cover
Contact Name
Islamiani Safitri
Contact Email
eduscience@ulb.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
eduscience@ulb.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu Jalan SM. Raja No. 135 Aek Tapa, Rantauprapat Kode Pos 21415
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Eduscience (JES)
ISSN : 2303355x     EISSN : 26852217     DOI : 10.36987/jes
Core Subject : Education,
Jurnal Eduscience is a peer-reviewed journal that is published by LPPM of Labuhanbatu University. This journal publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on education studies using an interdisciplinary perspective, especially within Mathematic Education, Biology Education, Civic Education, Science Education, Physics Education, and all about teaching and learning research. Reviewers will review any submitted paper. The review process employs a double-blind review, which means that both the reviewer and author identities are concealed from the reviewers, and vice versa
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2019)" : 6 Documents clear
HASIL TANGKAPAN BELANGKAS DI PERAIRAN PANTAI TIMUR SUMATERA UTARA, PASCA PENETAPAN STATUS PERLINDUNGAN BERDASARKAN PERATURAN MENTERI LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2018 Khairul Khairul
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 6, No 1 (2019): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.579 KB) | DOI: 10.36987/jes.v6i1.985

Abstract

Belangkas merupakan hewan yang dilindungi oleh pemerintah indonesia. Populasinya di alam mengalami ancaman kepunahan, diduga karena pencemaran perairan, degradasi habitat dan penangkapan berlebih. Tujuan penelitian ini adalah untuk menetahui hasil tangkapan belangkas di perairan Pantai Timur Sumatera Utara, setelah ditetapkan sebagai satwa yang dilindungi oleh pemerintah. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif, dimana penentuan lokasi pengamatan melalui purposive random sampling. Belangkas ditangkap dengan menggunakan jaring insang dan dikutip dengan tangan. Penangkapan belangkas dilakukan selama 3 bulan pada masing-masing stasiun pengamatan, yang dimulai pada bulan April, Mei dan Juni tahun 2018. Hasil penelitian menunjukan jumlah belangkas yang tertangkap pada stasiun 1 (3 individu), stasiun 2 (4 individu), dan stasiun 3 (12 individu). Jumlah belangkas jantan yang tertangkap pada Stasiun 1 (2 individu) Stasiun 2 (2 individu), dan Stasiun 3 (8 individu). Jumlah belangkas betina yang tertangkap pada Stasiun 1 (1 individu), Stasiun 2 (2 individu), dan Stasiun 3 (4 individu)
KELAS UKURAN DAN NISBAH KELAMIN IKAN SEMBILANG (Plotosus canius) DI SUNGAI BELAWAN Uswatul Hasan
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 6, No 1 (2019): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.128 KB) | DOI: 10.36987/jes.v6i1.986

Abstract

Ikan sembilang adalah salah satu ikan yang mempunyai nilai ekonomis penting bagi masyarakat. Ikan ini biasa ditangkap nelayan di perairan Sungai Belawan. Kelas ukuran dan nisbah kelamin menjadi patokan penentuan harga di pasaran. Tujuan peneitian ini adalah untuk mengetahui kelas ukuran dan nisbah kelamin ikan sembilang di Sungai Belawan. Pengambilan sampling ikan dimulai pada bulan Maret -Mei 2019. Penangkapan ikan menggunakan bubu dan pancing. Penentuan stasiun pengamatan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling menggunakan Global Positioning System (GPS). Ikan diambil pada 3 titik stasiun pengamatan yang ditentukan berdasarkan luas badan perairan. Ikan yang tertangkap dilakukan pengukuran panjang totalnya.. Analisis data menggunakan Aplikasi Microsoft Excel 2010. Berdasarkan hasil penelitian kelas ukuran ikan sembilang tertangkap didominasi ukuran sedang (13 ekor), ukuran besar (7ekor), dan ukuran kecil (6 ekor). Selanjutnya nisbah kelamin ikan jantan sebesar 38,46% dan ikan betina sebesar 51,54%
DOSIS HIDROGEN PEROKSIDA (HP) TERHADAP DERAJAT KELULUSAN HIDUP IKAN MAS (Cyprinus carpio Linn) Helentina Mariance Manullang
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 6, No 1 (2019): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.736 KB) | DOI: 10.36987/jes.v6i1.982

Abstract

Hidrogen Peroksida merupakan bahan kimia yang memiliki konstribusi cukup besar dalam bidang akuakultur, terutama sebagai bahan yang berguna untuk memperbaiki kualitas air dan mengurangi serangan patogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian HP terhadap kelulusan hidup ikan mas. Penelitian ini merupakan penelitin eksperimen, dengan menggunakan 3 taraf perlakuan berbeda dan sebuah kontrol. Perlakuan melalui pemberian dosis Hidrogen Peroksida dengan Perlakuan A (0%) sebagai kontrol; Perlakuan B (0,1 miligram/liter); Perlakuan C (0,2 miligram/liter); dan Perlakuan D (0,3 miligram/liter) Hasil penelitian menunjukan untuk kelulusan hidup ikan mas tertinggi yakni pada Perlakuan C (93,33%), perlakuan B (91,66%), Perlakuan A (87,66%), dan Perlakuan D (76,66%).
KELAS UKURAN DAN NISBAH KELAMIN IKAN SEMBILANG (Plotosus canius) DI SUNGAI BELAWAN Hasan, Uswatul
JURNAL EDUSCIENCE Vol 6, No 1 (2019)
Publisher : JURNAL EDUSCIENCE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.143 KB)

Abstract

Ikan sembilang adalah salah satu ikan yang mempunyai nilai ekonomis penting bagi masyarakat. Ikan ini biasa ditangkap nelayan di perairan Sungai Belawan. Kelas ukuran dan nisbah kelamin menjadi patokan penentuan harga di pasaran. Tujuan peneitian ini adalah untuk mengetahui kelas ukuran dan nisbah kelamin ikan sembilang di Sungai Belawan. Pengambilan sampling ikan dimulai pada bulan Maret -Mei 2019. Penangkapan ikan menggunakan bubu dan pancing. Penentuan stasiun pengamatan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling menggunakan Global Positioning System (GPS). Ikan diambil pada 3 titik stasiun pengamatan yang ditentukan berdasarkan luas badan perairan. Ikan yang tertangkap dilakukan pengukuran panjang totalnya.. Analisis data menggunakan Aplikasi Microsoft Excel 2010. Berdasarkan hasil penelitian kelas ukuran ikan sembilang tertangkap didominasi ukuran sedang (13 ekor), ukuran besar (7ekor), dan ukuran kecil (6 ekor). Selanjutnya nisbah kelamin ikan jantan sebesar 38,46% dan ikan betina sebesar 51,54%.
BIODIVERSITAS IKAN MIRIK (Mastacembelus spp) DI SUNGAI NAHULA LABUHAN BATU SELATAN Rijes Siregar
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 6, No 1 (2019): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.182 KB) | DOI: 10.36987/jes.v6i1.983

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Indeks Keanekaragaman, Indeks keseragaman, Indeks Similaritas dan Indeks Dominansi Ikan Mirik Di Sungai Nahula. Penelitin ini merupakan penelitian eksploratif dan metode penentuan stasiun pengamatan dengan purposive sampling, yakni berdasarkan tingkat kedalaman perairan sungai. Pengambilan sampel ikan menggunakan pancing dan electrical fishing. Data lapangan yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan program Mikrosoft Excel. Hasil penelitian menunjukan Indeks Keanekaraman ikan pada stasiun 1 (0), stasiun 2 (0,15), dan stasiun 3 (0). Indeks Keseragaman diperoleh pada stasiun 1 (0), stasiun 2 (0,22), dan stasiun 3 (0). Indeks Similaritas diperoleh pada stasiun 1 dan 2 (66%), stasiun 2 dan 3 (66%), dan stasiun 3 dan 1 (100%). Indeks Dominansi diperoleh pada stasiun 1 (0,16), stasiun 2 (0,08), dan stasiun 3 (0,02).
PENTINGNYA PENDIDIKAN HUKUM TERHADAP SISWA MELALUI PELAJARAN PPKn (STUDI SMPS ISLAM BABUSSALAM KEC. BAGAN SINEMBAH) Toni Toni
JURNAL EDUSCIENCE (JES) Vol 6, No 1 (2019): Jurnal Eduscience (JES)
Publisher : Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.087 KB) | DOI: 10.36987/jes.v6i1.984

Abstract

Maju mundurnya suatu negara berada pada generasi yang mempunyai pendidikan yang lebih baik, terkhusus kepada siswa yang masih menimbah ilmu pendidikan disekolah. Maka untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik perlu diberikan pendidikan hukum terhadap siswa melalui pelajaran PPKn. Materi tersebut harus diberikan semenjak pendidikan disekolah formal. Dapat kita lihat berkembangnya zaman serba modern banyak generasi bangsa yang tidak dapat menyaring aspek negatif dan positif dari setiap perkembangan zaman. Banyak kita lihat pergaulan tidak baik yang menjadikan generasi hancur dari masa depanya. Jenis Penelitian ini Deskriftif Kualitatif, metode pengambilan data dilakukan dengan In-depth interview, dan pemberian angket kepada siswa kelas VII, VIII.dan IX tentang Pentingnya Pendidikan Hukum melalui pelajaran PPKn. Data akan dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian didapatkan bahwa siswa cukup memahami pelajaran pendidkan hukum dengan baik walaupun masih adanya beberapa siswa yang masih belum paham tentang hukum. Dapat dilihat dalam angket siswa yang melakukan Sering total: ( 10,2%) , Kadang-kadang total: (23,2% ), Selalu total: ( 14,2% ), dan Tidak perna: ( 17,8% ). Dapat disimpulkan dari angket bahwa siswa cukup memahami dan dapat dilihat dari keterangan angket tentang pendidikan hukum.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 6 (2025): IN PRESS Vol 12, No 5 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Malaysia and Indonesia) Vol 12, No 4 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Malaysia, Thailand, and Indonesia) Vol 12, No 3 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Malaysia and Indonesia) Vol 12, No 2 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from United Kingdom, Nigeria, and Indonesia) Vol 12, No 1 (2025): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Philippines, Thailand, and Indonesia) Vol 11, No 3 (2024): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Hungary, South Africa, Malaysia, and Ind Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Nigeria, Korea, and Indonesia) Vol 11, No 1 (2024): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Nigeria, India, and Indonesia) Vol 10, No 3 (2023): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Nigeria and Indonesia) Vol 10, No 2 (2023): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Turkey, Malaysia, Algeria, Indonesia) Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Eduscience (JES), (Authors from Algeria and Indonesia) Vol 9, No 3 (2022): Jurnal Eduscience (JES) Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Eduscience (JES) Vol 9, No 1 (2022): Jurnal Eduscience (JES) Vol 8, No 2 (2021): Jurnal Eduscience (JES) Vol 8, No 1 (2021): Jurnal Eduscience (JES) Vol 7, No 2 (2020): Jurnal Eduscience (JES) Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Eduscience (JES) Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Eduscience (JES) Vol 6, No 1 (2019) Vol 6, No 1 (2019): Jurnal Eduscience (JES) Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Eduscience (JES) Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Eduscience (JES) Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Eduscience (JES) Vol 4, No 1 (2017): Jurnal Eduscience (JES) Vol 4, No 2 (2017): Jurnal Eduscience (JES) Vol 3, No 2 (2016): Jurnal Eduscience (JES) Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Eduscience (JES) Vol 2, No 2 (2015): Jurnal Eduscience (JES) More Issue