cover
Contact Name
Andi Mangnguntungi Sudirman
Contact Email
andiuntung522@gmail.com
Phone
+6281343585913
Journal Mail Official
toddopuliabdimas1@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo Jl. Latammacelling No. 19,Kota Palopo, Sulawesi Selatan
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 27160009     DOI : -
Abdimas Toddopuli. Fokus dan Cakupan pada Jurnal Pengabdian Masyarakat ini berisi tentang penerapan ilmu pengetahun di masyarakat untuk penerapan teori, penelitian, dan praktik yang terkait dengan semua bentuk penjangkauan dan keterlibatan masyarakat. Keterlibatan masyarakat berarti layanan kepada masyarakat pada bidang pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, sosial-budaya, penerapan sains dan teknologi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2024): Volume 6, No 1, 2024" : 10 Documents clear
Rain Water Harvesting Sebagai Alternatif dalam Mengatasi Lahan Perkebunan yang Kering Pratiwi Astha, Dwinsani; Hidayat, Arief; Kurniasyih, Siti; Riza Agustina, Triya; Salwa Fadhilah, Atikah; Wildania Al Gani, Akhmel; Falih Kurnia Gustiawan, Muhammad; Arya Wirayudha, Faishal; Faza Razaqa Asmar Djauhari, Fityah
Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 6 No. 1 (2024): Volume 6, No 1, 2024
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/atjpm.v6i1.4641

Abstract

PENGMAS adalah program pengabdian kepada masyarakat yang menjadi bagian integral dari kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia. Program ini dirancang untuk memberikan kesempatan kepada akademisi untuk menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari dalam konteks nyata dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan pada kebun jambu kristal milik Pak Heru yang berlokasi di KM. 24 Karang Joang, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan. Perkebunan jambu kristal milik Pak Heru diperkirakan memiliki kurang lebih 1000 pohon jambu kristal dengan luas lahan sekitar 1 hektar. Kebun jambu kristal milik Pak Heru Giono berjarak 13,8 km dari Kampus Institut Teknologi Kalimantan. Permasalahan yang terdapat pada kebun Pak Heru setelah melakukan survei langsung adalah masalah lahan kering serta ketergantungan pada penggunaan pupuk kimia. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan waktu 12 jam per minggu selama 4 bulan. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu pengumpulan sampah organik di sekitar wilayah PENGMAS, pembuatan alat komposter, pemasangan talang air untuk rain water harvesting, dan pembuatan instalasi rain water harvesting. Berdasarkan hasil kegiatan dapat disimpulkan bahwa kerjasama tim ITK dengan mitra Kebun Jambu Kristal Pak Heru menjadi salah satu faktor keberhasilan dari pengerjaan program-program PENGMAS yang dijalankan. Sebagai kelanjutan kegiatan PENGMAS kedepannya, diharapkan mitra terkait dapat melibatkan tim PENGMAS dalam perencanaan dan pelaksanaan program yang berkelanjutan selanjutnya. Hal ini akan memastikan bahwa hasil nyata dan positif dari operasi PENGMAS dapat diintegrasikan ke dalam rencana pembangunan secara jangka panjang untuk Kebun Jambu Kristal Pak Heru secara keseluruhan.
Pemberdayaan Masyarakat Desa Cibitung Tengah KKN UNUSIA MD-08 MAGENTA: Pendidikan sebagai pondasi pembangunan desa yang inklusif Rachmawati, Della Risa
Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 6 No. 1 (2024): Volume 6, No 1, 2024
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/atjpm.v6i1.4736

Abstract

Desa Cibitung tengah sejauh ini masih dalam tahap berkembang dari sisi pendidikannya, oleh karena itu kami sekelompok mahasiswa terjun secara langsung untuk pada kesempatan Kuliah Kerja Nyata dan melakukan penelitian ini demi membantu kemajuan pendidikan di desa tersebut secara inklusif. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan partisipatif yang berfokus pada keterlibatan aktif masyarakat dalam setiap tahapan program, terdiri dari Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Seminar, dan Pelatihan. Hasil dari program ini adalah terwujudnya desa pendidikan yang inklusif sebagai pondasi pembangunan desa. Sasarannya adalah seluruh warga RW 03 menjangkau berbagai kelompok masyarakat, termasuk anak-anak, remaja, dan ibu-ibu Majelis Ta’lim dengan maksimal 70 peserta di tiap-tiap forumnya dan berhasil meningkatkan minat baca dan literasi di kalangan anak-anak sekolah serta memberikan pemahaman tentang teknologi dan kreativitas melalui pelatihan desain grafis di kalangan masyarakat. Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi model bagi program-program pengabdian masyarakat lainnya di masa depan, dengan tujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang lebih berkualitas dan berdaya saing di era global. Dengan demikian, pendidikan yang inklusif dan partisipatif menjadi kunci dalam menciptakan perubahan positif di masyarakat, serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.
Pelatihan Kuliner Juku Kambu; Pemanfaatan Sumber Daya Alam Lokal Desa Wisata Menuju Desa Mandiri Berkearifan Lokal F. Amin, Kasma; Usman, Harlina; Muliadi, Muliadi; Annisa, Annisa
Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 6 No. 1 (2024): Volume 6, No 1, 2024
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/atjpm.v6i1.4921

Abstract

Tujuan PKM ini adalah untuk melatih Masyarakat desa wisata memanfaatkan sumber daya alam local dan memberdayakan masyarakat Desa wisata Rammang-Rammang menuju Desa ekowisata mandiri berkearifan lokal. Metode yang digunakan adalah PGD, pelatihan, dan evaluasi kegiatan. Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang yang dikoordinir oleh mitra Pokdarwis bersama tim dosen dan mahasiswa MBKM. Kegiatan pemberdayaan dimulai dari survei awal tentang potensi alam Desa Wisata. Hasil survei menunjukkan tentang sumber daya alam Desa Wisata Rammang-Rammang memiliki potensi besar untuk dikelola menjadi oleh-oleh khas desa wisata. Selanjutnya kegiatan evaluasi tentang SDM khususnya mental Masyarakat menghadapi wisatawawan dan kelanjutan usaha yang menunjukkan masih sangat rendah. Solusi yang ditawarkan kepada mitra adalah pelatihan membuat oleh-oleh khas daesa wisata dari sumber daya alam local. Hasil evaluasi ditindak lanjuti dengan pelaksanaan kegiatan pelatihan diawali dengan FGD untuk membangun mental masyarakat yang masih rendah, selanjutnya mengadakan pelatihan keterampilan. Evaluasi akhir menunjukkan tentang peningkatan keterampilan masyarakat mitra kegiatan di atas 95% dalam membuat Juku Kambu dan kemasannya. Tanggapan mitra dalam membangun mental untuk kelanjutan Pembangunan Desa Wisata Rammang-Rammang menuju Desa Wisata mandiri sangat positif dan terdapat peningkatan semangat melalui usaha kreatif pemanfaatan SDA menuju ekowisata mandiri kearifan lokal.
Pelatihan Keterampilan Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Boneka Panda dan Peningkatan Minat Belajar Siswa Martini, Martini; F. Amin, Kasma; Alim Rahman, Ainul
Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 6 No. 1 (2024): Volume 6, No 1, 2024
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/atjpm.v6i1.4922

Abstract

Kegiatan PKM ini bertujuan untuk melatih siswa terampil memanfaatkan limbah plastik menjadi boneka panda sebagai salah satu alternatif hiasan Hampers. Selain itu siswa diberi pelatihan evaluasi pembelajaran terhadap cinta tanah air. Sampah plastik dijadikan objek bahan pelatihan karena membawa berbagai dampak negatif bagi lingkungan dan kesehatan. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan evaluasi pembelajaran. Adapun obyek pelatihan adalah siswa kelas 12 SMAN 13 Pucak Maros sebanyak 30 siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa tentang cinta tanah air dengan model pelatihan pemanfaatn limbah plastik. Selain menjadi bentuk permainan juga siswa mendapatkan pelatihan kreatifitas yang dapat bernilai ekonomi dan seni. Setelah pelatihan terdapat perubahan nilai positif dari sebelum melakukan edukasi tentang cinta tanah air yang masih rendah. Dari pertanyaan yang diberikan pada preetest untuk mengetahui sikap mereka terhadap sampah dan pemahaman lingkungan menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini sangat efektif. Sebelum kegiatan pelatihan terdapat 85 % siswa memiliki kebiasaan membuang sampah tanpa memilah dan kebiasaan membuang sampah sembarang tempat. Hasilnya 100% siswa akan menjaga lingkungan dari bahaya plastik. Setelah pelatihan memanfaatkan sampah plastic maka terdapat peningkatan 90% ingin memanfaatkan sampah sebagai kreatifitas yang bernilai ekonomi dan seni.
Pelatihan Penilaian Formatif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 13 Maros Muin, Nurmiah; Martini, Martini; Dg Leo, Rahmadani
Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 6 No. 1 (2024): Volume 6, No 1, 2024
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/atjpm.v6i1.4927

Abstract

Tujuan PKM ini adalah untuk memberi pengetahuan dan keterampilan melalui penilaian Formatif kepada siswa sekolah SMA Negeri 13 Maros. Melalui pelatihan dan pendampingan, siswa diharapkan memiliki motivasi, minat dan hasil belajar dengan metode dan strategi mengajar yg sesuai dengan karakteristik siswa. Selain itu, dengan pemberian pelatihan keterampilan dalam kegiatan ekstrakurikuler, dapat meningkatkan kreatifitas dalam rangka pengembangan aspek psikomotorik siswa. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode pelatihan partisipatif, dengan model ceramah, diskusi, dan praktek pelaksanaan penilaian formatif. Target khusus yang akan dicapai pada kegiatan program kemitraan masyarakat adalah terjadinya peningkatan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya penilaian di atas 92% peningkatan motivasi belajar. Minat belajar siswa setelah diadakan pelatihan terjadi peningkatan signifikan di atas 90%, terdapat nilai hasil belajar mengalami peningkatan di atas 95%. Oleh karena itu kegiatan pelatihan dianggap tercapai dengan metode dan strategi mengajar dengan metode PAIKEM. Hasil pelatihan juga menunjukkan bahwa respon siswa juga terlihat positif karena mereka cenderung lebih bersemangat apabila guru tidak sekedar mengajar, tetapi juga memberikan penilaian formatif dan juga tidak pelit memberikan pujian.
Rain Water Harvesting Sebagai Alternatif dalam Mengatasi Lahan Perkebunan yang Kering Pratiwi Astha, Dwinsani; Hidayat, Arief; Kurniasyih, Siti; Riza Agustina, Triya; Salwa Fadhilah, Atikah; Wildania Al Gani, Akhmel; Falih Kurnia Gustiawan, Muhammad; Arya Wirayudha, Faishal; Faza Razaqa Asmar Djauhari, Fityah
Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 6 No. 1 (2024): Volume 6, No 1, 2024
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/atjpm.v6i1.4641

Abstract

PENGMAS adalah program pengabdian kepada masyarakat yang menjadi bagian integral dari kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia. Program ini dirancang untuk memberikan kesempatan kepada akademisi untuk menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari dalam konteks nyata dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan pada kebun jambu kristal milik Pak Heru yang berlokasi di KM. 24 Karang Joang, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan. Perkebunan jambu kristal milik Pak Heru diperkirakan memiliki kurang lebih 1000 pohon jambu kristal dengan luas lahan sekitar 1 hektar. Kebun jambu kristal milik Pak Heru Giono berjarak 13,8 km dari Kampus Institut Teknologi Kalimantan. Permasalahan yang terdapat pada kebun Pak Heru setelah melakukan survei langsung adalah masalah lahan kering serta ketergantungan pada penggunaan pupuk kimia. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan waktu 12 jam per minggu selama 4 bulan. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu pengumpulan sampah organik di sekitar wilayah PENGMAS, pembuatan alat komposter, pemasangan talang air untuk rain water harvesting, dan pembuatan instalasi rain water harvesting. Berdasarkan hasil kegiatan dapat disimpulkan bahwa kerjasama tim ITK dengan mitra Kebun Jambu Kristal Pak Heru menjadi salah satu faktor keberhasilan dari pengerjaan program-program PENGMAS yang dijalankan. Sebagai kelanjutan kegiatan PENGMAS kedepannya, diharapkan mitra terkait dapat melibatkan tim PENGMAS dalam perencanaan dan pelaksanaan program yang berkelanjutan selanjutnya. Hal ini akan memastikan bahwa hasil nyata dan positif dari operasi PENGMAS dapat diintegrasikan ke dalam rencana pembangunan secara jangka panjang untuk Kebun Jambu Kristal Pak Heru secara keseluruhan.
Pemberdayaan Masyarakat Desa Cibitung Tengah KKN UNUSIA MD-08 MAGENTA: Pendidikan sebagai pondasi pembangunan desa yang inklusif Rachmawati, Della Risa
Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 6 No. 1 (2024): Volume 6, No 1, 2024
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/atjpm.v6i1.4736

Abstract

Desa Cibitung tengah sejauh ini masih dalam tahap berkembang dari sisi pendidikannya, oleh karena itu kami sekelompok mahasiswa terjun secara langsung untuk pada kesempatan Kuliah Kerja Nyata dan melakukan penelitian ini demi membantu kemajuan pendidikan di desa tersebut secara inklusif. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan partisipatif yang berfokus pada keterlibatan aktif masyarakat dalam setiap tahapan program, terdiri dari Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Seminar, dan Pelatihan. Hasil dari program ini adalah terwujudnya desa pendidikan yang inklusif sebagai pondasi pembangunan desa. Sasarannya adalah seluruh warga RW 03 menjangkau berbagai kelompok masyarakat, termasuk anak-anak, remaja, dan ibu-ibu Majelis Ta’lim dengan maksimal 70 peserta di tiap-tiap forumnya dan berhasil meningkatkan minat baca dan literasi di kalangan anak-anak sekolah serta memberikan pemahaman tentang teknologi dan kreativitas melalui pelatihan desain grafis di kalangan masyarakat. Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi model bagi program-program pengabdian masyarakat lainnya di masa depan, dengan tujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang lebih berkualitas dan berdaya saing di era global. Dengan demikian, pendidikan yang inklusif dan partisipatif menjadi kunci dalam menciptakan perubahan positif di masyarakat, serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.
Pelatihan Kuliner Juku Kambu; Pemanfaatan Sumber Daya Alam Lokal Desa Wisata Menuju Desa Mandiri Berkearifan Lokal F. Amin, Kasma; Usman, Harlina; Muliadi, Muliadi; Annisa, Annisa
Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 6 No. 1 (2024): Volume 6, No 1, 2024
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/atjpm.v6i1.4921

Abstract

Tujuan PKM ini adalah untuk melatih Masyarakat desa wisata memanfaatkan sumber daya alam local dan memberdayakan masyarakat Desa wisata Rammang-Rammang menuju Desa ekowisata mandiri berkearifan lokal. Metode yang digunakan adalah PGD, pelatihan, dan evaluasi kegiatan. Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang yang dikoordinir oleh mitra Pokdarwis bersama tim dosen dan mahasiswa MBKM. Kegiatan pemberdayaan dimulai dari survei awal tentang potensi alam Desa Wisata. Hasil survei menunjukkan tentang sumber daya alam Desa Wisata Rammang-Rammang memiliki potensi besar untuk dikelola menjadi oleh-oleh khas desa wisata. Selanjutnya kegiatan evaluasi tentang SDM khususnya mental Masyarakat menghadapi wisatawawan dan kelanjutan usaha yang menunjukkan masih sangat rendah. Solusi yang ditawarkan kepada mitra adalah pelatihan membuat oleh-oleh khas daesa wisata dari sumber daya alam local. Hasil evaluasi ditindak lanjuti dengan pelaksanaan kegiatan pelatihan diawali dengan FGD untuk membangun mental masyarakat yang masih rendah, selanjutnya mengadakan pelatihan keterampilan. Evaluasi akhir menunjukkan tentang peningkatan keterampilan masyarakat mitra kegiatan di atas 95% dalam membuat Juku Kambu dan kemasannya. Tanggapan mitra dalam membangun mental untuk kelanjutan Pembangunan Desa Wisata Rammang-Rammang menuju Desa Wisata mandiri sangat positif dan terdapat peningkatan semangat melalui usaha kreatif pemanfaatan SDA menuju ekowisata mandiri kearifan lokal.
Pelatihan Keterampilan Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Boneka Panda dan Peningkatan Minat Belajar Siswa Martini, Martini; F. Amin, Kasma; Alim Rahman, Ainul
Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 6 No. 1 (2024): Volume 6, No 1, 2024
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/atjpm.v6i1.4922

Abstract

Kegiatan PKM ini bertujuan untuk melatih siswa terampil memanfaatkan limbah plastik menjadi boneka panda sebagai salah satu alternatif hiasan Hampers. Selain itu siswa diberi pelatihan evaluasi pembelajaran terhadap cinta tanah air. Sampah plastik dijadikan objek bahan pelatihan karena membawa berbagai dampak negatif bagi lingkungan dan kesehatan. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan evaluasi pembelajaran. Adapun obyek pelatihan adalah siswa kelas 12 SMAN 13 Pucak Maros sebanyak 30 siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa tentang cinta tanah air dengan model pelatihan pemanfaatn limbah plastik. Selain menjadi bentuk permainan juga siswa mendapatkan pelatihan kreatifitas yang dapat bernilai ekonomi dan seni. Setelah pelatihan terdapat perubahan nilai positif dari sebelum melakukan edukasi tentang cinta tanah air yang masih rendah. Dari pertanyaan yang diberikan pada preetest untuk mengetahui sikap mereka terhadap sampah dan pemahaman lingkungan menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini sangat efektif. Sebelum kegiatan pelatihan terdapat 85 % siswa memiliki kebiasaan membuang sampah tanpa memilah dan kebiasaan membuang sampah sembarang tempat. Hasilnya 100% siswa akan menjaga lingkungan dari bahaya plastik. Setelah pelatihan memanfaatkan sampah plastic maka terdapat peningkatan 90% ingin memanfaatkan sampah sebagai kreatifitas yang bernilai ekonomi dan seni.
Pelatihan Penilaian Formatif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 13 Maros Muin, Nurmiah; Martini, Martini; Dg Leo, Rahmadani
Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 6 No. 1 (2024): Volume 6, No 1, 2024
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/atjpm.v6i1.4927

Abstract

Tujuan PKM ini adalah untuk memberi pengetahuan dan keterampilan melalui penilaian Formatif kepada siswa sekolah SMA Negeri 13 Maros. Melalui pelatihan dan pendampingan, siswa diharapkan memiliki motivasi, minat dan hasil belajar dengan metode dan strategi mengajar yg sesuai dengan karakteristik siswa. Selain itu, dengan pemberian pelatihan keterampilan dalam kegiatan ekstrakurikuler, dapat meningkatkan kreatifitas dalam rangka pengembangan aspek psikomotorik siswa. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode pelatihan partisipatif, dengan model ceramah, diskusi, dan praktek pelaksanaan penilaian formatif. Target khusus yang akan dicapai pada kegiatan program kemitraan masyarakat adalah terjadinya peningkatan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya penilaian di atas 92% peningkatan motivasi belajar. Minat belajar siswa setelah diadakan pelatihan terjadi peningkatan signifikan di atas 90%, terdapat nilai hasil belajar mengalami peningkatan di atas 95%. Oleh karena itu kegiatan pelatihan dianggap tercapai dengan metode dan strategi mengajar dengan metode PAIKEM. Hasil pelatihan juga menunjukkan bahwa respon siswa juga terlihat positif karena mereka cenderung lebih bersemangat apabila guru tidak sekedar mengajar, tetapi juga memberikan penilaian formatif dan juga tidak pelit memberikan pujian.

Page 1 of 1 | Total Record : 10