cover
Contact Name
Fidyah Yuli Ernawati
Contact Email
fidyah.yuli13@gmail.com
Phone
+6285799656290
Journal Mail Official
jurnal@stiesemarang.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal STIE Semarang (Edisi Elektronik)
ISSN : 20855656     EISSN : 22527826     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
JURNAL EKONOMI STIE SEMARANG is published by SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SEMARANG, Center Java, Indonesia. It is published three times a year February, June and October. JURNAL EKONOMI STIE SEMARANG is organized by the Lecturers of STIE SEMARANG and Journal Developer Team. The articles published in JURNAL EKONOMI STIE SEMARANG can be in English or Indonesian. The scopes of the topics include (1) Accounting Science (2) Management Science (3) Economic Science. Editorial Team welcome submissions of papers describing from researchers, practitioners, regulators, students, and other parties interested in the development of accounting science, management science and economic Science.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 2 (2011): VOLUME 3 NOMOR 2 EDISI JUNI 2011" : 7 Documents clear
FUNGSI MANAJEMEN DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN Heridiansyah, Jefri; Sujadi, Sujadi
JURNAL STIE SEMARANG Vol 3 No 2 (2011): VOLUME 3 NOMOR 2 EDISI JUNI 2011
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.483 KB)

Abstract

Pelaporan keuangan adalah struktur dan proses yang menggambarkan bagaimana informasi keuangan disediakan dan dilaporkan untuk mencapai tujuan pelaporan keuangan yang pada gilirannya akan membantu pencapaian tujuan ekonomik dan sosial negara. Secara umum perekayasaan pelaporan keuangan adalah proses terencana dan sistematis yang melibatkan pemikiran, penalaran, dan pertimbangan, (exercise of judgment) untuk memilih dan menentukan teori, pengetahuan yang tersedia (available knowledge), konsep, metode, teknik, serta pendekatan untuk mengahasilkan suatu produk (konkret atau konseptual). Perekayasaan Pelaporan Keuangan ini mengikuti proses yang sama baik pada tingkat makro (nasional) maupun pada tingkat mikro (perusahaan). Hasil perekayasaan dalam hal ini dapat berupa seperangkat prinsip umum, (a set of broad principles), seperangkat doktrin, (a body of doctrin ), atau suatu struktur/ rerangka konsep-konsep yang terpadu (a structure or scheme  of  interrelated  ideas).  Salah  satu  hal  penting  di  dalam  definisi  akuntansi  adalah informasi keuangan. Sederatan angka dalam akuntansi belum tentu merupakan sebuah informasi jika angka-angka tersebut tidak mempunyai makna atau nilai bagi pembacanya. Nilai dari informasi  adalah  kemampuan  informasi  untuk  meningkatkan  pengetahuan  dan  keyakinan pemakai dalam pengambilan keputusan
PROFESIONALISME KINERJA DOSEN ASM SANTA MARIA TAHUN AKADEMIK 2010-2011 Risnawati, V Naniek; Lipursari, A
JURNAL STIE SEMARANG Vol 3 No 2 (2011): VOLUME 3 NOMOR 2 EDISI JUNI 2011
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.684 KB)

Abstract

Dunia pendidikan di Era modern ini menuntut kinerja setiap  dosen secara profesional baik di bidang pedagogik, kepribadian  maupun kompetensi sosial kepada stakeholders. Tujuan yang ingin  dicapai adalah untuk mengetahui Profesionalisme  Kinerja Dosen ASM Santa Maria Semarang dengan menganalisis kompetensi pedagogik,   kepribadian   maupun   kompetensi sosialnya.   Dalam penelitian jumlah populasinya sebanyak 84 mahasiswa.Variabelnya profesionalisme   kinerja   dosen   yang   meliputi   kompetensi   pedagogik,      kepribadian   dan kompetensi sosial.   Hasil  penelitian  dan  pembahasan    diperoleh  hasil  bahwa  kompetensi  pedagogik dosen ASM sudah baik dibuktikan dengan  hasil sebesar (40%), bahkan sudah ada yang sangat baik yang dibuktikan dengan hasil sebesar (26%) dan   yang masih kuran baik ada 2 dosen (13,3%) . Sedangkan untuk kepribadian sebagian besar 10 ( 66,6 %) sudah dinyatakan baik, namun  masih ada yang kurang baik dan untuk kompetensi sosialnya sebanyak 11 dosen (73,3%) sudah baik, meskipun ada yang kurang baik sebanyak 4 dosen (26,7%). Penelitian ini sebagai dasar untuk melaksanakan penelitian lanjutan.
ANALISIS KUALITAS JASA PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RSU. UNGARAN DI KABUPATEN SEMARANG Indriyanti, Lies
JURNAL STIE SEMARANG Vol 3 No 2 (2011): VOLUME 3 NOMOR 2 EDISI JUNI 2011
Publisher : JURNAL STIE SEMARANG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.604 KB)

Abstract

The aims of this research are to know the differences of the service quality in reality and the patients-expected-service quality and to know the influences of service quality (Servqual = Scale multy item by Parasuraman ) dimensions on patients’ satisfactory. Analysis Multiple regresi and hypothesis proofing are done by using difference tesing, T testing, and F testing. Independent Variables  which  are  being  used  are  tangible,  reliability,  responsiveness,  assurances,  and empathy while for  the dependent  variable, we use  patients’  satisfactory.  The  result of this research shows that there is a gap. The gap appears between the patients-expected service qualities and the received service qualities.   This is proved by Paired-Sample T-Test, with significance rate of each variables is 0.05 below the real tariff. The result also shows that the dimensions of service quality influence patients’ satisfactory positively and significantly (Probability score from T Test and F Test are below 0.05). From this research, the researcher hopes that this can be helpful and be an information source for RSU Ungaran so that It will always try to improve its services performance   so it can not only satisfy the patients but also contribute in the region’s incomes.
ANALISIS PENERIMAAN KOMPUTER MIKRO DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) DI JAWA TENGAH Dewayanto, Totok
JURNAL STIE SEMARANG Vol 3 No 2 (2011): VOLUME 3 NOMOR 2 EDISI JUNI 2011
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (933.293 KB)

Abstract

The purpose of this study was to test the level of acceptance of micro computers by auditors at accounting firms in Central Java, The current auditors in accounting firms has many uses of micro computer that can be facilitate their work. The model that used to explain acceptance of micro computer is Technology Acceptance Model (TAM) with four main construct, namely perceived usefulness, perceived ease of use, attitude toward using and user acceptance.   The result were as follows: (1) Perceived ease of use significantly influence on perceived usefulness; (2) Perceived usefulness significantly influence on attitude toward using; (3) Perceived ease of use significantly influence on attitude toward using; (4) Perceived usefulness significantly influence on user acceptance; (5) Attitude toward using did not significantly influence on user acceptance.
STRATEGI DAN STABILITAS PEMBAYARAN DIVIDEN Nafi'ah, Zumrotun
JURNAL STIE SEMARANG Vol 3 No 2 (2011): VOLUME 3 NOMOR 2 EDISI JUNI 2011
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.855 KB)

Abstract

Dividends are a part of the profits given to shareholders. The size of dividends paid by companies to shareholders depends on the dividend policy of each company. Therefore, in determining  the  dividend policy of a  manager  needs  to consider  the factors  that influence dividend policy such as: company size, strategy, stability of dividends, and company profits.
KONSEP BALANCED SCORECARD DAN KENDALA PENERAPANNYA Widilestari, Christine
JURNAL STIE SEMARANG Vol 3 No 2 (2011): VOLUME 3 NOMOR 2 EDISI JUNI 2011
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.571 KB)

Abstract

Balanced Scorecard merupakan sistem pendekatan strategi manajemen yang dikembangkan Robert Kaplan dan David Norton semula digunakan untuk memperbaiki sistem  pengukuran kinerja. Balanced Scorecard dalam perkembangannya menjadi empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan, serta digunakan untuk mengukur kinerja organisasi secara komprehensif. Meskipun sistem ini cukup  komprehensif dalam mengukur kinerja organisasi dan berhasil diterapkan pada banyak perusahaan, tetapi ada banyak juga kendala dalam penerapannya.
PENCATATAN DAN PENGAKUAN SUMBERDAYA MANUSIA DALAM AKUNTANSI Warno, Warno
JURNAL STIE SEMARANG Vol 3 No 2 (2011): VOLUME 3 NOMOR 2 EDISI JUNI 2011
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.92 KB)

Abstract

In the literal sense, "human resource accounting" means accounting for people as an organizational resource. This involves measuring the costs incurred by business corporations and other organizations to recruit, select, hire, train and develop human assets. There are three functions of human resource accounting, namely (1) as a framework to assist decision making in human resources, (2) To provide quantitative information about the costs  and  value  of  human  resources  as  an  element  of  the  organization,  and  (3)  motivate managers to adopt HR information in making decisions concerning people. Several methods can be used to determine the value of human resources: - Capitalization of Salary or Wages - Costs of acquisition - Expenses beginning - Cost of replacement - Methods of economic value  

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2011 2011


Filter By Issues
All Issue Vol 17 No 2 (2025): Jurnal STIE Semarang Vol 17 No 1 (2025): Jurnal STIE Semarang Vol 16 No 3 (2024): Jurnal STIE SEmarang Vol 16 No 2 (2024): Jurnal STIE Semarang Vol 16 No 1 (2024): Jurnal STIE SEmarang Vol 15 No 3 (2023) Vol 15 No 2 (2023) Vol 15 No 1 (2023) Vol 14 No 1 (2022): VOLUME 14 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2022 Vol 14 No 3 (2022) Vol 14 No 2 (2022) Vol 14 No 1 (2022) Vol 13 No 3 (2021): VOLUME 13 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2021 Vol 13 No 2 (2021): Vol 13 No 2 (2021) Bulan Juni Vol 13 No 1 (2021): VOLUME 13 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2021 Vol 13 No 3 (2021) Vol 13 No 2 (2021) Vol 13 No 1 (2021) Vol 12 No 2 (2020): Volume 12 No 2 Edisi Juni 2020 Vol 12 No 1 (2020): Volume 12 No 1 Edisi Februari 2020 Vol 12 No 3 (2020) Vol 11 No 03 (2019): VOLUME 11 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2019 Vol 11 No 02 (2019): VOLUME 11 NOMOR 2 EDISI JUNI 2019 Vol 11 No 1 (2019): VOLUME 11 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2019 Vol 11 No 1 (2019): VOLUME 11 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2019 Vol 10 No 3 (2018): VOLUME 10 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2018 Vol 10 No 3 (2018): VOLUME 10 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2018 Vol 10 No 2 (2018): VOLUME 10 NOMOR 2 EDISI JUNI 2018 Vol 10 No 2 (2018): VOLUME 10 NOMOR 2 EDISI JUNI 2018 Vol 10 No 1 (2018): VOLUME 10 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2018 Vol 10 No 1 (2018): VOLUME 10 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2018 Vol 9 No 3 (2017): Vol 9 No 3 (2017): VOLUME 9 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2017 Vol 9 No 3 (2017): Vol 9 No 3 (2017): VOLUME 9 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2017 Vol 9 No 2 (2017): VOLUME 9 NOMOR 2 EDISI JUNI 2017 Vol 9 No 2 (2017): VOLUME 9 NOMOR 2 EDISI JUNI 2017 Vol 9 No 1 (2017): VOLUME 9 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2017 Vol 9 No 1 (2017): VOLUME 9 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2017 Vol 8 No 3 (2016): VOLUME 8 NO 3 EDISI OKTOBER 2016 Vol 8 No 2 (2016): VOLUME 8 NOMOR 2 EDISI JUNI 2016 Vol 8 No 1 (2016): VOLUME 8 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2016 Vol 7 No 3 (2015): VOLUME 7 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2015 Vol 7 No 3 (2015): VOLUME 7 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2015 Vol 7 No 2 (2015): VOLUME 7 NOMOR 2 EDISI JUNI 2015 Vol 7 No 2 (2015): VOLUME 7 NOMOR 2 EDISI JUNI 2015 Vol 6 No 3 (2014): VOLUME 6 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2014 Vol 6 No 3 (2014): VOLUME 6 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2014 Vol 6 No 2 (2014): VOLUME 6 NOMOR 2 EDISI JUNI 2014 Vol 6 No 1 (2014): VOLUME 6 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2014 Vol 6 No 1 (2014): VOLUME 6 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2014 Vol 5 No 3 (2013): VOLUME 5 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2013 Vol 5 No 2 (2013): VOLUME 5 NOMOR 2 EDISI JUNI 2013 Vol 5 No 2 (2013): VOLUME 5 NOMOR 2 EDISI JUNI 2013 Vol 5 No 1 (2013): VOLUME 5 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2013 Vol 4 No 3 (2012): VOLUME 4 NOMER 3 EDISI OKTOBER 2012 Vol 4 No 3 (2012): VOLUME 4 NOMER 3 EDISI OKTOBER 2012 Vol 4 No 2 (2012): VOLUME 4 NOMOR 2 EDISI JUNI 2012 Vol 4 No 2 (2012): VOLUME 4 NOMOR 2 EDISI JUNI 2012 Vol 4 No 1 (2012): VOLUME 4 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2012 Vol 3 No 3 (2011): VOLUME 3 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2011 Vol 3 No 2 (2011): VOLUME 3 NOMOR 2 EDISI JUNI 2011 Vol 3 No 1 (2011): VOLUME 3 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2011 Vol 2 No 3 (2010): VOLUME 2 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2010 Vol 2 No 2 (2010): VOLUME 2 NOMOR 2 EDISI JUNI 2010 Vol 2 No 1 (2010): VOLUME 2 NOMOR 1 EDISI FEBRUARI 2010 Vol 1 No 3 (2009): VOLUME 1 NOMOR 2 EDISI OKTOBER 2009 Vol 1 No 2 (2009): VOLUME 1 NOMOR 2 EDISI JUNI 2009 Vol 1 No 1 (2009): VOLUME 1 EDISI KHUSUS 2009 More Issue