cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 22526722     EISSN : 25033476     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (P-ISSN 2252-6722, E-ISSN 2503-3476) is published by the Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Semarang. It publishes research-based articles in the field of language, literature, and learning. It is published twice a year, namely in May and November. The scopes of the topics include: 1) Indonesian language for foreigners, Indonesian language, Indonesian language teaching; (2) Linguistics; (3) Applied Linguistics, and; (4) Literature Teaching.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2: November 2016" : 20 Documents clear
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI MEDIA GAMBAR SERI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PENGANDAIAN DIRI SEBAGAI TOKOH CERITA Qomariyah, U'um; Ulfa, Shofa Marya
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 2: November 2016
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.748 KB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi dan tes awal keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas X-4 SMA Negeri 2 Bae Kudus tergolong masih rendah. Penyebabnya adalah kurang tepatnya teknik yang digunakan dalam pembelajaran, pemanfaatan media pembelajaran yang sangat minimal, dan siswa kurang tertarik serta kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran menulis cerpen. Pada saat dilakukan tes awal, kesulitan yang dialami siswa yaitu ketika menentukan ide atau tema yang dijadikan sebagai inspirasi dalam menulis cerpen, serta mengembangkan tema tersebut menjadi cerpen yang runtut dan utuh. Solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah melalui pemberian media gambar seri dengan menggunakan teknik pengandaian diri sebagai tokoh cerita. Tes keterampilan menulis cerpen pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 70,02 atau dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83,08 atau dalam kategori baik. Dari pencapaian nilai dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan sebesar 13,06. Peningkatan keterampilan menulis cerpen ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Kata kunci: keterampilan menulis cerpen; media gambar seri; teknik pengandaian diri sebagai tokoh cerita ABSTRACT Based on observations and initial tests the skills of writing short stories in class X-2 SMAN 2 Bae Kudus is still low. The cause is less precise techniques used in teaching, learning media utilization which is very minimal, and students are less interested and less enthusiastic in participating in writing short stories learning. In the initial tests, the difficulties which are experienced by students are when determining the ideas or themes that are used as inspirations in writing short stories, and developing the theme into a short story that is coherent and integrated. The right solution to solve that problem is through the provision of media image series using the technique of presuppositions themselves as the characters. Writing short story skills test cycle I obtain an average value of 70.02 or and increase in the cycle II into 83.08 or in good categories. From the attainment of the first cycle to the second cycle is obtained an increase of 13.06. The increase in writing short story skills is also followed by change in student behavior to be more positive.   Keywords: writing short story skills; media image series; modality techniques themselves as characters
PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BERMAIN PERAN UNTUK SISWA SMP Rahmawati, Lenny Sisiliya; Suseno, Suseno
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 2: November 2016
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.221 KB)

Abstract

Abstrak Buku panduan bermain peran dirasa masih terbatas. Siswa kesulitan dalam mempelajari cara bermain peran dengan baik dan benar karena kurangnya buku penunjang tetang pembelajaran bermain peran. Disamping itu, keterampilan guru juga berpengaruh dengan keberhasilan siswa dalam belajar bermain peran. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengembangkan buku panduan bermain peran. Sehingga, siswa dan guru dapat belajar bermain peran dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kebutuhan peserta didik dan guru terhadap buku panduan bermain peran untuk meningkatkan minat peserta didik dalam bermain peran, (2) membuat prototipe buku panduan bermain peran untuk meningkatkan minat peserta didik dalam bermain peran, (3) memperoleh penilaian dari ahli terhadap buku panduan bermain peran untuk meningkatkan minat peserta didik dalam bermain peran, (4) menghasilkan perbaikan buku panduan bermain peran untuk siswa SMP setelah dilakukan uji validasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dilakukan dengan limat tahap. Sebagai produk pengembangan, produk buku panduan bermain peran untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap latihan bermain peran bagi peserta didik SMP. Kata kunci: buku panduan, bermani peran, latihan dasar bermain peran, langkah-langkah bermain peran Absract Role play guide books are still considered limited. Students are difficult to learn how to role play properly because the book to learn about it is still lack. Besides that, teachers skills also influence the success of students in learning role play. One of the efforts is to develop arole play guide book, so students and teachers can learn role play properly. The aims of this study are (1) to know students and teachers needs of the role playing guide book to oncrease students interest in role playing, (2) to crate prototypes of the role playing guide book to increase students interst in role playing, (3) to obtain an expert assessment of the role playing guide book to increase students interest in role playing, (4) to develop an improvement in the role playing guide nook of Junior High Scool students after validity test. This study uses research and development method (R&D) which is conducted with five stages. As product development, this book is used to meet students and teachers needs og role playing exercises by Junior High School students. Key word: guide book, role playing, role playing basic training, role playing stages.
PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN APRESIASI TEKS FABEL BERMUATAN NILAI-NILAI KARAKTER BAGI SISWA SMP Sumartini, Sumartini; Hapsari, Novia Rizki
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 2: November 2016
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.578 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan apresiasi teks fabel bermuatan nilai-nilai karakter bagi siswa SMP kelas VIII. Desain penelitian pengembangan yang dilakukan terdiri atas lima tahap, meliputi (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Pengumpulan data dilakukan melalui angket kebutuhan dan angket uji validasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui pemaparan data dan verifikasi atau simpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku-buku pengayaan apresiasi teks fabel bermuatan nilai-nilai karakter yang dikembangkan termasuk kategori sangat baik. Hal tersebut disimpulkan dari hasil penilaian guru dan ahli serta tanggapan siswa. Setelah dinilai, buku tersebut diperbaiki sesuai saran dari siswa, guru, dan ahli sehingga diperoleh buku pengayaan yang sesuai dengan persepsi siswa dan guru serta materi pelajaran dalam kurikulum. Kata kunci:buku pengayaan, apresiasi, fabel, dan nilai-nilai karakter   Abstract The objective of the study was to develop supplementary book in appreciating character education-based fable text for eight graders at junior high school. The study was done through research and development research design which consisted of five stages including (1) problem potency, (2) data collecting, (3) product design, (4) design validation, and (5) design revision. The data collecting was done through need analysis questionnaire and validation test questionnaire. The data analysis technique was qualitative descriptive analysis through data description and verification or data conclusion. The result of the study showed that supplementary book in appreciating character education-based fable which had been developed was in good category. It was concluded from the result of experts and teachers assessments as well as the students’ responses. After being assessed, the book was revised based on the suggestions from the students, teachers, and experts. Therefore, it was obtained a supplementary book which was appropriate to the students’ and teachers’ perception as well as the teaching material in curriculum. Keywords: supplementary book, appreciation, fable, and character education
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN UNTUK MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DENGAN METODE P2R DENGAN TEKNIK DISKUSI PADA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUL ATHFAL WEDUNG DEMAK Haryadi, Haryadi; Syafaah, Nawalis
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 2: November 2016
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.627 KB)

Abstract

Abstrak Keterampilan siswa dalam membaca dikatakan masih rendah, begitu juga yang terjadi pada siswa kelas V MI.Tarbiyatul Athfal Wedung. Rendahnya keterampilan tersebut disebabkan minat siswa untuk membaca kurang dan beranggapan bahwa membaca itu membosankan dan tidak memiliki arti. Olek karena itu, guru hendaknya memilih teknik yang tepar untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan menggunakan metode P2R dengan teknik diskusi diharapkan dapat mengatasi masalah yang dihadapi itu. Subjek penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman untuk menemukan gagasan utama. Pengumpulanm data menggunakan teknik tes dan nontes. Dari hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan rata-rata siswa dalam menemukan gagasan utama dari 44,50 pada saat prasiklus menjadi 65,50 pada saat siklut 1 meningkat 21, 00 dan 78,50 pada siklus 11.   Kata Kunci: Gagasan utama, metodeP2R, dan tenim diskusi     ABSTRACT   Student skills in reading is said still low, as is also the case in class V MI.Tarbiyatul Athfal Wedung. The low skills due to interest students to read less and think that reading is boring and has no meaning. Therefore, teachers should choose suitable techniques to overcome these problems. By using techniques P2R with discussions expected to overcome the problems facing it. The subjects were reading comprehension skills to find the main idea. Data collecting use test and nontestechniques. From the research, showed an increase in the average student in finding the main idea of 44,50 at the time prasiklus be 65.50 during cycles 1 increased by 21, 00 and 78.50 at 11 cycles.   Keywords: main idea, P2R methods, and techniques discussion
VIDEO STOP MOTION KARAKTER FLANEL UNTUK KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK Doyin, Mukh; Azizi, Fakhri Ali
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 2: November 2016
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.581 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video stop motion karakter flanel untuk keterampilan menyusun teks cerita pendek bagi peserta didik SMP kelas VII. Penyusunan produk media pembelajaran tersebut disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dilakukan dengan lima tahap. Sebagai produk pengembangan, produk media pembelajaran dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap media pembelajaran menyusun teks cerita pendek bagi peserta didik SMP kelas VII. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, angket kebutuhan peserta didik, dan angket kebutuhan pendidik. Lembar uji validasi dan wawancara juga diberikan kepada ahli yang bertugas sebagai validator produk media pembelajaran. Penyusunan media pembelajaran ini sudah disetarakan dengan kebutuhan media pembelajaran pada jenjang SMP. Sehingga media pembelajaran video stop motion karakter flanel dapat digunakan sebagai alternatif panduan menyusun teks cerita pendek bagi peserta didik SMP kelas VII. Kata kunci: media pembelajaran, video stop motion, menyusun teks cerita pendek     Abstract The goal of this research is to develop flanel charactered of stop motion video as a teaching medium for writing short story text ability of the first grade of junior high school students. The development of that teaching media product is suited with the need of learner and teacher. This research used research and development (R&D) approach which is done in five steps. As a product development, product of teaching media is developed to fulfill the needs of learner and teacher to the teaching media for writing short story text of the first grade of junior high school students. Instruments of research that used are interview method, questionnaire of learner’s need, and questionnaire of teacher’s need. Validity testing sheet and interview also given to the expert who has role as validator of teaching media product. Development of this teaching media have already suitable for the need of teaching media at junior high school level. So that flanel charactered of stop motion video as a teaching medium can be used as alternative method of writing short story text of the first grade of junior high school students. Keywords: learning medium, stop motion video, writing short story text
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES Noor, Syafiq Hakim; Mulyani, Mimi
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 2: November 2016
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.886 KB)

Abstract

Abstrak   Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis surat resmi melalui pendekatan keterampilan proses pada peserta didik kelas VIII-A MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis surat resmi pada peserta didik kelas VIII-A MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Dari hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran, peserta didik menjadi lebih perhatian, bersemangat dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, peningkatan keterampilan menulis surat resmi sebesar 10,05% pada siklus II, dan peningkatan perubahan perilaku peserta didik dari perilaku negatif menjadi perilaku positif. Kata Kunci: menulis surat resmi, pendekatan keterampilan proses     Abstract The purpose of this research is improving the skill of writing formal letter through the process-skills approach to the students of grade VIII-A of MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak. The design of this research is classroom action research. The subject of this research is the skill of writing formal letter of the students of grade VIII-A of MTs Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen Demak. The technique of collecting data uses test and non-test techniques. From the research, showed an increasement in the learning process, the students become more attentive, eager and more active in participating learning process, the improvement of writing formal letter increased by 10.5% in the second cycle, and there are behavioral changes of students from negative into positive behavior. Keywords: writing formal letters, process-skills approach
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENYUNTING TEKS ULASAN FILM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS XI SMA Latsiya, Kartika Pandu; Baehaqie, Imam
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 2: November 2016
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.368 KB)

Abstract

ABSTRAK Dalam keterampilan menyunting siswa diharapkan mampu memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada dalam teks sehingga teks tersebut benar-benar dapat dibaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui keefektifan pembelajaran menyunting teks ulasan film dengan model pembelajaran think pair share, (2) mengetahui keefektifan pembelajaran menyunting teks ulasan film dengan model pembelajaran snowball throwing, (3) mengetahui perbedaan keefektifan pembelajaran menyunting teks ulasan film dengan model pembelajaran think pair share dan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretes dan postes pada kelas eksperimen 1 dan ekserimen 2. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA-3 (eksperimen 1) sebanyak 33 siswa dan kelas XI MIPA-5 (eksperimen 2) sebanyak 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai sikap spiritual dan sikap sosial kelas eksperimen 1 yang menerapkan model pembelajaran think pair share lebih efektif dalam nilai sikap dibandingkan kelas eksperimen 2 yang menerapkan model pembelajaran snowball throwing. Hasil analisis hipotesis (uji t) menunjukkan bahwa model pembelajaran think pair share efektif dari model pembelajaran snowball throwing pada pembelajaran menyunting teks ulasan film dengan perbrdaan rata-rata µ1>µ2 adalah 12.476>1.486, berarti pembelajaran kelas eksperimen 1 lebih efektif daripada kelas eksperimen 2. In editting, the students are expected be able to correct the errors in the text. Basically, editting has a function to help the writers to share their ideas with the readers. the objectives of this study are: (1)to find out the effectiveness of learning process of a review text using think pair share. (2)to find out the effectiveness of using snowball throwing. (3)to find out the differences in the effectiveness of editting the review text using think pair share and snowball throwing in eleventh grade of senior high school. The research design used was quasi-experimental with a pre-test and post-test were given to the first experimental class and the second experimental class. The subject of this study were the XI grade students of senior high school. According to this research, ho was denied and Ha was accepted. It indicates the students from the snowball throwing group and the students from the think pair share group had a different result, with the average differences µ1>µ2 was 12.476>1.486. it means that the learning process from the first experimental group is more effective than the second experimental group. By doing this research, hopefully the teachers can be more creative and innovative in developing learning process in the class. Kata Kunci : penyuntingan, model pembelajaran think pair share dan model pembelajaran snowball throwing, teks ulasan film.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE Syukron, Ahmad; Subyantoro, Subyantoro; Yuniawan, Tommi
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 2: November 2016
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.992 KB)

Abstract

SARI   Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I merupakan tindakan awal dalam penelitian keterampilan menulis naskah dramadengan metode picture and picture, sedangkan siklus II bertujuan untuk memperbaiki hasil dari siklus I. Proses pembelajaran keterampilan menulis naskah drama dengan metode picture and picture yaitu antara lain: intensifnya proses internalisasi penumbuhan minat-minat peserta didik untuk menulis naskah drama, proses diskusi peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur naskah drama terlaksana secara kondusif, intensifnya peserta didik dalam proses menulis naskah drama dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama, kondusifnya kondisi peserta didik saat proses meny unting naskah drama dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama, dan terbangunnya suasana reflektif saat kegiatan refleksi pada akhir pembelajaran sehingga peserta didik bisa menyadari kekurangan saat proses pembelajaran dan mengetahui apa yang akan dilakukan setelah proses pembelajaran.   Kata Kunci: menulis drama, pictue and picture.   ABSTRAC This research was conducted in two cycles. Fisrts Cycle is an early action in a script writing skills dramatic with research methods and picturet picture, while the second cycle aims to improve the results of the first cycle. The process of learning the skills to write a script with picture and picture method among other things: the intensification of the process of internalization of growing interests of learners to write a play, the discussion process learners in identifying the elements of the play done in a conducive, the intensification of learners in the process of writing the script with paying more attention on writing plays, the conducive condition participants student when process of editing the manuscript with paying more attention on writing plays, and awakening atmosphere reflective moment of reflection at the end of the learning activities so that students can realize the shortcomings during the learning process and know what to do after the learning process.   Keywords: dramatic writing, pictue and picture.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI DENGAN METODE PETA KONSEP BERBANTUAN MEDIA VIDEO PERISTIWA ALAM BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII C SMP NEGERI 1 TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN Utami, Santi Pratiwiw Tri; Murniasih, Murniasih
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 2: November 2016
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.514 KB)

Abstract

Abstrak Pengetahuan dan keterampilan peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Tawangharjo, Kabupaten Grobogan dalam memahami dan menyusun teks eksplanasi belum mencapai target ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tertulis dan mengubah perilaku peserta didik menjadi lebih baik dengan metode peta konsep berbantuan media video peristiwa alam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode peta konsep berbantuan media video peristiwa alam, dapat digunakan untuk meningkatan aspek pemahaman dan keterampilan peserta didik dalam menyusun teks eksplanasi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Hasil penelitian aspek pengetahuan menunjukan adanya peningkatan 100% dari prasiklus sebesar 0,99 (20,58%) ke siklus I sebesar 2,97 (58,82%) menjadi 3,9 (100%) pada siklus II. Selain itu, aspek keterampilan juga mengalami peningkatan sebesar 41,2% dari prasiklus sebesar 2,06 (26,47%) ke siklus I 2,9 (64,7%) dan siklus II sebesar 3,2 (91,2%). Penelitian menggunakan metode peta konsep berbantuan media video peristiwa alam mampu mengoptimalkan proses pembelajaran, mengubah sikap spiritual maupun sikap sosial peserta didik menjadi lebih baik, dan meningkatkan hasil belajar aspek pengetahuan dan keterampilan menyusun teks eksplanasi. Kata Kunci: Media Video Peristiwa Alam, Metode Peta Konsep, Teks Eksplanasi.   Abstract                The knowledge and skills of students of class VII C SMP Negeri 1 Tawangharjo, Grobogan in understanding and preparing explanatory text has not reached the target minimum completeness. This study aims to improve the skills of preparing a written explanation text and change the behavior of students to be better. Improved skills preparing explanatory text with concept mapping method aided video media natural events. The results showed that the method of concept maps video media-assisted natural events, can be used to improve aspects of the understanding and skills of learners in preparing the explanatory text. Collecting data using test techniques and nontes. The results of the research aspects of knowledge shows the increase of 100% from 0,99 prasiklus to the first cycle of 2.97 to 3.9 in the second cycle. In addition, aspects of skills also increased by 41.2% from prasiklus of 2.06 to 2.9 the first cycle and the second cycle of 3.2. Research using concept maps video media-assisted natural events are able to optimize the learning process, to change the attitude of spiritual and social attitudes become better learners, and improve learning outcomes aspects of knowledge and skills preparing explanatory text.   Keywords: Video Media-Assisted Natural Events, Concepts Maps, Explanatory Text.
PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUSUN TEKS EKSPOSISI BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) Pertiwi, Deby Oktaviani; Hartono, Bambang; Syaifudin, Ahmad
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5 No 2: November 2016
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.523 KB)

Abstract

Abstrak               Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan prototipe buku pengayaan menyusun teks eksposisi berbasis kearifan lokal bagi peserta didik yang dapat digunakan untuk pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dilakukan dalam lima tahap. Hasil penelitian ini adalah berupa buku pengayaan menyusun eksposisi berbasis kearifan lokal. Produk yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan pengayaan atau penambah wawasan sebagai pendamping pembelajaran dalam pembelajaran menyusun teks eksposisi. Kata kunci: buku pengayaan, teks eksposisi, dan kearifan lokal   Abstract             The aim of the research to create the local wisdom based complement book prototype for student to compose exposition text and useful for learning. The research uses Research and Development (R&D) methodology that is divided into 5 (five) phases. The result of the research is an complement book for composing exposition text based on local wisdom for Junior High School students. A developed product should be used as an complement material or as adding the conception in creating an exposition text. Keywords     : complement book, exposition text, and local wisdom

Page 1 of 2 | Total Record : 20