cover
Contact Name
Asep Rokhyadi Permana
Contact Email
jpsb@mercubuana-yogya.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpsb@mercubuana-yogya.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis
ISSN : 23375817     EISSN : 26147289     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis (JPSB) is a journal created to bridge researchers, management observers from various circles, lecturers, business people, and researchers. This journal is expected to be a driving force for increasing science, especially in the field of management.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 1 (2025): Februari (IN PRESS)" : 4 Documents clear
PENGARUH KEMUDAHAN, KUALITAS INFORMASI, DESAIN WEB, KEAMANAN, DAN METODE PEMBAYARAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DALAM MEMBELI TIKET KERETA API BANDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT SECARA ONLINE Wahyujatmiko , R. Suprono; Mega Wijaya , Petra Surya; Hardono , Hardono; Dwikartika , Putri
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol. 13 No. 1 (2025): Februari (IN PRESS)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/jpsb.v13i1.4826

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan, kualitas informasi, desain web, keamanan, dan metode pembayaran terhadap kepuasan penumpang dalam membeli tiket Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport secara online. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik regresi linier berganda. Sampel penelitian ini terdiri dari 100 responden yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan dan kualitas informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang, sedangkan desain web, keamanan, dan metode pembayaran berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang dalam pembelian tiket secara online. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi pengelola layanan kereta api dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Kebaruan dalam penelitian ini adalah focus pada layanan tiket online KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang masih jarang dikaji dengan temuan kemudahan dan kualitas informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, berbeda dengan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa kemudahan adalah faktor utama dalam adopsi layanan digital, akan tetapi Desain web dan keamanan justru memiliki pengaruh yang lebih besar
WORK MOTIVATION AND ORGANIZATIONAL COMMITMENT DRIVE JOB SATISFACTION, WHILE JOB INVOLVEMENT DOES NOT: EVIDENCE FROM YOGYAKARTA INDONESIA’S OUTSOURCING INDUSTRY Gilang, Aditia; Saputra, Asep Rokhyadi Permana; Wijayanto, Heri
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol. 13 No. 1 (2025): Februari (IN PRESS)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/jpsb.v13i1.4827

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk menguji dampak, sebagian dan keseluruhan, dari motivasi kerja, keterlibatan, dan komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini dianggap sebagai penelitian kuantitatif. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan Smart (PLS) Versi 3.0. Program PLS menggunakan teknik Variance-Based Structural Equation Modeling (SEM). Penelitian ini dilakukan di sebuah perusahaan penyedia jasa alih daya di Yogyakarta, Indonesia. Terdapat 30 orang dalam populasi, dan semuanya berpartisipasi sebagai subjek penelitian. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa motivasi kerja memiliki dampak yang cukup besar terhadap kepuasan kerja, tidak berpengaruh terhadap keterlibatan kerja, dan komitmen organisasi berdampak pada kepuasan kerja.
DAMPAK GAYA HIDUP DAN PERSEPSI TERHADAP SIKAP KONSUMEN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN MELALUI APLIKASI ONLINE (GO FOOD) (Studi Pada Mahasiswa di Wilayah Surakarta) Haryanto, Aris Tri; Dewi, Septiana Novita
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol. 13 No. 1 (2025): Februari (IN PRESS)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26486/jpsb.v13i1.4828

Abstract

Aplikasi Go-Food merupakan sebuah fitur layanan food delivery layaknya delivery order di sebuah rumah makan. Dengan maraknya bisnis yang menggunakan aplikasi Go-Food membuat pengusaha UMKM berupaya meningkatkan omset penjualannya dengan menggunakan layanan food delivery. Layanan semacam Go-Food yang semakin diminati masyarakat di era digital saat ini, mereka menutut layanan yang praktis dan cepat. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan secara empiris dari dampak gaya hidup dan persepsi terhadap sikap konsumen dan keputusan pembelian makanan khususnya di Wilayah Surakarta. Obyek dalam penelitian ini adalah yang berstatus mahasiswa, hal ini disebabkan karena mahasiswa yang diyakini memiliki potensi cukup besar untuk menggunakan aplikasi Go-Food, selain itu mahasiswa lebih kreatif dan sering mencoba tantangan-tatangan baru dalam perkembangan tekhnologi. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 96 responden dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup dan persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap. Gaya hidup, persepsi dan sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil perhitungan nilai R2 total sebesar 0,899 dapat diartikan variasi keputusan pembelian mahasiswa yang menggunakan aplikasi online (go food) di Wilayah Surakarta dijelaskan oleh variabel gaya hidup, persepsi dan sikap sebesar 89,9%. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa pengaruh langsung gaya hidup terhadap keputusan pembelian menghasilkan nilai lebih besar dibandingkan pengaruh tidak langsung, sehingga lebih efektif melalui jalur langsung. Pengaruh langsung persepsi terhadap keputusan pembelian menghasilkan nilai lebih besar dibandingkan pengaruh tidak langsung, sehingga lebih efektif melalui jalur langsung.
PENGARUH CUSTOMER VALUE, KUALITAS LAYANAN, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP PEMBELIAN ULANG DI SUPER DAZZLE GEJAYAN Rosy Tabita; Nuvriasari, Audita
Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis Vol. 13 No. 1 (2025): Februari (IN PRESS)
Publisher : Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to analyze the effect of Customer Value, Service Quality, and Price Perception on Re-Purchasing at Super Dazzle Gejayan. This research uses an explanatory research type with a quantitative approach. The sampling technique employed is nonprobability sampling, with a total sample of 100 respondents who have shopped at Super Dazzle Gejayan. Data were collected using a questionnaire. Data analysis was conducted using descriptive analysis and inferential analysis with multiple linear regression methods. The results of this study indicate that: (1) Customer Value has a significant positive effect on Re-Purchasing, (2) Service Quality has a significant positive effect on Re-Purchasing, (3) Price Perception has no significant effect on Re-Purchasing

Page 1 of 1 | Total Record : 4