cover
Contact Name
M. Abdul Ghofur
Contact Email
jurnal.paud@fip.um.ac.id
Phone
+6285649547331
Journal Mail Official
jurnal.paud@fip.um.ac.id
Editorial Address
Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Pswt. 11, atau Telp./Faks. (0341) 712192.
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 26543818     EISSN : 26229765     DOI : 10.17977
Core Subject : Education,
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini content research article and/or critical-analytical study in early childhood education field. The purpose of this journal are to explore, to develop, and to explain knowledge about child education, development of children, problems and issues of children.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2022)" : 5 Documents clear
Hubungan antara Pemahaman Kesetaraan Gender Orang Tua dan Kemampuan Sosial Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Duria Feby Yuan Margaretha
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um053v5i1p1-11

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pemahaman orang tua tentang kesetaraan gender antara anak laki-laki dan perempuan, dan disesuaikan dengan teori pendidikan anak usia dini terkait. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan antara pemahaman kesetaraan gender orang tua dan kemampuan sosial anak kelompok B TK Negeri di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif  korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, studi dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman kesetaraan gender orang tua dan kemampuan sosial anak kelompok B TK Negeri Pembina di Kota Malang dengan derajat hubungan sebesar 7,9%. Pemahaman orang tua anak mengenai kesetaraan gender termasuk kategori baik dengan skor rata-rata 32,84, sedangkan kemampuan sosial anak kelompok B termasuk kategori sangat baik dengan rata-rata 34,18.
Peran Orang Tua Tunggal Dalam Optimalisasi Perilaku Bertanggung Jawab Pada Anak Usia Dini Sindy Mey Dwi Utari
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um053v5i1p12-23

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peran ibu tunggal dalam optimalisasi perilaku bertanggung jawab pada anak usia dini, 2) faktor pendukung yang dihadapi ibu tunggal, 3) kendala atau hambatan yang muncul, 4) dampak dari peran orang tua tunggal dalam optimalisasi perilaku bertanggung jawab pada anak usia dini. Penelitian dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan penelitian yaitu pertama, peran ibu sebagai pendidik,yaitu mengajarkan, melibatkan anak, dan mengingkatkan untuk bertanggung jawab. Ibu sebagai teladan, yaitu memberikan contoh, membiasakan anak untuk melakukan kewajiban beribadah. Peran ibu sebagai motivator untuk mendorong anak lebih penting dapat bertanggung jawab. Peran ibu sebagai pencari nafkah dengan bekerja setiap hari memenuhi kebutuhan anak. Kedua , pendukung yang dihadapi antara lain fisik, psikis anak yang baik, dan pendidikan, pendapatan, serta lingkungan yang mendukung. Ketiga , hambatan yang dihadapi antara lain fisik, psikis anak yang kurang baik, dan pengetahuan, pendapatan orang tua, serta lingkungan yang kurang baik. Keempat, dampak dari peran ibu tunggal yaitu dapat melakukan tanggung jawab tanpa harus diperintah. Simpulannya, ibu tunggal dapat melakukan peran sebagai ibu dan ayah, namun mengingat ibu menjalankan peran ganda sekaligus dapat meminta anggota keluarga ikutserta agar tidak kesulitan dalam melakukan intervensi dan mengoptimalisasi perilaku tanggung jawab pada anak.
Implementasi Kurikulum Pendidikan Berbasis Islam pada Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Nelda Arkas
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um053v5i1p24-35

Abstract

The purpose behind this research is to investigate how the implementation of an Islamic-based education curriculum at the Integrated Islamic Kindergarten in Limau Sweet is related to its objectives, implementation methodology, and assessment strategy. For data collection techniques in the study, it was carried out by reviewing the results of observations, interviews and documentation with the object of exploration in research. The investigation was completed by an information triangulation strategy. The results obtained from the research are, planning an Islamic-based education curriculum means growing faith and commitment to Allah SWT, developing and expanding the attention of young people to practice Islamic religious lessons. The material for Islamic-based education programs is related to aqidah, worship, morals, muamalah, Al-Quran and prayer. In the implementation of learning the instructor uses various strategies, especially for improving the quality of Islam which is carried out through adjustment exercises that are carried out consistently. In addition, there is material on Integrated Islam in the underlying exercises in an Integrated manner. The madrasa assessment method uses performance, assignments, and observations (assessment of extraordinary al-Islam practice).Keywords: curriculum; education; Integrated Islamic Kindergarten.
PEMBENTUKAN KARAKTER POSITIF KEPADA ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN SASTRA TRADISIONAL DI TAMAN BACA PERKAMPUNGAN PODOSUGIH. FIRMAN PRIYO SUHASTO; Raden Rachmy Diana
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um053v5i1p36-50

Abstract

Sastra memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk dan mengembangkan karakter pada setiap anak. Pembelajaran Sastra anak secara Tradisonal menuntun anak untuk mendapatkan proses pengalaman dalam bersastra. Kegiatan pembelajaran sastra anak secara tradisional merupakan salah satu upaya dalam membentuk karakter positif anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif yang  menggambarkan keadaan objek penelitian pada kondisi terkini berdasarkan temuan fakta yang ada. Subyek penelitian adalah anak-anak usia dini di taman baca perkampungan podosugih. Pembelajaran berupa pembacaan kisah dalam cerita sastra anak tradisional oleh peneliti. Sebelum memulai kegiatan pembelajaran , anak-anak masih mencerminkan karakter yang kurang ramah. Akan tetapi sesudah pembelajaran selesai dilaksanakan dalam kurun waktu tujuh hari melalui penyampaian pesan pesan dan nilai nilai karakter serta melalui kegiatan bernyanyi bersama dengan menggunakan lagu yang mengandung nilai karakter untuk pembelajaran ada perubahan yang hampir sempurna pada diri anak selama peneliti mengamati dan mencatat setiap anak tanpa diketahui oleh si anak. Dari temuan ini peneliti menyimpulkan bahwa dari pembacaan kisah serta menyampaikan pesan moral yang di jadikan sebuah pelajaran kehidupan bagi anak hasilnya dapat memengaruhi perubahan bentuk karakter yang terjadi pada setiap diri anak yang tentunya juga ini bisa dijadikan sebagai pedoman dalam pembelajaran sekolah.
Pengaruh Media Smart Circle Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Di PAUD Al-Khair Suhirman Suhirman; Nur Adiyah yuliastri; Rudi Alfian
Jurnal PAUD: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um053v5i1p51-58

Abstract

This research aims to know the effect of Smart Circle Media for Developing Language Capabilities in childhood 5-6 Years at PAUD AL-KHAIR Ambung, Masbagik Timur Village in the Academic Year 2019/2020. This research was an experimental and used one group pretest-posttest design research. The populations study were all students of group B PAUD AL-KHAIR Ambung, Masbagik Timur Village, totaling 28 students. As for the sampling technique using saturated sample technique. So there were 28 students as samples in the research activities. Data collection techniques used observation and interviews, while data collection instruments were carried out by means of observation sheets and interview guidelines. Based on the results of hypothesis testing using SPSS application version 23, it can be seen that the significance level of the results of the t test analysis is 0.03 < 0.05, so Ha is accepted and Ho is rejected, it can be concluded that the use of Smart Circle Media has an influence on children's language ability early age 5-6 years old in PAUD AL-KHAIR Ambung Masbagik Timur Village Academic Year 2019/2020.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Smart Circle untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di PAUD AL-KHAIR Ambung Desa Masbagik Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan menggunakan desain penelitian one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelompok B PAUD AL-KHAIR Ambung Desa Masbagik Timur yang berjumlah 28 Siswa. Sedangkan untuk teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Sehingga didapatkan siswa yang berjumlah 28 orang sebagai sampel dalam kegiatan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara, sedangkan instrumen pengumpulan data dilakuan dengan menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS versi 23, dapat dilihat bahwa taraf signifikansi dari hasil analisis uji t 0,03 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat diambil kesimpulan pada penggunaan Media Smart Circle terdapat pengaruh terhadap kemampuan berbahasa anak usia dini usia 5-6 tahun di PAUD AL-KHAIR Ambung Desa Masbagik Timur Tahun Pelajaran 2019/2020.

Page 1 of 1 | Total Record : 5