cover
Contact Name
Lesy Luzyawati
Contact Email
lesyahmed@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mangiferaedu@unwir.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Mangifera Edu
Published by Universitas Wiralodra
ISSN : 25279939     EISSN : 26223384     DOI : -
Mangifera Edu journal is a scientific papers on the results of biology and biology education wich managed by Biology education departement, FKIP Wiralodra University. This journal published since 2016 with p-ISSN 2527-9939 and avaliable electronic journal since 2018 with number e-ISSN 2622-3384. The journal published twice a year on Juli and January.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2017): Mangifera Edu" : 6 Documents clear
Penerapan Pembelajaran Biologi Model Problem Based Instruction Scientific untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Eka Vasia Anggis
Mangifera Edu Vol 2 No 1 (2017): Mangifera Edu
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.683 KB) | DOI: 10.31943/mangiferaedu.v2i1.13

Abstract

Biologi merupakan salah satu mata pelajaran ilmu alam yang berhubungan dengan kehidupan sehari hari. Pembelajaran biologi tergolong ke dalam IPA di Sekolah Menengah Pertama. Namun, masih ada pembelajaran yang masih didominasi oleh guru, kurang efektifnya pembelajaran, suasana kelas yang kurang hidup sehingga kurang mendorong siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bioologi dengan PBI dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMP. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP N 1 Indramayu. Jenis penelitian merupakan deskripsi kualitatif yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Instrumen penelitian yaitu lembar keterlaksanaan PBI, Lembar obserservasi motivasi belajar siswa. Hasil penelitian didapatkan bebeberapa catatan observer dari keterlaksanaan PBI. Motivasi belajar siswa meningkat dari siklus sebelumnya dan lebih baik dari pembelajaran sebelum diberikan tindakan kelas.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekosistem di SMA dengan Penugasan Presentasi Poster Dwi Fauzi Rahman
Mangifera Edu Vol 2 No 1 (2017): Mangifera Edu
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.452 KB) | DOI: 10.31943/mangiferaedu.v2i1.14

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif dan praktis dalam penerapannya di sekolah serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Losarang Kab. Indramayu. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas silabus, RPP, bahan ajar, LKS, dan soal evaluasi. Hasil validasi konstruk perangkat pembelajaran ini valid yang telah divalidasi oleh pakar dengan nilai validasi silabus 4,0; RPP 4,1; bahan ajar 4,0; LKS 4,1; Evaluasi pembelajaran/soal-soal evaluasi 3,8 dari nilai maksimal penelitian 5,0. Penelitian ini efektif digunakan dalam kegiatan belajar mengajar karena ketuntasan belajar (KKM) mencapai 85%. Motivasi belajar siswa meningkat mencapai 83,5%, dan Keterlaksanaan pembelajaran 3,9 dari nilai maksimal 5,0 dengan kategori praktis. Simpulan dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran Ekosistem Di SMA Dengan Penugasan Presentasi Poster valid, efektif dan praktis sehingga dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, dan meningkatkan motivasi belajar siswa.
Eksplanasi Ilmiah dampak El Nino La Nina Rosmiati
Mangifera Edu Vol 2 No 1 (2017): Mangifera Edu
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.01 KB) | DOI: 10.31943/mangiferaedu.v2i1.16

Abstract

Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki pulau pulau besar dan kecil berada di daerah tropis, menerima radiasi matahari paling banyak serta dipengaruhi oleh berbagai fenomena atmosfer menyebabkan wilayah ini rentan terhadap variabilitas dan perubahan iklim. Iklim di Indonesia tidak akan selalu berjalan secara normal setiap tahunnya, ada suatu saat terjadi penurunan curah hujan namun di saat yang lain terjadi curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan banjir. Sebagian masyarakat beranggapan bahwa terjadinya banjir dan kemarau panjang diakibatkan oleh dosa-dosa manusia, diantaranya adanya berjudi, membunuh, merampok dll. Hal ini memerlukan Eksplanasi Ilmiah agar dapat memberikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan tentang adanya penyebab penurunan curah hujan atau terjadi nya kekeringan dan terjadinya curah hujan atau bencana banjir di Indonesia. Sesuatu dieksplanasi secara ilmiah jika memenuhi dua syarat, yaitu syarat relevan eksplantori dan syarat testabilitas, syarat pertama eksplanasi ilmiah dapat terpenuhi dengan menggunakan penjelasan dan pengertian El Nino dan La Nina yang merupakan salah satu bentuk penyimpangan iklim di Samudera Pasifik yang ditandai dengan kenaikan suhu permukaan laut di daerah katulistiwa bagian tengah dan timur, Sedangkan La Nina sebaliknya dari El Nino. Dengan penjelasan dan pengertian El Nino dan La Nina yang memenuhi syarat kedua eksplanasi ilmiah yaitu dampak El Nino adalah terjadinya kekeringan dan dampak El Nina adalah terjadinya musim hujan. Hal ini sesuai dengan hakikat pembuktian keilmuan adalah kepercayaan bahwa suatu pernyataan dan pengertian mempunyai peluang besar untuk terbukti ataubenar.
E-Learning Berbasis Moodle pada Pembelajaran IPA di Sekolah Sugiarti
Mangifera Edu Vol 2 No 1 (2017): Mangifera Edu
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.72 KB) | DOI: 10.31943/mangiferaedu.v2i1.17

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji pembelajaran e-learning berbasis moodle pada pembelajaran IPA di sekolah. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berdampak besar terhadap segala bidang, termasuk pendidikan. Salah satu bentuk paradigma baru dalam sistem pendidikan adalah dalam bentuk e-learning. Media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat dijadikan sebagai penunjang adalah dalam bentuk e-learning berbasis moodle pada pembelajaran IPA di sekolah. Siswa dapat belajar dari mana saja melakukan pencarian, penyelidikan, serta melakukan percobaan secara virtual melalui e-learning. E-learning berbasis moodle pada pembelajaran IPA di sekolah memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja antar pengajar dan siswa. Serta dapat menjangkau peserta didikdalam cakupan yang luas, mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran.
Ensiklopedia Fauna, Inkuiri Terbimbing, dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Filum Invertebrata Yohanes N. Bunga
Mangifera Edu Vol 2 No 1 (2017): Mangifera Edu
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.107 KB) | DOI: 10.31943/mangiferaedu.v2i1.18

Abstract

Proses pembelajaran filum invertebrata yang terbatas pada media dan metode tertentu berakibat pada rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Masalah ini dapat diatasi dengan penggunaan ensiklopedia fauna sebagai media pembelajaran. Dalam penggunaannya guru berinovasi dengan menyusun lembar kerja siswa. Metode inkuiri terbimbing dipakai untuk menyelesaikan lembar kerja yang disiapkan. Kolaborasi ensiklopedia fauna, lembar kerja siswa dan penggunaan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Siswa dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi diharapkan dapat memanfaatkannya sebagai bekal untuk proses pendidikan selanjutnya dan dapat menjawab tuntutan kehidupan sehari-hari.
Back to Nature: Kemajuan atau Kemunduran Indah Karina Yulina
Mangifera Edu Vol 2 No 1 (2017): Mangifera Edu
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.499 KB) | DOI: 10.31943/mangiferaedu.v2i1.15

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi, peradaban, dan jumlah penduduk, maka konsumen jamu tradisional mulai berkurang. Masyarakat cenderung untuk memilih obat-obatan kimia yang lebih praktis dari jamu tradisional dan khasiatnya yang berlangsung cepat. Penemuan-penemuan obat baru menghasilkan lebih dari 500 macam obat setiap tahunnya. Namun saat ini, kesadaran masyarakat akan back to nature semakin meningkat, dilihat dari penggunaan obat tradisional/obat herbal, baik di negara yang sedang berkembang maupun negara maju cenderung terus meningkat. Obat herbal Indonesia, yang dikenal sebagai jamu, sejak berabad-abad telah digunakan secara luas oleh bangsa Indonesia untuk memelihara kesehatan dan mengobati penyakit. Pengembangan dan penggunaan obat herbal Indonesia ke depannya, harus didasarkan bukti-bukti ilmiah yang kuat, terutama melalui penelitian dan pengembangan, serta terstandarisasi, sehingga dapat diintegrasikan dalam sistem pelayanan kesehatan nasional.

Page 1 of 1 | Total Record : 6