cover
Contact Name
Verdi Yasin
Contact Email
verdiyasin@jayakarta.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jisamar@stmikjayakarta.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research
ISSN : 25988700     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
JISIMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), terbit empat kali setahun pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November, memuat naskah hasil pemikiran dan hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Sistem Informasi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, Ilmu Manajemen dan Manajemen Terapan, Manajemen Sumber Daya, Sistem Manajemen Enterprise, Akuntansi.
Arjuna Subject : -
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 3 (2024): JISAMAR (June-August 2024)" : 19 Documents clear
ANALISIS PENGUJIAN KEAMANAN FIREWALL PADA SISTEM X DI UNIVERSITAS Z Lesmana, Benedictus Rafael; Junaidi, Achmad; Sihananto, Andreas Nugroho
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol 8 No 3 (2024): JISAMAR (June-August 2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisamar.v8i3.1563

Abstract

Penggunaan sistem X di ruang lingkup kampus Z semakin sering digunakan baik oleh mahasiswa maupun tenaga pendidik di sekitar kampus. Dengan terkoneksinya sistem ke jaringan komputer dan internet, maka peluang berubah atau rusaknya data akan semakin terbuka lebar, karena user dari sistem X yang berpotensi berbahaya (malicious user) akan mudah masuk ke sistem melalui jaringan komputer atau internet. Firewall adalah alat keamanan jaringan yang mengawasi lalu lintas (traffic) yang masuk dan keluar dari jaringan dan menentukan apakah paket data boleh diterima atau diblokir menggunakan aturan khusus. Pengujian keamanan firewall perlu dilakukan untuk melihat seberapa rentan firewall yang dimiliki oleh sistem X. Dengan menggunakan Kali Linux untuk melakukan penetration testing dan nessus sebagai alat untuk memindai kerentanan, maka didapatkan seberapa kompleks proses penetration testing suatu firewall pada sistem X serta hasil kerentanan yang rinci dari pemindaian nessus. Hasil yang didapatkan setelah melakukan pemindaian kerentanan adalah didapatkan beberapa kerentanan yang dimiliki dari sistem X serta beberapa informasi yang perlu diperhatikan untuk menjaga keamanan jaringan. Sistem X memiliki tiga kerentanan tingkat sedang satu kerentanan tingkat rendah serta tiga puluh lima informasi keamanan yang perlu diperhatikan serta solusi yang ditawarkan untuk mengatasi kerentanan yang dimiliki sistem X. Dari pengujian yang dilakukan, dapat disimpulkan sistem X memiliki keamanan yang cukup baik dengan beberapa kerentanan yang perlu diperhatikan.
OVER REAKSI PASAR TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA Adawiyah, Rabi’atul; Faozan, Akhmad
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol 8 No 3 (2024): JISAMAR (June-August 2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisamar.v8i3.1592

Abstract

Overreaction phenomenon is one of the most complexity problem to make an efficient stock market. This research investigates are go public manufacturer company has an overreaction indicate, with year 2003 until 2005 scop. The methode that utilize threathen to Rahmawati and Tri (2005), calculation based on Jogiyanto (2000) formula. The finding of the research indicates there is overreaction that shows by loser portofolio to first rate winner portofolio. The comparison average cummulative abnormal return (ACAR) between loser portofolio and winner portofolio showing there’s significant difference. The research is also shown that winner portofolio is more overreacted than loser portofolio. The grouping of winner portofolio in three groups (A, B, C portofolio) and loser portofolio (D, E, F portofolio) according Rahmawati and Tri 2005), produce that Cumulative abnormal return (CAR) from loser portofolio not showing overreaction effect, only in winner portofolio showing overreaction effect.
THE EFFECT OF COMPENSATION AND JOB SATISFACTION ON TURNOVER INTENTION AT PT CITRA INSANI GARDA SEMESTA (CIGS) Anggraeni, Dea Tiara; Ridho, Ali; Sudari, Suci Ayu
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol 8 No 3 (2024): JISAMAR (June-August 2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisamar.v8i3.1505

Abstract

This study aims to examine the impact of compensation and job satisfaction on turnover intention among employees at PT CIGS. Validity and reliability tests, instrument analysis such as normality test, heteroscedasticity test, and multicollinearity test, t-test, F-test, and multiple linear regression analysis are conducted to provide research results and statistical data assumptions. Hypothesis testing shows that compensation and job satisfaction have a negative effect on turnover intention. This study contributes to the academic field by enhancing the understanding of factors influencing employee turnover intention. Additionally, the results are expected to provide insights for company management in managing compensation and improving job satisfaction to reduce employee turnover.
PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS DAN DIVIDEN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2022 Saragih, Rudy Hedianton; Lumigar, Asrinita Hedianton; Saragih, Kuncu; Napitupulu, Bertha Elvy; Panjaitan, Yunia
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol 8 No 3 (2024): JISAMAR (June-August 2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisamar.v8i3.1201

Abstract

Companies that have gone public will be listed on the Indonesia Stock Exchange, and offer their shares to the public. Most banking companies are listed on the Indonesia Stock Exchange. Banking sector stocks attract investors' attention. Investors consider stock prices before making an investment. The share price is a reflection of the company. If the company's financial performance is good, the shares will be in demand by investors. To anticipate mistakes in determining the company in investing, investors can check the company's performance by assessing financial ratios. Financial ratios can be obtained from the company's financial statements. Financial ratios such as profitability ratios and solvency ratios can affect the company's share price. Investors in investing want to get dividends from the shares purchased. By getting dividends, investors can decide to reinvest. The purpose of this study was to determine the effect of profitability, solvency, dividends on stock prices in banking companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2018-2022 either partially or simultaneously. The results showed that partially profitability as measured by ROA and dividends as measured by DPR had an effect on stock prices in banking companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2018-2022. Solvency as measured by DER has no effect on stock prices in banking companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2018-2022. Simultaneously profitability, solvency, dividends affect the share price of banking companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2018-2022.
TINJAUAN EKONOMI SYARIAH PADA PERENCANAAN ANGGARAN KANTOR PUSAT LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RADIO REPUBLIK INDONESIA Ichwanto, Bagus; Luqman, Luqman; Prihantono, Prihantono
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol 8 No 3 (2024): JISAMAR (June-August 2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisamar.v8i3.1570

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penerapan perencanaan anggaran di Kantor Pusat LPP RRI dan penerapan perencanaan anggaran di Kantor Pusat LPP RRI sudah sesuai menurut perspektif Ekonomi Syariah. Metode penelitian yang peneliti pilih adalah Deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah data dan perencana anggaran di Subbagian Perencanaan dan Evaluasi Kantor Pusat LPP RRI. Objek yang ditentukan pada penelitian yang diteliti ini yaitu berbagai aktivitas perencanaan anggaran dan realisasinya yang berkontribusi terhadap deviasi halaman III DIPA di LPP RRI. Hasil Penelitian didapatkan pelaksanaan anggaran pada Kantor Pusat Rri belum terlaksana dengan baik, hal tersebut dikarenakan adanya perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan 1. Adanya revisi anggaran, 2. Pelaksanaan kegiatan yang berubah dari jadwal awal yang telah direncanakan, 3. kebijakan pemerintah mengenai penyampaian waktu gaji 13 / 14 dan 4. Proses lelang dalam belanja modal saat pengadaan yang tidak sesuai perencanaan. Dalam hal penyusunan anggaran, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan adalah, (1) Anggaran harus formal, ditulis dengan sengaja, dan teliti, (2) harus sistematis, berurutan, dan berdasarkan logika, (3) setiap pimpinan harus dihadapkan pada tanggung jawab untuk mengambil keputusan, sehingga anggaran merupakan hasil dari keputusan yang berdasarkan asumsi tertentu, dan (4) keputusan yang dibuat tentang anggaran harus berdasarkan keputusan tersebut..
KAJIAN LITERATUR : DIFUSI INOVASI TERHADAP APLIKASI CARI TEMU BAZNAS Hadi, Abdul; Ardianto, Reno; Arpenta, Shady
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol 8 No 3 (2024): JISAMAR (June-August 2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisamar.v8i3.1569

Abstract

Dalam penelitian ini, dilakukan kajian literatur mengenai difusi inovasi dan aplikasinya terhadap Aplikasi Cari Temu yang dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Aplikasi Cari Temu adalah aplikasi yang disediakan BAZNAS untuk mencari korban pasca bencana yang terkadang masih menjadi kendala bagi keluarga korban dalam mencari informasi yang valid dari sumber yang terpercaya. Difusi inovasi ini merupakan proses di mana inovasi baru disebarkan melalui komunikasi formal atau informal di antara anggota suatu sistem. Analisis difusi inovasi untuk aplikasi Cari Temu diharapkan dapat meningkatkan sistem informasi yang efektif dan mudah digunakan dalam penanganan suatu kebencanaan oleh masyarakat. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah literatur sistematis dimana pencarian tentang literatur mengenai difusi inovasi, teknologi dan mengaitkannya dengan aplikasi Cari Temu BAZNAS. Dalam penelitian ini, peneliti masih mendapatkan kurangnya data setelah tahun 2022 dikarenakan adanya proses internal BAZNAS yang berdampak pada sistem aplikasi Cari Temu sedang tidak dapat diakses sampai saat ini. Memberikan rekomendasi untuk peneliti selanjutnya untuk penelitian mendalam terhadap sistem-sistem informasi kebencanaan yang sudah diperbaiki oleh BAZNAS, sejauh mana kebermanfaatan dan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat.
THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY AND PRICES RICKY MOTOR WORKSHOP CUSTOMER SATISFACTION Linata, Teda; Defrizal, Defrizal
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol 8 No 3 (2024): JISAMAR (June-August 2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisamar.v8i3.1457

Abstract

In today's globalization period, there is a lot of competition, which is a significant challenge to manufacturers, because the enormous number of items or services available produces more intense competition in the corporate sector. This study aims to determine the effect of Service Quality (X1) and Price (X2) on Consumer Satisfaction (Y). This type of research use quantitative methods, namely questionnaire data from 100 respondents. To aid data analysis, this study makes use of statistical calculation tools, specifically the SPSS 20 program. The following tests are used: validity, reliability, multiple linear regression analysis, T test, F test, and determination coefficient. Based on the research findings, it is feasible to conclude that service quality and price have a significant impact on consumer satisfaction at Ricky Motor Workshop.
MENGUJI PENGARUH FAKTOR-FAKTOR RATIO TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN ANALISIS REGRESI LINEAR BERGANDA Astarini, Dewa Ayu Oki; Murapi, Ikang; Apriana, Linda
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol 8 No 3 (2024): JISAMAR (June-August 2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisamar.v8i3.1521

Abstract

This research aims to examine the effect of profitability ratios as measured by Return On Assets (ROA), liquidity ratios as measured by Current Ratio (CR), and solvency ratios as measured by Debt to Total Asset Ratio (DAR) on measured financial performance. with Total Assets Turnover (TATO). The population in this research is Hotel Sahid Jaya Tbk. The data used in this research are financial reports from 2017 to 2021. This research uses multiple linear regression analysis methods which are processed using SPSS version 25 application tools. The results of this research show that the profitability ratio has no effect on financial performance because the company has a good financial position. It is not good in terms of net profit, while the liquidity ratio also has no effect on financial performance, and the solvency ratio (DAR) has no effect on financial performance (TATO). The contribution of this research is the use of assets to obtain and increase profits as well as re-evaluating all current assets owned to pay long and short term debts, so that the company can increase maximum profits.
ANALISIS TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS DALAM PENGELOLAAN DANA DESA (STUDI KASUS PADA DESA LIMBANGAN DI BREBES) Firmansyah, Fahmi
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol 8 No 3 (2024): JISAMAR (June-August 2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisamar.v8i3.1546

Abstract

Accountability is a form of accountability carried out by the government to report and present activities that have been carried out to the public. This accountability can be used as a basis for implementing transparency in every activity implementation. This research aims to determine and assess accountability and transparency in the management of village funds carried out by the Brebes Village Government, Brebes Regency. This research uses descriptive qualitative methods with the Nvivo 12 Plus tool. The data collection technique used was interviews. This interview was conducted involving the village government, totaling 3 informants. The results of this research indicate that the financial management of village funds by the Limbangan Village Government is in accordance with applicable laws. the transparency process carried out by the village government, namely using information media in the form of a banner detailing funds placed at the village office. Even though the management of village funds that has been carried out by the village government is quite good, it still needs to be improved, and there must be outreach to the community to participate in the implementation and utilization of village funds
ANALISIS SENTIMEN ULASAN PELANGGAN TERHADAP PRODUK ROTI MACAN ARTISAN DI E-COMMERCE TOKOPEDIA MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING Azizah, Nur Aviani; Ernawati, Tati
Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research Vol 8 No 3 (2024): JISAMAR (June-August 2024)
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/jisamar.v8i3.1576

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen ulasan pelanggan terhadap produk Roti Macan Artisan di e-commerce Tokopedia menggunakan metode clustering. Data ulasan yang dikumpulkan mencakup periode dari Agustus hingga Desember 2023, dengan total 26.500 sampel yang terdiri dari komentar, rating, harga produk, lokasi, dan kuantitas. Analisis menggunakan algoritma K-Means clustering untuk mengelompokkan ulasan berdasarkan kesamaan fitur seperti rating dan kata kunci dalam komentar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan memiliki pengaruh signifikan terhadap penilaian keseluruhan toko, di mana sebagian besar ulasan menunjukkan sentimen positif terutama pada aspek rasa dan kualitas roti. Namun, terdapat beberapa ulasan negatif terkait sistem pemesanan dan ketersediaan produk yang menunjukkan perlunya peningkatan dalam sistem pemesanan untuk mengurangi ketidakpuasan pelanggan. Interaktivitas pelanggan dalam memberikan ulasan juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan toko, dengan ulasan yang lebih sering dan berkualitas tinggi cenderung meningkatkan visibilitas toko dan kepercayaan pelanggan baru serta mendorong penjualan. Sistem pemberian ulasan di Tokopedia memiliki dampak besar terhadap keberlangsungan bisnis Toko Roti Macan Artisan, di mana ulasan positif membantu memperkuat reputasi toko dan ulasan negatif memberikan umpan balik yang berharga untuk perbaikan. Dengan demikian, analisis sentimen menggunakan metode clustering telah membantu dalam memahami persepsi pelanggan dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan

Page 1 of 2 | Total Record : 19


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 2 (2025): JISAMAR (March-May 2025) Vol 9 No 1 (2025): JISAMAR (December-February 2025) Vol 9 No 3 (2025): JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Resea Vol 8 No 4 (2024): JISAMAR (September-November 2024) Vol 8 No 3 (2024): JISAMAR (June-August 2024) Vol 8 No 2 (2024): JISAMAR (March-May 2024) Vol 8 No 1 (2024): JISAMAR (December-February 2024) Vol 7 No 4 (2023): JISAMAR (November 2023) Vol 7 No 3 (2023): JISAMAR (Agustus 2023) Vol 7 No 2 (2023): JISAMAR : May 2023 Vol 7 No 1 (2023): JISAMAR : February 2023 Vol 6 No 4 (2022): JISAMAR : November 2022 Vol 6 No 3 (2022): JISAMAR: August 2022 Vol 6 No 2 (2022): JISAMAR: May 2022 Vol 6 No 1 (2022): JISAMAR: February 2022 Vol 5 No 4 (2021): JISAMAR, Volume 5, Nomor 4, November 2021 Vol 5 No 3 (2021): JISAMAR: Volume 5, Nomor 3, August 2021 Vol 5 No 2 (2021): JISAMAR : Volume 5, Nomor 2, May 2021 Vol 5 No 1 (2021): JISAMAR : Volume 5, Nomor 1, February 2021 Vol 4 No 4 (2020): JISAMAR: Volume 4, Nomor 4, November 2020 Vol 4 No 3 (2020): JISAMAR : Volume 4, Nomor 3, August 2020 Vol 4 No 2 (2020): JISAMAR : Volume 4, Nomor 2, May 2020 Vol 4 No 1 (2020): JISAMAR : Volume 4, Nomor 1, February 2020 Vol 3 No 4 (2019): JISAMAR : Volume 3, Nomor 4, November 2019 Vol 3 No 3 (2019): JISAMAR: Volume 3, Nomor 3, August 2019 Vol 3 No 2 (2019): JISAMAR : Volume 3, Nomor 2, May 2019 Vol 3 No 1 (2019): JISAMAR: Volume 3, Nomor 1, February 2019 Vol 2 No 4 (2018): JISAMAR : Volume 2, Nomor 4, December 2018 Vol 2 No 3 (2018): JISAMAR : Volume 2, Nomor 3, August 2018 Vol 2 No 2 (2018): JISAMAR : Volume 2, Nomor 2, June 2018 Vol 2 No 1 (2018): JISAMAR: Volume 2, Nomor 1, February 2018 Vol 1 No 1 (2017): JISAMAR : Volume 1, Nomor 1, December 2017 More Issue