cover
Contact Name
Akhmad Maliki
Contact Email
maliki.ts@uwks.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.axial@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi
ISSN : 23376317     EISSN : 26150824     DOI : http://dx.doi.org/10.30742/axial.v10i1
Core Subject : Engineering,
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya sejak tahun 2012 dengan ISSN:2337-6317 untuk terbitan versi cetak, sedangkan untuk terbitan versi online mulai tahun 2018 dengan ISSN: 2615-0824. axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi merupakan jurnal yang berisikan tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, kajian, dan telaah kritis dibidang ilmu ketekniksipilan dengan konsentrasi ilmu rekayasa struktur, bangunan air, manajemen transportasi/lalu lintas, manajemen konstruksi dan geoteknik. axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi diterbitkan tiga kali dalam satu tahun, antara bulan April, Agustus dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2020): Volume 8, Nomor 2, Tahun 2020" : 7 Documents clear
ANALISA PERBAIKAN KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PCI (Studi kasus : Jln. Babat – Batas Jln. Kab. Jombang STA. 10 – STA. 25) Fadjrianto, Arifin Pratama; Siswoyo, Siswoyo
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi Vol 8, No 2 (2020): Volume 8, Nomor 2, Tahun 2020
Publisher : Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/axial.v8i2.1033

Abstract

Abstrak : Jalan merupakan prasarana transportasi yang sangat berperan  penting dalam mengalirkan arus lalu lintas. Saat ada ruas jalan yang terjadi kerusakan, maka akan berdampak yang cukup besar  pada arus lalu lintas. Kerusakan jalan dapat dianalisis untuk mengetahui penyebab terjadinya dan alternatif penyelesainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan jalan dan nilai kondisi perkerasan jalan sehingga dapat  menentukan cara perbaikannya, menghitung anggaran biaya yang  diperlukan dan kerugian akibat meningkatnya biaya operasional  kendaraan. Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pavement Condition Index (PCI). Hasil kerusakan  pada  ruas Jalan Babat – Jalan Kab. Jombang STA 10+000 – 25+000. Nilai  PCI  pada  ruas  tersebut  yaitu  92,1  dengan  kondisi good  berdasarkan rating. Jenis pemeliharaan yang dapat dilakukan  untuk memperbaiki tingkat layanan jalan sesuai bina marga pada ruas jalan tersebut adalah laburan aspal setempat, mengisi  retakan, penambalan lubang, dan perataan, sedangkan untuk  jenis  pekerjaan meliputi latasir, Bahan Pengisi (filler), lapis resap  dengan aspal cair, laston lapis aus, dan campuran  aspal dingin. Jumlah  anggaran biaya yang diperlukan untuk menangani  kerusakan tersebut adalah Rp.147.621.328,36. Kata Kunci : Kerusakan Jalan, PCI, Anggaran Biaya
ANALISIS OPTIMASI WAKTU DAN BIAYA DENGAN METODE TIME COST TRADE OFF (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Basement Kawasan Balai Pemuda) Nungky Eka Vebiola; Johan Paing Heru Waskito
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi Vol 8, No 2 (2020): Volume 8, Nomor 2, Tahun 2020
Publisher : axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/axial.v8i2.1032

Abstract

Abstrak: Perencanaan Proyek Pembangunan Basement Kawasan Balai  Pemuda, dibutuhkan perhitungan berbagai variabel pekerjaan yang menyangkut sumber daya yang terbatas seperti waktu dan biaya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas jaringan kerja yang optimal dengan metode Critical Path Method (CPM) dan Microsoft Project, dan mendeskripsikan waktu dan biaya proyek yang efisien dengan metode Time Cost Trade Off (TCTO). Proyek Pembangunan Basement Kawasan Balai Pemuda dapat diselesaikan lebih cepat dari waktu normal selama 513 hari. Dari penerapan metode TCTO didapatkan efisiensi waktu pengerjaan proyek dengan 4,87 persen dengan selisih percepatan 25 hari kerja, dengan menggunakan percepatan diperoleh biaya optimal adalah Rp.69.606.670.215,84 dari biaya normal Rp.69.682.237.709,82. Untuk efisiensi biaya adalah 0,12 persen dengan selisih biaya normal adalah Rp. 75.567.493,98. Kata Kunci: Critical Path Method (CPM), Microsoft Project, Time Cost Trade Off (TCTO)
PERENCANAAN STRUKTUR BETON BERTULANG GEDUNG APARTEMEN LYON DI KOTA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN SISTEM RANGKA PEMIKUL MOMEN KHUSUS Fauzi Abdul Rachman; Utari Khatulistiani
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi Vol 8, No 2 (2020): Volume 8, Nomor 2, Tahun 2020
Publisher : axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/axial.v8i2.1034

Abstract

Abstrak : Dalam Perencanaan gedung menggunakan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK) agar gedung bersifat daktail dalam menahan gaya gempa. Pembebanan gempa mengacu pada peraturan SNI 1726-2012, untuk beban gravitasi menggunakan acuan PPIUG 1983, dan perhitungan struktur beton menggunakan acuan SNI 2847-2013 dengan Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung, Dalam perencanaan ini terdapat struktur sekunder yaitu balok anak, tangga, plat lantai dan plat atap Struktur primer berupa balok induk dan kolom.  Beton menggunakan mutu fc’ adalah 45 MPa dan mutu baja fy adalah 400 MPa. Analisa struktur menggunakan SAP 2000, dan PCACOL untuk menentukan tulangan kolom. Hasil dari perhitungan diperoleh dimensi kolom 65 cm x 65 cm dengan penulangan 16D25 mm dan tulangan sengkang 6 kaki D12-100 mm. Dimensi balok induk diperoleh 40 cm x 50 cm dengan tulangan utama 12D22, dan tulangan sengkang D12-100. Pondasi menggunakan tiang pancang dengan kedalaman 21 m, dengan dimensi 50 cm x 50 cm. Dimensi sloof 60 cm x 60 cm dengan tulangan 16D25 dan tulangan sengkang D22-200. Nilai simpangan antar lantai gedung tingkat desain (D) diperoleh sebesar 5,1 mm lebih kecil dari simpangan gedung tingkat ijin (Da) yaitu 80 mm, dan kontrol T-Rayleigh diperoleh sebesar 1,06 detik lebih kecil dari T empiris yaitu 3,72 detik. Persyaratan strong column weak beam untuk kuat lentur kolom yaitu 2023,07 kNm 1896,64 kNm, dan momen gaya geser dalam HBK 4 balok adalah phiVn yaitu 3613,62 KN lebih besar dari 2092,2 KN. Hasil perencanaan gedung dengan SRPMK telah sesuai dan telah sesuai dengan peraturan dan persyaratan SNI 2847:2013 dan SNI 1726:2012. Kata kunci : struktur gedung, konstruksi beton bertulang, sistem rangka pemikul momen khusus, gempa tinggi
IDENTIFIKASI RISIKO PELAKSANAAN PEMBANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT MILIK PEMERINTAH KOTA SURABAYA Nurudin, Muhammad; Huda, Miftahul
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi Vol 8, No 2 (2020): Volume 8, Nomor 2, Tahun 2020
Publisher : Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/axial.v8i2.1031

Abstract

Abstrak: Pada saat ini manajemen risiko proyek menjadi salah satu manajemen  yang sangat penting dalam pengelolaan setiap proyek konstruksi. Setiap kontraktor diwajibkan menyusun dokumen risiko pada saat melakukan penawaran tender proyek pemerintah. Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, menganalisis dan melakukan respons atau mitigasi risiko pada proyek pemerintah. Penelitian ini dilakukan di pemerintahan Kota Surabaya. Responden penelitian sebanyak 37 orang, terdiri dari Kepala Dinas, Wakil Kepala Dinas, Kepala Bagian dan Kepala Seksi serta Pengawas Lapangan yang pernah terlibat dalam pelaksanan pembangunan gedung bertingkat di pemerintah Kota Surabaya. Identifikasi risiko disusun berdasarkan teori-teori dan penelitian terdahulu. Terdapat 5 variabel, yaitu terdiri dari variabel : Sumber daya manusia (8 indikator), material (7 indikator), peralatan (5 indikator), lingkungan (4 indikator) dan pelaksanaan (7 indikator). Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner (Skala Likert 1-5). Analisis data menggunakan metode severity indek dan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat 7 risiko yang termasuk katagori high risk, yaitu :  Tenaga kerja yang di perlukan kurang mencukupi, (A6) Perselisihan Kerja, (B2) Kenaikan harga material, (B3) Kelebihan  material menjadi waste/limbah, (C3) Kurangnya peralatan menyebabkan produktivitas yang rendah, sehingga mengakibatkan keterlambatan penyelesaian pekerjaan, (E1) Keterlambatan jadwal karena pengaruh cuaca, (E3) Kurangnya kordinasi antara konstruksi. Kata kunci : Risiko, Proyek, Bangunan, Gedung, Bertingkat, Pemerintah
PERENCANAAN KANTOR DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA MENGGUNAKAN STRUKTUR BAJA SISTEM RANGKA BRESING KONSENTRIK KHUSUS TIPE TWO STORY X DI KOTA YOGYAKARTA Andriansyah, Muhamad Dimas; Khatulistiani, Utari
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi Vol 8, No 2 (2020): Volume 8, Nomor 2, Tahun 2020
Publisher : Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/axial.v8i2.1030

Abstract

Abstrak: Gedung Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang didesain terdiri dari 10 lantai, dan berukuran 30 m 56 m. Lokasi gedung berada di Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan kawasan dengan tingkat gempa tinggi. Konstruksi Gedung Perkantoran menggunakan struktur baja karena memiliki keuntungan yaitu beban menjadi ringan. Agar struktur terhindar dari bahaya tekuk atau puntir pada saat terjadi gempa, maka dipasang struktur bresing sebagai pengaku. Pada perencanaan ini digunakan bresing tipe x-2 (two story x) yaitu dipasang tiap 2 lantai.Perencanaan struktur menggunakan acuan Tata Cara Perencanaan Struktur Baja Untuk Bangunan Gedung SNI 03-1729-2002. Perhitungan beban gempa menggunakan acuan Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung Maupun Non Gedung SNI 1726-2012. Mutu baja fy adalah BJ 41 dan mutu beton f’c adalah 35 MPa. Analisa struktur menggunakan progam bantu SAP 2000 v19.Setelah dilakukan analisa, diketahui bahwa Gedung Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata memiliki nilai simpangan horisontal yang terjadi lebih kecil dari nilai simpangan ijin (delta a), dan didapatkan dimensi profil yang cukup untuk menahan beban bekerja. Dimensi kolom adalah WF 400.400.30.50, dimensi bresing WF 350.350.19.19, dimensi balok induk lantai WF 400.400.16.24, dimensi balok induk atap WF 400.300.10.16, dimensi balok anak lantai WF 350.350.19.19, dan dimensi balok anak atap WF 300.300.15.15. Kata kunci : Struktur Baja, SRBKK, bresing tipe x-2, drift
PENERAPAN METODE COST SIGNIFICANT MODEL PADA ESTIMASI BIAYA PEMBANGUNAN KANTOR PELAYANAN MASYARAKAT DI KOTA SURABAYA Ilallah, Aydan Fafirru; Waskito, Johan Paing Heru
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi Vol 8, No 2 (2020): Volume 8, Nomor 2, Tahun 2020
Publisher : Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/axial.v8i2.1035

Abstract

Abstrak: Pembangunan Gedung Negara harus dipahami secara menyeluruh dan mendalam, mengingat tahapan Pembangunan Gedung Negara yang sebelumnya hanya diperuntukkan untuk bangunan gedung yang dibiayai dari Anggaran Pendapat dan Belanja Negara (APBN). Estimasi pada pembangunan kantor pelayanan masyarakat di Kota Surabaya. Dengan metode “Cost Significant Model” untuk mendapatkan suatu model estimasi biaya konstruksi pembangunan kantor pelayanan masyarakat di Kota Surabaya dengan mengambil sampel atau data sekunder dari 5 tahun kebelakang mulai tahun 2016 sampai dengan tahun 2020, dimana 99 persen “dipengaruhi oleh (X2) Pekerjaan tanah dan pondasi, (X3) pekerjaan beton, (X4) pekerjaan pasangan dan plesteran, (X5) pekerjaan kusen, pintu, dan jendela, (X6) pekerjaan lantai dan keramik, dan (X10) pekerjaan lain-lain”. Kemudian dianalisis untuk menghasilkan rumus persamaan regresi dimana Y yaitu 1,487,575.90 + 5.278X2  + 4.207X4 + 3.128X6 + 0.328X10. “Dimana (Y) Biaya jumlah total, (X2) Biaya pekerjaan tanah dan pondasi, (X4) Biaya pekerjaan pasangan dan plesteran, (X6) Biaya pekerjaan lantai dan keramik, (X10) Biaya pekerjaan lain-lain”. Tingkat akurasi Berdasarkan AACE International berada dikelas 1 klasifikasi yang hasil estimasi berkisar antara -8 persen sampai dengan +11. Kata Kunci: Estimasi, Anggaran, Biaya, Cost Significant Model, Regresi
ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA SISA MATERIAL PROYEK GEDUNG DI SURABAYA Rohan Wijaya, Muhammad Iqbal; Huda, Miftahul
axial : jurnal rekayasa dan manajemen konstruksi Vol 8, No 2 (2020): Volume 8, Nomor 2, Tahun 2020
Publisher : Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30742/axial.v8i2.1036

Abstract

Abstrak : Pada pelaksanaan sebuah proyek konstruksi bangunan, munculnya sisa material konstruksi tidak akan dapat dihindari, Seperti banyaknya sampah bekas beton yang pecah, semen dan bata  yang berserakan,  tumpukan tulangan yang tidak terpakai dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya sisa material yang tinggi pada proyek gedung di Kota Surabaya dengan mengambil sampel di beberapa tempat proyek gedung di Kota Surabaya. Dalam Analisis penyebab terjadinya sisa material ada beberapa cara untuk mengetahuinya, yaitu metode pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner sedangkan metode Analisis nya menggunakan Deskriptif Mean dan Standar Deviasi dan juga dengan diagram Kartesius lalu dimasukan ke dalam tabel diagram Kartesius untuk mengetahui faktor tertinggi penyebab terjadinya sisa material. Dari hasil tersebut ditemukan tertinggi penyebab terjadinya sisa material terletak pada kuadran 1 Tabel Diagram Kartesius.  Kata Kunci: Mean dan Standar Deviasi, Sisa Material Gedung, Tabel Diagram Kartesius

Page 1 of 1 | Total Record : 7