Prosedur kesalahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu metode tes tertulis dan wawancara. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas VIIG SMP Negeri 1 Blahbatuh yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan materi aljabar berdasarkan prosedur Newman adalah : (a) Kesalahan membaca soal, tidak ada subjek yang salah membaca soal, (b) Kesalahan memahami masalah dilakukan oleh semua subjek penelitian, (c) Kesalahan transformasi dilakukan oleh subjek penelitian 1; 3; 4; 5; dan 6, (d) Kesalahan keterampilan proses dilakukan oleh subjek peneitian 3; 4; 5; dan 6, (e) Kesalahan penulisan jawaban dilakukan oleh semua subjek penelitian. Adapun penyebab kesalahan siswa yaitu tidak memahami yang diminta oleh soal, tidak teliti, kurang dapat menangkap informasi yang terkandung dalam soal, lupa rumus, kurangnya latihan mengerjakan soal cerita, dan kurang memahami materi.
PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS NEGERI 1 BANYUMAS KELAS IX A Ramadani, Meuthia Rahmi
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v12i2.35258

Abstract

Penyebaran virus covid-19 di Indonesia berdampak pada seluruh aktivitas dan sektor kehidupan, seperti sektor pendidikan. Untuk menghentikan penyebaran virus covid-19, pembelajaran tatap muka di sekolah dialihkan menjadi pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan penjelasan mengenai pembelajaran daring yang dilakukan pada masa pandemi covid-19 di MTs Negeri 1 Banyumas Kelas IX A. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dengan melakukan wawancara terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di kelas IX A selama masa pandemi Covid-19 menggunakan pembelajaran daring. Sebelum kegiatan pembelajaran, guru mempersiapkan media, sumber belajar, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sebagainya. Meskipun guru dan siswa menghadapi hambatan dan tantangan seperti jam pembelajaran yang kurang, kendala kuota yang tidak memadai dan jaringan yang tidak stabil, hasil akademik siswa kelas IX A selama pembelajaran daring memperoleh hasil yang baik.
IDENTIFYING STUDENTS UNDERSTANDING THROUGH PROBLEM POSING Nasution, Nur Baiti
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v12i2.33342

Abstract

It is obvious that pre service mathematics teacher should have comprehensive understanding in any mathematics for school concept, including linear and quadratic function. The aim of this article is to describe a classroom activity using problem posing model that can be used as a way to identify students  understading about linear and quadratic function. Moreover, we also discussed about misconceptions found in the process. This research involved as many as 27 students. The data were collected using observation and documentation of students answer sheets. The data were analyzed qualitatively. The results show that there are students who have misconceptions about the definition of the function and about some terms that often appear in the learning.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR Damayanti, Bella
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v12i2.35574

Abstract

The aim of this study was to find out the effectiveness of using Google classroom during online learning toward students' elementary Interest in math learning. The study adopt descriptive quantitative Which focus on students' interest during online learning. the partisipant for the study were  elementary student on Banten province that were using Google classroom during online learning. The students were choose by Random sampling technique. The instrument to collect the data was using quesioner on google form. Data was analysis by using prosentase uji. The results of the study showed that online learning using google classroom on interest in learning mathematics in elementary school students has been effective. This is indicated by the acquisition of an average score for indicators of interest in learning mathematics using Google Classroom (61%), the use of Google Classroom features (72%) and the effectiveness of online learning using Google Classroom (62%). Although there are still students disagree that online learning is not effective (4.4%).
KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED MATERI SEGIEMPAT BAGI CALON GURU MATEMATIKA Febianti, Dwi; Mirandah, Sylvenny; Aulia, Allya; Pratiwi, Suchi; Putri, Ratu Ilma Indra; Simarmata, Ruth Helen; Nuraeni, Zuli
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
Publisher : Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpm.v12i2.34628

Abstract

Soal open-ended diharapkan meningkatkan kompetensi bagi calon guru matematika. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara spesifik mengenai kemampuan calon guru matematika dalam proses penyelesaian soal open-ended pada materi segiempat. Penelitian menerapkan metode penjelasan/menggambarkan atau dikenal dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek dari penelitian merupakan mahasiswa FKIP UNSRI, prodi pendidikan matematika semester IV dengan melibatkan sampel 35 mahasiswa. Proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara secara one to one dan small group serta pengukuran dengan tes tertulis. Berdasarkan hasil dari pengukuran diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) rata-rata jawaban pada soal 1 sebesar 0,83 atau 16% dan soal 2 sebesar 1,80 atau 36% (2) Untuk hasil dari wawancara secara one to one dan small group mayoritas mahasiswa mengalami kesulitan memahami makna soal sehingga menimbulkan penafsiran ganda pada soal nomor 1. Sedangkan, hanya beberapa mahasiswa yang mampu menelaah makna soal secara akurat dan benar pada soal nomor 2. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan calon guru matematika dalam proses penyelesaian soal open-ended pada materi segiempat masih terkategori rendah.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2021 2021