cover
Contact Name
Anis Nur Chabibah
Contact Email
press@nsc.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
press@nsc.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JBT (JURNAL BISNIS dan TEKNOLOGI)
ISSN : 23558865     EISSN : 23562544     DOI : -
JBT (Jurnal Bisnis dan Teknologi) merupakan jurnal yang berada di Politeknik NSC Surabaya, jurnal ini berisi tentang beberapa keilmuan yang berada di Institut antara lain yaitu kelimuan Teknologi, Bisnis, Hospitalty dan Tourism, dan akuntansi.
Arjuna Subject : -
Articles 104 Documents
Ekaningrum , Yuniawati PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI POLITEKNIK NSC (STUDI KASUS : MAHASISWA YANG BEKERJA & YANG BELUM BEKERJA)
JBT (JURNAL BISNIS dan TEKNOLOGI) Vol. 1 No. 1 (2014): JBT (Jurnal Bisnis dan Teknologi)
Publisher : Nsc Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.224 KB)

Abstract

Purpose and targets of the study - This study aims to determine the exact influence student motivation to work and that has not worked on learning achievement at the Polytechnic of Surabaya . Methodology - This research done using Analysis Techniques relianilitas test validity and statistical analysis is then used multiple linear regression , the coefficient of multiple determination , and F-test , the data required in this study were only scattered questionnaire for students who work or not work . In this study the sample size was determined by the investigators as much as 144. Into consideration in the determination of this sample , the NSC is all student Polytechnic of Surabaya , which consists of four (4 ) courses , ( Hospitality , Accounting , Business Administration and ComputerEngineeringforce in 2012 , 2011 , and 2010 . Outcomes research - In this study the expected target is 1 ) to determine the motivation of students who work and who have not been working on learning achievement each semester so that progress can be monitored until the time of completing the study on the Diploma program . 2 ) To provide input to the proposed scientific journal.
IDENTIFIKASI REAL TIME GERAKAN TANGAN PADA LEAP MOTION MENGGUNAKAN METODE DECISSION TREE (J48) Editya, Arda Surya
JBT (JURNAL BISNIS dan TEKNOLOGI) Vol. 5 No. 1 (2018): Jurnal Bisnis dan Teknologi
Publisher : Nsc Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.359 KB)

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini membuat banyak bermunculan produk teknologi dimana sebagian besar dapat membantu pekerjaan manusia. Salah satu produk teknologi saat ini adalah Leap Motion. Leap Motion adalah sebuah produk teknologi yang memanfaatkan image processing untuk memudahakan pengguna untuk menjadikan laptop atau komputer kita menjadi touch screen namun dengan medium udara. Pada penelitian ini akan dilakukan pengujian membuat sebuah gerakan baru diluar gerakan dasar leapmotion untuk menciptakan sebuah kontrol baru secara realtime dengan menggunakan metode decission tree. Percobaan ini menggunakan 3 gerakan baru yakni menggenggam, menguncup dan menggunting setelah diujicobakan maka didapatkan hasil sebagai berikut. Untuk gerakan menggenggam dari 10 kali didapatkan presentase keberhasilan deteksi 90%, untuk gerakan menggunting didapatkan presentase keberhasilan 70%, dan gerakan menguncup didapatkan presentase keberhasilan 80%. Dari data diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode decission tree sangat cocok digunakan untuk klasifikasi realtime pada leap motion
Megasari, Ita IMPLEMENTASI AUDIT OPERASIONAL UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PENGENDALIAN INTERNAL PADA ORGANISASI NIRLABA
JBT (JURNAL BISNIS dan TEKNOLOGI) Vol. 3 No. 1 (2016): JBT (Jurnal Bisnis dan Teknologi)
Publisher : Nsc Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.621 KB)

Abstract

This study aims to determine how the operational audit applied to the Unit Study Group University “X”, thus helping the management in solving various problems faced and provide recommendations for improvements required by the organization. This study is a qualitative study using a case study approach. Operational audit is done through 4(four) stages, namely a preliminary survey to gain an overview of the organization in general, then do the analysis and verification of the evidence, evaluating the results of the audit, and the last stage is to report the results of the audit. The results of this study indicate that the internal control system at Unit Study Group University“X”is still need for improvement, namely the need to complete the organizational structure to the job description, the internal control of the supporting evidence, making policy in writing related to calculation of salary expenditure implementing the project, to resume cooperation networks with the mediato improve the image Unit Study Group-University“X”, as well as adding staff to assist in the areas of administration and finance.
Widyowati, Dyah TINGKAT KETERCAPAIAN CAPAIAN PEMBELAJARAN MELALUI KESIAPAN MAHASISWA MENGIKUTI UJIAN KOMPETENSI PADA PROGRAMSTUDI MANAJEMEN PERKANTORAN UNIVERSITAS AIRLANGGA
JBT (JURNAL BISNIS dan TEKNOLOGI) Vol. 4 No. 1 (2017): JBT (Jurnal Bisnis dan Teknologi)
Publisher : Nsc Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.563 KB)

Abstract

Bisnis di Indonesia menghadapi tantangan dengan diberlakukannya kesepakatan ASEAN Economic Community (AEC) yang mulai dilaksanakan pada akhir tahun 2015. Adanya AEC tentunya akan berpengaruh pada berbagai aspek daya saing sumber daya manusia dalam hal ini mahasiswa sebagai output dari Perguruan Tinggi. Sehingga saat ini Perguruan Tinggi membekali lulusannya dengan Sertifikat kompetensi, yang menunjukkan kompetensi seseorang dalam bidang atau profesi tertentu. Kurikulum sebagai tolak ukur capaian pembelajaran memegang peranan penting agar dapat diketahui kesiapan mahasiswa untuk mengikuti uji kompetensi yang akan dilaksanakan setiap menjelang kelulusan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketercapaian capaian pembelajaran melalui kesiapan mahasiswa mengikuti uji kompetensi pada program studi Manajemen Perkantoran. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi Manajemen Perkantoran sebagai dalam waktu tiga tahun akademik (2013–2016). Mahasiswa sebagai sampel dalam penelitian ini dikarenakan kurikulum dirancang untuk mahasiswa sebagai subyek dari perguruan tinggi. Pengambilan sampel menggunakan teknik slovin hingga didapat 111 responden. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data utamaadalahkuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis rata-rata (mean). Dari analisis data menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian capaian pembelajaran dengan mean sebesar 4,39. Menunjukkan bahwa kurikulum program studi manajemen perkantoran telah disusun dengan baik sesuai dengan standar kompetensi KKNI. Disamping mahasiswa telah mempunyai pengetahuan bahwa memiliki sertifikat kompetensi itu berguna untuk bersaing di era AEC saat ini, terlihat dengan mean 4.50. Diharapkan dengan kurikulum yang baik dan pengetahuan tentang pentingnya memiliki sertifikat kompetensi maka mahasiswa telah memiliki kesiapan untuk mengikuti uji kompetensi.
Ekaningrum , Yuniawati PENGARUH PELATIHAN PELAYANAN JASA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA KARYAWAN DI DESTINASI PARIWISATA SURABAYA(Studi kasus: Kebun Binatang Surabaya,Taman Remaja Surabaya dan Monumen Kapal Selam Surabaya)
JBT (JURNAL BISNIS dan TEKNOLOGI) Vol. 2 No. 1 (2015): JBT (Jurnal Bisnis dan Teknologi)
Publisher : Nsc Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.092 KB)

Abstract

Tujuan dan target penelitian – Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan pelayanan jasa terhadap kualitas pelayanan jasa karyawan di destinasi pariwisata Surabaya dengan studi kasus Kebun Binatang, TamanRemajaSurabaya,danMonumenKapal SelamSurabaya. Metodologi – Penelitian ini dilakukan dengan memberikan pelatihan pelayanan jasa terhadap kualitas pelayanan jasa karyawan di destinasi pariwisata Surabaya. Peneliti melakukan pengukuran tingkat kualitas pelayanan jasa sebelum dan sesudah pelatihan dengan pengamatan langsung pada obyek penelitian, wawancara, dan penyebaran kuesioner, setelah itu metodologi yang digunakan Uji beda (t-test) dengan tujuan untuk membandingkan (membedakan) apakah terdapat perbedaan kualitas pelayanan jasa di destinasi pariwisata Surabaya dengan jumlah responden 25 responden Luaran penelitian - Tahap pertama, peneliti melakukan wawancara kepada kepala bagian masing-masing departemen yang ada di destinasi yang sudah ditentukan untuk mengetahui apakah karyawan yang langsung berhubungan dengan pengunjung sudah memberikan pelayanan jasa yang prima (mulai dari grooming, greeting , dan attitude) termasuk didalamnya adalah etika. Tahap kedua, diberikan pelatihan tentang pelayanan jasa. Tahap ketiga, peneliti melakukan evaluasi hasil pelatihan.
Widyo Iswara, Prasetyo Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, Rasio Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Asset Growth terhadap Kebijakan Dividen: (Studi Kasus pada Perusahaan Industri Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015)
JBT (JURNAL BISNIS dan TEKNOLOGI) Vol. 4 No. 1 (2017): JBT (Jurnal Bisnis dan Teknologi)
Publisher : Nsc Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (744.694 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio likuiditas terhadap kebijakan dividen, untuk mengetahui pengaruh rasio profitabilitas terhadap kebijakan dividen, untuk mengetahui pengaruh rasio leverage terhadap kebijakan dividen, untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen, dan untuk mengetahui pengaruh asset growth berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Sampel penelitian yang diuji dalam penelitian ini sebanyak 8 perusahaan selama tahun 2012 sampai 2015. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini diuji dengan pengujian regresi linier berganda serta uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil uji ANOVA menunjukkan bahwa hasil dari uji F Sig. sebesar 0,000 < 0,005 maka variabel independen yaitu Likuiditas (X1), Profitabilitas (X2), Leverage (X3), Size (X4), dan Aset Growth (X5) berpengaruh terhadap Kebijakan dividen (Y). Sedangkan berdasarkan uji koefisien regresi menunjukkan bahwa variabel Likuiditas (CR) menunjukkan angka 1,607 dan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05, variabel Profitabilitas(ROE)menunjukkan angka-7,542dantingkatsignifikansebesar 0,001< 0,05,variabelleverage (DER) menunjukkan angka 0,572 dan tingkat signifikan sebesar 0,230 > 0,05,variabel Size menunjukkan angka -0,127 dan tingkat signifikan sebesar 0,119 > 0,05, variabel asset growth (TAG) menunjukkan angka 0,771 dan tingkat signifikan sebesar 0,361 > 0,05. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa rasio likuiditas dengan proksi cash ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen, rasio profitabilitas dengan proksi return on equity berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan dividen, rasio leverage dengan proksi debt to equity ratio berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kebijakan dividen, ukuran perusahaan (firm size) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kebijakan dividen, asset growth berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kebijakan dividen.
Bagus F.U, I Kadek HUBUNGAN MATERI KURIKULUM PADA JENJANG PENDIDIKAN DIPLOMA3 (D3) JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DENGAN MATERI KURIKULUM 2013 DI SMK JURUSAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
JBT (JURNAL BISNIS dan TEKNOLOGI) Vol. 2 No. 1 (2015): JBT (Jurnal Bisnis dan Teknologi)
Publisher : Nsc Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.792 KB)

Abstract

Dalam perkembangan di dunia pendidikan yang sekarang sudah semakin cepat, diperlukan sebuah kejelian dalam memberikan sebuah materi yang berkesinambungan. Dimana dalam keterkaitan hubungan dalam pendidikan harus selalu sejalan dalam penerapannya dari satu jenjang ke jenjang yang lainnya. Maka dalam penelitian ini, dari segi materi yang diangkat adalah dengan membandingkan materi kurikulum pada tingkat pendidikan level diploma tiga (D3) dengan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan sekolah menengah kejuruan(SMK). Diharapkan kurikulum yang ada pada jenjang diploma tiga dapat menjadi penerus dari kurikulum 2013 yang diterapkan di SMK. Sehingga, dalam penerapan praktik siswa dengan praktik mahasiswa di jenjang diploma tiga dapat berkesinambungan. Karena orientasi pembelajaran pada SMK juga mengoptimalkan tentang kemampuan praktik peserta didik. Dengan begitu, jika ada siswa yang ingin melanjutkan pendidikan dengan orientasi praktik yang lebih dominan, diharapkan dengan meneruskan ke jenjang pendidikan diploma tiga siswa dapat meneruskan tanpa harus mengulang materi yang ada.
ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWI AKUNTANSI KELAS PAGI DAN MALAM DALAM MATA KULIAH DASAR-DASAR AKUNTANSI (STUDI PADA MAHASISWA AKUNTANSI diploma 3 Politeknik NSC Surabaya)
JBT (JURNAL BISNIS dan TEKNOLOGI) Vol. 5 No. 1 (2018): Jurnal Bisnis dan Teknologi
Publisher : Nsc Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.742 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan tentang kemampuan mahasiswa pagi yang berasal dalam memahami mata kuliah pengantar akuntansi dibanding dengan mahasiwa malam, meskipun mahasiwa malam telah mempunyai pengalaman kerja dalam perusahaan. Dasar-dasar akuntansi yang dijadikan sebagai variabel dalam penelitian ini yaitu: latar belakang akuntansi, laporan keuangan, dan pencatatan transaksi bisnis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah 10 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi politeknik NSC Surabaya kelas pagi yang terdaftar sebagai mahasiswa semester 1 yang aktif untuk tahun ajaran 2017/2018 dan 10 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi politeknik NSC Surabaya kelas malam yang terdaftar sebagai mahasiswa semester 1 yang aktif untuk tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan yang menjadi sample dalam penelitian ini adalah 5 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi politeknik NSC Surabaya kelas pagi yang terdaftar sebagai mahasiswa semester 1 yang aktif untuk tahun ajaran 2017/2018 dan 5 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi politeknik NSC Surabaya kelas malam yang terdaftar sebagai mahasiswa semester 1 yang aktif untuk tahun ajaran 2017/2018. Penelitian dilakukan setelah UTS untuk menganalisis pemahaman mereka setelah mengikuti setengah kelas pengantar Akuntansi. Penelitian ini bermanfaat untuk mengetahui apakah ada perbedaan pemahaman tentang akuntasi bagi kelas pagi yang belum pernah bekerja namun mempunyai waktu lebih banyak untuk belajar dibanding dengan mahasiswa malam yg telah mempunyai pengalaman bekerja namun mempunyai waktu yang jauh lebih sedikit untuk belajar karena pembagian waktu untuk kuliah dan bekerja.
Saifuddin, M PENGARUH PENCITRAAN, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT KULIAH DI POLITEKNIK NSC SURABAYA
JBT (JURNAL BISNIS dan TEKNOLOGI) Vol. 1 No. 1 (2014): JBT (Jurnal Bisnis dan Teknologi)
Publisher : Nsc Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.261 KB)

Abstract

Interest as a result of a person's thinking which after looking on the specifications of a productor service, and have a desire to try to meet a need, in this case the consumer will tend to actually choose, weigh and assess whether a product or service that is considered unknown consumers, so that when products or services are actuallyable to meet customer expectations, the consumer incurred an interest to try a product or service. The research method used is quantitative research that researchers did a survey of students, giving questionnaires, data processing, and interpret it. Research carried out by providing some of the questions considered represent three variables that affect the interest of the promotion, imaging, and quality of service. Sampling with a sample of as many as 59 students. Data collection techniques used were questionnaires, interviews, and documentation. Analysis to determine the effect of independent variables and the dependent variable using linear regression analysis. From the analysis it can be seen that the promotion, imaging, and service quality significantly influence student interest.
PENGHARUH SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO (9001 : 2008) TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA MELALUI KEPUASAN KERJA
JBT (JURNAL BISNIS dan TEKNOLOGI) Vol. 5 No. 1 (2018): Jurnal Bisnis dan Teknologi
Publisher : Nsc Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.047 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem manajemen mutu ISO (9001 : 2008) terhadap produktivitas kerja dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Sampel penelitian menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling sebanyak 98 orang. Metode analisis data menggunakan Stuktural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan software SmartPLS versi 3.0. tahapan perhitungan PLS menggunakan 2 model yaitu Pengukuran Model (Outer Model) dan Pengujian Model Struktural (Inner Model). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem manajemen mutu ISO (9001 : 2008) tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja, yang ke dua sistem manajemen mutu ISO (9001 : 2008) mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, yang kelima kepuasan kerja karyawan tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja, yang keenam sistem manajemen mutu ISO (9001 : 2008) tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja melalui kepuasan kerja karyawan

Page 1 of 11 | Total Record : 104