cover
Contact Name
Andri Budi Santoso
Contact Email
andribs24@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal@lldikti4.or.id
Editorial Address
-
Location
Kab. sumedang,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Soshum Insentif
ISSN : 2655268X     EISSN : 26552698     DOI : -
Jurnal Soshum Insentif adalah wadah informasi bidang Ilmu Sosial dan Humaniora berupa hasil penelitian yang diterbitkan oleh LLDIKTI Wilayah IV dan frekuensi terbit dua kali setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Soshum Insentif" : 6 Documents clear
Sekuritisasi Isu Radikalisme Islam di Indonesia Tahun 2014 - 2019 Afkar, Vyan Tashwirul; Indi Mas’ud, Miftakhul
Jurnal Soshum Insentif Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Soshum Insentif
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36787/jsi.v6i1.937

Abstract

Fenomena politik identitas dalam Pilpres 2014 telah menyebabkan polarisasi di masyarakat, khususnya dalam momentum transisi politik di Indonesia seperti Pilgub DKI Jakarta 2017 dan menjelang Pilpres 2019. Di tengah situasi demikian, Pemerintah Indonesia mengemukakan isu radikalisme yang dikhawatirkan menjadi benih terorisme sebagai suatu ancaman bagi kedaulatan dan integritas bangsa. Pewacanaan isu radikalisme di Indonesia memang tidak secara langsung menarget kelompok tertentu, namun narasi-narasi yang dihadirkan menyasar simbol-simbol keagamaan Islam. Artikel ini menganalisis langkah- langkah Pemerintah dalam membangun persepsi bahwa radikalisme adalah ancaman yang harus diselesaikan secara gawat darurat berdasarkan teori sekuritisasi Buzzan (1998). Artikel ini menggunakan mix-methods dan berargumen bahwa ketidakmampuan Pemerintah dalam membangun keseragaman persepsi tentang ancaman yang dimaksud, disebabkan oleh informasi-informasi yang bersifat rahasia dan langkah hati-hati Pemerintah untuk melabeli kelompok tertentu sebagai radikal.
SIKAP KONSUMEN ADALAH KUNCI: BAGAIMANA NIAT PEMBELIAN ONLINE DI E-COMMERCE TERBENTUK? Religia, Yoga
Jurnal Soshum Insentif Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Soshum Insentif
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36787/jsi.v6i1.947

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peran nilai kondisional, sikap konsumen, dan norma subjektif dalam mempengaruhi niat pembelian online. Penelitian ini melakukan studi eksplorasi berdasarkan data sekunder dan penelitian terdahulu untuk mengeksplorasi faktor yang mempengaruhi niat pembelian online secara spesifik. Berdasarkan studi eksplorasi selanjutnya dikembangkan model penelitian dan hipotesis. Pembagian kuesioner kemudian dilakukan di antara para konsumen yang pernah menggunakan layanan e-commerce Tokopedia dan Shopee di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selanjutnya data kuantitatif dianalisis menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian ini menemukan bahwa nilai kondisional ternyata belum mampu mempengaruhi niat pembelian online. Nilai kondisional hanya akan mempengaruhi niat pembelian online ketika dimediasi oleh sikap konsumen. Sikap konsumen dan norma subjektif berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian online.
Peminatan Pada Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran dengan Motivasi Influencer Bisnis Siswa Sulfemi, Wahyu Bagja
Jurnal Soshum Insentif Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Soshum Insentif
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36787/jsi.v6i1.983

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui Hubungan minat siswa pada pemilihan jurusan bisnis daring dan pemasaran di sekolah menengah kejuruan dengan motivasi influencer bisnis siswa. Objek penelitian adalah siswa jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran kelas 11 SMK Swasta Pelita Kabupaten Bogor yang berjumlah 119, dan yang dijadikan sampel 30% atau 36 peserta didik secara random sampling. Analisis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis korelasional. Teknik korelasi yang dipakai Korelasi Product Moment dengan menggunakan angket. Hasil penelitian terdapat hubungan antara minat siswa jurusan bisnis daring dan pemasaran dengan motivasi influencer bisnis di SMK Pelita, dimana diketahui rxy 0,504 dan t hitung adalah 3,400 dengan kriteria sedang yaitu diantara 0,400 sampai dengan 0,599.
Pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia dalam Implementasi Good University Governance di Universitas Negeri Malang Mulya, Adi; Herlina, Herlina; Mulyeni, Sri
Jurnal Soshum Insentif Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Soshum Insentif
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36787/jsi.v6i1.988

Abstract

Pengembangan kemampuan sumber daya manusia merupakan faktor kunci dalam implementasi Good University Governance di Universitas Negeri Malang adalah tentang prinsip transparansi, akuntabilitas, kepemimpinan, efisiensi dan efektivitas. Namun sumberdaya manusia sebagai sosok penting membutuhkan adanya inovasi untuk mewujudkan capaian kinerja yang baik. Sehingga sumber daya manusia yang profesional dapat memuaskan civitas akademika. Tata kelola yang baik membutuhkan sumber daya manusia untuk mengubah budaya perusahaan menjadi lebih handal dan produktif. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan kinerja sebagai wujud good university governance. Dan upaya peningkatan kemampuan sumber daya manusia unggul di UM yang harus memiliki kompetensi dan kemampuan mendukung dan mewujudkan tata kelola kelembagaan yang kredibel, akuntabel, dan transparan melalui promosi jabatan, mutasi pegawai, peningkatan kompetensi dan keahlian. Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada proses penelitian ini metode deskriptif analisis digunakan penulis, dengan jumlah responden 407 terdiri dari 147 dosen dan tenaga kependidikan sejumlah 260 orang.
IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA TERHADAP MINAT DAN KENDALA Sukardi, Hadi Ahmad; SOBANDI, A
Jurnal Soshum Insentif Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Soshum Insentif
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36787/jsi.v6i2.1059

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terhadap minat dan kendala mahasiswa Program Studi S1 Manajemen dan S1 Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Sangga Buana Bandung. Metode survei digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan populasi mahasiswa Program Studi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang sejauh mana MBKM mempengaruhi minat mahasiswa dan kendala yang dihadapi dalam implementasinya. Temuan penelitian ini dapat menjadi evaluasi internal terhadap pelaksanaan MBKM di Universitas Sangga Buana Bandung serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan dan penyesuaian kebijakan tersebut. Penelitian ini memiliki signifikansi dalam mendukung pengembangan sistem pendidikan tinggi yang lebih adaptif dan relevan dengan memberikan wawasan tentang pengaruh MBKM pada minat dan kendala mahasiswa di Program Studi S1 Manajemen dan S1 Akuntansi
STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN EKONOMI KREATIF DALAM PENINGKATAN PARIWISATA Mardiyantoro, Candra; Herlina, Herlina; Mulyeni, Sri
Jurnal Soshum Insentif Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Soshum Insentif
Publisher : Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36787/jsi.v6i1.1201

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji tentang Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Ekonomi Kreatif Dalam Peningkatan Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten Probolinggo. Penelitian lapangan dan kepustakaan digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. penulis melakukan penelitian kepustakaan sebanyak 18 dari 23 jurnal terkait yang sesuai dengan permasalahan. Kemudian wawancara langsung dilakukan kepada seorang Kabid Pariwisata pada Dinas Kepemudaan Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pariwisata menjadi prioritas utama Pembangunan Daerah pada tahun 2022. Dinas Kepemudaan Olahraga Dan Pariwisata menyelenggarakan pelatihan peningkatan kualitas SDM sebagai strategi pengembangan SDM dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan daya saing yang tinggi melalui peningkatan pengetahuan, motivasi, dan kompetensi dalam pengelolaan pariwisata. Sementara itu, pelatihan ekonomi kreatif dilakukan untuk memberikan pelaku dan kreator ekonomi kreatif untuk mendukung potensi diri dalam mengembangkan produknya menjadi daya tarik wisata.

Page 1 of 1 | Total Record : 6