cover
Contact Name
Rianda Prima Putri
Contact Email
ensiklopediasocialreview@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ensiklopediasocialreview@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Ensiklopedia Social Review
ISSN : 26570319     EISSN : 26570319     DOI : -
Menerbitkan artikel-artikel di bidang ilmu sosial yang diterbitkan 3 kali dalam setahun. Antara lain ilmu Sosial, Ilmu Politik, Ilmu Administrasi Negara, Hubungan Internasional. ilmu hukum, ilmu budaya, ilmu ekonomi, manajeman, akuntansi, sejarah, bahasa, kepustakaan, dan ilmu lainnya di bidang ilmu sosial.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2022): Volume 4 No 3 Oktober 2022" : 13 Documents clear
TINJAUAN ULANG PERENCANAAN STRUKTUR GEDUNG SMP MUHAMMADIYAH KOTA PAYAKUMBUH Muhammad Anshar; Masril Masril; Ana Susanti Yusman
Ensiklopedia Social Review Vol 4, No 3 (2022): Volume 4 No 3 Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/esr.v3i2.811

Abstract

Perencanaan ulang gedung SMP Muhammadiyah Kota Payakumbuh bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Hal ini dapat dilihat dari jumlah anak didk yang terus meningkat sehingga membutuhkan fasilitas dan sarana penunjang kegiatan belajar –mengajar yang nyaman ,serta nyman bagi para murid dan tenaga pengajar sangat dibutuhkan. Penulis membuat perencanaan ulang gedung SMP Muhammadiysh Kota Payakumbuhuntuk memenuhi aspek-aspek tersebut. Pembangunan gedung bertingkat merupakan salah satu cara untuk memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis struktur inilah maka didapatkan penulangan struktur berdasarkan analisis penulis. Hasil yang didapat material yang digunakan baja fy = 400 Mpa dan mutu beton fc` = 24,9 Mpa. Untuk penulangan pelat lantai dipakai tulangan untuk arah x = Ø10 – 150 sedangkan arah y = Ø10 – 100. Perencanaan kolom memakai mutu baja fy = 400 Mpa dan mutu beton  fc`= 24,9 Mpa dengan ukuran untuk kolom 1 40 cm x 40 cm diakai tulangan 8D13, dan untuk kolom 2 35 cm x 35 cm dipakai tulangan 8D13 . Sedangkan perencaan balok menggunakan mutu baja fy = 400 Mpa dan mutu beton fc` = 24,9 Mpa dengan ukuran untuk balok induk 35 cm x 25 cm dan balok anak 30 cm x 20 cm.Kata Kunci: Struktur, Gedung, Penulangan
PENGARUH DILATASI TERHADAP SIMPANGAN ANTAR LANTAI BANGUNAN TINGGI DENGAN BENTUK H Rahmad Hidayaat; Masril Masril; Febrimen Herista
Ensiklopedia Social Review Vol 4, No 3 (2022): Volume 4 No 3 Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/esr.v4i2.1166

Abstract

Seperti yang kita ketahui, bangunan dengan denah yang rumit tidak di anjurkan karena memiliki risiko yang sangat tinggi untuk collaps jika terjadi gempa. Dalam proses analisis ini model bangunan di bagi menjadi 4 model struktur yaitu model tanpa dilatasi (utuh dengan denah H) dan dengan dilatasi di bagi menjadi 3 bagian yang di sebut bangunan A,  B , dan C. Semua model di desain dengan sistem ganda, SRPMK dan shere wall. Dari hasil analisa struktur di dapatkan bahwa dinding geser sangat berpengaruh pada simpangan antar lantai yang terjadi pada bangunan dilatasi dan tanpa dilatasi, yang mana di dapatkan dicplacement pada bangunan berpengaruh pada jarak dilatasi yang diberikan sebesar 150 mm. Gaya dalam yang terjadi pada kolom dan balok juga menunjukkan hasil yang signifikan terutama pada kolom dengan struktur tanpa dilatasi di banding kan menggunakan dilatasi. Di mana Kolom tanpa dilatasi setelah di analisis gaya dalamnya menggunakan program bantu sp colomn  menunjukkan hasil kebutuhan tulangan sebanyak (36 D36) buah tulangan dengan dimensi kolom 850 x 850 mm. Sedangkan di bangunan dengan dilatasi hanya membutuhkan tulangan sebanyak (24 D36) buah tulangan dengan dimensi yang sama.Kata Kunci: Sistem Dilatasi
PERENCANAAN ZONA SELAMAT SEKOLAH DI SD NEGERI 04 BIARO Fanny Julianny; Deddy Kurniawan
Ensiklopedia Social Review Vol 4, No 3 (2022): Volume 4 No 3 Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/esr.v4i3.309

Abstract

Pengembangan ZoSS pada intinya adalah untuk melindungi pejalan kaki, khususnya anak sekolah dari bahaya kecelakaan lalulintas, di mana kendaraan yang berada pada zona sekolah harus dengan kecepatan rendah, untuk memberi waktu reaksi yang lebih lama untuk mengantisipasi gerakan anak sekolah yang bersifat spontan dan tidak terduga, sehingga dapat menghindari terjadinya kecelakaan lalulintas di sekolah-sekolah yang berada dekat pada jalan raya. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan Zona Selamat Sekolah (ZoSS) di jalan Bukittinggi – Payakumbuh, Biaro Gadang, Kec. Ampek Angkek, Kab. Agam. Dari hasil survey di SD Negeri 04 Biaro, di dapat jumlah kendaraan yang melewati jalan Bukittinggi-Payakumbuh sebanyak 1056 pada jam pucak 17.00-18.00,dan didapat kecepatan rata-rata ±50km/jam, dan kecepatan ini belum memenuhi standar kecepatan batas awal ZoSS yaitu 30 km/jam. Hasil analisa yang diperoleh menunjukkan bahwa penyeberang, pengantar, dan kecepatan kendaraan belum selamat. Dari hasil ini di Jalan Bukittinggi – Payakumbuh, Biaro Gadang, Kec. Ampek Angkek, Kab. Agam perlu diterapkan Zona Selamat Sekolah.Kata Kunci : Zona Selamat Sekolah, Manajemen Lalulintas, Rekayasa Lalulintas
ANALISIS PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP ARUS LALU LINTAS PADA PASAR SURIAN KECAMATAN PANTAI CERMIN KABUPATEN SOLOK Diva Bilma; Surya Eka Priana; Yorizal Putra
Ensiklopedia Social Review Vol 4, No 3 (2022): Volume 4 No 3 Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/esr.v4i3.848

Abstract

Masalah yang marak terjadi saat ini adalah masalah kemacetan lalu lintas yang telah meresahkan bagi para penggunaan jalan raya. Didaerah Kabupaten, khususnya terletak di Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin kabupaten Solok yang menjadi penghubung antar kabupaten. Kadang kala hambatan samping yang terjadi berpengaruh terhadap arus lalu lintas. Tujuan penelitian Mengetahui tingkat hambatan samping yang dihasilkan dan menganalisis seberapa besar pengaruhnya terhadap kinerja jalan Padang-Muaro Labuah. Penelitian yang dilakukan berupa survei volume lalu lintas untuk melihat tingkat kepadatan kendaraan, kemudian survey hambatan samping untuk melihat besarnya pengaruh gangguan lalu lintas. Perhitungan yang digunakan dengan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia PKJI’14 untuk jalan luar kota. Berdasarkan hasil perhitungan PKJI’14, maka didapatkan nilai derajat kejenuhan tertinggi yaitu 0,457 dengan jumlah volume kendaraan sebesar 1088,2 skr/jam sementara kapasitas ruas jalan 2380,8 skr/jam. Menurut perhitungan PKJI’14 tingkat pelayanan berada pada nilai C. Tingkat hambatan samping sangat mempengaruhi penurunan kinerja jalan. Kata Kunci: Hambatan samping, , volume lalu lintas
PERENCANAAN STRUKTUR GEDUNG PESANTREN UKHUWAH TABEK GADANG AUR KUNING Fajri Hamdani; Masril Masril; Elfania Bastian
Ensiklopedia Social Review Vol 4, No 3 (2022): Volume 4 No 3 Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/esr.v4i3.353

Abstract

Perencanaan Pembangunan Struktur Gedung Pesantren Ukhwuah Tabek Gadang bertujuan untuk meningkatkan fasilitas, prasaranaan dibidang dakwah dan keagamaan, serta meningkatkan minat, bakat siswa dan siswi melanjutkan pendidikannya di presantren Perencanaan Struktur Gedung Pesanten Ukhwuah Tabek Gadang dipreliminary Desaign mengunakan SAP 2000. Pembeban yang diinput pada SAP 2000 ialah beban mati, beban hidup, berat sendiri bangunan, beban gempa. Dari hasil preliminary desaign didapatkan hasil penulangan balok induk (BI 1) ukuran  50 14×">  75 dengan mutu beton 30 Mpa, mutu baja 400 Mpa, penulangan tumpuan 4D19, penulangan lapangan 8D19, tulangan geser 14∅">  10 14–">  300. Balok induk (BI 2) ukuran  45 14×">  60 dengan mutu beton 30 Mpa, mutu baja 400Mpa, penulangan lapangan  4D16,  penulangan tumpuan  4D16, tulangan geser 14∅">  10 14–">  100. Balok anak ( Ba ) ukur 40 14×">  45 dengan mutu beton 30 Mpa, mutu baja 400 Mpa, penulangan tumpuan 3D16, penulangan lapangan  3D 16, tulangan geser 14∅">  10 14–">  200. Kolom 1 ukuran 75 14×">  75 mutu beton 30 Mpa, Mutu Baja 400 Mpa tulangan total aksial 12 D 16, tulangan geser 14∅">  10 14–">  200. Kolom 2 ukuran 60 14×">  60 tulangan tota aksial 8 D 16, tulangan geser 14∅">  10 14–">  200. Penulangan pada pelat lantai dan pelat atap  14∅">  10 14–">  150. Dari perencanaan diatas dapat disimpulkan telah memenuhi syarat dan ketentuan yang ada pada peraturan dan standar indonesia. Kata kunci: Struktur Balok, Kolom, Pelat lantai, Pelat Atap, Pembebanan, Tulangan
ANALISIS KINERJA TERHADAP WAKTU MENGGUNAKAN METODE EARNED VALUE ANALYSIS (Studi Kasus Pada Proyek Pembangunan Fasilitas Penunjang GOR Singa Harau Kabupaten Lima Puluh Kota) Yogi Sisfare; Deddy Kurniawan; Febrimen Herista
Ensiklopedia Social Review Vol 4, No 3 (2022): Volume 4 No 3 Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/esr.v4i3.453

Abstract

Pengendalian waktu yang baik diharapkan dapat membantu pelaksanaan proyek sesuai dengan waktu yang direncanakan, salah satunya dengan menggunakan metode analisis nilai hasil. Analisis nilai hasil digunakan dengan tujuan dapat memperkirakan sejauh mana proyek yang dilaksanakan sesuai dengan rencana kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan EVA (Earned Value Analysis) dalam memperkirakan waktu akhir penyelesaian proyek untuk setiap minggunya. Penelitian ini membutuhkan data seperti Time schedule, Rekapitulasi biaya anggaran proyek dan Laporan progress mingguan proyek. Metode ini memberikan informasi Nilai Hasil (EV), Jadwal Anggaran (PV), Varian Jadwal (SV), Indek Kinerja Jadwal (SPI), Prakiraan Waktu Pekerjaan Tersisa (ETS) dan Prakiraan Total Waktu (EAS) yang akan digunakan untuk analisis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data pengerjaan proyek selama 39 minggu pelaporan. Studi ini menghasilkan, waktu penyelesaian proyek tidak sesuai dengan rencana awal jadwal proyek. Minggu 1 nilai SPI > 1, minggu ke-2 sampai dengan minggu ke-8 nilai SPI <1, minggu ke-9 sampai dengan minggu ke-15 nilai SPI >1, minggu ke-16 sampai dengan minggu ke-23 nilai SPI <1, minggu ke-24 sampai dengan minggu ke-25 nilai SPI >1, minggu ke-26 sampai dengan minggu ke-35 nilai SPI <1, minggu ke-36 sampai dengan minggu ke-37 nilai SPI >1, minggu 38 sampai dengan minggu 39 nilai SPI=1. Ini menunjukan bahwa untuk nilai SPI yang <1 pekerjaan mengalami keterlambatan dan SPI yang >1 pekerjaan mengalami percepatan sedangkan SPI yang sama dengan 1 pekerjaan sama dengan rencana. Prakiraan waktu penyelesaian proyek berdasar perhitungan komulatif tiap minggu, minggu ke-39 adalah 266 hari, sedangkan waktu rencana adalah 270 hari. Hal ini menunjukkan bahwa waktu penyelesaian lebih cepat 4 hari dari yang direncanakan.Kata Kunci : Pengendalian Waktu, Earned Value Analysis, SPI, ETS, EAS
PEMOGRAMAN ANALISIS RASIO TULANGAN BALOK BERPENAMPANG PERSEGI Yuda Hadimas; Masril Masril; Elfania Bastian
Ensiklopedia Social Review Vol 4, No 3 (2022): Volume 4 No 3 Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/esr.v4i3.157

Abstract

Calculation of the ratio of reinforcement in reinforced concrete beams is very significant because the correct calculation of reinforced concrete beams will make the beam better and more efficient. This calculation requires a lot of time and high accuracy, so manual calculations are not efficient. Computer programming is widely developed in civil engineering calculations, for example visual basic applications. The visual basic 6.0 application used in this task is designed to make it easier for planners to calculate the reinforcement ratio in the beam accurately and quickly. Here the author explains how the process required to input data in this program. The use of formulas in the Indonesian National Standard Regulations and other applicable regulations. Then the results obtained are more accurate, the final result of this program or the output in the form of a general data comparison Calculation of the beam reinforcement ratio to be inputted in visual basic 6.0 programming requires the ultimate load (Mu) which is used to find Rn and Equivalent. When you have got what you need, you will be able to look for As necessary to continue the next search until you get the results of the required amount of reinforcement. Reinforcement Spacing ControlKeywords: Visual Basic 6.0, Beam Reinforcement Ratio
PERENCANAAN STRUKTUR GEDUNG MADRASAH DINIYAH AWALIYAH BAITURRAHIM AMPANG GADANG Aldi Ikram; Masril Masril; Elfania Bastian
Ensiklopedia Social Review Vol 4, No 3 (2022): Volume 4 No 3 Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/esr.v4i3.541

Abstract

Gedung kelas Madrasah Diniyah Awaliyah Baiturrahim Ampang Gadang dibangun tiga lantai. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui beban-beban yang dipikul, dimensi dan jumlah tulangan struktur  (kolom, balok, dan plat laintai) pada gedung ini. Analisis struktur atas gedung dimulai ini  dari preliminary design, perhitungan beban-beban yang bekerja serta gaya-gaya yang bekerja pada struktur, Perhitungan gaya-gaya yang bekerja menggunakan aplikasi SAP2000. Setelah dimensi dan jumlah tulangan pada elemen struktur didapat, dimensi kolom yang digunakan pada lantai 1, 2 dan 3 adalah 450x450 mm dengan menggunakan tulangan pokok 16D22 mm, tulangan geser menggunakan Ø10–170 mm. Untuk balok dengan bentang terpanjang 6 m menggunakan dimensi balok 300x400 mm dengan tulangan pokok pada tumpuan 8D16 mm dan 4D16 mm pada lapangan, sedangkan tulangan geser menggunakan D10–120 mm pada tumpuan dan Ø10–170 mm pada lapangan. Untuk ketebalan Pelat Atap 100 mm dengan tulangan lapangan arah x D10-300 mm, tulangan lapangan arah y D10-300 mm dan tulangan tumpuan arah x D10-200 mm, tulangan tumpuan arah x D10-200 mm. Untuk ketebalan Pelat Lantai 120 mm dengan tulangan lapangan arah x D10-250 mm, tulangan lapangan arah y D10-250 mm dan tulangan tumpuan arah x D10-200 mm, tulangan tumpuan arah x D10-200 mm.Kata Kunci: Struktur, Elemen Struktur, SAP 2000
PERENCANAAN STRUKTUR ATAS GEDUNG HOTEL HIDAYAH PADANG PANJANG Ivan Fikri Naldo; Surya Eka Priana; Febrimen Herista
Ensiklopedia Social Review Vol 4, No 3 (2022): Volume 4 No 3 Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/esr.v4i3.158

Abstract

The structural planning of the Hidayah Padang Panjang Hotel Building according to SNI 03-2847-2002 article 23.2.3, states that for areas with a moderate earthquake risk, a special or medium moment resisting frame system must be used, or an ordinary or special concrete structure wall system to carry the force. -forces caused by the earthquake. The stages of structural planning include analyzing the state and condition of the soil, designing the configuration of the building structure and its structural system, determining the loads acting on the structure, and finally making design drawings. Based on the results of this structural analysis, the reinforcement structure is obtained based on the author's analysis. The results obtained that the material used is steel fy = 420 Mpa and concrete quality fc' = 24.9 Mpa. For floor slab reinforcement, reinforcement is used for the x =Æ 10-150 direction while the y direction =Æ 10-150. Column design uses steel quality fy = 420 MPa and concrete quality fc' = 24.9 MPa with dimensions for column 1 60 x 30 cm using 16D-19 reinforcement. While the design of the beam using steel quality fy = 420 Mpa and concrete quality fc' = 24.9 Mpa with a main beam size of 60 x 30 cm. Keywords: earthquake load, superstructure, beam reinforcement, column reinforcement, plate reinforcement
ANALISIS SIMPANG TAK BERSINYAL DI SIMPANG TANAH BADANTUANG SIJUNJUNG STUDI KASUS: JLN. SIJUNJUNG - JLN. LINTAS TENGAH SUMATERA Aninda Novia Talia; Masril Masril; Ana Susanti Yusman
Ensiklopedia Social Review Vol 4, No 3 (2022): Volume 4 No 3 Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33559/esr.v4i3.308

Abstract

Kemacetan dan kecelakaan lalu lintas sering terjadi pada beberapa persimpangan di daerah kabupaten Sijunjung. Oleh karena itu perlu penanganan yang efisien dan optimal, perencanaan Traffic Lights atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) adalah satu alternative yang perlu unutuk mengatasi permasalahan lalu lintas di perkotaan. Di dalam penelitian skripsi ini meneliti tentang studi kelayakan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) atau disebut juga Traffic Lights (Lampu Lalu Lintas). Lokasi penelitian di Simpang Tanah Badantuang Sijunjung. Di persimpangan ini kondisi arus lalu lintas cukup ramai dan padat, sering terjadi benturan antar kendaraan, dan terjadinya Konflik sehingga menimbulkan kecelakaan di mulut simpang Tanah Badantuang. Analisis dilakukan berdasarkan data yang diperoleh dari lokasi penelitian. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa simpang jalan Sijunjung dan jalan Lintas Tegah Sumatera. perhitungan APILL menghitung mengenai waktu tundaan, derajat kejenuhan, rata-rata tundaan, dan total tundaan yang terjadi di persimpangan. Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,69<0,85 Sehingga penulis merencanakan pelebaran pada jalan minor agar tidak terjadinya tundaan Kendaraan, rata-rata tundaan (Dtot) sebesar 21 dtk/skr. Kapasitas (C) 2156 smp/jam, total jumlah kendaraan (Q) 1489, Kapasitas Dasar (Co) 3200 smp/jam. Dari perhitungan di atas maka lampu lalu lintas (Traffic Lights) bisa diaktifkan kembali dan melalukan pelebaran pada jalan utama.Kata Kunci: Traffic Lights, Waktu Tundaan, Derajat Kejenuhan, Kapasitas, Kapasitas Dasar

Page 1 of 2 | Total Record : 13