cover
Contact Name
-
Contact Email
perdana.wahyu@yarsi.ac.id
Phone
4206674
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Pascasarjana, Lantai 7 Cempaka Putih, Jakarta Pusat 10510
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Economics and Business Aseanomics
Published by Universitas Yarsi
ISSN : 25277499     EISSN : 25283634     DOI : https://doi.org/10.33476
Core Subject : Economy,
JEBA merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Pasca Sarjana Universitas YARSI (SPSUY). Jurnal ini diterbitkan secara bekala sebagai wadah untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian konsep dan empiris di bidang ekonomi dan keuangan serta memberikan perhatian yang besar kepada pengembangan ekonomi dan keuangan. Tujuan Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA) adalah: (1) membuka wawasan pendekatan penelitian ekonomi dan keuangan, (2) memberikan inspirasi bagi pengembangan ekonomi dan keuangan dan (3) mendorong hadirnya konsep dan praktik baru dengan topik utama ekonomi dan keuangan khususnya bidang bidang manajemen dan bisnis, akuntasi, pasar modal, hukum bisnis, sistem informasi dan bidang ekonomi lainnya.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2022): JANUARI - JUNI 2022" : 7 Documents clear
Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Studi Empirik Kosmetika Wardah Zulfha Asmar Nurlia
Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA) Vol 7, No 1 (2022): JANUARI - JUNI 2022
Publisher : Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (758.448 KB) | DOI: 10.33476/jeba.v7i1.2344

Abstract

This study aims to analyze and describe the factors that influence purchasing decisions through brand image as an intervening variable. The survey method was used by taking a sample using an incidental technique of 200 people. The data processing technique uses a questionnaire (google form) and this research is a Structural Equation Modeling (SEM), with data analysis using the SPSS and SmartPLS application.The study indicates that Muslim women aged 18-45 years have a high enough interest to look attractive by using lipstick and skincare for activities from home during the pandemic. This supports the analysis showing that the halal label, brand ambassador, and product quality influence purchasing decisions. However, the brand image does not mediate the effect of the halal label, brand ambassador, and product quality on purchasing decisions.
Peran Teknologi bagi Perubahan Organisasi: Studi Bibliometrik Salma Annisa; Sam'un Jaja Raharja; Rivani -
Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA) Vol 7, No 1 (2022): JANUARI - JUNI 2022
Publisher : Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.004 KB) | DOI: 10.33476/jeba.v7i1.2232

Abstract

Bisnis saat telah dihadapi lingkungan yang sangat dinamis. Perubahan menjadi strategi yang tidak dapat dihindarkan bagi setiap organisasi. Teknologi menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dalam merumuskan strategi perubahan organisasi apabila ingin terus bertahan dan beradaptasi. Penelitian ini  bertujuan untuk memberikan gambaran keadaan perkembangan penelitian mengenai konsep perubahan teknologi dalam organisasi secara komprehensif menggunakan metode bibiliometrik dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis bibliometric yang bertujuan untuk memberikan hasil pemetaan mengenai peran teknologi dalam perubahan organisasi menggunakan database Scopus sebagai sumber data. Hasil penelitian menyebutkan bahwa konsep peran teknologi dalam perubahan organisasi sudah dilakukan sejak 1980 dan terus mengalami peningkatan hingga tahun 2001. Sejak tahun 2001 jumlah publikasi mengalami naik turun dan mencapai titik tertinggi pada tahun 2021 dengan jumlah 46 penelitian. Kemudian terdapat 69 topik yang telah dikaitkan dengan konsep peran teknologi dalam perubahan organisasi yang terbagi ke dalam 10 cluster. Beberapa topik yang kontemporer, yaitu digital technology, big data, higher education, challenges, industry 4.0, public sector, healthcare, social media, organizational design, dan learning management
Valuasi Telaga Sarangan di Kabupaten Magetan pada tahun 2021 Adinda Primadini; Kasbuntoro -; Hestin Agus Tantriningsih
Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA) Vol 7, No 1 (2022): JANUARI - JUNI 2022
Publisher : Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (662.536 KB) | DOI: 10.33476/jeba.v7i1.2420

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi nilai ekonomi, nilai sosial dan nilai lingkungan objek wisata Telaga Sarangan di Kabupaten Magetan. Metode yang digunakan untuk mengestimasi nilai ekonomi adalah travel cost method dengan variabel dependen jumlah kunjungan wisatawan dan variabel independen yang terdiri dari usia, pendapatan, jarak, waktu, biaya perjalanan dan kunjungan objek wisata lain. Metode yang digunakan untuk menganalisis nilai sosial dan nilai lingkungan adalah analisis manfaat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel usia, pendapatan, jarak, waktu dan biaya perjalanan berpengaruh signifikan terhadap jumlah kunjungan Telaga Sarangan. Hasil nilai ekonomi berdasarkan TCM adalah Rp9.707.965.240.877,20. Analisis sosial yang diperoleh yaitu Telaga Sarangan memberikan dampak positif berupa terciptanya kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar dan dari analisis lingkungan dapat diketahui bahwa masih terdapat masalah dalam pengelolaan sampah di Telaga Sarangan
Pengaruh Label Halal, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Starbucks M. Fahrul Rozjiqin; Ahmad Ajib Ridlwan
Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA) Vol 7, No 1 (2022): JANUARI - JUNI 2022
Publisher : Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (459.789 KB) | DOI: 10.33476/jeba.v7i1.2419

Abstract

The objective of this study was to identify the effect of halal labels, prices, and brand image on consumer purchasing decisions for Starbucks products to students in the city of Surabaya. The research method used is quantitative research with multiple linear regression analysis techniques. The sampling technique in this study used purposive sampling by distributing questionnaires according to predetermined respondent criteria. The results of the study stated that the halal label and brand image had a positive effect on consumer purchasing decisions. However, price has a negative effect on consumer purchasing decisions. These results indicate that students in the city of Surabaya make aspects of halal labels and brand image as determinants of consumer purchasing decisions in buying and consuming Starbucks products. While the price aspect is not part of the determinants of consumer purchasing decisions.
Effectiveness of Brand Image, Content Marketing, and Quality Product on Purchase Decision of J-GLOW Products Sisca Dwintri Nata; Tri Sudarwanto
Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA) Vol 7, No 1 (2022): JANUARI - JUNI 2022
Publisher : Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.301 KB) | DOI: 10.33476/jeba.v7i1.2448

Abstract

This study intends to investigate the relationship between brand image, content marketing, and product quality in influencing Surabaya consumers' decisions to purchase J-GLOW skin care and cosmetic items. This study employed a quantitative survey methodology. Multiple regression analysis was used to analyze an association between brand image and purchasing the J-GLOW product. The content marketing variable has no relationship with J-GLOW product purchase decisions. Meanwhile, product quality influences the choice of the J-GLOW skin care product. It is indicated by the fact that the F-count value is greater than the F-table value (22,763 3,10), and the actual value is less than the alpha value (0.000 0.05). It demonstrates that characteristics such as brand image (X1), content marketing (X2), and product quality (X3) have a significant impact on purchasing decisions. According to the findings of the study, the brand image (X1), content marketing (X2), and product quality (X3) variables had a 45.7% impact on the decision to purchase J-GLOW products. Additional factors influenced the remaining 54,3%.
Analisis Audit Delay Ditinjau dari Faktor Eksternal dan Internal Perusahaan Evi Agustina Br Perangin-Angin; Francis Hutabarat
Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA) Vol 7, No 1 (2022): JANUARI - JUNI 2022
Publisher : Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.385 KB) | DOI: 10.33476/jeba.v7i1.2359

Abstract

Tujuan dari riset ini adalah menginvestigasi pengaruh dari faktor eksternal perusahaan yaitu auditor switching, reputasi auditor, dan faktor internal yaitu financial distress dan likuiditas terhadap audit delay pada perusahaan yang terdaftar di indeks IDX 30 (Indonesia Stock Exchange) periode 2017-2020. Keterlambatan audit sebuah laporan keuangan jauh dari batas waktu yang telah ditetapkan akan mengakibatkan denda serta dampak yang merugikan bagi perusahaan itu sendiri, sehingga sudah banyak riset terdahulu terkait audit delay namun mendapatkan hasil yang bervariasi. Jumlah populasi yang ditemukan sebanyak 132, dengan metode pengutipan sampel menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh sebanyak 80 sampel perusahaan untuk 4 tahun pengamatan (2017-2020). Berdasarkan hasil analisis secara simultan maka ditemukan bahwa keempat variabel independen yaitu auditor switching, financial distress, reputasi auditor dan likuiditas berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu audit delay. Ditemukan bahwa faktor internal perusahaan tidak mampu mempengaruhi audit delay, sedangkan faktor eksternal mampu mempengaruhi audit delay, yaitu variabel reputasi auditor. Analisa menunjukkan reputasi auditor memberikan pengaruh negatif dan signifikan terhadap audit delay, sedangkan auditor switching, financial distress dan likuiditas tidak memberikan pengaruh terhadap audit delay.
Pemediasian Sikap Positif terhadap Minat Menggunakan Jasa Keuangan Nur Laili fikriah; Ikhsan Maksum
Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA) Vol 7, No 1 (2022): JANUARI - JUNI 2022
Publisher : Universitas YARSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.521 KB) | DOI: 10.33476/jeba.v7i1.2452

Abstract

Perkembangan penelitian di bidang industri keuangan memicu para peneliti untuk meneliti mengenai perilaku nasabah dalam memilih dan menggunakan jasa keuangan yang pihak bank syariah tawarkan. Meskipun semakin berkembang berbagai penelitian yang membahas tentang perilaku nasabah tentang minat menggunakan jasa keuangan pada bank syariah, tetapi masih terdapat beberapa kesenjangan terkait dengan keterlibatan mekanisme afektif sikap positif nasabah terhadap minat nasabah bank syariah. Tujuan penelitian ini fokus pada peran pemediasian variabel SPN pada jalur pengaruh LK dan KL terhadap MJK. Penelitian menggunakan sampel nasabah yang menggunakan jasa keuangan bank dan non-bank syariah di Indonesia sebanyak 102 responden. Alat analisis penelitian menggunakan partial least square (PLS) untuk memudahkan estimasi untuk model structural yang melibatkan lebih dari dua variabel utama. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa SPN dapat memediasi secara penuh pengaruh LK dan KL terhadap MJK.

Page 1 of 1 | Total Record : 7