cover
Contact Name
Ignatius Erik Sapta Yanuar
Contact Email
ignatiusyanuar10@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ignatiusyanuar10@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Administrasi dan Manajemen
ISSN : 16936876     EISSN : 26231719     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Administrasi dan Manajemen (JAM) dengan e-ISSN : 2623-1719 dan p-ISSN : 1693-6876 Published by Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Administrasi dan Manajemen is published twice every year, in June and December.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen" : 11 Documents clear
PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI ANOMALI COFFEE KEMANG PADA 2016 Indah Febriandini; Amrih Piguno
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.473 KB) | DOI: 10.52643/jam.v8i1.251

Abstract

ABSTRAK Persaingan yang terjadi di dunia bisnis menuntut perusahaan untuk meningkatkan pelayanan dan profesionalisme di semua bidang usaha, begitu pula bisnis perkopian di Indonesia, seperti kedai kopi. Anomali coffee agar bisa tetap bersaing, salah satunya dengan melakukan diferensiasi produk (keunggulan produk untuk memenangkan pasar sasaran). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh diferensiasi produk terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Anomali Coffe Jakarta. Penelitian kuantitatif, desain crosectional, populasi penelitian adalah konsumen Anomali Coffee Kemang, teknik pengambilan sampel adalah random sampling dengan rumus Rao Purba yang menghasilkan 96 responden pada tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode analisis korelasi, koefisien determinasi dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian adalah nilai korelasi r = 0,705,  yang artinya ada hubungan antara  diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen. Hasil koefisien determinasi adalah bahwa ada hubungan antara diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen sebesar 49,7%, sisanya 50,3% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, adapun  hasil regresinya  adalah : Y= 6.378 + 0.366X, berarti ada pengaruh positif diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen. Kesimpulan Terdapat hubungan kuat dan positif antara diferensiasi produk terhadap kepuasan konsumen,  dan diferensiasi produk perlu dilakukan ditengah maraknya persaingan kedai-kedai kopi yang sedang menjamur, khususnya untuk Anomali Coffee. Saran untuk Anomali coffe hendaknya tetap mempertahankan dan lebih meningkatkan diferensiasi produk yang dimiliki serta melakukan inovasi, pengembangan dan memperhatikan keamanan maupun kenyamanan konsumen. Kata kunci : diferensiasi produk, kepuasan konsumen                                                        ABSTRACT                    Competition in the business world demands the company to improve service and professionalism in all areas of business, as well as coffee business in Indonesia, such as coffee shops. Anomaly coffee to remain competitive had several methods, one of them by doing product differentiation (product superiority to win the target market).  This study purpose is to determine and analyze the influence of product differentiation on Consumer Satisfaction at PT. Anomali Coffee Jakarta. The population of the study was the consumers of Anomaly Coffee in Kemang, South Jakarta. Sampling technique that used in this research was random sampling with Rao Purba formula with 96 respondents in 2016. This study used correlation analysis method, coefficient of determination and simple linear regression. The result of research is correlation value r = 0,705, which means there is relationship between product differentiation to consumer satisfaction. The result of coefficient of determination is that there is correlation between product differentiation to consumer satisfaction equal to 49,7%, the rest 50,3% is determined by other variable not examined in this research, as result regression was: Y = 6.378 + 0.366X, it means there is positive effect of product differentiation customer satisfaction. Conclusion There was a strong and positive relationship between product differentiation to consumer satisfaction, and product differentiation needs to be done amidst the rampant competition of coffee shops that are mushrooming, especially for Anomali Coffee.Suggestions for Anomaly Coffee should maintain and further enhance product differentiation and innovation, development and safety and consumer comfort. Keywords: product differentiation, consumer satisfaction 
PENINGKATAN KETERAMPILAN STAF UNIT KERJA BERDASARKAN PENILAIAN ATASAN DALAM UPAYA PENGEMBANGAN ORGANISASI DI PERGURUAN TINGGI “X” Desmiwati Desmiwati
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.315 KB) | DOI: 10.52643/jam.v8i1.256

Abstract

AbstrakDalam rangka memenuhi tuntutan Pemerintah untuk meningkatkan daya saing global, di Perguruan Tinggi (PT) “X” telah dilakukan berbagai kegiatan pengembangan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan. Disadari sepenuhnya bahwa tenaga staf di setiap unit kerja juga berperan penting dalam meningkatkan keterampilannya di PT “X”. Tujuan penelitian ini   mengetahui dan menjelaskan kinerja staf dengan menilai pengetahuan, sikap dan keterampilan staf  dalam melakukan tugas dan tanggung di Unit Kerja  Biro Administrasi dan Kemahasiswaan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Sekretariat Rektorat, dan Badan Penjaminan  Mutu di PT X dari Tahun 2014 sampai dengan Tahun 2017.    Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, desain potong lintang, populasi seluruh staf di empat Unit Kerja tersebut di atas sebanyak 10 staf.  Alat pengambilan data menggunakan  kuesioner  pengetahuan sebanyak 6 pertanyaan, sikap sebanyak 7 pertanyaan, dan keterampilan sebanyak 7 pertanyaan, hasil uji validitas dan realibilitas sangat baik. Analisisnya deskriptif dan analitik uji uji F (uji anova).  Hasil penilaian atasan langsung  terhadap staf menunjukkan bahwa sejak tahun 2014 hingga Tahun 2017 terdapat peningkatan nilai pengetahuan meningkat 2%, sikap  meningkat 5% dan keterampilan meningkat 1,7%. Hasil uji F menunjukkan keempat kelompok tersebut peningkatan nilai pengetahuan (F=0,21), sikap (F=0,05) dan keterampilan (0,04) yang di nilai oleh atasan tidak ada perbedaan bermakna dengan nilai p>0,05. Kesimpulan ada peningkatan pengetahuan,sikap dan keterampilan staf  dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya pada masing-masing unit kerja di PT “X” namun peningkatan nilai tersebut tidak bermakna secara statistik. Saran sumber daya manusia yang handal harus ditingkatkan mutu pengetahuannya, sikap dan keterampilannya. Kata kunci: pengetahuan, sikap, keterampilan staf, tugas dan tanggung jawab  Abstract                To fulfill government requirement and improve global standing, University “X” had done several competency development activity to lecturer and staff. Staffs in each work unit also play an important role in improving their skills in University "X". The purpose of this study is to know and explain the performance of staff by assessing the knowledge, attitude and skills of staff in performing duties and responsibilities in the Work Unit of the Bureau of Administration and Student Affairs, Institute of Research and Community Service, Rectorate Secretariat and Quality Assurance Agency in University “X” from 2014 to with the Year 2017. This study uses quantitative approach, cross sectional design, the population of all staff in the four Work Units above as many as 10 staff. Tool for data retrieval using questionnaire with knowledge variable with 6 questions, attitude variable with 7 questions, and skills variable with 7 questions, test results validity and reliability is very good. This research is descriptive and analytical analysis of F test. The results of the direct supervisor's assessment of the staff showed that from year 2014 to 2017 there was a 2% increase in the value of knowledge, 5% increase in attitude and skills increased  1.7%. The result of F test shows that the four groups have an increase of knowledge value (F = 0,21), attitude (F = 0,05) and skill (F= 0,04) which in value by boss no significant difference with p> 0,05. Conclusion for this research was increase of staff knowledge, attitudes and skills in carrying out their duties and responsibilities in each work unit in university "X" but the increase in value was not statistically significant. Reliable human resources advice should be improved the quality of knowledge, attitude and skills. Keywords: knowledge, attitude, skills, staff duties and responsibilities
PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN SUSU FRISIAN FLAG UHT 115 ML PADA PT. CATUR SENTOSA ADIPARNA JAKARTA TIMUR Anisa Restu Wulandari; Sularto Sularto
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.902 KB) | DOI: 10.52643/jam.v8i1.247

Abstract

Persaingan antar Perusahaan distributor susu menjadi sangat ketat, sehingga setiap perusahaan Distribtor susu perlu memiliki strategi khusus untuk menghadapi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga Dan Promosi Tehadap Peningkatan Penjualan Susu Frisian Flag UHT 115 ML pada PT. Catur sentosa Adiparna Jakarta Timur. Metode penelitian ini jenisnya kuantitatif. Populasi pelanggan Staff Marketing PT. Catur Sentosa Adiparna dengan sampel sebanyak 50 orang. Teknik sampling yang digunakan sampel jenuh. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi berganda, uji determinasi, uji regresi berganda, uji F, dan Uji t dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 17. Berdasarkan hasil uji F (ANOVA) diketahui bahwa diketahui bahwa variabel harga mempunyai hubungan yang signifikan Fhitung>Ftabel yaitu 1,272<3,19 dengan nilai signifikasi lebih kecil dari nilai probabilitas 0,290>0,05 Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga secara bersama-sama (simultan) Pengaruh Harga Dan Promosi Tehadap Peningkatan Penjualan. Berdasarkan basil uji t bahwa variabel harga mempunyai hubungan yang signifikan terhadap peningkatan penjualan dengan nilai thitung>ttabel yaitu 3,970>2,010 dan nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,446< 0,05 Ho ditolak dan Ha diterima, variabel promosi mempunyai hubungan yang signifikan terhadap peningkatan penjualan dengan nilai thitung<ttabel yaitu 1,430>2,010 dan nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas  0,159<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan harga dan promosi berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. SaranKami menyarankan agar perusahaan perlu membuat strategi yang lebih baik lagi dari distributor dengan meningkatkan diskon potongan harga yang lebih lagi. Sebaiknya ditingkatkan lagi tenaga penjual yang lebih aktif dan memperluas pemasaran produk hingga terjangkau ke semua area toko.Kata Kunci          :     Harga, Promosi, dan Peningkatan Penjualan Kepuasan Pelanggan                                                                                        ABSTRACTCompetition among milk distributor companies was very strict; every company of Milk distributor needs to have a special strategy to competition of sale. Study aims to determine the Influence of Price and Promotion to Increase Sales Frisian Flag Milk UHT 115 ML at PT. Catur sentosa Adiparna Jakarta Timur. Research method was quantitative. The customer population of PT. Catur Sentosa Adiparna with a sample of 50 people. Sampling technique used saturated samples. The analysis technique uses validity test, reliability test, multiple correlation coefficient test, determination test, multiple regression test, F test, and t test with SPSS 17. Result known that the price variable significant Fcount> Ftable was 1.272 <3.19 with smaller significance value than probability value 0.290> 0.05 Ho was rejected and Ha accepted. So together (simultaneously) The Influence of Price And Promotion to Increased Sales. t test result that price variable have significant relation to sales increase with t count> t table that was 3,970> 2,01063 and significant value less than probability 0,446 <0,05 Ho rejected and Ha accepted, promotion variable have significant relation to the increase of sales with the t count <t table was 1.430> 2.01063 and significant value smaller than probability value 0,159 <0,05 that H0 rejected and Ha accepted. Conclusion price and promotion conclusions have an effect on sales increase. Suggestions we recommend that companies need to make better strategies from distributors by increasing discounts more. Better to be upgraded more active sales people and expand product marketing to reach all areas of the store. Keywords: Price, Promotion, Increased Sales .
PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. BIGLY MULTI BUANA Rendi Agung Saputra; Ahmadun Ahmadun
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.643 KB) | DOI: 10.52643/jam.v8i1.252

Abstract

ABSTRAK                Pada era globalisasi ini, persaingan dunia usaha menjadi alternatif masyarakat menuangkan ide, kreatif dan inovatif demi mencoba keberuntungan usaha. Namun tidak semuanya berjalan baik, terkadang masalah datang dari perizinan, kurangnya komunikasi terhadap para petugas dilapangan, maupun pengamanan kerusuhan. Kerjasama PT. X dengan PT. Bigly Multi Buana adalah  untuk membantu penjualan dan memperkenalkan produk PT. X melalui PT. Bigly Multi Buana melalui promosi ke lokasi-lokasi strategis yang akhirnya melakukan penjualan ke konsumen. Tujuan penelitian ini  adalah untuk  mengetahui dan menganalisis Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Bigly Multi Buana. penelitian disini adalah kuantitatif, dengan sampel  50 Responden dan menggunakan teknik accidental sampling, dan analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, uji determinasi, uji regresi linier berganda, uji F, dan uji t. Hasil penelitian ini menyatakan Promosi dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan dengan Kepuasan Pelanggan sebesar 96,4% sedangkan 3,6% dipengaruhi faktor lainnya. Dari uji regresi linier berganda diperoleh, persamaan :  (Y) = 0,876 + 0,882 (X1) + 0,110 (X2). Promosi di PT. Bigly Multi Buana harus, dipertahankan, dan ditingkatkan. Kesimpulan Promosi dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan dengan Kepuasan Pelanggan pada PT. Bigly Multi Buana. Saran sebaiknya PT. Bigly Multi Buana terus meningkatkan aspek – aspek Kualitas Pelayanan, dengan cara  memberikan pelatihan kepada setiap karyawan.Kata Kunci : Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan ABSTRACTIn this era of globalization, business world competition becomes an alternative to the people pouring ideas, creative and innovative in order to try business luck. But not everything works well, sometimes problems come from licensing, lack of communication to field officers, and security riots. Cooperation of PT. X with PT. Bigly Multi Buana is to assist sales and introduce PT products. X through PT. Bigly Multi Buana through promotion to strategic locations that ultimately make sales to consumers. The purpose of this study was to know and analyze the Influence of Promotion and Service Quality Against Customer Satisfaction At PT. Bigly Multi Buana. The research here was quantitative, with a sample of 50 respondents and using accidental sampling technique, and validity test analysis, reliability test, correlation test, determination test, multiple linear regression test, F test, and t test. The results of this study states that Promotion and Service Quality simultaneously significantly influence Customer Satisfaction of 96.4% while 3.6% is influenced by other factors. From multiple linear regression test obtained, equation: (Y) = 0,876 + 0,882 (X1) + 0,110 (X2).  Conclussion Promotion and Service Quality simultaneously have a significant influence with Customer Satisfaction at PT. Bigly Multi Buana. PT. Bigly Multi Buana should be, maintained, and enhanced. Service Quality has positive and significant impact on Customer Satisfaction then PT. Bigly Multi Buana continues to improve the Quality of Service aspects, by providing training to every employee. Keywords: Promotion, Service Quality, Customer Satisfaction 
ANALISIS PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MENABUNG BRI SIMPEDES DI BRI UNIT CIPAYUNG Eka Septianan L; Titus Indrajaya
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.399 KB) | DOI: 10.52643/jam.v8i1.248

Abstract

ABSTRAKKemajuan teknologi saat ini, membuat persaingan bisnis semakin ketat. Oleh karena itu setiap perusahaan berlomba-lomba melakukan inovasi terhadap produk yang dimiliki agar membangun produk  terbaik bagi konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh motivasi terhadap keputusan konsumen untuk menabunin g di produk tabungan BRI Simpedes pada BRI unit Cipayung. Metode penelitian kuantitatif, desain crossectional, sampel penelitian berjumlah 98 responden, dengan teknik accidental sampling, menggunakan data primer, data sekunder, analisis uji validitas dengan rumus Pearson product moment, uji reliabilitas  rumus Spearman Brown, uji korelasi, koefisien determinasi. Hasil penelitian untuk uji validitas adalah t hitung > t tabel (0,463 > 0,199), dan uji reliabilitas t hitung >  t tabel (0,606 > 0,199), dan untuk hasil uji korelasi diperoleh: 0,485, bernilai sedang, artinya ada hubungan antara motivasi terhadap keputusan konsumen. Hasil  koefisien determinasi (Kd) = 23,5%, artinya pengaruh motivasi terhadap keputusan konsumen adalah 23,5%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji hipotesa diperoleh t hitung > t tabel (4,777 > 1,96), artinya Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada pengaruh motivasi terhadap keputusan konsumen.  Kesimpulan ada pengaruh motivasi terhadap keputusan konsumen menabung di BRI Cipayung sebesar 23,5%. Saran BRI unit Cipayung dapat mempertahankan nasabah dan meningkatkan pelayanan melalui  jaringan online yang baik agar tidak sering terjadi off line, serta mempermudah pelayanan kepada nasabah. Kata kunci: motivasi, keputusan konsumen ABSTRACT                    Advancement in bank technology today was making business competition increasingly tight. Therefore every company is competing to make product innovation in order to develop best product for consumer. The purpose of this study to determined and analyzed the influence of motivation on consumer decisions to save their money in BRI Simpedes at BRI Cipayung.  Research quantitative, crossectional design, sampling 98 respondents used accidental sample technique. This research used primary data, secondary data, validity test with Pearson product moment formula, reliability test Spearman Brown formula, correlation test, coefficient of determination, and hypothesis test. The result of the research for the validity test is t count> t table (0,463> 0,199), and reliability test t count> t table (0,606> 0,199), and for correlation test result obtained: 0,485, medium value, meaning there was relation between motivation to decision consumer. Result of coefficient of determination 23,5%, meaning influence of motivation to consumer decision was 23,5%, and the rest influenced by other variable not examined in this research. Hypothesis test results obtained t arithmetic> t table (4.777> 1.96), meaning Ho was rejected and Ha accepted that there is influence of motivation to costumer decisions.  Conclussion there was influence betweem motivation to costumer to save money in BRI Cipayung. BRI can retain customers and improve services through good online network to avoid frequent off line, as well as facilitate service to customers. Keywords: motivation, costumer decision
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUASAN AGEN SANCU CREATIVE INDONESIA Anisa Anisa; Rushadiyati Rushadiyati
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.994 KB) | DOI: 10.52643/jam.v8i1.253

Abstract

ABSTRAKJasa yang bersaing di era globalisasi menimbulkan persaingan antar produsen dalam memenuhi kebutuhan  konsumen (pelanggan), terutama kualitas pelayanan yang baik, yang akan menciptakan kepuasan pelanggan, agar melakukan pembelian ulang. Begitu pula yang terjadi pada Agen Sancu Creative Indonesia (SCI), yang menggunakan sistem keagenan jaringan penjualan berantai agar agen mempunyai reseller langsung kepada pemakai langsung. Sehingga memperluas pasar yang terjangkau oleh seluruh masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Kualitas Pelayanan dan Saluran Distribusi terhadap Kepuasan Pelanggan. Metode penelitian adalah kuantitatif, dengan teknik sampling jenuh dan besaran sampel 60 responden. Penelitian dilakukan selama bulan Maret - Agustus 2017. Hasil penelitian adalah dari Uji Regresi Berganda adalah bahwa variable (X1) Kualitas Pelayanan berpengaruh 0,312 (31,2%) terhadap Kepuasan Pelanggan, variable (X2) Saluran Distribusi berpengaruh 0,599 (59,9%) terhadap Kepuasan Pelanggan, yang membuktikan bahwa Kepuasan Pelanggan dipengaruhi oleh faktor Saluran Distribusi > Kualitas Pelayanan. dan hasil uji Determinasi menunjukkan pengaruh variable bebas (Kualitas Pelayanan dan Saluran Distribusi) terhadap Variabel terikat (Kepuasan Pelanggan) secara simultan adalah sebesar 0,658 (65,8%), sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan: Kepuasan Pelanggan dipengaruhi oleh Saluran Distribusi > Kualitas Pelayanan. Saran: perlu meningkatkan Kualitas Pelayanan maksimal,  karena Kualitas Pelayanan dan Saluran Distribusi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Kata kunci : konsumen, kualitas pelayanan, saluran distribusi, Kepuasan ABSTRACTCompetitive services in the era of globalization raise competition among producers in meeting the needs of consumers (customers), especially the quality of good service, which will create customer satisfaction, to re-purchase. Similarly, what happens to Agent Sancu Creative Indonesia (SCI), which uses a chain of chain sales agency system so that agents have direct resellers to direct users. So as to expand the market that is affordable by the whole society. The purpose of this study is to know and analyze the Quality of Service and Distribution Channels on Customer Satisfaction. The research method is quantitative, with sampling technique saturated and sample size 60 respondents. The result of research is from Multiple Regression Test is that variable (X1) Service Quality influence 0,312 (31,2%) to Customer Satisfaction, variable (X2) Distribution Channel has effect 0,599 (59,9%) to Customer Satisfaction, which proves that Customer Satisfaction is influenced by Channel Distribution factor> Quality of Service. and Determination test results showed the effect of free variables (Service Quality and Distribution Channel) to the dependent variable (Customer Satisfaction) simultaneously is 0.658 (65.8%), the rest is influenced by other variables not discussed in this study. Conclusion: Customer Satisfaction is affected by Distribution Channel> Quality of Service. Suggestion: need to improve Service Quality maximally, because Quality Service and Distribution Channels have a significant effect on Customer Satisfaction. Keywords: consumer, service quality, distribution channel, Satisfaction
PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH PENGUNJUNG DI DUNIA AIR TAWAR TMII Eka Oktavia Nanprahara; Sri Siswani
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.237 KB) | DOI: 10.52643/jam.v8i1.249

Abstract

ABSTRAKPerkembangan pariwisata menjadikan, para pelaku bisnis pariwisata harus mampu melakukan inovasi dan kreatifitas agar bisnis yang dijalankan tetap mendapat perhatian dari masyarakat. Hal ini memerlukan antara lain Promosi dan Kualitas Pelayanan guna tercapainya Peningkatan wisatawan yang diharapkan. Salah satu objek wisata nasional bertaraf internasional adalah Dunia Air Tawar TMII yang merupakan wahana mempesona, akan tetapi belum adanya fasilitas seperti : website,  kurangnya iklan di televisi, maupun pelayanan yang optimal dalam hal service guide, feeding show, fasilitas mesin ATM yang  jauh letaknya , serta penyediaan layanan pengunjung, menjadi kendala pihak Dunia Air Tawar TMII dalam meningkatkan jumlah pengunjungnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan indikator Promosi, Kualitas Pelayanan yang dapat meningkatkan atau mempengaruhi Peningkatan Jumlah Pengunjung.Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif  dengan teknik  Accidental Sampling. menggunakan data primer, data sekunder dengan populasi dan sampel berjumlah 75 orang, dan menggunakan alat bantu kuesioner. Hasil penelitian adalah: koefisien korelasi antara variable Promosi (X1) terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung (Y) adalah 0,230 dengan nilai signifikannya sebesar 0,023 dan hubungan variable Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung (Y) 0,600 dengan nilai signifikansinya sebesar 0,000. Hal ini menunjukan tingkat hubungan yang signifikan, positif  dan sangat kuat. Kesimpulan ada “pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung di Dunia Air Tawar TMII. Oleh karena itu sebaiknya pihak Dunia Air Tawar TMII membuat website dan memasang iklan di tv, melakukan kerjasama khusus dengan para agent travel, menambahkan pegawai marketing dari 1 menjadi 3 pegawai, perlu mengoptimalkan service guide dan feeding show, menyediakan mesin debit, dan menyediakan telephone layanan pengunjung. Kata Kunci : Promosi, Kualitas Pelayanan, Peningkatan Jumlah Pengunjung. ABSTRACTThe development of tourism makes, the tourism business must be able to innovate and creativity for the business that run still get attention from the community. This requires, among others, Promotion and Service Quality in order to achieve the expected increase of tourists. One of the national attractions of international standard was TMII Freshwater World which was a fascinating vehicle, but there were no facilities such as: website, lack of advertising on television, and optimal service in terms of service guides, feeding shows, ATM machine facilities are far located, as well as the provision of visitor services, a constraint of TMII Freshwater World in increasing the number of visitors.This study aims to reveal indicators of Promotion, Quality of Service that can increase or influence the increase in the number of visitors. This research method is quantitative research with Accidental Sampling technique. using primary data, secondary data with population and sample amounting to 75 people, and using questionnaire tool. The result of research : coefficient of correlation between variable of Promotion (X1) to Increase of Number of Visitor (Y)  0,230 with significant value equal to 0,023 and relation of variable Quality of Service (X2) to Increase of Visitor Number (Y) 0,600 with value signifikan signifikan 0.000. This shows a significant level of relationship, positive and very strong. Conclusion there was the influence of Promotion and Quality of Service to Increase the Number of Visitors in TMII Freshwater World. Therefore, TMII Freshwater World party should make website and advertisement on TV, make special cooperation with travel agents, marketing employees from 1 to 3 employees, need to optimize service guide and feeding show, provide debit machine, and provide telephone service to visitors. Keywords: Promotion, Service Quality, Increasing Number of Visitors.
PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA SEPEDA MOTOR MATIC YAMAHA MIO DI KELURAHAN BAMBU APUS KECAMATAN CIPAYUNG JAKARTA TIMUR Efrida Marselina Lowa; Eros Rosmiati; Maya Sova
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.972 KB) | DOI: 10.52643/jam.v8i1.254

Abstract

ABSTRAKKonsumen cenderung menjadikan citra merek dari produk sebagai acuan sebelum melakukan pembelian terhadap produk tersebut. Semakin baik citra merek yang melekat pada produk maka konsumen akan semakin tertarik untuk membeli produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara variabel citra merek terhadap keputusan pembelian sepeda matic Yamaha Mio di Kelurahan Bambu Apus Kecamatan Cipayung Jakarta Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kelurahan Bambu Apus Kecamatan Cipayung Jakarta Timur yang menggunakan sepeda motor matic Yamaha Mio. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah pengguna sepeda motor matic Yamaha Mio di RW 001 dan RW 003 Kelurahan Bambu Apus Kecamatan Cipayung Jakarta Timur, dengan teknik purposive sampling dipilih 60 responden pengguna sepeda motor matic Yamaha Mio dengan jangka waktu Juni - Agustus 2016.  Hasil uji hipotesis T hitung 3,662 sedangkan T tabel 2,001 maka T hitung > T tabel (3,662 > 2,001) yaitu Hα diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini yakni ada pengaruh citra merek dengan keputusan pembelian motor matic Mio sebesar 16,24%. Kata kunci : Citra merek, keputusan pembelian. ABSTRACTConsumers tend to make the brand image of the product as a reference before making a purchase of the product. The better the brand image attached to the product, the consumer will be more interested in buying the product. The purpose of this study is to determine the relationship between brand image variables on matic Yamaha Mio bike purchase decision in Kelurahan Bambus Apus, Cipayung District, and East Jakarta. The type of research used is quantitative research with research method used is associative.Population in this research is the whole community of Bambu Apus Sub District, Cipayung, East Jakarta using automatic motocycle Yamaha Mio. While the sample in this study is the user matic motorcycle Yamaha Mio at RW 001 and RW 003 Village Bamboo Apus District Cipayung East Jakarta, with purposive sampling technique selected 60 respondents that uses automatic motocycle Yamaha Mio with timeframe between June – Agust 2016. The conclusion of this research is based on the result of Thitung 3.662 hypothesis test whereas Ttable 2,001 then Thitung> Ttable (3,662> 2,001) that Hα is accepted and Ho is rejected, it means there is influence of brand image to purchasing decision. The conclusion of this research that there is influence of brand image with decision of purchasing motor matic Mio equal to 16,24%. Keywords: Brand image, purchase decision.
PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TYPHIDOT DI JAKARTA, BOGOR, TANGERANG DAN BEKASI TAHUN 2017. Erik Sapta Yanuar; Ignatius Ignatius; Sulastri Sulastri; Ilyas Saad; R Supriasmono; H Hasanuddin
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.262 KB) | DOI: 10.52643/jam.v8i1.250

Abstract

ABSTRAK      Harga Typhidot lebih murah, kualitas bagus, promosi produk sudah dilakukan namun keputusan pembelian Typhidot masih rendah di beberapa rumah sakit. Tujuan penelitian mengetahui dan menjelaskan pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk Typhidot terhadap keputusan pembelian Typhidot. Metode penelitian kuantitatif ,desain crossectional, besar sampel 33 responden diambil secara accidental sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner dengan cara angket kepada dokter spesialis, dokter umum, petugas laboratorium dan perawat di Rumah Sakit dan klinik di wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi dan Tangerang. Analisis secara deskriptif dan analitik menggunakan uji validitas, realibilitas, regresi linier sederhana dan ganda.  Hasil penelitian menunjukkan Pendidikan dokter spesialis 5 orang (15%), dokter umum 18 orang (55%), Analis laboratorium 3 orang (9%), dan perawat 7 orang (21%). Bekerja di Rumah Sakit 32 responden (97%) dan sisanya 1 orang (3%) klinik. Ada pengaruh harga, promosi, kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Typhidot dengan kontribusi sebesar  75,5%. Ada pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian produk Typhidot sebesar 48,6%. Ada pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk Typhidot sebesar 53%. Ada pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian Produk typhidot sebesar 65,8%.  Kesimpulan promosi, harga, kualitas produk berpengaruh pada keputusan pembelian Typhidot di Rumah sakit maupun di klinik.    Rekomendasi untuk perusahaan penting meningkatkan promosi penjualan Typhidot dengan bertemu secara langsung kepada direktur rumah sakit, para dokter spesialis anak, penyakit dalam, dokter umum, petugas laboratorium,perawat, pemerintah atau melalui seminar. Kata Kunci: promosi, harga, kualitas produk, keputusan pembelian, Typhidot. AbstractTyphidot price cheaper had good quality, drastic promotion had been done but selling Typhidot remained difficult in several hospitals and clinics. Research purpose was to acknowledged and explain price, promotion, and product quality influence in Typhidot buying decision in JaKarta, Bogor ,Tangerang Bekasi at 2017. Research method was quantitative method. Research design was cross-sectional design. Sampling for these research were 33 respondents and taken using accidental sampling. Data gathered using questionnaire with respondents such as specialist doctor, doctor, lab staff, and nurse in hospitals and clinic in Jakarta, Bogor, Tangerang, and Bekasi. This thesis analyzed descriptive and analytically using validity test, reliability test, simple and double linier regression. Research participants were specialist doctor 5 respondents (15%), doctor 18 respondent (55%), lab staff 3 respondents (9 %), and nurse 7 respondents (21%). Respondents working in hospital 32 respondents (97%) , working in clinics (3%). Research result was there were price, promotion, and product quality influence in Typhidot buying decision. Price, promotion, and product quality influence were contributed 75,5%.  Promotion influence was contributed 48,6%, price influence was contributed 53%, and Quality influence was contributed 65,8%.  Conclusion of this research was there were price, promotion, and product quality influence in Typhidot buying decision at hospitals and clinics. Recommendation for company it was important to increase Typhidot sales with direct approach to hospital director, specialist doctor, doctor, nurse, government staff and lab staff or with seminar.Keyword: promotion, price, quality, buying decision, Typhidot. 
KORELASI PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA TOKO BUNGA AGUNG FLORIST Meriana Meriana; Tina Rosa
JURNAL ADMINISTRASI & MANAJEMEN Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen
Publisher : Universitas Respati Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.197 KB) | DOI: 10.52643/jam.v8i1.255

Abstract

ABSTRAKPerkembangan  dunia  usaha  serta  kebutuhan pelanggan, menjadikan Permasalahan   dalam   Promosi dan Harga yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun simultan. Begitu pula pada Usaha Toko Bunga Agung Florist secara parsial dan simultan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Harga terhadap kepuasan pelanggan pada Usaha Toko Bunga Agung Florist secara  parsial  dan  simultan. Variabel penelitian adalah Promosi (X1), Harga (X2), dan Kepuasan pelanggan (Y). Metode Penelitian menggunakan data primer, data sekunder,  analisis regresi linear berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji simultan (uji F), Uji Prsial (Uji t), dan sampel berjumlah 60 responden dengan alat bantu kuesioner. Hasil penelitian  menunjukan promosi (X1) berhubungan signifikan dengan kepuasan pelanggan (Y), dan harga (X2) juga berhubungan signifikan dengan kepuasan pelanggan (Y). Koefisien Determinasi (R-square) sebesar 0,550 atau 55,0%. Artinya promosi dan harga secara simultan berpengaruh terhadap variabel kepuasan pelanggan sebesar 55%. Kesimpulan Promosi dan Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan pada usaha Toko Bunga Agung Florist, semakin besar Promosi dan Harga yang diterima, maka Kepuasan Pelanggan akan semakin meningkat. Saran pihak Agung Florist dapat memanfaatkan media elektronik dan cetak serta dapat memberikan informasi daftar harga secara berkala  untuk memudahkan pelanggan menemukan produk yang diinginkan, dan memudahakan pelanggan mengetahui adanya diskon (potongan harga) pada waktu tertentu. Kata Kunci : Promosi, Harga, Kepuasan Pelanggan. 

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 15, No 3 (2025): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 15, No 2 (2025): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 15, No 1 (2025): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 14, No 4 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 14, No 3 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 14, No 2 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 14, No 1 (2024): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 13, No 4 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 13, No 3 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 13, No 1 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 12, No 4 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 12, No 3 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 12, No 1 (2022): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Administrasi Dan Manajemen Vol 10, No 1 (2020): Jurnal Administrasi Dan Manajemen Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 9, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 8, No 2 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 7, No 1 (2017): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Administrasi dan Manajemen Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Administrasi dan Manajemen More Issue