cover
Contact Name
atnesia ajeng
Contact Email
atnesia.ajeng@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
atnesia.ajeng@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal JKFT
ISSN : 25020552     EISSN : 25802917     DOI : -
Core Subject : Health,
Naskah yang diterima dalam Jurnal kami harus ditulis dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Artikel yang diterbitkan di Jurnal JKFT adalah artikel berdasarkan hasil penelitian (prioritas), dan artikel ulasan ilmiah tentang jurnal JKFT sebagai wadah untuk dosen dalam publikasi dalam mengembangkan keilmuan dan kepakaran dibidang kesehatan, keperawatan dan kebidanan. Dalam menerima artikel yang akan ditinjau oleh editor dan pengulas internal, eksternal. Setiap artikel yang dimasukkan dalam jurnal JKFT akan dikirim ke bagian editor melalui proses Tinjauan Awal. Setelah itu, artikel-artikel tersebut akan dikirim ke peer reviewer untuk mendapatkan Proses Tinjauan Rekan Dua Kali Lipat.
Arjuna Subject : -
Articles 2 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 2 (2018): Jurnal JKFT" : 2 Documents clear
HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER IV PRODI D-III KEBIDANAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG TAHUN AKADEMIK 2016/2017 Suksesty, Catur Erty; Huliatunisa, Yayah; Wiliana, Eneng; Nurwahyuningsih, Sucita
Jurnal JKFT Vol 4, No 2 (2018): Jurnal JKFT
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/jkft.v3i2.1289

Abstract

ABSTRAKPrestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai oleh seseorang setelah ia melakukan proses belajar, serta merupakan kecakapan atau hasil konkrit yang dapat dicapai pada saat atau periode tertentu, yang dalam hal ini mahasiswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran itu sendiri merupakan suatu sistem yang didalamnya terdapat berbagai komponen, antara lain tujuan, materi, metode, media, sumber belajar, evaluasi, peserta didik, lingkungan dan guru yang saling berhubungan dan ketergantungan satu sama lain serta berlangsung secara terencana dan sistemik. Perpustakaan merupakan kawasan pemanfaatan dalam teknologi pendidikan yang membidangi tentang bagaimana secara teori dan praktek proses dan sumber-sumber belajar dimanfaatkan untuk kepentingan belajar. Perpustakaan sebagai salah satu sumber belajar merupakan sarana yang didalamnya memuat bahan-bahan belajar dan dapat digunakan sebagai acuan dalam mengelola materi perkuliahan, sehingga pemenuhan kebutuhan akan belajar dapat mencapai hasil yang optimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya hubungan pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar mahasiswa, dengan menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, dan menjadikan seluruh mahasiswa semester IV Prodi D-III Kebidanan   Fakultas   llmu   Kesehatan   Universitas   Muhammadiyah   Tangerang   TA.2016/2017 yang berkunjung ke perpustakaan Fakultas Ilmu Kesehatam Universitas Muhammadiyah Tangerang sebagai populasi dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 51 mahasiswa, selanjutnya data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan uji chi-square dengan derajat kemaknaan (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pemanfaatan perpustakaan dengan kejadian prestasi belajar dengan nilai (p value = 0,030). Saran dari hasil penelitian ini yakni tersedianya system layanan dalam proses pencarian sumber belajar di perpustakaan dengan menggunakan sistem layanan informasi perpustakaan mandiri yang dapat diakses secara langsung oleh mahasiswa.   Kata Kunci : Prestasi Belajar, Pemanfaatan Perpustakaan
HUBUNGAN ANTARA KONSEP DOSEN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN TINGKAT I & II DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG Kamilia, Kamilia; Winahyu, Karina Megasari; Damayanti, Wulan
Jurnal JKFT Vol 4, No 2 (2018): Jurnal JKFT
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/jkft.v3i2.1280

Abstract

ABSTRAK Latar belakang : Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang bertujuan agar seseorang dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungan dimana individu tersebut berada. Untuk mencapai pendidikan yang baik individu harus mempunyai motivasi yang di pengaruhi oleh konsep diri yang dimiliki oleh individu. Pada beberapa penelitian didapatkan hasil banyak mahasiswa yang mengalami kecendrungan low self esteem yang mengakibatkan mahasiswa tersbut mempunyai motivasi belajar yang kurang yang akhirnya akan membuat prestasi belajarnya menurun.Tujuan :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan motivasi belajar mahasiswa keperawatan tingkat 1 & 2 di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Metode :Desain penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini sebayak 110 responden dengan tehnik simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah chi square.Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki konsep diri yang positif (51,8%) dan motivasi belajar yang baik (58,2%). Hasil analisis statistik uji chi square di penelitian menunjukkan p value 0,00 >0,05 bahwa terdapat hubungan konsep diri dengan motivasi belajar Mahasiswa Keperawatan tingkat I & II.Simpulan: Hal ini menunjukkan semakin positif konsep diri yang dimiliki responden semakin baik motivasi belajar yang dimilikinya dan akan semakin meningkat prestasi belajarnya.Saran : Mahasiswa Keperawatan diharapkan dapat membangun konsep diri yang positif agar dapat meningkatkan motivasi belajar yang baik.Kata Kunci : Konsep Diri, Mahasiswa Keperawatan, Motivasi Belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 2