cover
Contact Name
Zulkarnain Anu
Contact Email
infozulkarnain@ung.ac.id
Phone
+6281216980323
Journal Mail Official
jce@ung.ac.id
Editorial Address
Jalan Jend. Sudirman No.06 Kota Gorontalo
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Journal of Community Empowerment
ISSN : -     EISSN : 27210480     DOI : 10.37411
Core Subject : Education, Social,
JAMBURA Journal Community Empowerment contains articles of research results and / or analytical-critical studies in the field of out-of-school education specifically on adult education studies, community education, training and human resource development, counseling, and community development. The specifications of the study are aimed at exploring, developing, and explaining knowledge about the history, philosophy, principles, policies, designs, and technologies used and developed in educational services outside the school system. JAMBURA Journal Community Empowerment plays a role and participates in efforts to support the preservation of scientific traditions that originate from theoretical studies of researchers and praxis experiences from educational practitioners. The journal publishes research articles on current issues and trends in nonformal education includes: Educational Life Skills, Management of Education, Early childhood Education, Community education, empowerment and counseling, Education literacy and equality including package A, package B and package C, Educational Institution courses and training, Educational skills and job training, Social Science, Humanity, Art, Tourism dan Culture, and other education aimed.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Volume 1 No. 1: Juni 2020" : 6 Documents clear
Evaluasi Program Pelatihan Keterampilan Menjahit Di LKP Tri Nur Fitriani Maruwae; Ummyssalam A.T.A. Duludu; Abdul Rahmat
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 1 No. 1: Juni 2020
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v1i1.66

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai evaluasi program pelatihan keterampilan menjahit di LKP Tri Nur Kelurahan Liluwo Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi program model CIPP (Conteks, Input, Proses, Produk) yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi Conteks: Program yang diselenggarakan oleh LKP Tri Nur telah sesuai dengan kebutuhan warga belajar; Tujuan yang ditetapkan oleh program selaras dengan tujuan warga belajar; (2) Evaluasi Input: Sebagian warga belajar telah memiliki pengalaman menjahit; Karakteristik Instruktur dalam pembelajaran telah sesuai dengan program; Sarana dan prasarana sudah menunjang proses pelaksanaan program; (3) Evaluasi Proses: Warga belajar ikut aktif dalam pembelajaran; Instruktur mengajar dengan melihat kemampuan warga belajar; Instruktur yang mengajar mempunyai kemampuan dibidang menjahit; (4) Evaluasi Produk: Tujuan diselenggarakan program pelatihan keterampilan menjahit telah tercapai dan sesuai dengan visi misi lembaga; Hasilnya warga belajar memiliki kemampuan sesuai dengan tingkatan kursus yang diambil; Dampaknya, warga belajar lebih yakin pada kemampuan diri sendiri dan beberapa ada yang sudah membuka usaha mandiri.
Peran Majelis Taklim Nurul Iman Dalam Meningkatkan Kehidupan Beragama Irmawati Ibrahim; Abd. Hamid Isa; Yakob Napu
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 1 No. 1: Juni 2020
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v1i1.89

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran majelis taklim nurul iman dalam meningkatkan kehidupan beragama. Untuk mendapatkan jawaban di atas peneliti menggunakan metode kualitatif. Teknik analisis bersifat uraian dari hasil wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa majelis taklim nurul iman dalam meningkatkan kehidupan beragama masyarakat kelurahan tenda cukup signifikan. Kebanyakan dari mereka para anggotanya setelah mengikuti mejelis taklim ini menjadi lebih giat dalam melakukan ibadah sunnah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa anggota Majelis Taklim Nurul Iman agar biasa mengoptimalkan kinerja, sehingga peran Majelis Taklim dapat dioptimalkan. Untuk para masyarakat lebih mempraktekkan ilmu-ilmu tentang Majelis Taklim yang telah didapatkan dalam kehidupan sehari-hari
Deskripsi Kebutuhan Belajar Masyarakat Desa Sukamulya Kasim K. Duke; Abd. Hamid Isa; Yakob Napu
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 1 No. 1: Juni 2020
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v1i1.90

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kebutuhan Belajar Masyarakat di Desa Sukamulya Kecamatan Wonosari Kabupaten Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa kebutuhan belajar masyarakat di desa Sukamulya Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo yakni kebutuhan belajar masyarakat yang berkaitan dengan pertanian, kebutuhan belajar pendidikan kesetaran paket, kebutuhan belajar keterampilan serta kebutuhan belajar tentnag kepemudaan serta kebutuhan belajar keaksaraan fungsional. Program PLS yang dapat dikembangkan yaitu pendidikan kesetaraan, kebutuhan belajar masyarakat tentang keterampilan mengolah hasil pertanian serta kebutuhan belajar mengenai keaksaraan fungsional dan program pembinaan pemuda.
Pola Asuh Orang Tua Di Paud Al-Zikra Padebuolo Nurlina Mano; Ummyssalam A.T.A. Duludu; Mohamad Zubaidi
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 1 No. 1: Juni 2020
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v1i1.91

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua yang ada di PAUD AL-Zikra. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Pengelola Paud, Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua Murid. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi yang dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola asuh orang tua yang diterapkan di PAUD AL-Zikra yang lebih dominan pola asuh demokratis. Dalam pola asuh orang tua terdapat tiga pola asuh yang diterapkan. (1) Pola Asuh Otoriter, hanya beberapa orang tua yang menarapkan pola asuh otoriter tersebut. (2) Pola Asuh Demokratis, Pola asuh ini sering diterapkan oleh orang tua yang anak-anaknya sekolah di PAUD Al-Zikra. (3) Pola Asuh Permesif, pola asuh ini pola asuh yang paling sedikit digunakan oleh orang tua di PAUD AL-Zikra.
Dampak Keluarga Broken Home Tehadap Perilaku Sosial Anak Nurtia Massa; Misran Rahman; Yakob Napu
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 1 No. 1: Juni 2020
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v1i1.92

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak Keluarga Broken home Terhadap Prilaku Sosial Anak di Desa Limbatihu Kecamatan Paguyaman Pantai Kabupaten Boaalemo. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian maka terdapat beberapa perilaku sosial anak yaitu Rentan mengalami gangguan psikis, membenci kedua orang tuanya, mudah mendapat pengaruh buruk dari lingkungannya, memandang jika hidup adalah sia sia, tidak mudah bergaul dan permasalahan moral. Dari beberapa dampak Keluarga Broken home terhadap Perilaku Sosial anak terdapat beberapa perilaku yang sangat menonjol yaitu mudah mendapat pengaruh buruk dari lingkungan dan permasalahan moral.
Nilai Pendidikan Pada Pengasuhan Orang Tua Tunggal Di Kota Gorontalo Nita Sawaku; Zulkarnain Anu
Jambura Journal of Community Empowerment Volume 1 No. 1: Juni 2020
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjce.v1i1.416

Abstract

Aspek nilai pendidikan pada pengasuhan orang tua tunggal dalam hal ini memberikan pengaruh terhadap perkembangan fisik dan psikologi anak. Nilai-nilai pendidikan dalam keluarga yang fokus penelitiannya aspek nilai pendidikan pada pengasuhan orang tua tunggal yang menghasilkan orang tua tunggal tidak hanya menjadi orang yang dapat memenuhi kebutuhan primer dan sekunder anak akan tetapi pendidikan dalam keluarga pun perlu menjadi tugas dan tanggung jawab orang tua. Dengan nilai-nilai pendidikan dalam lingkungan keluarga baik nilai nurani di antaranya kejujuran, keberanian, disiplin diri, religius, dan adapun nilai memberi di antaranya menghormati, cinta dan kasih sayang, adil, murah hati inilah yang menjadi pedoman hidup seseorang dalam berkehidupan sosial serta memberikan efek secara signifikan terhadap perkembangan jiwa seorang anak dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dapat ditentukan bahwa nilai pendidikan yang paling dominan dalam perkembangan anak dan pengasuhan orang tua tunggal adalah nilai nurani. Karena nilai nurani sangat memberi pengaruh terhadap perkembangan anak, nilai yang bersumber dari hati nurani memberikan hal yang positif sehingga anak dapat mengerjakan segala sesuatu dengan baik, dan meninggalkan yang buruk atas kemauannya sendiri. Dengan begitu seorang anak akan memiliki akhlak yang baik walaupun anak memiliki keluarga yang tidak utuh lagi, melihat keadaan bahwa ada beberapa anak dari orang tua tunggal yang memiliki perilaku menyimpang. Jadi aspek nilai pendidikan yang ada dalam nilai nurani sudah sangat mendukung terhadap aspek nilai pendidikan yang ada dalam nilai memberi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6