cover
Contact Name
Anne Putri
Contact Email
anne_kop10@yahoo.com
Phone
+6282174608089
Journal Mail Official
stiehasp3m@gmail.com
Editorial Address
http://ojs.stiehas.ac.id/index.php/JE/about/editorialTeam
Location
Kota bukittinggi,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi
ISSN : 19786409     EISSN : 26849127     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi fokus pada penelitian ekonomi, isu-isu meliputi pengembangan ekonomi dan pengembangan keuangan regional, manajemen dan bisnis, akuntansi, dan pengetahuan ekonomi yang berfokus pada manajemen dan bisnis, pengembangan ekonomi, akuntansi, perusahaan milik negara, Perdagangan Internasional, Keuangan Publik, dan aplikasi ekonomi. Jurnal Ekonomi dapat diakses oleh peneliti akademis dan universitas, lembaga penelitian, pustakawan, mahasiswa pascasarjana dan pascasarjana untuk berbagi hasil penelitian mereka. Jurnal Ekonomi adalah forum bagi akademisi dan praktisi untuk berbagi pengetahuan ilmiah tentang penelitian ekonomi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 22, No 2 (2019)" : 5 Documents clear
KEPUTUSAN USIA MUDA YANG TIDAK BEKERJA DAN TIDAK TERIKAT PENDIDIKAN (NEE) DAN KARAKTERISTIKNYA DI INDONESIA gaffari, abrar; Handayani, Dwini
jurnal ekonomi Vol 22, No 2 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi H. Agus Salim Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.819 KB)

Abstract

Motivated from the employment report which reveals the still high percentage of NEE in Indonesia, using the IFLS5 data we conduct studies related to the impact of sosio-demographic characteristics and local indicators and labor markets on NEE young age. NEE is a heterogeneous population based on attitudes and time availability from a young age towards work (Salvà-Mut, Tugores-Ques, Quintana-Murci, 2017) so that grouping can capture patterns of vulnerability and young age transition decisions to the labor market which is produce appropriate recommendations. The estimation results indicate that NEE carers-cared have characteristics as young women, low education, married status and come from underprivileged backgrounds and tend to be in rural areas with high local unemployment rates. While NEE unemployed is also characterized by young age, but the dominant of men with unmarried status and education is higher than non-NEE, besides it tends to be in urban areas and is influenced by high local unemployment rates. However, it is different from the previous categories, although NEE discourage is also young, male dominated and education level is low. But this category is not affected by regional indicators and the local labor market, due to their lack of perceptions and attitudes towards work. Termotivasi dari laporan ketenagakerjaan yang mengungkapkan masih tingginya persentase NEE di Indonesia, maka dengan menggunakan data IFLS5 kami melakukan kajian terkait dampak karakteristik-karakteristik individu, pendidikan, latar belakang keluarga dan indikator wilayah dan pasar kerja lokal terhadap usia muda yang NEE. Kami tertarik untuk meneliti NEE sebagai populasi yang heterogen dengan cara mengelompokkannya berdasarkan atas sikap dan ketersediaan waktu dari usia muda terhadap pekerjaan (Salvà-Mut, Tugores-Ques, Quintana-Murci, 2017), agar dapat menangkap pola kerentanan dan keputusan transisi usia muda ke pasar kerja sehingga dapat dihasilkan rekomendasi kebijakan yang tepat. Hasil estimasi menunjukkan bahwa NEE carers-cared mempunyai karakteristik sebagai perempuan yang berusia muda, tingkat pendidikan rendah, berstatus sudah menikah dan berasal dari latar belakang keluarga yang kurang beruntung terkait ekonomi dan cenderung di pedesaan dengan tingkat pengangguran lokal yang tinggi. Sedangkan NEE unemployed juga mempunyai karakteristik berusia muda, tapi dominan berjenis kelamin laki-laki dengan status belum menikah dan tingkat pendidikan lebih tinggi dibandingkan dengan bukan NEE, selain itu kategori ini cenderung di perkotaan dan juga dipengaruhi oleh tingkat pengangguran lokal yang tinggi. Namun berbeda dengan dua kategori sebelumnya, walaupun discourage juga cenderung berusia muda, berjenis kelamin laki-laki dan tingkat pendidikan rendah, tapi usia muda ini tidak terpengaruh oleh indikator wilayah dan pasar kerja lokal. Hal ini dikarenakan kurangnya persepsi dan sikap terhadap pekerjaan. 
PENGARUH CASH FLOW DAN DEBT RATIO TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR INDUSTRI TEKSTIL DAN GARMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Muhammad, Rizki; Roza, Sefli Diana
jurnal ekonomi Vol 22, No 2 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi H. Agus Salim Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.432 KB)

Abstract

This research was conducted to examine the effect of cash flow and debt ratio on the capital structure of the textile and garment industry sub-sector manufacturing companies. The data used in this study were obtained from annual reports. Manufacturing companies, textile and garment industry sub-sectors which are the objects of research through the website while other secondary data is obtained from the site of the Bank Indonesia report and the Central Statistics Agency's publication report. The sampling technique used was purposive sampling. The sample in this study were 9 textile and garment companies. The data analysis technique used in this study is multiple linear analysis, classical assumptions and hypothesis testing. Based on the analysis, the results are obtained the cash flow affects the capital structure, and the debt ratio does not affect the capital structure. Judging from the value of R (Square) 0.697 which means that the cash flow and debt ratio have an effect of 69.7% on the capital structure, and 30.3% is influenced by other variable factors not examined in this study. From the F test analysis,  the cash flow and debt ratio jointly influence the capital structure of the textile and garment industry sub-sector service companies.Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh cash flow dan debt ratio terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur sub sektor industri tekstil dan garmen Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan tahunan. Perusahaan manufaktur  sub sektor industry tekstil dan garmen yang menjadi objek penelitian melalui website sedangkan data sekunder lainnya diperoleh dari situs laporan Bank Indonesia dan laporan publikasi Badan Pusat Statistik. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 9 perusahaan manufaktur sub sektor industry tekstil dan garmen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda, asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan dari analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil variabel cash flow berpengaruh terhadap struktur modal,dan debt ratio tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Dilihat dari nilai R (Square) 0.697 yang artinya cash flow dan debt ratio berpengaruh sebesar 69.7% terhadap struktur modal, perusahaan manufaktur sub sektor industry tekstil dan garmen 30.3% dipengaruhi oleh faktor variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari analisis uji F diketahui variabel cash flow dan debt ratio secara bersama-sama berpengaruh terhadap struktur modal perusahaan jasa sub sektor industry tekstil dan garmen.
GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN wahyuliza, Suci; Ramadhona, Wind
jurnal ekonomi Vol 22, No 2 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi H. Agus Salim Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.308 KB)

Abstract

This study aims to determine the effect of Good Corporate Governance is proxied by board of commisioners, board of directors, audit committe and company size on company performance at manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange. In this study, her sample used as many as 40 companies. The data used in the form of annual report and financial statements listed on the Indonesia Stock Exchange. The data analysis technique used multiple linear regression analysis after passing the classical assumption test consisting of normality test, multicollinearity test, autocorrelation test and heteroscedasticity test. The result showed partially showed that the board of commisioner variables and company size had a significant effect on company performance and the board of directors and audit committee variables did not significantly influence the company?s performance. Simulatively the variables of the board of commissioners, board of directors, audit committe and company size have no significant effect on company performance. The value of R Square in this study is 0,199 which means that 19,9% company performance can be influenced by board of commisioners, board of directors, audit committe and company size on company performance. While the remaining 80,1% influenced by other variables. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Good Corporate Governance yang diproksikan dengan dewan komisaris, dewan direksi, komite audit dan ukuran perusahaan terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan sebanyak 40 perusahaan. Data yang digunakan berupa laporan tahunan dan laporan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda setelah melewati uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian secara parsial membuktikan bahwa dewan komisaris dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahan dan dewan direksi dan komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. Secara simultan dewan komisaris, dewan direksi, komite audit dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Nilai R Square dalam penelitian ini sebesar 0,199 yang berarti bahwa 19,9% kinerja perusahaan dapat dipengaruhi oleh dewan komisaris, dewan direksi, komite audit dan ukuran perusahaan. Sedangkan sisanya 80,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain.
ANALISIS KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM BERDASARKAN PENILAIAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Heliyani, Heliyani; Julianto, Helmi Hery
jurnal ekonomi Vol 22, No 2 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi H. Agus Salim Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (549.633 KB)

Abstract

This study aims to analyze whether or not property and real estate stocks are worth buying as investments. The type of data is secondary data, which originates from the Indonesia Stock Exchange, Bank Indonesia and shares of Indonesian companies in the period 2016-2018. the population in this study are all property and real estate stocks listed on the Indonesia Stock Exchange. using the perpose sampling technique obtained 32 companies that were sampled. The analysis technique uses the Capital Asset Pricing Model (CAPM) method. worthy shares are stocks that have an individual return expected return (Ri ERi). The results of this study indicate that: (1) There are 7 shares of property and real estate companies that deserve to be used for, namely ASRI, BEST, BKSL, BSDE, CTRA, OMRE, SMRA. These shares have a Ri value greater than E (Ri) or [Ri E (Ri)]. The investment decision that must be taken by investors is to buy the shares. (2) There are 25 company shares that are not feasible. Inappropriate stocks have a Ri value smaller than E (Ri) or [Ri E (Ri)]. The investment decision that must be taken by the investor is to sell the stock before the price drops. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis layak atau tidak layaknya saham property dan real estat  untuk dibeli sebagai sarana investasi. Jenis data adalah data sekunder, yang berasal dari Bursa Efek Indonesia, Bank Indonesia dan saham perusahaan Indonesia tahun periode 2016-2018. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh saham properti dan real estate yang tedaftar pada Bursa Efek Indonesia. menggunakan teknik perpose sampling diperoleh 32 perusahaan yang dijadikan sampel. Teknik analisis menggunakan metode Capital Asset Pricing Model (CAPM). saham layak adalah saham yang memiliki return individu expected return (Ri ERi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat 7 saham-saham perusahaan property dan real estate yang layak dijadikan untuk yaitu ASRI, BEST, BKSL, BSDE, CTRA, OMRE, SMRA. Saham-saham tersebut memiliki nilai Ri lebih besar daripada E(Ri) atau [Ri E(Ri)]. Keputusan investasi yang harus diambil oleh investor adalah membeli saham tersebut. (2) Terdapat 25 saham-saham perusahaan yang tidak layak. Saham-saham tidak layak tersebut memiliki nilai Ri lebih kecil daripada E(Ri) atau [Ri E(Ri)]. Keputusan investasi yang harus diambil oleh investor adalah menjual saham tersebut sebelum harga turun.
STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV. RA RAIHAN KONVEKSI DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY imran, imran; Santi, Asih Putri
jurnal ekonomi Vol 22, No 2 (2019)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi H. Agus Salim Bukittinggi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.807 KB)

Abstract

This study aims to develop innovation products, which should be added to CV. Raihan Konveksi using the Blue Ocean Strategy approach. This type of research uses qualitative and descriptive research, where trying to find out what strategies the employer uses in the effort to increase sales in the company. The technique of collecting data is carried out in a randomized manner and interviewed. The results of this research know which strategies are carried out by CV. Raihan Konveksi to increase its product by using the eliminated four steps, no factor is needed to be eliminated. Reduce, there is no factor that reduces it. Increase, improve product innovation and promotion. Create, create several factors as they receive design from consumers, provide unique materials, and make new products that many consumers are interested in. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi produk, yang perlu ditambahkan untuk CV. RAIHAN KONVEKSI dengan menggunakan pendekatan Blue Ocean Strategy. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dimana mencoba untuk mengetahui strategi apa yang digunakan perusahaan dalam upaya meningkatkan penjualan didalam perusahaan tersebut. Teknikpengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini mengetahui strategi apa yang dilakukan oleh CV. RAIHAN KONVEKSI untuk meningkatkan produknya yaitu dengan menggunakan kerja empat langkah seperti hapuskan, tidak ada faktor yang perlu dihapuskan. Kurangi, tidak ada faktor yang perludi kurangi. Tingkatkan, meningkatkan inovasi produk dan promosi. Ciptakan, menciptakan beberapa faktor seperti menerima desain dari konsumen, menyediakan bahan baku yang unik, dan membuat produk baru yang banyak diminati konsumen

Page 1 of 1 | Total Record : 5