Articles
7 Documents
Search results for
, issue
"Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Volume 8, Nomor 2, Desember 2019"
:
7 Documents
clear
DIMENSI GOOD COOPERATIVE GOVERNANCE KOPERASI KONVENSIONAL DAN KOPERASI SYARIAH DI PEKANBARU
CHANDRA, ADE
Al-Amwal Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Volume 8, Nomor 2, Desember 2019
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (272.59 KB)
Tata Kelola Koperasi yang Baik (TKKB) memiliki dimensi-dimensi penting untuk menjaga koperasi tumbuh, berkembang dan berkelanjutan untuk jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dimensi TKKB yang sesuai untuk koperasi simpan pinjam baik koperasi konvensional maupun koperasi syariah di Pekanbaru. Penelitian ini menngunakan metode kuantitaf deskriptif dan kualitatif. Data di kumpulkan dari sumber utama dengan kuesioner. Namun, data sekunder diambil dari buku, jurnal dan literatur lain. Data dianalisa dengan teknik analisis deskriptif. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa dimensi-dimensi dari TKKB adalah berdasarkan pada demokrasi, kualitas sumber daya manusia, transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, independensi dan kewajaran.
FAKTOR PENGARUH USAHA BIDANG KULINER TERHADAP UMKM DI KOTA PEKANBARU
ASNAWI, MIZAN;
ANGGRAINI, NOVITA
Al-Amwal Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Volume 8, Nomor 2, Desember 2019
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (244.913 KB)
Pada dasarnya segala sektor usaha sangat berpotensi untuk dapat lebih berkembang, namun saat ini sektor usaha yang sangat menonjol khususnya diwilayah kota Pekanbaru yaitu usaha kuliner. Dengan adanya usaha kuliner ini, tentu saja berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat bagi kota pekanbaru. Perkembangan ini dapat dilihat dengan jumlah pengusaha kuliner di kota pekanbaru semakin bertambah dari tahun ketahunnya. Menghadapi semakin ketatnya persaingan, UMKM tentunya harus selalu berusaha untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan kemampuan bersaing sehingga dapat tetap bertahan dalam pasar. UMKM dituntut untuk dapat terus melakukan perubahan atau inovasi dan melakukan managemen dengan baik akan usahanya. Oleh karena itu perlu penelitian faktor pengaruh usaha bidang Kuliner terhadap UMKM di Kota Pekanbaru. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa modal memberikan pengaruh yang positif sebesar 0,956 terhadap pendapatan UMKM artinya setiap peningkatan modal sebesar satu satuan maka pendapatan UMKM mengalami penaikkan sebesar 0,956 dan begitu juga sebaliknya. Tenaga kerja memberikan pengaruh yang positif sebesar 0,272 terhadap pendapatan UMKM artinya setiap peningkatan tenaga kerja sebesar satu satuan maka pendapatan UMKM mengalami penaikkan sebesar 0,272 dan begitu juga sebaliknya. Teknologi produksi memberikan pengaruh yang positif sebesar 0,052 namun tidak signifikan terhadap pendapatan UMKM.
ANALISA TREND FASHION PAKAIAN MUSLIMAH TERHADAP KEPUTUSAN DALAM MEMBELI PRODUK DI TOKO ZOYA PEKANBARU
ARISKA, IIS;
TRIANTO, BUDI
Al-Amwal Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Volume 8, Nomor 2, Desember 2019
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (379.657 KB)
Berkembangnya cara pemakaian pakaian muslimah saat ini mulai mengikuti mode fashion yang berlaku di masyarakat. Pakaian muslimah itu sendiri tidak lagi dikatakan sebagai pakaian yang ketinggalan zaman, malah saat ini mengikuti trend fashion sehingga sudah layak untuk disebut sebagai pakaian yang modern. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor konsumen dalam keputusan membeli pada toko Zoya Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah para wanita muslimah yang mengetahui dan menggunakan produk Zoya, sementara yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan toko Zoya sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian yaitu bahwa dari berbagai jenis varian kerudung dan pakaian muslimah yang ada di toko Zoya tersebut, factor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian yaitu ada empat faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian, yaitu factor budaya atau kebiasaan, kemudian factor social, selanjutnya factor pribadi dan yang terakhir factor psikologis. Faktor utama konsumen dalam melakukan keputusan dalam membeli produk pada toko Zoya yaitu factor psikologis, karena kualitas produk Zoya sebanding dengan harga yang ada pada toko Zoya tersebut.
PERANAN PENERAPAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BAZNAS (SIMBA) TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI
NABILAH, ANNISA;
EDWARD, YURNAL
Al-Amwal Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Volume 8, Nomor 2, Desember 2019
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (214.657 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi undang-undang nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat di Dompet Dhuafa Riau. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan waktu dari bulan Febuari 2019 sampai dengan Agustus 2019. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Dompet Dhuafa Riau telah menerapkan undang-undang nomor 23 tahun 2011 yang terdapat dipasal 6 diantaranya: (1) Pengumpulan zakat, yaitu dilakukan beberapa cara diantaranya secara langsung, tidak langsung dan event (2) Pendistribusian zakat, yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa Riau dikumpulkan dan diberikan kepada 8 golongan (3) Pendayagunaan zakat, yaitu dengan mengubah mustahik menjadi muzakki dengan cara memberikan bantuan zakat produktif untuk dilakukan sebagai modal usaha agar bisa membantu masyarakat menjadi lebih baik lagi dalam meningkatkan perekonomian keluarganya (4) Pelaporan dan pertanggung jawaban, secara Undang-Undang Dompet Dhuafa melakukan pelaporan ke Baznas dan ke Kemenag per-6 bulan diakhir tahun juga melakukan pelaporan kepada Baznas dan Kemenag. Laporan untuk muzakki dilakukan sebulan sekali. Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa Dompet Dhuafa Riau dalam mengimplementasikan undang-undang tersebut tidak mengalami kendala yang berarti.
PENGARUH KEPEMIMPINAN ISLAMI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS DI ROTTE BAKERY PEKANBARU)
SRIWAHYUNI, AGUS ENDANG
Al-Amwal Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Volume 8, Nomor 2, Desember 2019
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (292.536 KB)
Tujuan dari penelitian ini, (1) Untuk mengidentifikasi pengaruh kepemimpinan Islami terhadap kinerja karyawan Rotte Bakery Pekanbaru. (2) Untuk mengidentifikasi pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan Rotte Bakery Pekanbaru. (3) Untuk mengidentifikasi pengaruh kepemimpinan Islami dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan Rotte Bakery Pekanbaru. Penilitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan waktu dari bulan Februari 2019 sampai Agustus 2019. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data menggunakan analisis regresi berganda dan menggunakan program SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Secara parsial kepemimpinan Islami tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan Rotte Bakery Pekanbaru. (2) Secara parsial motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan Rotte Bakery Pekanbaru. (3) Secara simultan kepemimpinan Islami dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan Rotte Bakery Pekanbaru. (4) Kinerja karyawan Rotte Bakery Pekanbaru dipengaruhi oleh faktor kepemimpinan Islami dan motivasi kerja.
IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NO. 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT DI DOMPET DHUAFA RIAU
FITRIYAH, SITI;
WINARIO, MOHD.
Al-Amwal Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Volume 8, Nomor 2, Desember 2019
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (294.866 KB)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi undang-undang nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat di Dompet Dhuafa Riau. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan waktu dari bulan Febuari 2019 sampai dengan Agustus 2019. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Dompet Dhuafa Riau telah menerapkan undang-undang nomor 23 tahun 2011 yang terdapat dipasal 6 diantaranya: (1) Pengumpulan zakat, yaitu dilakukan beberapa cara diantaranya secara langsung, tidak langsung dan event (2) Pendistribusian zakat, yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa Riau dikumpulkan dan diberikan kepada 8 golongan (3) Pendayagunaan zakat, yaitu dengan mengubah mustahik menjadi muzakki dengan cara memberikan bantuan zakat produktif untuk dilakukan sebagai modal usaha agar bisa membantu masyarakat menjadi lebih baik lagi dalam meningkatkan perekonomian keluarganya (4) Pelaporan dan pertanggung jawaban, secara Undang-Undang Dompet Dhuafa melakukan pelaporan ke Baznas dan ke Kemenag per-6 bulan diakhir tahun juga melakukan pelaporan kepada Baznas dan Kemenag. Laporan untuk muzakki dilakukan sebulan sekali. Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa Dompet Dhuafa Riau dalam mengimplementasikan undang-undang tersebut tidak mengalami kendala yang berarti.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA BMT AL-ITTIHAD RUMBAI
OKTININGSIH, WIDIA;
ANWAR, ARFIANTI NOVITA
Al-Amwal Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Volume 8, Nomor 2, Desember 2019
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (269.254 KB)
Kualitas pelayanan adalah segala bentuk aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan guna memenuhi harapan pelanggan, khususnya pada BMT Al-Ittihad Rumbai agar masyarakat lebih mengenal dan memahami jasa-jasa yang diberikan, sehingga hal tersebut berdampak pada kepuasan anggota BMT Al-ittihad Rumbai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota BMT Al-Ittihad Rumbai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan waktu dari bulan Februari 2019 sampai Agustus 2019. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan : (1) tidak terdapat pengaruh signifikan antara tangibles terhadap kepuasan anggota (2) terdapat pengaruh signifikan antara reability terhadap kepuasan anggota (3) terdapat pengaruh signifikan antara responsiveness terhadap kepuasan anggota (4) terdapat pengaruh signifikan antara asurance terhadap kepuasan anggota (5) terdapat pengaruh signifikan antara empathy terhadap kepuasan anggota.