cover
Contact Name
Okta Hadi Nurcahyono
Contact Email
okta.hadi@staff.uns.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
habitus@mail.uns.ac.id
Editorial Address
Pendidikan Sosiologi Antropologi Gedung C FKIP UNS. Jl Ir Sutami No.36A, Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Habitus: Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi
ISSN : -     EISSN : 25979264     DOI : https://doi.org/10.20961/habitus.v3i2.35716
Core Subject : Education, Social,
Habitus Journal is published by the Sociology-Anthropology Education Study Program, FKIP, Sebelas Maret University (UNS). Published twice a year ie 1st Edition: January-June and 2nd edition: July-December. The Habitus Journal focuses on theoretical studies and analysis of research results in the fields of education, social and culture.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2020): Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi" : 7 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI (LINTAS MINAT) MATERI INTERAKSI SOSIAL BAGI PESERTA DIDIK KELAS X MIPA 4 SMA N 1 BAWANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Siska Laelatul Barokah
Habitus : Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi Vol 4, No 2 (2020): Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Soiologi Antropologi, FKIP-UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/habitus.v4i1.45763

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar sosiologi materi interaksi social kelas X MIPA 4 SMA N 1 Bawang dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbatuan media quiziz. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan whatsaap,google meet, dan quiziz sebagai media evaluasi. Dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan di awali terlebih dahulu dengan siklus pra Tindakan.. Subyek penelitian berjumlah 30 siswa, Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis kuantitatif untuk membandingkan peningkatan hasil belajar peserta didik. Sedangkan kualitatif dilakukan dengan cara membandingkan proses belajar yang dilakukan guru dan peserta didik saat menggunakan model PBL.  Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui, observasi, angket, dan tes. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 dan 2 menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan, pada siklus 1 presentase yang tuntas 90% tidak tuntas 10% sedangkan pada siklus 2 terdapat 100% tuntas 0 % tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan peningkatkan presentase hasil belajar siswa pada pembelajaran sosiologi dengan model pembelajaran Problem Based learning  (PBL) berbantuan media quiziz. Keywords: (Hasil belajar, Problem based learning, Quiziz) 
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MATERI PERMASALAHAN SOSIAL YANG DISEBABKAN OLEH PERUBAHAN SOSIAL DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI APLIKASI LMS “SMABA-EL” DI KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 1 BANDONGAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Feryda Indriyanti Putri
Habitus : Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi Vol 4, No 2 (2020): Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Soiologi Antropologi, FKIP-UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/habitus.v4i1.45724

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran daring dengan penerapan model Problem Based Learning melalui aplikasi LMS “SMABA-EL”. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian peserta didik kelas XII IPS 1 di SMA Negeri 1 Bandongan Kabupaten Magelang semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 sebanyak 26 peserta didik, terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, tes, observasi, dokumen dan dokumentasi. Dari hasil penelitian pada pra siklus menggunakan tes kognitif, menunjukkan sebanyak 10 peserta didik (38,46 %) yang hasil belajarnya mengalami ketuntasan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 67 dan nilai rata-rata kelas sebesar 60,38. Kemudian meningkat pada siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I sebesar 57,69% peserta didik yang mengalami ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas sebesar 68,27 dan siklus II sebesar 80,77% peserta didik yang mengalami ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas sebesar 79,81. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan model Problem Based Learning melalui aplikasi LMS “SMABA-EL” dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran daring mata pelajaran Sosiologi materi permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial di kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Bandongan Tahun Pelajaran 2020/2021.Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, LMS “SMABA-EL”
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MATERI PERBEDAAN, KESETARAAN, DAN HARMONI SOSIAL MELALUI MEDIA APLIKASI KAHOOT BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 SEMESTER I SMA ISLAM HIDAYATULLAH SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Ria Yuliani
Habitus : Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi Vol 4, No 2 (2020): Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Soiologi Antropologi, FKIP-UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/habitus.v4i1.45801

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya peningkatan hasil belajar sosiologi materi perbedaan, kesetaraan, dan harmoni sosial melalui media aplikasi Kahoot. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI IPS 2 yang berjumlah 27 peserta didik di SMA Islam Hidayatullah Semarang sejak bulan Oktober sampai bulan November 2020.Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Berdasarkan siklus penelitian tindakan kelas (Arikunto, 2010:16) terdapat beberapa tindakan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian dari hasil belajar terjadi peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus 1 sebesar 0% (0 peserta didik) mencapai nilai di atas KKM 74 dengan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 20, siklus ke II sebesar 83% (23 peserta didik) mencapai nilai di atas KKM 74 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kahoot! dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Islam Hiayatullah Semarang.Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Kahoot!, Penelitian Tindakan Kelas
UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM Retno Puji Purwati
Habitus : Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi Vol 4, No 2 (2020): Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Soiologi Antropologi, FKIP-UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/habitus.v4i1.45725

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dengan pendekatan discovery learning menggunakan google classroom. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kroya. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase dari keaktifan belajar peserta didik hingga mencapai indicator keberhasilan yang telah ditentukan sebelumnya yaitu sebesar 70%.
Peningkatan Keaktifan Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Examples Non Examples melalui Media LMS Edufikri Kelas XII IPS 3 SMA IT Ihsanul Fikri Surati Surati
Habitus : Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi Vol 4, No 2 (2020): Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Soiologi Antropologi, FKIP-UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/habitus.v4i1.45718

Abstract

ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan dalam pembelajaarn Sosiologi materi globalisasi dalam perubahan komunitas lokal dengan model Discovery Learning dan examples  non examples dengan media LMS Edufikri. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian kepada siswa kelas XII IPS 3 di SMA Islam Terpadu Ihsanul Fikri Mungkid semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 35 siswa yang terdiri dari peserta didik perempuan semua. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pratindakan melalui observasi dan wawancara menunjukkan peserta didik yang tuntas KKM keaktifan (75) sebanyak 5 (14%) dan sebanyak 30 peserta didik belum tuntas KKM keaktifan (86%), dengan nilai rata-rata 10 aspek keaktifan 48,48 dan nilai rata-rata keaktifan peserta didik 48,67%.  Kemudian mengalami peningkatan pada siklus I yaitu nilai rata-rata 10 aspek keaktifan 79,33 (tinggi) dan peserta didik yang mencapai KKM keaktifan sebanyak 27 peserta didik (77%) dengan nilai rata-rata keaktifan peserta didik (79,38%). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 10 aspek keaktifan 94,10 (sangat tinggi) dan 100% peserta didik sudah mencapai KKM dengan nilai rata-rata keaktifan peserta didik (94,10%). Peningkatan keaktifan tersebut mempengaruhi hasil belajar, pada pratindakan dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 51%, dan meningkat pada siklus I yaitu 71,50% dan siklus II meningkat menjadi 100% tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan model Discovery Learning dan examples  non examples dengan media LMS Edufikri dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XII IPS 3 SMA Islam Terpadu Ihsanul Fikri Mungkid semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021.
PEMANFAATAN MEDIA DATA STATISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS MATERI KETIMPANGAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XII IPS 2 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Yunika Susila Kurnianingsih
Habitus : Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi Vol 4, No 2 (2020): Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Soiologi Antropologi, FKIP-UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/habitus.v4i1.45731

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media data statistik untuk meningkatkan kemampuan menganalisis materi ketimpangan sosial pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Randublatung, Kab. Blora, Jawa Tengah, pada semester 1 tahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan tes. Dari hasil sebelum dilakukan siklus melalui tes indikator kemampuan menganalisis peserta didik menunjukkan ketuntasan sebesar 66,6%. Kemudian meningkat pada siklus 1 sampai siklus 2 yaitu siklus 1 sebesar 72% dan siklus 2 sebesar 89%. Kesimpulan dari penelitian ini melalui pemanfaatan media data statistik dapat meningkatkan kemampuan menganalisis materi ketimpangan sosial pada peserta didik kelas XII IPS 2 di SMA Negeri 1 Randublatung semester 1 tahun pelajaran 2020/2021.
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI VIDEO NARASI CERITA KARYA SISWA DENGAN PLATFORM GOOGLE CLASSROOM Ahmad Mustaufan
Habitus : Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi Vol 4, No 2 (2020): Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Soiologi Antropologi, FKIP-UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/habitus.v4i1.45783

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran project based learning video narasi cerita dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi pada pokok bahasan masalah social dalam arus globalisasi di kelas XII IPS 2 SMA N 1 Mayong Tahun Ajaran 2020-2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan model pembelajaran project based learning video narasi cerita. Pada setiap siklus peneliti melakukan pengamatan dan survey untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi siswa mengalami perkembangan pengondisian pembelajaran. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan penulis terhadap 32 siswa terdapat 36,7% siswa memiliki minat belajar yang cukup tinggi pada tahap pra siklus. Kemudian pada siklus I memiliki nilai 54,9% dan pada siklus II memiliki nilai 70,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran model pembelajaran project based learning video narasi cerita dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi pokok bahasan masalah social dalam arus globalisasi kelas XII IPS 2 SMA N 1 Mayong Tahun Ajaran 2020-2021.

Page 1 of 1 | Total Record : 7