cover
Contact Name
Fitria Hidayati
Contact Email
-
Phone
+62315947698
Journal Mail Official
lppm.unipra18@gmail.com
Editorial Address
Arief Rachman Hakim 14 Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
WAHANA PENDIDIKAN DASAR
ISSN : 23032685     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini terbit dua kali setahun bulan Januari dan bulan Juli berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan dasar, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Penyajian dapat berupa tulisan Ilmiah popular, hasil penelitian, survey, hipotesis, dan gagasan baru yang objektif dan penuh tanggung jawab.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 2 (2024): Jurnal Wahana Pendidikan Dasar" : 6 Documents clear
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PENGUMBULANADI TIKUNG LAMONGAN: Bahasa Indoensia Ainurrokhim
Jurnal Pendidikan Wahana Pendidikan Dasar Vol. 10 No. 2 (2024): Jurnal Wahana Pendidikan Dasar
Publisher : PGSD Universitas WR Supratman Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54980/jpwpd.v10i1.288

Abstract

Inovasi dalam proses pembelajaran yang menyangkut materi, strategi, dan media pembelajaran harus terus diupayakan oleh guru. Penentuan strategi yang tepat dalam pembelajaran akan sangat menentukan keberhasilan tujuan belajar, termasuk pembentukan kecakapan hidup (lifeskill) dalam diri siswa yang berpijak pada lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Kolaborasi terhadap motivasi dan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV Pengumbulanadi Tikung Lamongan. Penelitian ini dilaksanakan dengan prosedur penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Data yang diperoleh berupa hasil belajar dan hasil observasi kegiatan pembelajaran. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diketahui adanya peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Pengumbulanadi Tikung Lamongan. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 51% dan 89% pada siklus II. Hasil observasi pada siklus II menunjukkan persentase minat mencapai 80%, perhatian 74,8%, dan partisipasi mencapai 68,57%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pengajaran Kolaborasi memberikan pengaruh positif terhadap motivasi dan prestasi belajar pada siswa kelas IV SDN 1 Pengumbulanadi Tikung Lamongan, sehingga model pembelajaran Kolaboratif ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia.
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PERADABAN INDONESIA KELAS V MI MIFTAHUL ULUM KULURAN KALITENGAH LAMONGAN: Sejarah Widjajanto, Bambang
Jurnal Pendidikan Wahana Pendidikan Dasar Vol. 10 No. 2 (2024): Jurnal Wahana Pendidikan Dasar
Publisher : PGSD Universitas WR Supratman Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54980/jpwpd.v10i2.289

Abstract

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), dalam dunia pendidikan muncul media berbasis komputer yaitu media multimedia yang diproduksi dalam bentuk Video. Media multimedia ini cukup membantu guru untuk mengajarkan materi yang bersifat abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media video pembelajaran sejarah peradaban Indonesia yang layak menurut dosen ahli, ahli lapangan (guru), dan uji coba (siswa), sehingga media video pembelajaran tema sejarah peradaban Indonesia dapat diimplementasikan dalam pembelajarana. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: 1) analisis kebutuhan; 2) desain produk; 3) pengembangan media video pembelajaran; 4) validasi ahli; 5) revisi awal produk media video pembelajaran; 6) uji coba lapangan; 7) revisi produk media video pembelajaran; dan 8) produk akhir media video pembelajaran. Hasil pengembangan berupa media video pembelajaran pada tema Sejarah peradaban Indonesia. Validasi oleh dosen ahli mendapatkan persentase sebesar 97,2%, oleh ahli lapangan (guru) mendapatkan persentase sebesar 95%, dan uji coba kelompok kecil terhadap 20 siswa kelas V MI Miftahul Ulum Kuluran Kalitengah mendapatkan persentase sebesar 86,8%. Keseluruhan rata-rata hasil uji kelayakan adalah 93%. Hal ini menunjukkan bahwa video pembelajaran tema Sejarah peradaban Indonesia yang dikembangkan termasuk dalam klasifikasi layak dan siap untuk diimplementasikan dalam pembelajaran..
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAVI PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGANYAR 1 KECAMATAN MODUNG KABUPATEN BANGKALAN: Hasil Belajar Pahlave, Rizal
Jurnal Pendidikan Wahana Pendidikan Dasar Vol. 10 No. 2 (2024): Jurnal Wahana Pendidikan Dasar
Publisher : PGSD Universitas WR Supratman Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54980/jpwpd.v10i2.290

Abstract

Permasalahan yang dihadapi siswa kelas IV SDN Karanganyar 1 Modung Kabupaten Bangkalan adalah kurangnya pemahaman materi IPA, sehingga melalui penelitian ini di rumuskan masalah apakah ada peningkatan hasil belajar IPA dengan menerapkan pendekatan SAVI pada siswa kelas IV SDN Karanganyar 1 Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan. Subjek penelitian ini terdiri dari 15 siswa dengan kondisi tingkat kemampuan dan daya serap bervariasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan SAVI yang mencakup tindakan dengan teknik Somatis (belajar dengan aktivitas fisik), Auditori (belajar dengan mendengar dan berbicara), Visual (belajar dengan melihat), dan Intelektual (belajar dengan berpikir dan membayangkan). Prosedur mengacu pada prosedur penelitian tindakan kelas dalam siklus, dimana tiap siklus diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan diakhiri dengan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa hingga pada siklus pertama mencapai hasil 73,3%, pada siklus kedua meningkat menjadi 86,6%, serta tuntas 100% pada siklus ketiga. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar IPA karena pendekatan SAVI menciptakan pembelajaran dengan menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua Indera. Karena unsur-unsur ini terpadu, terciptalah kondisi belajar yang paling baik sehingga mencapai hasil belajar yang optimal.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN WAKTU MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS III SD YAMASSA SURABAYA : Matematika Ghozali, Zuhdi
Jurnal Pendidikan Wahana Pendidikan Dasar Vol. 10 No. 2 (2024): Jurnal Wahana Pendidikan Dasar
Publisher : PGSD Universitas WR Supratman Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54980/jpwpd.v10i2.291

Abstract

Permasalahan rendahnya hasil belajar Matematika materi pengukuran waktu pada siswa kelas III SD Yamassa Surabaya merupakan dasar awal dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran waktu dengan penggunaan media video. Media video adalah media yang berbentuk visual yang menggabungkan gambar bergerak berwarna dan menggunakan audio. Video digunakan untuk memberikan gambaran konkret agar siswa memahami pengukuran waktu dengan lebih mudah. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Yamassa Surabaya. Prosedur penelitian mengacu pada prosedur penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpul data adalah tes (esai) dan lembar observasi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan pengukuran waktu. Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan siklus I sebesar 72%, meningkat menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media video dapat meningkatkan pemahaman tentang konsep operasional menghitung teknik pengukuran waktu dengan media video.
PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MEDIA SKEMATIS SISWA KELAS VI SDN BUMIHARHO KECAMATAN GLENMORE KABUPATEN BANYUWANGI: TPA Suharso, Imam
Jurnal Pendidikan Wahana Pendidikan Dasar Vol. 10 No. 2 (2024): Jurnal Wahana Pendidikan Dasar
Publisher : PGSD Universitas WR Supratman Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54980/jpwpd.v10i2.292

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas VI Negeri Bumiharjo melalui penerapan Media Skematis; dan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran ilmu pengetahuan alam dengan penerapan media Skematis pada siswa kelas VI Negeri Bumiharjo Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI Negeri Bumiharjo pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari analisis Dari skor hasil belajar yang dicapai siswa terlihat adanya peningkatan yaitu: skor rata-rata hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa pada siklus I mencapai 51,25 da, setelah dilanjutkan pada siklus II skor rata-rata hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa meningkat mencapai 80,71. Siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 6 orang (21%) dari 28 orang; siswa yang tuntas pada siklus II sebesar 28 orang (100%). Penerapan media skematis dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar IPA
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn TENTANG SILA-SILA PANCASILA DAN LAMBANG NEGARA MELALUI METODE TEBAK KATA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 KEMUNING PACITAN Rahmawati, Endah; Laila, Nur
Jurnal Pendidikan Wahana Pendidikan Dasar Vol. 10 No. 2 (2024): Jurnal Wahana Pendidikan Dasar
Publisher : PGSD Universitas WR Supratman Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Sila-Sila Pancasila dan Lambang Negara sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tebak kata dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn tentang Sila-Sila Pancasila dan Lambang Negara pada siswa kelas II di SD Negeri 2 Kemuning Pacitan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian penelitian tindakan kelas. Narasumber penelitiannya adalah kepala sekolah, guru kelas II, dan siswa kelas II SD Negeri 2 Kemuning. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik untuk menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode tebak kata dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas II mengalami peningkatan hasil belajar yang sangat baik. Kondisi awal dalam prasiklus kurang berhasil, sebanyak 15 siswa belum mencapai ketuntasan belajar atau 88,23% dengan nilai rata-rata kelas 34,71. Pada Siklus I, siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar 12 anak atau 70,59%, dengan nilai rata-rata 56,47. Pada Siklus II penggunaan metode tebak kata semakin baik dan hasil belajar siswa kelas II sudah mencapai ketuntasan baik, secara individu maupun klasikal. Hanya ada 1 anak atau 5,88% yang belum mengalami ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas 94,11. Penggunaan metode tebak kata dalam pembelajaran PKn juga meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II dalam belajar PKn dengan sungguh-sungguh, suka, senang, lebih fokus, perhatian, peduli dan bersemangat

Page 1 of 1 | Total Record : 6