cover
Contact Name
Aris Indriyanti, S.Pd., M.Pd.
Contact Email
aris@stieykp.ac.id
Phone
+6281328025208
Journal Mail Official
primaekonomika@stieykp.ac.id
Editorial Address
Jl. Godean Km 3 Tambak Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Prima Ekonomika : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 20870817     EISSN : 26214148     DOI : 10.37330/prima-ekonomika
Jurnal Prima Ekonomika merupakan jurnal ilmiah berkala tentang ekonomi dab bisnis. Frekuensi terbit setiap 6 bulan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2014): Prima Ekonomika" : 5 Documents clear
ANALISIS PENYIMPANAN DAN PENDISTRIBUSIAN OBAT DI GUDANG FARMASI PUSKESMAS BANGUNTAPAN II TAMANAN BANTUL YOGYAKARTA sudomo, sudomo
PRIMA EKONOMIKA Vol. 5 No. 1 (2014): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.715 KB)

Abstract

Pelayanan farmasi merupakan pelayanan penunjang sekaligus revenue center utamabagi rumah sakit. Khususnya instalasi farmasi dan gudang bertanggung jawab menjagapersediaan obat- obatan agar terhindar dari kerusakan dan kedaluarsa serta menjaga mutu obat– obatan yang disimpan di gudang farmasi maupun instalasi farmasi. Adanya penataan obatyang kurang sesuai dan teratur serta tata ruang yang sempit membuat obat terletak tidak sesuaiberdasarkan tempatnya, dan pendistribusian obat menggunakan satu pintu saja. Untuk itu perludilakukan Analisis mengenai Penyimpanan Obat Dan Pendistribusian di Gudang FarmasiPuskesmas Banguntapan II Tamanan, Bantul Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakandalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari observasilangsung, wawancara mendalam dan telaah dokumen. Hasil yang di dapatkan adalah metodepenyimpanan yang digunakan di Pusat Kesehatan Masyarakat Banguntapan II menggunakansistem FIFO dan FEFO, Alfabetis, dan Berdasarkan Jenis Obatnya. Sedangkan Pendistribusiandilakukan di Instalasi Farmasi, UGD, Poli Lansia, dan juga 3 Pusat Kesehatan MasyarakatPembantu. Pendistribusian dilakukan setiap 3 bulan sekali di Dinas Kesehatan Bantul.Diharapkan manajemen Rumah Sakit lebih memperhatikan sistem penyimpanan obat (mulai dari input hingga output) dan pendistribusian di gudang farmasi. Meskipun penyimpananobat dan pendistribusian obat tidak berhubungan langsung dengan pelayanan namun jikakegiataan tersebut diabaikan dapat memberikan kerugian besar bagi rumah sakit.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI MIROTA KAMPUS YOGYAKARTA Sudarmanto, Sudarmanto
PRIMA EKONOMIKA Vol. 5 No. 1 (2014): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.852 KB)

Abstract

Dalam penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan TerhadapLoyalitas Pelanggan Di Mirota Kampus Yogyakarta“, penulis meneliti apakah ada hubungan yangpositif antara kualitas pelayanan dan kepuasan dengan loyalitas pelanggan di Mirota KampusYogyakarta.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan pelanggan terhadap kualitaspelayanan yang diberikan Mirota Kampus Yogyakarta. Kepuasan dan loyalitas pelanggan diMirota Kampus Yogyakarta.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatifmelalui pendekatan survey. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah denganmetode probability sampling yaitu metode pengambilan sampel di mana setiap objek yang ada dipopulasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. Serta metode area samplingadalah metode pengambilan sampel berdasarkan pada lokasi tertentu (Wahyuni, 2012:6-7).Dengan ukuran populasi (N)=59,677, maka jumlah pelanggan yang akan dijadikan respondendihitung menggunakan rumus solvin (Nasir, Dkk :2011:196) jumlah responden penelitian dengantingkat kesalahan sebesar 10% adalah 60 responden.Berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi adalah sebesar 0,493. Artinya variabelkualitas pelayanan (𝑋1), dan kepuasan (𝑋2) memiliki keeratan hubungan yang sedang denganloyalitas pelanggan (Y) Mirota Kampus Yogyakarta. Perhitungan koefisien determinasi dalampersen diproleh hasil sebesar 24,3%. Artinya variabel kualitas pelayanan (𝑋1), dan kepuasan (𝑋2)mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan (Y) sebesar 24,3% dan sisanya 75,7%dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa nilai 𝐹ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔(9,131) ≥ 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (1,672) artinya 𝐻0 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima. Dengan demikian kualitas pelayanan(𝑋1), dan kepuasan (𝑋2) mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan (Y) MirotaKampus Yogyakarta.Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS UMBULHARJO II YOGYAKARTA kadari, kadari
PRIMA EKONOMIKA Vol. 5 No. 1 (2014): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.227 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji analisis pengaruh kualitas pelayananterhadap kepuasan pasien di Puskesmas Umbulharjo II Kota Yogyakarta. Dalampenelitian ini sampel yang diambil adalah 30 responden yang terdiri dari semuapasien di Puskesmas Umbulharjo II yogyakarta. Tehnik pengambilan sampel yaitudengan menggunakan tehnik Nonprobabillity Sampling dengan metode icindentalSampling Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yangdibagikan langsung kepada responden. Penelitian ini menggunakan model regresilinier sederhana.Hasil penelitian menunjukan Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadapkepuasan pasien di Puskesmas Umbulharjo II Yogyakarta. Hal ini ditunjukan uji tyang di peroleh sebesar 0,00 lebih kecil dari hasil signifikan yang besarnya 0,05. Jadikesimpulan uji t mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pelayanan.Dari uji koefesien determinasi menunjukan bahwa R Square besar 0,629 atau 62,9%.Hal ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasiensebesar 62,9 %, sedangkan sisanya sebesar 37,1 atau 37,1% dipengaruhi oleh variabellain yang tidak di masukan dalam model penelitian ini.
ANALISIS PENGELOLAAN LOGISTIK NON MEDIS DI GUDANG RSPAU dr. S. HARDJOLUKITO YOGYAKARTA Wirawan, Ganis
PRIMA EKONOMIKA Vol. 5 No. 1 (2014): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.237 KB)

Abstract

Masalah yang sering di hadapi secara umum oleh rumah sakit adalah belum mampu sepenuhnya memberikan pelayanan yang optimal sesuai dengan di harap pengguna jasa, dalam memberikan pelayanan jasa yang baik dan bermutu maka di perlukan kerja sama yang baik dari tenaga kerja yang ada dirumah sakit, salah satu yang penting dalam upaya peningkatan pelayanan di rumah sakit ialah peran logistik medis dan non medis.Penelitian membahas tentang pengelolaan logistik non medis yang selama ini di lakukan oleh sub bagian Gudang dengan menggunakan sistem,penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode wawancara tidak struktur, observasi dan telaah dokumen.Dalam penerimaan ditemukan material yang dikirim oleh pemasok tidak sesuai dengan pemesanan,di dalam penyimpanan juga terdapat material yang belum memadai terutam jumlah rak yang masih di perlukan pembenahan dan pada pendistribusian kebutuhan material yang di perlukan oleh unit kerja masih belum tercukupi secara maksimal dan jarak antara unit kerja pengguna material yang jauh dari gudang.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT.ANINDYA MITRA INTERNASIONAL YOGYAKARTA Herbyantoro, Herbyantoro
PRIMA EKONOMIKA Vol. 5 No. 1 (2014): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.438 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh gayakepemimpinan,motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PT. Anindya Mitra InternasionalYogyakrata. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebarankuesioner dan dilaksanakan pada50 karyawan PT. Anindya Mitra Internasional Yogyakrata. Analisis data pada penelitian inimenggunakan bantuan SPSS versi 16.Teknik sampling yang dipakai adalah metode sensus dan teknik pengujian datayangdigunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan analisis faktor, ujireliabilitasdengan Alpha Cronbach. Uji analisis regresi linerberganda, untuk menguji dan membuktikanhipotesis penelitian.Hasil analisis menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positifterhadapkinerja karyawan. Motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawandan disiplin kerjaberpengaruh positif terhadap kinerja karyawan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5