cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Published by Politeknik Negeri Bali
ISSN : 02169843     EISSN : 25805614     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan [e-ISSN 2580-5614 ] p-ISSN 0216-9843 | DOI 10.31940/jbk] issued by Politeknik Negeri Bali, published three times a year in March, July and November.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 17 No 1 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan" : 10 Documents clear
Pengaruh RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, dan Capital) terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Perbankan di BEI 2016-2018) Ni Putu Sita Prabawati; Norma Dewi Abdi Pradnyani; Desak Putu Suciwati
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 17 No 1 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v17i1.2257

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Profil Risiko, Good Corporate Governance, Earnings, Capital, dan pengaruh RGEC secara bersama-sama terhadap nilai perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2018. Penelitian ini menggunakan 44 bank dengan jumlah sampel 132. Pengumpulan data menggunakan metode observasi non partisipan. Profil risiko diukur dengan Non Performing Loans (NPL) dan Loans to Deposit Ratio. GCG diukur dengan self assessment, sedangkan Earnings diukur dengan ROA, dan Net Interest Margin (NIM). Modal diukur dengan Capital Adequancy Ratio (CAR), sedangkan nilai perusahaan dihitung menggunakan rumus Tobin's Q. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Profil Risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. (2) Good Corporate Governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. (3) Laba berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. (4) Modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. (5) RGEC secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
Analisis Pengaruh Free Cash Flow, Kebijakan Dividen, dan Kepemilikan Saham Manajerial terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Bank BUMN periode 2010-2019) Ristika Yulianti; Ida Suriana; Hendra Sanjaya Kusno
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 17 No 1 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v17i1.2470

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh free cash flow kebijakan dividen, dan kepemilikan saham manajerial terhadap nilai perusahaan (studi kasus pada Bank BUMN periode 2010-2019). Data diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan Bursa Efek Indonesia periode 2010-2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif. Model analisis data yang digunakan adalah model analisis regresi linier berganda dan teknik yang digunakan untuk uji hipotesis adalah uji simultan (F) statistik dan uji parsial (t) statistik. Selain itu, juga dilakukan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikoloniearitas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa free cash flow, kebijakan dividen, dan kepemilikan saham manajerial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan uji parsial (t) disimpulkan bahwa free cash flow berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, kebijakan dividen tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, dan kepemilikan saham manajerial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.
Pengaruh Nilai Tukar dan Inflasi Terhadap Harga Saham Perbankan Pada Masa Pandemi COVID-19 Ni Made Ayu Dwijayanti
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 17 No 1 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v17i1.2351

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Nilai tukar dan Inflasi secara parsial dan simultan terhadap Harga Saham Perbankan pada masa Pandemi Covid-19. Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh populasi sebanyak 10 Bank dengan Asset terbesar di Indonesia. Model analisis penelitian adalah Analisis Regresi Linier Berganda dan teknik analisis Uji Koefisien Determinasi (R2), Uji Statistik F dan Uji Statistik t dengan bantuan program IBM SPSS 24.0. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa Nilai tukar secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham dan inflasi secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham. Nilai tukar dan Inflasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham Perbankan pada masa Pandemi Covid-19.
Citra Destinasi Wisata Halal di Jepang: Wisatawan Dan Non-Wisatawan Muslim Dari Indonesia Fatya Alty Amalia; Arie Indra Gunawan; Nono Wibisono
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 17 No 1 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v17i1.2473

Abstract

Wisata halal merupakan salah satu sektor bisnis halal yang masih berkembang karena banyaknya potensi wisatawan yang masih dapat dimanfaatkan lebih lanjut. Sebagai seorang wisatawan yang memiliki beberapa pilihan destinasi wisata halal, proses pengambilan keputusannya mengenai destinasi yang dipilih dapat sangat dipengaruhi oleh citra destinasi pada atribut wisata halal di destinasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji citra destinasi wisata halal di Jepang dari wisatawan dan non-wisatawan muslim Indonesia. Untuk pendataan dilakukan survey online (Mei-Juni 2020) terhadap umat Islam Indonesia dan menghasilkan 263 respon valid. Berdasarkan 12 atribut, 263 tanggapan tersebut dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U dan dilanjutkan untuk menguji ukuran efeknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 dari 12 atribut (CD1, CD4, dan CD10) yang tidak berbeda nyata antara kelompok wisatawan dan non-wisatawan. Sedangkan atribut sisanya berbeda nyata antara kedua kelompok. Secara spesifik, gambaran CD3, CD5, dan CD12 pada wisatawan lebih kuat dibandingkan non-wisatawan. Di sisi lain, citra non-pengunjung dalam bentuk CD2, CD6, CD7, CD8, CD9, dan CD11 lebih kuat dari pada wisatawan. Berdasarkan temuan tersebut, Jepang sebaiknya menyesuaikan strategi promosinya berdasarkan sasarannya, baik wisatawan yang sudah memiliki pengalaman aktual maupun non-wisatawan yang hanya mengandalkan citra sekundernya.
Analisis Employer Brand pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Bandung (Studi pada Karyawan Generasi Millennials) Ratih Purbasari; Leti Arinawati
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 17 No 1 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v17i1.2348

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis employer brand pada karyawan generasi millennials. Studi dilakukan pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Witel Bandung yang merupakan salah satu BUMN terbesar di Indonesia yang menjadi pilihan tempat bekerja bagi sebagian besar generasi millennials. Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Methods) dengan pendekatan deskriptif. Untuk pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara melibatkan manager Human Capital Service Divisi Regional III Jawa Barat, asisten manager Human Resources dan karyawan tetap generasi millennials. Hasil penelitian menunjukkan bahwa employer brand pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel berada dalam kategori tinggi yang berarti bahwa employer brand telah dikelola dengan baik. Namun demikian, masih dibutuhkan perbaikan terutama pada dimensi work-life balance dan company culture. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengambil unit analisis yang lebih luas cakupan karakteristik karyawannya, seperti generasi x, y dan z, serta dapat pula melakukan perbandingan dari beberapa karakter karyawan tersebut untuk mengetahui persepsi dari setiap generasi terhadap employer brand dalam rangka meningkatkan daya saing perusahaan.
Good Corporate Governance: Does The Timeliness of Financial Reporting Has an Effect to The Investors’ Reaction? Reni Furwanti; Slamet Haryono; Dini Maulana Lestari
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 17 No 1 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v17i1.2320

Abstract

This research aims to find out the influence of independent committee boards, audit committee repats, foreign ownership, and audit quality on the timeliness of financial reporting and their impact on investors' reactions both directly and indirectly. This research uses a quantitative method with population and sample of companies registered in Jakarta Islamic Index (JII). Data will be processed using path analysis using IMB SPSS Statistic 22 software. Based on the results of this research, it is known that directly, independent commissioner variables and audit quality have a positive effect on investor reactions, while foreign ownership variables and audit committee meetings have a negative effect on investors’ reactions. While the indirect influence can be known that only audit committee meetings, foreign ownership, and audit quality can have a significant impact on investors' reactions through the timeliness of disclosure of financial statements as intervening variables. The implication of this research is to prove that the existence of corporate governance in terms of determining the intensity of audit committee meetings, foreign ownership, and determination of KAP selection in improving the quality of audits can make the company more efficient and timely in disclosing its financial statements in order make positive reactions from investors that indicates good news for the company.
Pengaruh Supply Chain Drivers (Cost Reduction dan Growth) terhadap Partnership in Marketing and Sales Performance Gladys Greselda Gosal; Timotius F. C. W. Sutrisno; Ricky Martin Palimbong
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 17 No 1 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v17i1.2342

Abstract

Penelitian in bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendorong rantai pasok yaitu pengurangan biaya dan pertumbuhan terhadap kemitraan pemasaran dan penjualan serta kinerja pemasaran dan penjualan pada industri manufaktur makanan dan minuman di Indonesia. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis PLS-SEM. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajer yang bekerja di perusahaan manufaktur makanan dan minuman yang tergabung sebagai anggota komunitas manajemen produksi dan operasi di Indonesia (IPOMS) yang berjumlah 711 manajer. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah random sampling dengan jumlah 70 sampel dan data yang diperoleh sebanyak 50 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengurangan biaya tidak berpengaruh terhadap kemitraan, akan tetapi berpengaruh langsung terhadap kinerja pemasaran dan penjualan. Sementara itu, pertumbuhan berpengaruh terhadap kemitraan serta kinerja pemasaran dan penjualan. Kemitraan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dan penjualan, selanjutnya kemitraan juga terbukti memediasi pengaruh antara pertumbuhan terhadap kinerja, akan tetapi tidak terbukti memediasi pengaruh antara pengurangan biaya terhadap kinerja. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penting bagi perusahaan untuk menerapkan pengurangan biaya serta mempertahankan pertumbuhan, agar dapat membuka peluang kerjasama dengan perusahaan lain terutama dalam bidang pemasaran dan penjualan yang akhirnya dapat meningkatkan kinerja pemasaran dan penjualan dalam perusahaan.
Niat Menggunakan E-Commerce Dengan Technology Acceptance Model (TAM) Pada UMKM Della Tajudin La Jahalia; Lu'lu' Nafiati
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 17 No 1 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v17i1.2327

Abstract

Usaha Mikro Kecil, dan menengah (UMKM) merupakan kegiatan usaha yang berkontribusi dalam perekonomian nasional. Kemajuan teknologi informasi sangat memudahkan masyarakat dalam melakukan berbagai macam aktivitas salah satunya adalah kegiatan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, tekanan sosial, dan sikap penggunaan terhadap niat menggunakan e-commerce berdasarkan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode survei. Sebanyak 100 UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi sampel dalam penelitian ini. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi manfaat berpengaruh positif terhadap sikap penggunaan dan niat menggunakan, persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap sikap penggunaan, tekanan sosial berpengaruh positif terhadap niat menggunakan, serta sikap penggunaan berpengaruh positif terhadap niat menggunakan.
Analisis Implementasi Akuntansi Lingkungan Pada Badan Usaha Milik Desa: Studi Kasus pada Unit Pemungutan Sampah BUMDes Buduk Badung Si Luh Putu Yulita Suningsih; I Gusti Ayu Astri Pramitari; I Nyoman Mandia
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 17 No 1 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v17i1.2471

Abstract

Penerapan akuntansi lingkungan tidak semata-mata untuk memenuhi peraturan yang berlaku terkait dengan lingkungan, tetapi juga dapat meningkatkan kinerja Badan Usaha Milik Desa dalam mengelola lingkungan. Biaya yang timbul akibat aktivitas operasi yang berkaitan dengan lingkungan bukan merupakan biaya yang merugikan bagi badan usaha, tetapi biaya lingkungan tersebut memberi peningkatan nilai ekonomi bagi perusahaan dalam jangka panjang. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis implementasi pelaporan akuntansi lingkungan pada unit pemungutan sampah BUMDes Buduk “Buduk Mitra Winangun”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) perlakuan akuntansi lingkungan pada unit pemungutan sampah BUMDes Buduk “Buduk Mitra Winangun” belum dilakukan secara tepat, (2) perlakuan akuntansi lingkungan pada unit pemungutan sampah BUMDes Buduk “Buduk Mitra Winangun” berdasarkan SAK ETAP berprinsip pada pengakuan, pengukuran, dan pelaporan, tetapi pelaporan biaya lingkungan disesuaikan dengan klasifikasi biaya menurut Hansen dan Mowen, (3) perlakuan akuntansi lingkungan pada unit pemungutan sampah BUMDes Buduk “Buduk Mitra Winangun” belum sesuai dengan SAK ETAP dalam tahap pengakuan dan pelaporan.
Ekosistem Usaha Rintisan Mahasiswa: Studi Kasus Proyek Bisnis di Masa Pandemi Covid-19 Novira da Silva
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 17 No 1 (2021): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v17i1.2337

Abstract

Peran pendidikan tinggi dalam ekosistem kewirausahaan adalah menyediakan lingkungan yang mendukung pembentukan dan pelaksanaan usaha rintisan mahasiswa. Program S1 Bisnis di Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya telah memiliki kurikulum kewirausahaan dengan salah satu kebijakan tugas akhir berupa pembuatan proyek bisnis sebagai sebuah usaha rintisan mahasiswa. Kondisi pandemi covid19, mengubah sistem perkuliahan dan pelaksanaan proyek bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang elemen ekosistem usaha rintisan mahasiswa dan dinamika perubahan yang terjadi selama periode pandemi covid19 . Metode penelitian kualitatif studi kasus dengan kerangka ekosistem untuk usaha rintisan mahasiswa sebagai acuan analisis. Pengumpulan data melalui FGD kepada perwakilan kelompok proyek bisnis, dilanjutkan interview dan telaah dokumen internal program S1 Bisnis. Hasil penelitian menunjukkan sejarah universitas dan kepatuhan pada peraturan pemerintah serta perkembangan industri kreatif menjadi dasar perumusan kurikulum kewirausahaan. Proyek bisnis harus fleksibel dalam menghadapi perubahan lokasi domisili anggota kelompok juga peralihan metode penjualan yang memanfaatkan media daring untuk kegiatan pemasaran. Dukungan orang tua dan keluarga, mentor usaha dan mentor akademik sangat mendukung pelaksanaan proyek bisnis. Mata kuliah elektif yang telah dijalankan sebelumnya juga turut memberikan kontribusi pada pelaksanaan usaha. Kesesuaian alokasi dosen pembimbing dan evaluasi mata kuliah elektif adalah implikasi manajerial penelitian bagi pengelola program S1 Bisnis.

Page 1 of 1 | Total Record : 10