cover
Contact Name
Dwi Novi Wulansari
Contact Email
nop_phi13@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
nop_phi13@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta utara,
Dki jakarta
INDONESIA
JURNAL KAJIAN TEKNIK SIPIL
ISSN : 23031409     EISSN : 25028456     DOI : -
Jurnal ini adalah Jurnal online yang berisi karya ilmiah bagi para peneliti Teknik Sipil, sebagai bagian dari publikasi karya ilmiah penelitian.Jurnal ini terbit setiap enam bulan dengan kontent dari berbagai keminatan teknik sipil, antara lain: struktur, keairan, transportasi, geoteknik dan manajemen konstruksi.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2020): JURNAL KAJIAN TEKNIK SIPIL" : 7 Documents clear
ЕVАLUАSІ KОNDІSІ PЕRKЕRАSАN JАLАN MЕNGGUNАKАN MЕTОDЕ PCІ (PАVЕMЕNT CОNDІTІОN ІNDЕX) (STUDІ KАSUS JL. TЕMІАNG, JL. TАNGGUH 5 UTАRА, JL. BІRU LАUT, KЕC. KЕLАPА GАDІNG, JАKАRTА-UTАRА) Tarno, Tarno; Kuningsih, Tri Wahyu
Jurnal Kajian Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2020): JURNAL KAJIAN TEKNIK SIPIL
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/jkts.v5i1.4108

Abstract

АbstrаkPеrkеrаsаn lеntur (flеxіblе pаvеmеnt) аtаu pеrkеrаsаn аspаl (аsphаlt pаvеmеnt), umumnyа tеrdіrі dаrі lаpіs pеrmukааn аspаl yаng bеrаdа dіаtаs lаpіs pоndаsі dаn lаpіs pоndаsі bаwаh grаnulеr yаng dіhаmpаrkаn dіаtаs tаnаh-dаsаr. Survеі kеrusаkаn pеrkеrаsаn аdаlаh kоmpіlаsі dаrі bеrbаgаі tіpе kеrusаkаn, tіngkаt kеpаrаhаn kеrusаkаn, lоkаsі. Dаn luаs pеnyеbаrаnnyа. Mеtоdе PCІ mеmbеrіkаn іnfоrmаsі kоndіsі pеrkеrаsаn hаnyа pаdа sааt survеі dіlаkukаn, tаpі tіdаk mеmbеrіkаn gаmbаrаn prеdіksі dіmаsа dаtаng. PCІ іnі mеrupаkаn іndеks numеrіk yаng nіlаіnyа bеrkіsаr dі аntаrа 0 sаmpаі 100. Аnаlіsіs nіlаі PCІ dіlаkukаn bеrdаsаrkаn аnаlіsіs jеnіs kеrusаkаn yаng tеrjаdі pаdа sеtіаp sеgmеn ruаs jаlаn. Sеlаnjutnyа аnаlіsіs dіlаkukаn dеngаn mеlаkukаn pеrhіtungаn dеnsіty, dеduct vаluе, tоtаl dеduct vаluе, cоrrеctеd dеduct vаluе, nіlаі PCІ sеtіаp sеgmеn dаn nіlаі rаtа-rаtа PCІ. Nіlаі PCІ rаtа-rаtа sеmuа sеgmеn jаlаn аdаlаh 29 (pооr) аrtіnyа jаlаn hаrus sеgеrа dіpеrbаіkі аgаr tіdаk mеngаnggu kеnyаmаnаn bеrkеndаrа. Dаrі pеrhіtungаn Rаncаngаn Аnggаrаn Bіаyа (RАB), dіpеrоlеh tоtаl bіаyа prоyеk yаng dіtеtаpkаn аdаlаh sеbеsаr Rp 1.043.318.900 Kаtа Kuncі : Pеrkеrаsаn Lеntur, Kеrusаkаn Pеrkеrаsаn, pеrmukааn аspаl
IDENTIFIKASI MASALAH DAN MODEL PENGELOLAAN WILAYAH PESISIR: STUDI KASUS PROVINSI DKI JAKARTA Indrasari, Deasilia
Jurnal Kajian Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2020): JURNAL KAJIAN TEKNIK SIPIL
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/jkts.v5i1.4114

Abstract

AbstrakKawasan pesisir adalah daerah peralihan antara ekosistem darat dan laut. Kawasan pesisir ini memiliki banyak sekali sumber daya alam, baik sumber daya hayati maupun non hayati. Kawasan pesisir Jakarta memiliki arti penting, karena ruang pemanfaatan yang multi fungsi serta dimanfaatkan oleh berbagai pihak, mengakibatkan kondisi wilayah pesisir Jakarta memiliki permasalahan. Salah satu isu besar yang dihadapi, yaitu abrasi atau erosi pantai. Bila tidak ditangani dengan baik, maka Provinsi DKI Jakarta akan kehilangan sebagian daerah pesisirnya. Penanganan abrasi bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi harus melibatkan masyarakat sekitar sebagai stakeholder utama di kawasan pesisir. Peran serta masyarakat dapat dilakukan melalui pelibatan dalam penyusunan, pengendalian, hingga proses evaluasi program dan kebijakan mengenai pengelolaan kawasan pesisir. Selain itu, juga melibatkan secara aktif pada saat pembangunan dan pemeliharaan bangunan fisik pelindung pantai (breakwater, groin, dan tanggul laut), serta dalam program rehabilitasi dan pemeliharaan hutan mangrove. Selain peran serta masyarakat, penanganan abrasi juga harus disesuaikan dengan kondisi alam sekitar dan ekosistem dalam kerangka makro. Untuk itu, diperlukan suatu studi kelayakan yang komprehensif yang merupakan bagian utuh dari sistem pengelolaan tata ruang wilayah DKI Jakarta, sebelum dikeluarkannya suatu kebijakan rehabilitasi dan/atau dibangunnya bangunan pelindung pantai sebagai upaya pengelolaan wilayah pesisir pantai.Kata kunci: kawasan pesisir, abrasi, mangrove, pemberdayaan masyarakat. AbstractCoastal areas are transitional areas between terrestrial and marine ecosystems. This coastal region has a lot of natural resources, both biological and non–biological resources. Jakarta's coastal area has an important meaning with diverse utilization space and its multi–functional existence. Since it has been utilized by various parties, the condition of the Jakarta coastal area faces many problems namely abrasion or erosion of the coast, if not handled properly, then the Province of DKI Jakarta will lose some of its coastal areas. The handling of abrasion is not only the responsibility of the government, but must involve the surrounding community as the main stakeholder in the coastal area. Community participation can be done through involvement in the preparation, control, to the process of evaluating programs and policies regarding the management of coastal areas. In addition, it also actively involves during the construction and maintenance of physical structures for coastal protection (breakwater, groynes and sea walls), as well as in the rehabilitation and maintenance of mangrove forests. The handling of abrasion must also be adjusted to the surrounding natural conditions and ecosystems in a macro framework. For this reason, a comprehensive feasibility study is needed which is an integral part of the DKI Jakarta regional spatial management system, prior to the issuance of a rehabilitation policy and/or the construction of coastal protective structures as an effort to manage the coastal areas.Keywords: coastal area, abrasion, mangrove, community empowerment
ANALISIS POTENSI GEOHAZARD PADA CANDI SIWA PRAMBANAN Kuningsih, Tri Wahyu; Putri, Andina Prima
Jurnal Kajian Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2020): JURNAL KAJIAN TEKNIK SIPIL
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/jkts.v5i1.4109

Abstract

Candi Siwa Prambanan merupakan salah satu situs bersejarah yang harus dijaga keberadaannya. Candi siwa terletak pada kota Yogyakarta, dimana kota tersebut merupakan kota yang termasuk pada daerah rawan gempa. Maka dari itu sangat diperlukan analisa struktur Candi Siwa akibat beban lingkungan terutama beban gempa. Penelitian ini bertujuan untuk mencari deformasi struktur Candi Siwa akibat beban mati, beban hidup dan juga beban lingkungan. Candi Siwa tersusun atas beberapa komponen material diantaranya, andesit, tuff, beton pengisi dan juga perkuatan berupa kolom dan pelat. Hasil dari penelitian ini deformasi yang terjadi pada candi Siwa adalah sebesar 216.3 cm. Deformasi terjadi pada seluruh bagian Candi Siwa, namun semakin kecil dimensi Candi Siwa semakin besar deformasi yang akan terjadi.   Kata kunci: Candi siwa, beban gempa, deformasi
PEMETAAN POTENSI PLTMH SUNGAI CIBERANG PADA KAWASAN HUTAN DESA LEBAK SANAB, KECAMATAN CIGUDEG, KABUPATEN BOGOR Sebayang, Ika Sari Damayanthi
Jurnal Kajian Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2020): JURNAL KAJIAN TEKNIK SIPIL
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/jkts.v5i1.1877

Abstract

Dalam rangka mendukung program pemerintah, pembangunan listrik dengan kapasitas 35.000 Mega Watt, maka telah dilakukan penelitian aliran sungai Sungai Ciberang di Desa Lebak Sanap, Kabupaten Bogor sebagai salah satu potensi energi terbarukan. Pada penelitian sebelumnya, didapatkan grafik Flow Duration Curve (FDC) yang dapat dijadikan dasar dalam menentukan debit desain untuk saluran dan infrastruktur Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).Untuk mendapatkan gambaran jalur waterway yang baik terhadap lokasi terutama di kawasan hutan, maka perlu dilakukan Reconnaissance Survey dalam rangka penjajakan jalur waterway PLTM  di Desa Lebak Sanap Kecamatan Cigudeg ini. Metoda dan prosedur pengukuran yang dilakukan adalah mengikuti standarisasi pemetaan untuk PLTMH yang meliputi Pengukuran Kerangka Dasar Horisontal/Poligon, Pengukuran Kerangka Dasar Vertikal/Trigonometri, Pengukuran Detail Situasi, Profil Memanjang dan Profil Melintang. Penggambaran menggunakan perangkat lunak Autocad. Penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi berupa informasi mengenai peta situasi dengan skala yang cukup baik dan juga potongan memanjang dan melintang yang dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan jalur waterway  PLTMH di Sungai Ciberang yang ditinjau.
ANALISIS BANJIR ROB SISTEM POLDER TAWANGKOTA LAMA SEMARANG UTARA Utami, Sri Rejeki Laku; Hidayat, Adib Wahyu
Jurnal Kajian Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2020): JURNAL KAJIAN TEKNIK SIPIL
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/jkts.v5i1.4110

Abstract

 ABSTRAK Kota Semarang sebagai salah satu metropolitan yang memiliki wilayah pesisir di bagian utara dengan garis pantai sepanjang 13 Km jelas sangat terkena dampak kenaikan muka laut tersebut. Persepsi Masyarakat kecamatan semarang utara terhadap sistem Polder Kota Lama sebagai pencegahan ROB di Kecamatan Semarang Utara. Di kota semarang khususnya di daerah Kecamatan Semarang Utara, kini telah di bangun polder kota lama yang berfungsi untuk menangani ROB dan banjir (Pemkot Semarang). Sistem Polder Kota Lama tidak banyak membantu dalam mengatasi banjir dan ROB, fakta didukung dengan beberapa kapasitas daya tamping kolam retensi kecil, kurang terawatnya system polder kota lama. Persepsi mengenai kondisi lingkungan pemungkiman (Fasilitas umum, Sosial dan Tempat Tinggal). Jumlah penduduk yang terdapat di lokasi tersebut adalah 20.780 jiwa dengan 4400 kepala keluarga, sedangkan jumlah kepala keluarga di RW 2 sebanyak 630 kepala keluarga. Kondisi saluran drainase di perkampungan Kawasan Polder Tawang  saat tidak rob sebagian besar cukup lancar dan bentuk saluran beraneka ragam, bahkan beberapa rumah tidak terdapat saluran air baik untuk limbah rumah tangga atau limbah di perkampungan. Rumah yang drainasenya tergolong lancar ada 31, tersumbat 5 rumah dan menggenang 2 rumah. Sedangkan pada saat ROB kondisinya berubah, saluran yang lancar 8 rumah, tersumbat 30 rumah dan menggenang 50 rumah. Kata Kunci: Analisis Banjir ROB Polder Tawang Kota Semarang Utara .  
ANALISIS PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS DI KOTA SEMARANG Hidayat, Adib Wahyu; Utami, Sri Rejeki Laku
Jurnal Kajian Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2020): JURNAL KAJIAN TEKNIK SIPIL
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/jkts.v5i1.4111

Abstract

Semarang juga merupakan salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia. Metropolitan dapat juga bisa diartikan sebagai pusat permukiman besar yang terdiri dari satu kota besar dan beberapa kawasan yang berada di sekitarnya dengan satu atau lebih kota besar melayani sebagai titik hubung dengan kota-kota di sekitarnya tersebut. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kerawanan kecelakaan lalu lintas di kota Semarang antara lain adalah kelalaian pengguna jalan, faktor kendaraan, faktor jalan, faktor kondisi lingkungan.
ANALISIS KAPASITAS DUKUNG TIANG BOR PADA TANAH GRANULER (STUDI KASUS: PROYEK TOL SEMARANG – BATANG STA. 375+000 – STA. 449+200) Sobari, Muhammad
Jurnal Kajian Teknik Sipil Vol 5, No 1 (2020): JURNAL KAJIAN TEKNIK SIPIL
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/jkts.v5i1.4113

Abstract

AbstrakJalan Tol Semarang–Batang adalah jalan tol yang terbentang sepanjang 75 kilometer yang menghubungkan antara Kota Semarang dengan Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Merak, Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur. Dalam penelitian ini akan menganalisis salah satu bagian dari sebuah kontruksi yaitu fondasi. Fondasi adalah bagian yang penting dalam sebuah kontruksi, termasuk jalan dan jembatan. Karena itu perhitungan untuk menghitung daya dukung fondasi sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya dukung fondasi tiang bor. Metode pada penelitian ini menggunakan Metode O'Neill dan Reese dan juga Metode Poulus dan Davis. Hasil dari perhitungan Metode O'Neill dan Reese didapati nilai daya dukung (Ǫu) sebesar 10408,11 kN dan Metode Poulus dan Davis didapati nilai daya dukung (Ǫu) sebesar 18773,98 kN. Dari hasil penelitian ini didapati perbedaan hasil daya dukung (Ǫu) antara 2 metode tersebut. Kata kunci: Tiang bor, Poulus dan Davis, O'Neill dan Reese AbstractSemarang-Batang Toll Road is a toll road that runs for 75 kilometers that connects Semarang City with Batang Regency, Central Java. This toll road is part of the Trans Java Toll Road that connects Merak, Banten to Banyuwangi, East Java. In this study will analyze one part of a construction that is the foundation. Foundations are an important part of construction, including roads and bridges. Therefore the calculation to calculate the carrying capacity of the foundation is very important. This study aims to determine the carrying capacity of the bored pile foundation. The method in this study uses the O'Neill and Reese Method and also the Poulus and Davis Method. The results of the calculation of the O'Neill and Reese Method were found to be carrying capacity (Ǫu) of 10408.11 kN and the Poulus and Davis Method found a carrying capacity value (Ǫu) of 18773.98 kN. From the results of this study found differences in carrying capacity (Ǫu) between the two methods. Keywords: format, paper, template (min. 3, max. 5 words, in alphabetical order)

Page 1 of 1 | Total Record : 7