cover
Contact Name
Verdi Yasin
Contact Email
verdiyasin@jayakarta.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jisamar@stmikjayakarta.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research
ISSN : 25988700     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
JISIMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), terbit empat kali setahun pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November, memuat naskah hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Sistem Informasi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, Ilmu Manajemen dan Manajemen Terapan, Manajemen Sumber Daya, Sistem Manajemen Enterprise, Akuntansi.
Arjuna Subject : -
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2022): JISAMAR: May 2022" : 23 Documents clear
Manajemen Risiko Serangan Siber Menggunakan Framework NIST Cybersecurity Tony Tan; Benfano Soewito
JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research) Vol 6 No 2 (2022): JISAMAR: May 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisamar.v6i2.781

Abstract

Pendidikan tinggi pada saat ini telah menggunakan sistem teknologi informasi seperti sistem layanan berbasis web dan situs web sebagai sarana untuk mendukung pelaksanaan pendidikan. Oleh karena itu, sistem teknologi informasi yang terdapat pada kampus harus terjaga keamanan dan ketahanannya guna untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk dosen, staf, dan mahasiswa. Tidak menutup kemungkinan, sistem teknologi informasi yang terdapat pada kampus memiliki cela peretasan yang bisa dimasuki oleh penjahat dunia maya atau hacker. Oleh karena itu, perlu adanya metode untuk meningkatkan keamanannya. Dalam studi ini, kami menguji keamanan siber pada Universitas ZXC dengan menggunakan Framework NIST Cybersecurity. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, studi dokumentasi insiden, dan observasi. Penilaian terhadap 39 sistem layanan web dan situs web. Penulis juga menggunakan aplikasi Nessus untuk menilai cela dan tingkat ancaman. Hasil dari penilaian menunjukan hasil kondisi keamanan siber di lingkungan Universitas ZXC masih belum mencapai standar yang direkomendasikan. Hal serupa juga ditunjukan melalui hasil penilaian aplikasi Nessus yang menunjukan kondisi cela pada sistem layanan web dan situs web yang cukup banyak. Dari hasil penelitian ini, kami memberikan rekomendasi control menggunakan Framework NIST Cybersecurity untuk meningkatkan keamanan siber pada sistem layanan web dan situs web.
Perancangan aplikasi sistem informasi pengiriman barang elektronik pada cv mandiri jaya Jakarta berbasis java Siti Nur Isnaniyah; Nahot Frastian; Shedriko Shedriko
JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research) Vol 6 No 2 (2022): JISAMAR: May 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisamar.v6i2.753

Abstract

Setiap perusahaan yang sedang berkembang, terkadang menghadapi berbagai macam permasalahan. Permasalah itu menjadi kendala bagi perusahaan untuk terus berkembang dalam dunia bisnis. Disamping belum adanya aplikasi, sistem yang belum terkomputerisasi dalam artian masih dilakukan secara manual dengan menulis setiap ada customer yang melakukan pengiriman barang dengan menggunakan buku pada surat penerimaan barang sehingga bisa mempengaruhi kinerja pegawai dalam melakukan transaksi pada saat penerimaan barang berlangsung dan memungkinkan terjadinya kesalahan yang diakibatkan informasi yang kurang tepat surat penerimaan barang. CV Mandiri Jaya bergerak pada bidang jasa pengiriman barang menggunakan moda transportasi darat yaitu kereta api. Selama ini CV Mandiri Jaya telah menggunakan komputer untuk pendataan pengiriman barang, penerimaan barang, sampai ke laporan pembayaran. Perusahan ini membutuhkan suatu sistem pendataan, pengolahan data, penyimpanan data, menelaah data dan menyalurkan informasi yang baik, salah satunya memiliki akurasi yang tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka usaha yang harus dilakukan yaitu dengan pemanfaatan teknologi informasi seperti komputer beserta program aplikasi lainnya.
Analisis pentingnya inovasi dan kreativitas dalam meningkatkan daya saing UMKM kerajinan gerabah dusun klipoh, Borobudur Via Washlussanati Hijri; Hanung Eka Atmaja
JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research) Vol 6 No 2 (2022): JISAMAR: May 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisamar.v6i2.787

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) disuatu daerah mampu berperan dalam pertumbuhan ekonomi penduduk. Dusun Klipoh, Desa Karanganyar, Kabupaten Magelang terdapat UMKM yang memproduksi gerabah dengan mempunyai inovasi dan kreativitas sehingga dapat membuat kerajinan gerabah melalui memunculkan inspirasi baru yang dapat memukau para pembeli dan mampu bersaing dengan beberapa pengrajin gerabah lainnya. Di Dusun ini terdapat banyak pengrajin gerabah sehingga menjadi suatu tempat untuk mengembangkan UMKM kerajinan gerabah dan juga menjadi sebuah wisata edukasi untuk wisatawan asing dan wisatawan lokal. Penelitian memiliki tujuan guna menganalisis pentingnya inovasi dan kreativitas dalam meningkatkan daya saing UMKM gerabah di Dusun Klipoh. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, pengumpulan data dengan dilakukan tanya jawab, pemantauan, dan studi kepustakaan. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa UMKM kerajinan gerabah di Dusun Klipoh berhasil menumbuhkan inovasi dan kreativitas pengrajin, maka dari itu mampu mewujudkan model gerabah yang baru dan dapat meninggikan tingkat persaingan dalam penjualan.
Perilaku Penggunaan E-Wallet Di Coffe Shop Terhadap Keputusan Penggunaan Rischa Heni Astriyanita; Ginanjar Rahmawan
JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research) Vol 6 No 2 (2022): JISAMAR: May 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisamar.v6i2.775

Abstract

The development of digital technology is currently changing the behavior of people who used to transact with cash now into non-cash transactions using digital payments through applications available on smartphones. The purpose of this research was to explore the influence of easy to pay, cashless society, security and promotion attraction on the decision to use E-Wallet in Coffe Shop. The technique used in this research is a quantitative approach. The population in this research is the community that uses E-Wallet as a transaction tool. The sampling technique used in the study is non probability sampling with a sample number of 97 people. Sources are consumers in coffe shop who use E-Wallet with the criteria of using more than 2 times. The data used is primary data by spreading questionnaires online. The analysis method used is multiple linear regression with the testing of data instrument reliability and validity, testing of classical assumptions and testing hypotheses t and f using SPSS programs. According to the results of the study, it was obtained that easy to pay and security affect positively but not significantly while cashless society and promotion attraction affect significantly and positively to the decision to use E-Wallet in Coffe Shop. Based on the results of research on the behavior of E-Wallet use in Coffe Shop towards usage decisions obtained conformity value between independent variables to dependent variables amounting to 65.1%.
Aplikasi Sistem Pengolahan Data Rekam Medis Klinik Bersalin Berbasis Java Ida Fitriani; Pujiastuti Pujiastuti; Edward Alfin
JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research) Vol 6 No 2 (2022): JISAMAR: May 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisamar.v6i2.773

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem informasi pengolahan data eekam medis yang ada yang memfasilitasi pengumpulan dan penyimpanan dat Klinik Kebidanan Hardini. Metode survei yang digunakan dalam sistem pengolahan data merupakan metode penelitian kepustakaan, yaitu akuisisi data adalah perpustakaan, majalah, dan buku-buku lain yang dapat digunakan sebagai dasar untuk menganalisis masalah Dibahas melalui metode penelitian dan penelitian lapangan yaitu implementasi observasi langsung seperti wawancara dan observasi. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode Waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah adanya suatu perangkat aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java dan penyimpanan data menggunakan database dari MySQL sehingga proses pendataan di klinik bersalin Bidan Hardini menjadi lebih efektif, efisien dan praktis.
Manajemen Komunikasi Online Karyawan Dalam Bekerja Di Rumah Selama Covid-19 Pramelani Pramelani
JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research) Vol 6 No 2 (2022): JISAMAR: May 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisamar.v6i2.789

Abstract

Masa pandemi Covid-19 belum berakhir di dunia. Masa tersebut dirasakan juga di negara Indonesia termasuk wilayah Jakarta. Pemerintah mengeluarkan aturan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang memuat batasan-batasan salah satunya di area perkantoran. Aturan yang lebih fokus pada jumlah pegawai yang masuk bekerja di kantor dan yang bekerja dari rumah. Jakarta berada di antara status level 3 atau level 2 Covid-19. Aturan bekerja dari rumah menuntut karyawan untuk dapat tetap produktifitas dan dapat mengerjakan tugas sesuai yang ditanggungjawabkan. Komunikasi online selama bekerja di rumah adalah faktor penting untuk dapat berkoordinasi dengan tim kerja. Tujuan dari penelitian ini sebagai upaya untuk mengetahui manajemen komunikasi online karyawan dalam bekerja di rumah selama Covid-19. Penelitian ini kualitatif, dan teknik yang digunakan adalah teknik sampling berdasarkan tujuan penelitian. Informan adalah karyawan yang bekerja di daerah Jakarta yang mengalami kerja dari rumah. Hasil dari penelitian ini adalah belum adanya evaluasi dalam manajemen komunikasi online selama bekerja dari rumah. Karyawan dalam manajemen komunikasi online hanya melakukan tahap perencanaan, koordinasi serta tindakan dalam menjalankan tugasnya.
Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Pada Ns Wedding Organizer Kota Depok Raden Panji Listyanto; Astriana Mulyani
JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research) Vol 6 No 2 (2022): JISAMAR: May 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisamar.v6i2.748

Abstract

Wedding Organizer adalah suatu jasa yang memberikan pelayanan khusus secara pribadi yang bertujuan untuk membantu calon pengantin dan keluarga calon pengantin dari mulai perencanaan (planning) sampai tahap pelaksanaan. Wedding Organizer memberikan informasi mengenai berbagai macam hal yang berhubungan dengan acara pernikahan dan membantu merumuskan segala hal yang dibutuhkan pada saat pernikahan. NS Wedding Organizer merupakan suatu pelayanan jasa pernikahan yang ada di Depok yang menyediakan beberapa jenis jasa pernikahan dan paket pernikahan. Hingga saat ini proses pemesanan paket pernikahan di NS Wedding Organizer masih dilakukan secara manual. Hal ini menyebabkan sering di jumpai masalah calon pengantin tidak dapat menemui pemilik karena sedang tidak berada di tempat sehingga calon pengantin harus datang langsung ke Kantor untuk memesan atau sekedar mengetahui informasi layanan jasa yang disediakan pada wedding organizer tersebut, dan konfirmasi pembayarannya masih harus datang ke tempat wedding organizer. Maksud yang ingin dicapai dalam penelitian skripsi ini adalah membangun sistem informasi pemesanan dimana calon customer dapat memesan langsung secara online dengan mudah serta meningkatkan efesiensi pelayanan dalam NS Wedding Organizer. Dalam Penelitian ini, untuk mendapatkan data dan mengetahui sistem pemesanan yang sedang berjalan sekarang, penulis melakukan pengumpulan data dengan 3 cara yaitu wawancara, observasi, dan studi pustaka. Pada NS Wdding Organizer menggunakan sistem berbaasis waterfall. Sistem yang dibangun dapat meningkatkan efektifitas pelayanan pada NS Wedding Organizer. Sistem yang dibangun dapat memberikan akses informasi oleh customer dimanapun dan kapanpun, serta dapat menyampaikan informasi secara efektif dan efisien kepada customer.
Analisis Sentimen Twitter Terhadap Kebijakan Ppkm Di Tengah Pandemi Covid-19 Menggunakan Mode LSTM Adi Yahyadi; Fitri Latifah
JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research) Vol 6 No 2 (2022): JISAMAR: May 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisamar.v6i2.791

Abstract

Dalam penelitian ini dilakukan analisis sentimen tweet masyarakat Indonesia terhadap PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat pengguna twitter di Indonesia tentang penerapan PPKM, Pada penelitian ini dilakukan analisis dan klasifikasi yaitu negative, netral dan positif pada setiap tweet masyarakat Indonesia tentang PPKM. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah 4000 data tweet yang berisikan topik “PPKM” dimana data ini peneliti dapat melalui Scraping data menggunakan API Twitter. Setelah itu penulis melakukan preprosesing data pada data tweet dan menentukan polaritas sentiment tweet dengan Indonesia Sentiment Lexicon . Dan yang terakhir dilakukan analisis sentiment menggunakan model jaringan syaraf tiruan yaitu Long Short Term Memory( LSTM) kemudian melakukan tuning hyperparameter untuk mendapatkan hyperparameter terbaik dan meningkatkan akurasi model.
Audit Sertifikasi Iso 9001:2015 Dan Implikasinya di Institut STIAMI Wiwiet Prihatmadji; Noviandari Sari Utami; Ana Chaerunisyah; Dinda Aulia Rahman; Rangga Dalu Aji Toana
JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research) Vol 6 No 2 (2022): JISAMAR: May 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisamar.v6i2.776

Abstract

The ISO 9001 certification audit process for the STIAMI Institute was carried out on August 24 and 25 2018 by the SGS certification body with findings in the form of twenty (20) classifications of non-conformance finding clauses, and forty-three (43) cases of observation findings. The implications of the findings of the certification audit are in the form of five (5) main steps for improving the quality management system at the STIAMI Institute, namely: (1) Institutional Leaders (Rector) make orders to each Head of Division and Head of Study Program to monitor, measure, achieve of Quality Goals, take corrective steps towards targets that have not been achieved (against the targets and Action Plans that have not been achieved), and prevent the failed targets/processes from being evaluated again. Records, and targets for completion, prepares the dating of Documents and Records, control of Documents and Records of validation and verification records. Each Section provide up date the Master List of Documents and Records both Hard and Soft Copy, (3) Socialization of Quality Policy as an Institution's commitment to quality, programmed systematically in every meeting both in general and in general at Serial Friday Events, Meetings by Field or Study Programs, and Leadership Meetings so that the Quality Policy is understood by all employees, including the Quality Assurance System, ISO 9001 Quality Manual, ISO 9001 Quality Procedures, and internal regulations in each respective field, (4) Carrying out ISO 9001:2015 internal quality audits with an audit topic according to the quality audit requirements of ISO 19011:2018, and (5) Management Review Meeting scheduled in the Leadership Meeting with a meeting agenda as required by ISO 9001.
Sistem Pendukung Keputusan Pegawai Terbaik PT. Mizuho Balimor Finance Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Fahri Adi Sodikin; Jumadi Jepri; Nahot Frastian
JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research) Vol 6 No 2 (2022): JISAMAR: May 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisamar.v6i2.723

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa sistem manual yang digunakan untuk proses pemilihan pegawai terbaik serta kendala apa yang dihadapi dalam sistem manual tersebut, selanjutnya adalah membangun sistem pendukung keputusan yang dapat menggantikan sistem manual yang digunakan untuk proses pemilihan pegawai terbaik di PT. Mizuho Balimor Finance. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode grounded research, metode temuannya yaitu suatu proses manual yang akan dibuat kedalam sebuah sistem aplikasi. Untuk selanjutnya maka akan dapat di peroleh kesimpulan mengenai perancangan aplikasi yang dibuat dan dapat digunakan untuk menyelesaikan kendala yang dihadapi sistem manual yang digunakan untuk proses pemilihan pegawai terbaik.

Page 1 of 3 | Total Record : 23


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 2 (2025): JISAMAR (March-May 2025) Vol 9 No 1 (2025): JISAMAR (December-February 2025) Vol 9 No 3 (2025): JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Resea Vol 8 No 4 (2024): JISAMAR (September-November 2024) Vol 8 No 3 (2024): JISAMAR (June-August 2024) Vol 8 No 2 (2024): JISAMAR (March-May 2024) Vol 8 No 1 (2024): JISAMAR (December-February 2024) Vol 7 No 4 (2023): JISAMAR (November 2023) Vol 7 No 3 (2023): JISAMAR (Agustus 2023) Vol 7 No 2 (2023): JISAMAR : May 2023 Vol 7 No 1 (2023): JISAMAR : February 2023 Vol 6 No 4 (2022): JISAMAR : November 2022 Vol 6 No 3 (2022): JISAMAR: August 2022 Vol 6 No 2 (2022): JISAMAR: May 2022 Vol 6 No 1 (2022): JISAMAR: February 2022 Vol 5 No 4 (2021): JISAMAR, Volume 5, Nomor 4, November 2021 Vol 5 No 3 (2021): JISAMAR: Volume 5, Nomor 3, August 2021 Vol 5 No 2 (2021): JISAMAR : Volume 5, Nomor 2, May 2021 Vol 5 No 1 (2021): JISAMAR : Volume 5, Nomor 1, February 2021 Vol 4 No 4 (2020): JISAMAR: Volume 4, Nomor 4, November 2020 Vol 4 No 3 (2020): JISAMAR : Volume 4, Nomor 3, August 2020 Vol 4 No 2 (2020): JISAMAR : Volume 4, Nomor 2, May 2020 Vol 4 No 1 (2020): JISAMAR : Volume 4, Nomor 1, February 2020 Vol 3 No 4 (2019): JISAMAR : Volume 3, Nomor 4, November 2019 Vol 3 No 3 (2019): JISAMAR: Volume 3, Nomor 3, August 2019 Vol 3 No 2 (2019): JISAMAR : Volume 3, Nomor 2, May 2019 Vol 3 No 1 (2019): JISAMAR: Volume 3, Nomor 1, February 2019 Vol 2 No 4 (2018): JISAMAR : Volume 2, Nomor 4, December 2018 Vol 2 No 3 (2018): JISAMAR : Volume 2, Nomor 3, August 2018 Vol 2 No 2 (2018): JISAMAR : Volume 2, Nomor 2, June 2018 Vol 2 No 1 (2018): JISAMAR: Volume 2, Nomor 1, February 2018 Vol 1 No 1 (2017): JISAMAR : Volume 1, Nomor 1, December 2017 More Issue