cover
Contact Name
RIZKI ANANDA
Contact Email
edukasi2019@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
edukasi2019@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
ISSN : 26568063     EISSN : 26568071     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis kebijakan pendidikan, pengelolaan pendidikan, analisis kepemimpinan dan penelitian-penelitian lainnya di bidang praktis pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 3 (2020): December, Pages 215-250" : 6 Documents clear
KEBIJAKAN KEPEMIMPINAN PERUBAHAN KEPALA SEKOLAH DASAR Frandy Pratama
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 2, No 3 (2020): December, Pages 215-250
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v2i3.137

Abstract

Artikel ini membahas tentang kebijaakan kepemimpinan perubahan kepala sekolah dasar.  Berdasar kan penltian melalui kajian pustka Kepemimpianan perubahan adalah usaha dalam menciptakan perubahan yang cukup mendasar dalam sebuah organisasi, yang memungkinkan menciptakan perubahan suatu komponen organisasi menjadi menyaatu dan lebih bermanfaat dan memiliki nilai-nilai baik terhadap organisasi itu, salah satunya adalah kepala sekolah. Perubahan kepala sekolah memimiliki tiga sasaran yaitu penguatan supervise akdemik di sekolah, pengembangan kapasitas tnaga kependidikan di sekolh dan pengembangan kurikulum di sekolah . olh  sebab itu materi kepemimpinan prubahan di miksing dengan kepemimpinan pembelajarn.
Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19 Ria Yunitasari; Umi Hanifah
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 2, No 3 (2020): December, Pages 215-250
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v2i3.142

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini bersifat deskriptif menggunakan analisis data kualitatif sehingga menjadi paparan data yang mudah di pahami. Pembelajaran pada sekolah dasar atau madrasah ibtidiyah (mi) dalam penelitian ini menggunakan pembelajaran daring atau biasa disebut dengan pembelajaran jarak jauh (dari rumah) dengan bimbingan orang tua dan guru di sekolah. Siswa melakukan pembelajaran daring dan berinteraksi dengan guru menggunakan beberapa aplikasi yang di pakai seperti google classroom, zoom, google meet dan whatsapp group. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa covid-19. Responden yang diambil adalah siswa, guru dan orang tua siswa di wilayah desa Karanggayam Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 sangat bepengaruh terhadap minat belajar siswa, siswa merasa bosan karena tidak bertemu dengan teman dan gurunya secara langsung
The Rules Of Feedback In Writing Class Vitri Angraini Hardi
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 2, No 3 (2020): December, Pages 215-250
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v2i3.147

Abstract

Producing a writing in Foreign Language is struggle for foreign language learners in Indonesia mostly. The difference on various linguistic aspects, mechanics and language usage are the source of the difficulties in composing a writing. However, language learners are required to master the four skills in English, included writing. The way to facilitate the students in order to compose a writing is through Teaching and Learning process. The teacher as the person who has responsibility to enhance the learning have to create the way to motivate the students to produce a writing. One of the way to facilitate the students is by giving feedback on students’ writing. The teacher are asked to use various kinds of feedback to guide the students to produce a good writing
Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis TQM di SMA IT Baitussalam Prambanan Maghfiroh Maghfiroh; Solichah Nurul Hidayati
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 2, No 3 (2020): December, Pages 215-250
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v2i3.141

Abstract

Dalam sebuah organisasi maupun perusahaan bahkan lembaga pendidikan sekalipun, manusia menjadi syarat mutlak dan penting yang wajib dimiliki demi mencapai tujuan dari sebuah organisasi. SDM sendiri dapat didefinisikan seperti karyawan, pekerja, atau pegawai yaitu manusia yang mempunyai kontribusi dan pekerjaan langsung terhadap suatu organisasi. Pengeloalaan yang baik akan menghasilkan SDM yang baik dan menghasilkan SDM yang memiliki kemampuan dan keterampilan yang apik. Dengan segala permasalahan yang dihadapinya akan mempengaruhi kinerja sumber daya tersebut, baik secara fisik ataupun psikis dalam pencapainnya kepada suatu tujuan. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian lapangan atau disebut Field Research. Yaitu melihat secara langsung fenomena social dan kegiatan yang terjadi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi yang sumbernya langsung dari informan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah SMA IT Baitussalam Prambanan telah menerapkan manajemen sumber daya manusia (MSDM) untuk meningkatkan dan mencapai suatu kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya dengan menggunakan metode Total Quality Management, sehingga SMA IT Baitussalam Prambanan selalu melakukan perbaikan ataupun evaluasi secara konsisten demi peningkatan kualitas lembaga.
Investigation Of Junior And Senior High School Students' Attitudes Towards Correcting Mistakes : A casse Study in Guilin Xinxing Deng; Ying Zhou; Cunhua Liu
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 2, No 3 (2020): December, Pages 215-250
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v2i3.158

Abstract

Students' attitudes towards correcting mathematics wrong questions affect the effect of mathematics learning to a certain extent. Focusing on students' attitudes towards correcting maths wrong questions, discovering the problem from the root cause can provide an important basis for correcting behavior. This research uses quantitative methods. the data were taken using a questionnaire. The sample of this study was 622 students in Guilin, China. The results of the questionnaire were processed using Microsoft Word and SPSS. the students filled out a questionnaire Attitudes towards Correcting Mathematics Wrong Questions Scale to investigate the attitudes of junior and senior high school students to correcting mathematics wrong questions from the three dimensions of cognition, behavior tendency and emotion. This research found 1) the overall level of Junior and senior high school students' attitudes towards correcting mathematics wrong questions is relatively high; 2) There are differences in the three dimensions, that is, cognitive level>emotional level>behavioral tendency; 3) there are significant differences in the attitude of correcting mathematics wrong questions in gender, whether or not they are student leaders, whether the head teacher is a math teacher, and grade; 4) And there is a significant correlation between each dimension and mathematics academic performance; 5) the attitude of correcting mathematics wrong questions significantly positively affects mathematics academic performance.
Pengembangan dan Pemamfaatan Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Model ASSURE di Sekolah Dasar Shinta Sri Wahyuni; Solfema Solfema
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 2, No 3 (2020): December, Pages 215-250
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v2i3.143

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D). Penelitian pengembangan ini dirancang  pada pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 bertujuan untuk  menghasilkan penelitian  berbasis model ASSURE.  Siswa kelas IV SD Negeri 06 Teluk Bayur Kota Padang adalah subjek penelitian ini. Produk pengembangan yang dihasilkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil penelitian  pengembangan desain pembelajaran dengan menggunakan model ASSURE : (1) Hasil Validitas  RPP yang dikembangkan valid dengan hasil uji ahli isi yaitu 94,56%  dengan kualifikasi sangat valid. (2)  Kriteria kepraktisan dari respon guru 91,67% dan respon peserta didik 92.81%. (3)  Kriteria kefektifan dari  keterlaksanaan RPP yaitu 98.12%.  (4) Hasil observasi aktivitas peserta didik yaitu 94,88% berada pada kualifikasi  sangat baik, dan hasil belajar peserta didik  menunjukkan persentase masing-masing komponen dari aspek sikap sebesar 94.31%, pengetahuan yaitu 81.82%, dan keterampilan  yaitu 82.14%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan dan pemanfaatan desain pembelajaran pembelajaran tematik terpadu berbasis model ASSURE telah  dinyatakan valid, praktis, dan efektif. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 5 (2025): Oktober Vol 7, No 4 (2025): Agustus Vol 7, No 2 (2025): In Press Vol 7, No 1 (2025): February Vol 6, No 6 (2024): December Vol 6, No 5 (2024) Vol 6, No 4 (2024) Vol 6, No 3 (2024) Vol 6, No 2 (2024): In Press Vol 6, No 2 (2024) Vol 6, No 1 (2024) Vol 5, No 6 (2023) Vol 5, No 6 (2023): December Vol 5, No 5 (2023) Vol 5, No 5 (2023): October Vol 5, No 4 (2023) Vol 5, No 4 (2023): August Vol 5, No 3 (2023): June Vol 5, No 3 (2023) Vol 5, No 2 (2023): April Vol 5, No 2 (2023) Vol 5, No 1 (2023) Vol 5, No 1 (2023): February Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346 Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400 Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000 Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200 Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600 Vol 4, No 6 (2022): December 2022 Vol 4, No 6 (2022) Vol 4, No 5 (2022) Vol 4, No 4 (2022) Vol 4, No 3 (2022) Vol 4, No 2 (2022) Vol 4, No 1 (2022) Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500 Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500 Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382 Vol 3, No 3 (2021): June Pages 631-1091 Vol 3, No 2 (2021): April Pages 250-630 Vol 3, No 1 (2021): February, Pages 1-260 Vol 3, No 6 (2021) Vol 3, No 5 (2021) Vol 3, No 4 (2021) Vol 3, No 3 (2021) Vol 3, No 2 (2021) Vol 3, No 1 (2021) Vol 2, No 3 (2020): December, Pages 215-250 Vol 2, No 2 (2020): August, Pages 113-214 Vol 2, No 1 (2020): April, Pages 1-112 Vol 2, No 2 (2020) Vol 2, No 1 (2020) Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137 Vol 1, No 2 (2019): August Pages 56-96 Vol 1, No 1 (2019): April, Pages 1-55 Vol 1, No 3 (2019) Vol 1, No 2 (2019) Vol 1, No 1 (2019) More Issue