cover
Contact Name
Ellysa Nursanti
Contact Email
jtmi@scholar.itn.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jtmi@scholar.itn.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri
ISSN : 24607975     EISSN : 25493426     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri (JTMI), diterbitkan oleh Program Studi Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang, JTMI terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Redaksi menerima naskah makalah ilmiah yang erat hubunganya dengan bidang keilmuan Teknik dan Manajemen Industri. Ruang Lingkup materi: Ergonomics Quality and Reliability Maintenance and Safety Risk and Decision Making Production System Manufacture Engineering Strategic Management Optimization Model Simulation Operation Management Supply Chain Management Inventory and Warehousing Human Resource Management Marketing Management Green and Lean Industrial System.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 1: Februari 2016" : 6 Documents clear
Analisis Problematik Industri Jasa Warnet Dengan Menggunakan Metode SERVQUAL Nugroho, Alfi; Gustopo, Dayal; Hutabarat, Julianus
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 2 No 1: Februari 2016
Publisher : Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Warnet (warung internet)adalah sebuah tempat yang menyediakan akses infrastruktur internet dengan berbagai koneksi dan komputer sebagai perangkat akses sehingga pengguna bisa mengakses internet dan memperoleh layanan di bidang teknologi informasi. Tujuan penelitian ini adalah mencari faktor kualitas layanan yang ada pada bisnis warnet dan mengetahui dimensi kualitas layanan yang paling berpengaruh pada industri jasa warnet.Metode yang digunakan dalam analisa adalah analisa deskriptif pelayanan, uji T dan analisa regresi. Dengan obyek penelitian warnet di kota Malang. Dari hasil penelitian di ketahui jika Konstruk Servqual Parasuraman, yang awalnya 22 item yang terdiri dari 5 dimensi pembentuknya, pada studi kasus di warnet tereduksi menjadi 9 item, Kesenjangan (Gap) pada jasa internet yang diukur berdasarkan konsep servqual menghasilkan ukuran dari kualitas layanan pada jasa Warnet. Pada penelitian ini kesenjangan yang terjadi pada pada dimensi kualitas layanan secara berurutan dari nilai terbesar hingga ke nilai terkecil adalah Assurance (-1,1115), Empathy (-1,0732), Responsiveness (-0,7834), Tangible (-0,1847) dan Reliability (0,0191). bermakna kualitas layanan yang di terima konsumen untuk Reliability di kategorikan sangat berkualitas, sedangkan dimensi yang lain memiliki nilai gap lebih kecil dari nol berarti di kategorikan tidak berkualitas.
Pengurangan Produk Cacat Pada Bahan Baku Kulit Dengan Metode Taguchi Pada PT. Surya Sukmana Leather Evi, Yetty; Vitasari, Prima; L.A., ST Salmia
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 2 No 1: Februari 2016
Publisher : Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dengan masih banyaknya produk cacat karena standar kualitas yang baik belum dimiliki sehingga diperlukan penelitian untuk menemukan standart proses produksi yang dapat meingkatkan kualitas. Masih terdapat produk cacat yang diakibatkan dari beberapa kesalahan baik dari mesin maupun dari operator dikarenakan belum adanya standar yang tepat dalam proses produksi.  produk cacat adalah produk yang dihasilkan dari proses produksi yang tidak memenuhi standar namun secara ekonomis bila diperbaiki lebih menguntungkan dibanding langsung dijual. Penelitian ini Bertujuan untuk menemukan standar yang terbaik dari kulit dengan melakukan eksperimen pada pengaturan mesin buffing yang meliputi kecepatan, tekanan dan ketebalan kertas buffing. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen (Experimental Research) dimana tahapan eksperimen meliputi penentuan level dan level faktor, penentuan derajat kebebasan untuk penentuan pengambilan sample kulit pada eksperimen, dimana sampel yang diambil secara acak adalah 14 lembar kulit lalu dari hasil pengamatan dilapangan dengan metode Taguchi kemudian dilakukan pengolahan data menggunakan analisis SPSS dengan uji Paired T-test. hasil pengolahan data dengan mengunakan analisis SPSS Paired T-test dilihat nilai koefisien t dari test yang dilakukan yaitu untuk test eksperimen pada penelitian ini didapat koefisien t sebesar -27,00dengan signifikasi 0.00. Dari hasil ekperimen terdapat perbaikan kulit sesudah dilakukan eksperimen dengan persentase yaitu sebesar 1.93%.  Replikasi dan penentuan level dapat dilakukan lebih dari tiga kali percobaan untuk mendapatkan tingkat ketelitian yang lebih optimal dalam eksperimen ini.
Pengembangan Desain Produk Teh Gelas Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment Untuk Meningkatkan Penjualan Di CV. Tirta Indo Megah Verdika, Putu; Nursanti, Ellysa; Priyasmanu, Thomas
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 2 No 1: Februari 2016
Publisher : Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Desain produk merupakan hal yang sangat penting dalam bidang manufaktur. Desain produk yang baik akan dapat meningkatkan jumlah dan harga jual dari produk. Munculnya berbagai jenis produk minuman menjadikan persaingan pasar semakin ketat dan membuat produsen saling berlomba untuk memberikan desain yang terbaik untuk menarik perhatian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan desain kemasan dan mutu produk teh gelas yang sesuai dengan keinginan konsumen yang diharapkan akan meningkatkan produktivitas usaha. House of Quality merupakan suatu kerangka kerja atas pendekatan dalam mendesain manajemen yang dikenal sebagai Quality Function Deployment yaitu suatu metode untuk perencanaan dan pengembangan produk yang terstruktur yang memungkinkan team pengembangan untuk menentukan keinginan dan kebutuhan dengan jelas dan kemudian mengevaluasi produk atau melayani dengan kemampuan yang secara sistematik dalam pemenuhan keinginan pelanggan. Alat utama dari proses QFD adalah matriks, di mana hasil-hasilnya dicapai melalui penggunaan tim antar-departemen/fungsional dengan mengumpulkan, menginterprestasi, mendokumentasikan, dan memprioritaskan kebutuhan-kebutuhan pelanggan. Dari hasil analisa diketahui bahwa pada pengembangan desain produk Teh Gelas Agro yang paling penting diperbaiki seusai keinginan konsumen berdasarkan voice of customer adalah dengan membuat desain kemasan sesuai varian rasa agar dapat menarik minat konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualan di CV. Tirta Indo Megah. Dari wawancara hasil usulan desain teh kemasan, diperoleh ekspektasi peningkatan ketertarikan sebesar 60%, sehingga diharapkan terjadi peningkatan penjualan teh tersebut.
Analisa Tingkat Kepuasan Kualitas Layanan Perguruan Tinggi Swasta Berdasarkan Metode SERVQUAL Sumarmi, Wiwik; Wahyuni, Hana Catur
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 2 No 1: Februari 2016
Publisher : Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perguruan Tinggi Swasta (PTS) merupakan unsur penting dalam menghasilkan sumebr daya manusia yang berkualitas melalui jenjang pendidikan tinggi. Kualitas layanan PTS perlu diperhatikan, karena berhubungan erat dengan tingkat kepuasan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prioritas perbaikan kualitas layanan pada perguruan tinggi swasta (PTS) berdasarkan metode Servqual (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empahty). Teknik pengolahan data dilakukan dengan mencari gap antara nilai kualitas layanan yang diterima (Persepsi/P) dengan yang diharapkan (Expected/ E). Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kualitas layanan agar terjadi peningkatan kepuasan mahasiswa, maka prioritas perbaikan perlu dilakukan pada dimensi tangibles
Pengukuran Kelelahan Shift Kerja Pada Pekerja Pabrik Kelapa Sawit PT. BGR Jambi Dewi, Diana Chandra; Hutabarat, Julianus; Vitasari, Prima
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 2 No 1: Februari 2016
Publisher : Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang kelelahan yang diakibatkan pola shift kerja. Pengukuran dilakukan terhadap para pekerja bagian produksi di pabrik kelapa sawit PT. BGR Jambi.  Data pengukuran adalah respon pekerja atau waktu reaksi yang di peroleh dari alat ukur The online reaction timer test. Para pekerja responnya diukur berulang sampai 20 kali dan dicatat baik itu pada pekerja yang bekerja di shift pagi maupun shift malam. Data waktu reaksi yang diperoleh di uji dengan T test. Hasil penelitian ini menunjukkan waktu reaksi t hitung > t tabel (10,45>2,0273) : H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap waktu kecepatan reaksi yang dihasilkan oleh pekerja operator antara Shift Pagi dan Malam.
Manajemen Strategi Untuk Meningkatkan Daya Jual Komik Lokal Terhadap Pasar Komik Indonesia Perdana, Mohammad Fadli; Nursanti, Ellysa; Ruwana, Iftitah
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 2 No 1: Februari 2016
Publisher : Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerapan manajemen strategi pada industri komik lokal yang diharapkan untuk meningkatkan daya jual komik lokal terhadap pasar komik di Indonesia, manajemen strategi sangat penting dilakukan untuk menentukan keputusan yang terbaik, manajemen strategi menjadi salah satu faktor untuk meninjau kembali keputusan yang akan ditentukan bagi pelaku industri .Penelitian ini menggunakan metode SWOT untuk menganalisis pelaku industri komik lokal secara teknis dan matriks BCG untuk menganalisis penjualan komik.secara teknis industri komik lokal sendiri mempunyai kekuatan dan peluang yang cukup memadai namun berbeda dengan hasil penjualan yang telah dicapai pada komik lokal yang masih di bayangi oleh komik dari luar.Komik yang dihasilkan setidaknya mempunyai kualitas resolusi gambar dan kertas yang cukup baik, dan memanfaatkan media seperti: media sosial, koran, iklan televisi untuk digunakan sebagai alat promosi untuk menarik minat dari pembaca.

Page 1 of 1 | Total Record : 6