cover
Contact Name
Farid Helmi Setyawan
Contact Email
faridhelmi@stkipmodernngawi.ac.id
Phone
+6282244602919
Journal Mail Official
jpm@stkipmodernngawi.ac.id
Editorial Address
Jl. Ir. Soekarno No. 4 Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63214
Location
Kab. ngawi,
Jawa timur
INDONESIA
JPM (Jurnal Pendidikan Modern)
ISSN : 24601225     EISSN : 2580099X     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
JPM (Jurnal Pendidikan Modern) is a journal published by the Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Modern Ngawi, Indonesia. JPM (Jurnal Pendidikan Modern) encompasses research articles, original research report, reviews, and scientific commentaries in education. The journal publishes a broad range of papers from all branches of education and individual or group learning relating to education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 3 (2021): Edisi Mei" : 5 Documents clear
Kekerasan Remaja dalam Dunia Pendidikan Berdasar pada Perspektif Sosiologi Pendidikan Bagus Arya Saputra; Farid Pribadi
Jurnal Pendidikan Modern Vol 6 No 3 (2021): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v6i03.246

Abstract

Kenakalan remaja adalah gejala patologis remaja yang disebabkan oleh salah satu bentuk pengabaian sosial. Kenakalan remaja secara mayoritas dilakukan karena pelaku tidak dapat mengontrol emosi mereka secara baik. Kenakalan remaja juga menjadi salah satu bentuk konflik yang tidak dapat diselesaikan dengan baik oleh pihak yang terlibat. Kenakalan pelajar merupakan bentuk perilaku yang menyimpang yang dilakukan oleh pelajar, seperti tawuran dengan teman sendiri, tawuran dengan pelajar dari sekolah lain, atau bahkan hingga tawuran dengan guru mereka sendiri. Hal tersebut merupakan salah satu masalah serius yang harus segera ditangani dan dikontrol oleh pihak dinas pendidikan setempat, pihak sekolah dan pihak wali murid. Berdasar data yang berhasil dihimpun KPAI, tren kekerasan pada tahun 2011 hingga tahun 2018 cenderung meningkat. Pada tahun 2018 tercatat sebanyak 127 kasus kekerasan pada remaja. Meskipun jumlah penambahan kasus dibanding pada tahun 2017 hanya sekitar 11 kasus, maka jika terus menerus dibiarkan akan semakin banyak kasus serupa di Indonesia.
Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 Arwendis Wijayanti
Jurnal Pendidikan Modern Vol 6 No 3 (2021): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v6i03.248

Abstract

Wabah pandemi Covid-19 membawa dampak pada sektor pendidikan di Indonesia, sehingga pembelajaran yang dilaksanakan pada sekolah harus menggunakan pembelajaran daring/jarak jauh dengan melalui bimbingan orang tua dan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana nilai-nilai pendidikan karakter anak usia dini pada masa pandemi melalu jadwal pembelajaran yang di dalamnya memuat pendidikan karakter yaitu: (1) Sholat sunnah, (2) Membantu orang tua, (3)Tilawah Al-Qur’an, (4)Shalat zuhur berjamaah (5) Olahraga. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan pendekatan library research. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan tiga cara yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Untuk memastikan keabsahan data yang telah diperoleh, hal ini dilakukan dengan mengadakan Triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai pendidikan karakter pada masa pandemi Covid-19 dapat berjalan dengan baik. Ada tujuh nilai karakter yang diinternalisasikan tersebut : (1) Religius, (2) Jujur, (3) Disiplin, (4) Mandiri dan (5) Tanggung jawab. Kelima nilai tersebut diinternalisasikan melalui beberapa cara diantaranya seperti shalat dhuha, membantu orang tua, tilawah dan hafalan Al-Qur”an, shalat berjamaah dan olahraga. tanggung jawab, jujur, disiplin, mandiri dan religius
Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Menggunakan Assessment for Learning Pada Prestasi Analisis Real Mahasiswa Oki Ribut Yuda Pradana
Jurnal Pendidikan Modern Vol 6 No 3 (2021): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v6i03.256

Abstract

Analisis Real adalah salah satu mata kuliah wajib pada program studi pendidikan matematika strata satu. Banyak mahasiswa yang cenderung mengalami kesulitan dalam memahami materi pada mata kuliah ini dibuktikan dengan hasil belajar yang rendah. Maka dari itu, salah satu solusi yang diajukan agar mahasiswa mudah memahami mata kuliah ini adalah implementasi pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pembelajaran Kooperatif Think Pair Share menggunakan assessment for learning pada prestasi Analisis Real mahasiswa. Metode penelitian ini adalah eksperimentasi kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dari model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share terhadap pretasi Analisis Real mahasiswa. Model pembelajaran ini bisa dijadikan salah satu referensi untuk mengatasi masalah rendahnya prestasi mahasiswa di semua mata kuliah. Berdasarkan hal tersebut, penelitian lanjutan sangat dibutuhkan.
Penurunan Kadar Lemak Darah pada Pasien Penyakit Jantung Koroner dengan Pemberian Latihan Beban Intensitas Rendah dan Aktifitas Fisik Andy Widhiya Bayu Utomo; HS Muhammad Nurfatony; Muhammad Irfan
Jurnal Pendidikan Modern Vol 6 No 3 (2021): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v6i03.260

Abstract

Penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang paling umum terjadi dan menjadi penyebab kematian tertinggi secara global. Penyakit PJK disebabkan gangguan pada fungsi jantung. Penyumbatan pembuluh darah pada awalnya disebebkan peningkatan kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) darah berlebih dan menumpuk pada dinding arteri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penurunan kadar lemak darah antara kelompok aktifitas fisik dengan kelompok latihan beban. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimental laboratorium pre dan post test. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah pasien PJK sebanyak 14 orang laki-laki (n=14) dengan rentang usia 55-60 tahun yang dibagi menjadi dua kelompok beranggotakan 7 orang di masing-masing kelompok. Adapun kriteria inklusi adalah (1) pasien PJK berjenis kelamin laki-laki (2) rentang usia 55-60 tahun (3) memiliki indeks massa tubuh normal. Kelompok pertama diberikan latihan beban sejumlah 7 orang, kelompok dua yang berjumlah 7 orang melakukan aktifitas fisik menggambar, menulis, relaksasi, bersosialisasi kelompok, mendengar musik, dan berwisata. Latihan beban dan aktifitas fisik dilakukan selama 60 menit setiap harinya. Hasil penelitian menunjukkan terdapat penurunan yang cukup signifikan terhadap kadar lemak darah pada pasien PJK dengan latihan beban maupun melakukan aktifitas fisik yang telah ditentukan dengan nilai signifikansi p < 0,05. Penurunan kadar lemak darah pada kedua perlakuan tersebut dapat dijadikan intervensi pada pasien PJK untuk lebih meningkatkan aktifitas olahraga, dengan melakukan latihan beban dan aktifitas fisik yang ditentukan.
Analisis Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Kritis Mahasiswa Susdarwati
Jurnal Pendidikan Modern Vol 6 No 3 (2021): Edisi Mei
Publisher : STKIP Modern Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37471/jpm.v6i03.266

Abstract

Program Studi Pendidikan IPA STKIP Modern Ngawi mewajibkan tenaga pengajar untuk menerapkan model pembelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa salah satunya adalah Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan kritis mahasiswa; 2) mendeskripsikan proses pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan kritis mahasiswa. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Sampel yang digunakan adalah kelas A02 Semester 4 STKIP Modern Ngawi yang berjumlah 18 mahasiswa dengan rincian laki-laki berjumlah 5 dan perempuan berjumlah 13 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis data kualitatif yang mengikuti konsep Miles dan Huberman yaitu dengan alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran dianalisis dari penyusunan RPP sudah baik sekali, hal ini ditunjukkan dalam RPP sudah terlengkapi dengan PBL antara lain tujuan pembelajaran, mengembangkan kegiatan pembelajaran, penjabaran jenis penilaian, menentukan alokasi waktu, dan menentukan sumber belajar; dan 2) Proses pembelajaran sudah baik, hal ini ditunjukkan dengan a) sintaks pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terlaksana dengan baik, b) kemampuan berpikir kritis mahasiswa meliputi elementary clarification, basic support, dan inference dalam kategori cukup.

Page 1 of 1 | Total Record : 5