cover
Contact Name
Perengki Susanto
Contact Email
perengki@fe.unp.ac.id
Phone
+628126636500
Journal Mail Official
jkmb@fe.unp.ac.id
Editorial Address
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang Jl. Prof, Dr. Hamka Air Tawar Padang Sumatera Barat. 08126636500
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Kajian Manajemen Bisnis
ISSN : 23026359     EISSN : 26220865     DOI : https://doi.org/10.2403/jkmb
Jurnal Kajian Manajemen Bisnis (JKMB) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang yang menjadi media untuk mempublikasikan artikel hasil penelitian dalam bidang manajemen, bisnis dan kewirausahaan yang terbit dua kali setahun. Setiap artikel yang terbit akan ditelaah oleh dewan penyunting sesuai dengan bidang masing-masing. Jurnal JKMB mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang manajemen, bisnis dan kewirausahaan. Bidang manajemen yang menjadi ruang lingkup publikasi meliputi manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen strategik, perilaku organisasi, dan sistem informasi,
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Kajian Manajemen Bisnis" : 6 Documents clear
Pengaruh gaya kepemimpinan struktur inisiasi, subjektif diagnostik, subjektif interaktif terhadap keadilan evaluasi Riski Hernando; Eko Prasetyo; Rezi Abdurrahman
Jurnal Kajian Manajemen Bisnis Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Kajian Manajemen Bisnis
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jkmb.10988800

Abstract

Abstract: This study aims to examine the effect of initiation structure leadership on evaluation fairness. This study also examines the mediation of subjective diagnostic and subjective interactive on the relationship between initiation structure leadership and evaluation fairness. The population and sample this study use subordinates in service, merchandising and manufacturing business. Data were collected using a questionnaire with hand delivery system technique and processed using structural equation modeling with WarpPLS 3.0 software. The results of this study indicate that initiation structure leadership influences evaluation fairness. However, mediation variable do not support the hypotheses in this study.Keyword:        Evaluation Fairness, Initiation Structure Leadership, Subjective Diagnostic, Subjective Interactive
Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19 Ayu, Sandra; Lahmi, Ahmad
Jurnal Kajian Manajemen Bisnis Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Kajian Manajemen Bisnis
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.16 KB) | DOI: 10.24036/jkmb.10994100

Abstract

Covid-19 mengubah tren ekonomi global secara masif. E-commerce tumbuh pesat beberapa tahun belakang dan semakin intens karena adanya pandemi Covid-19. Tujuan penulisan paper ini adalah untuk menggambarkan peran e-commerce bagi perekonomian di Indonesia selama pandemi Covid-19 dan peluang ke depannya. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data sekunder dan metode pengumpulan data dokumentasi. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa bisnis e-commerce memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia baik dari sisi pelaku bisnis, konsumen, maupun pemerintah.
Pengaruh celebrity endorser, brand image, brand loyalty, dan perceived quality terhadap minat beli konsumen dan dampaknya terhadap intensi rekomendasi Rohman, Isnanda Zainur; Indaryadi, Athanasius Ivan Kharisma
Jurnal Kajian Manajemen Bisnis Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Kajian Manajemen Bisnis
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.553 KB) | DOI: 10.24036/jkmb.10955000

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser, brand image, brand loyalty, dan perceived quality terhadap minat beli konsumen, serta pengaruh minat beli terhadap intensi rekomendasi pada konsumen sepatu merek Compass. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan merek sepatu lokal Indonesia, sejalan dengan tujuan pemerintah Indonesia untuk memajukan produk lokal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di kota Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 200 responden. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan instrumen kuesioner. Proses olah data menggunakan program SPSS dan AMOS. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa celebrity endorser, brand image, brand loyalty, dan perceived quality berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen. Kemudian, minat beli konsumen berpengaruh positif terhadap intensi rekomendasi.
Dividend payout ratio ditinjau dari ownership structure dan free cash flow perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Sanjaya, Sigit; Haryani, Dessy; Yamasitha, Yamasitha
Jurnal Kajian Manajemen Bisnis Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Kajian Manajemen Bisnis
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.21 KB) | DOI: 10.24036/jkmb.10977000

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ownership structure (terdiri dari institutional ownership dan managerial ownership) dan free cash flow terhadap dividend payout ratio pada perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014 -2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi data panel dimana terdiri dari uji pemilihan model estimasi, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan (1) institutional ownership berpengaruh signifikan positif terhadap dividend payout ratio (2) managerial ownership berpengaruh signifikan positif terhadap dividend payout ratio (3) free cash flow berpangaruh signifikan positif terhadap dividend payout ratio.
The moderating role of openness to experience: Influence of nostalgia on purchase intention Putra, Rahmat Eka; Fariz, Muhammad
Jurnal Kajian Manajemen Bisnis Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Kajian Manajemen Bisnis
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.091 KB) | DOI: 10.24036/jkmb.10980300

Abstract

This study proposes and tests an interactional model of purchase intention where openness to experience serves as a core construct between nostalgia and purchase intention. Based on Identity Social Theory and the Big Five Model of personality traits, nostalgia and openness to experience are proposed as contextual and individual variables that are interrelated in this process. The interaction between openness to experience and nostalgia leads to buying intention behavior. In general, this model needs a moderation process where openness to experience is a crucial factor to transform the contextual resource into purchase intention behavior. The hypotheses are examined using structural Equation Modelling, based on data obtained from a self-administered survey of 273 respondents. We discuss the implication, both theoretical and practical in this study.Keywords: Nostlagia, Openness To Experience, purchase Intention, Social Identification Theory. 
Analisis distruptive marketing pada perusahaan startup (PT. Gojek Indonesia) Muttaqin, Ridlwan
Jurnal Kajian Manajemen Bisnis Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Kajian Manajemen Bisnis
Publisher : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.325 KB) | DOI: 10.24036/jkmb.10981400

Abstract

This study aims to obtain findings regarding the internal conditions of Gojek, obtain findings regarding Gojek's externalities, and obtain findings on the strategic results that Gojek needs to do in increasing service sales through the concept of Disruptive Marketing. The object of this research is PT. Indonesian Gojek. The variable in this study is Disruptive Marketing. This type of research is descriptive. With qualitative methods and SWOT analysis. Based on the overall research results with SWOT analysis shows that the direction of Go-Jek's management in increasing service sales through the concept of Disruptive Marketing is in a Stable Growth Strategy, meaning that Gojek is pursuing maximum growth by strengthening market share, pursuing profit, and this strategy is able to pursue growth. sustainable by always making innovations.

Page 1 of 1 | Total Record : 6