cover
Contact Name
Dewi Rulia Br Sitepu
Contact Email
serunaibudidaya@gmail.com
Phone
+6281370463131
Journal Mail Official
serunaibudidaya@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gaharu No. 147 Kel. Jati Makmur, Kec. Binjai Utara
Location
Kota binjai,
Sumatera utara
INDONESIA
Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
ISSN : 25280775     EISSN : 26212676     DOI : 10.37755
Core Subject : Education,
Jurnal serunai Administrasi Pendidikan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala 6 Bulan sekali sebagai sarana publikasi bagi Dosen-dosen prodi Administrasi Pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2021): Vol.7 No. 1 (2021) : JURNAL SERUNAI ILMIAH ILMU PENDIDIKAN" : 13 Documents clear
ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DALAM BENTUK CERITA PADA MATERI SPLDV KELAS X SMKS TIK JABAL RAHMAH Meylinda Nasution; Ice Wirevenska; Rosmadina Aziz
Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 7, No 1 (2021): Vol.7 No. 1 (2021) : JURNAL SERUNAI ILMIAH ILMU PENDIDIKAN
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/sjip.v7i1.400

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita pada materi spldv kelas X SMKS TIK Jabal Rahmah Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Adapun subjek penelitian ini meliputi guru dan siswa. Untuk subjek penelitian pada siswa terdapat 34 siswa dengan asumsi tidak hadir 5 siswa sehingga untuk subjek valid terdapat 29 siswa. Instrumen yang di gunakan adalah tes dalam bentuk uraian yang telah tervalidasi dan wawancara. Setelah di lakukan penelitian terdapat 23 siswa yang hadir dan menyelesaikan tes. Dengan hasil tes yang dilakukan 2 siswa masuk dalam kategori kemampuan sedang, 11 siswa masuk dalam kategori kemampuan rendah dan 10 siswa masuk dalam kategori kemampuan sangat rendah.  Dari hasil wawancara terhadap 6 siswa dengan 2 siswa kemampuan sedang sedikit memahami pelajaran SPLDV sebelumnya, 2 siswa kempuan rendah kurang memahami pelajaran SPLDV dan tidak pernah mengulang-ulang materi di rumah,  dan 2 siswa kemampuan sangat rendah tidak sedikit pun memahami materi SPLDV dan jarang hadir ke sekolah. Hasil wawancara dengan guru untuk  kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita pada materi SPLDV kelas X SMKS TIK Jabal Rahmah  terdapat kurangnya minat siswa terhadap pelajaran matematika, kondisi fisik, keadaan psikologi yang terbawa dari rumah ke sekolah seperti permasalahan keluarga, dan kurangnya dukungan dari orang tua siswa untuk belajar.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLIP CHART PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 MERDEKA KABUPATEN KARO DI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019 fitri linda aswita
Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 7, No 1 (2021): Vol.7 No. 1 (2021) : JURNAL SERUNAI ILMIAH ILMU PENDIDIKAN
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/sjip.v7i1.423

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar Gambar Teknik Listrik dengan menggunakan media flip chart pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka Kabupaten Karo di semester I tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 18 siswa. Waktu Peneltian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 selama 4 Bulan. Pada observasi awal didapatkan hanya 13 siswa (40,63%) dari 32 siswa tuntas. Pada Siklus I ada 17 (53,13%) tuntas. Pada Siklus II siswa yang berhasil meningkat hasil belajarnya mencapai 28 siswa (87,50%) dari 32 siswa. Keberhasilan dalam meningkatkan hasil belajar Gambar Teknik Listrik pada siswa di kelas X SMK Negeri 1 Merdeka Kabupaten Karo mengalami adanya peningkatan yang signifikan. Hasil pengamatan observasi awal hasil belajar Gambar Teknik Listrik siswa dengan rata-rata kelas 59,38 dan meningkat menjadi 68,13 pada Siklus I dan pada Siklus II adalah 81,25. Kesimpulan penggunaan media flip chart ini dapat meningkatkan hasil belajar Gambar Teknik Listrik siswa sehingga layak untuk diterapkan di SMK Negeri 1 Merdeka Kabupaten Karo.
R ANCANG BANGUN APLIKASI REGRESI LINIER DAN KORELASI (Study Kasus : Luas Lahan Padi dan Hasil Produksi Padi Di Sumatera Utara) Zuhri Zuhri
Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 7, No 1 (2021): Vol.7 No. 1 (2021) : JURNAL SERUNAI ILMIAH ILMU PENDIDIKAN
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/sjip.v7i1.428

Abstract

Untuk mencari hubungan fungsional antara dua variabel yang berpasangan dapat digunakan Analisis regresi. Salah satu bentuk regresi adalah regresi linier. Adapun variabel tersebut dikelompokkan menjadi  variabel tak bebas dan variabel bebas. Bentuk model persamaan regresi linier adalah , dimana  merupakan variabel tak bebas dan  meruapakan variabel bebas, sedangkan a dan b merupakan konstanta. Sedangkan untuk mengetahui seberapa besar derajat hubungan tersebut diguankan analisis korelasi. Untuk menganalisa dan menentukan persamaan regresi dan koefisien korelasinya serta pengujiannya terhadap persamaan regresi yang diperoleh dapat menggunakan aplikasi komputer. Saat sekarang ini banyak aplikasi komputer yang menyediakan fasilitas dalam menganalisis regresi dan korelasi. Melalui pemrograman Visual Basic dapat dibuat aplikasi untuk menganalisis regresi dan korelasi serta pengujiannya dengan tampilan sesuai kebutuhan yang di. Berdasarkan hasil pengolahan data Luas Lahan () dan Hasil Produksi Padi  di Sumatera Utara dari tahun 2008 s/d 2019 diperoleh persamaan regresinya  dengan derajat hubungan tersebut 90,71%. Dan terdapat hubungan yang signifikan antara luas lahan dan hasil produksi padi di Sumatera Utara.
THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ UNDERSTANDING IN WH- QUESTIONS AND THEIR SPEAKING ABILITY IN EXPRESSION OF ASKING AND GIVING OPINIONS OF THE EIGHTH YEAR STUDENTS OF SMP SWASTA HARAPAN BANGSA KUALA Shely Perbina Br Sitepu; Ayu Indari
Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 7, No 1 (2021): Vol.7 No. 1 (2021) : JURNAL SERUNAI ILMIAH ILMU PENDIDIKAN
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/sjip.v7i1.399

Abstract

This study was conducted by applying correlational study which aimed to find out whether the students’ understanding in WH-Questions significantly correlates to their speaking ability in expression of asking and giving opinions. The subject of the study was 36 students at the 2020/2021 eighth year students of SMP Swasta Harapan Bangsa Kuala. The essay test consisted of 20 items was used to obtain the data on the students’ understanding in WH-Questions and oral test to collect the data on their speaking ability in asking and giving opinions. Beside the instrument of essay test which was analyzed as valid by looking at that coefficient of tcounted (5.85) was greater than the ttable coefficient (1.69092) and also it was analyzed as reliable by looking at that coefficient of reliability (0.793) was greater than the rtable coefficient (0.2785); as well as through the technique of Pearson Product Moment correlation analysis that the correlation coefficient of 0.72 was located between 0.600 – 0.799. It means that the degree of the correlation was considered as high. From the table of this critical value for Pearson’s r, it was got that for the 0.05 significance level the critical value was 0.2785. The data showed that the value of correlation coefficient (0.72) was higher than the critical value from the table (0.2785). This means that there is significant correlation between students’ understanding in WH-Questions and their speaking ability in expression of asking and giving opinions. Therefore, the hypothesis of the study is accepted.
EFEKTIFITAS METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN DETERMINAN DAN INVERS MATRIKS PADA SISWA KELAS X MM1 SMK NEGERI 1 KABANJAHE DI SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Henniwati Henniwati
Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 7, No 1 (2021): Vol.7 No. 1 (2021) : JURNAL SERUNAI ILMIAH ILMU PENDIDIKAN
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/sjip.v7i1.424

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pokok bahasan determinan dan invers matriks dengan penerapan metode problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia 1 SMK Negeri 1 Kabanjahe Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara, yang melibatkan 35 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar Matematika pokok bahasan determinan dan invers matriks dan penerapan metode problem based learning. Instrumen penelitian adalah tes tertulis. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparasi dengan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Matematika pokok bahasan determinan dan invers matriks siswa dilihat dari skor rata-rata. Skor rata-rata peningkatan hasil belajar Matematika pokok bahasan determinan dan invers matriks ditujukkan pada nilai rata-rata keadaan awal hasil belajar observasi pada pra siklus nilai rata-rata 60, pada Siklus I meningkat menjadi 66,71 dan pada Siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 81,57. Dari segi kriteria ketuntasan Minimal (KKM) pada observasi awal (prasiklus) siswa yang mencapai KKM sebesar 31,43%, pada Siklus I meningkat menjadi 45,71% dan pada Siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,57%. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini yaitu adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode problem based learning secara siknifikan, sehingga layak untuk diterapkan di SMK Negeri 1 Kabanjahe. 
HUBUNGAN PERSEPSI GURU TERHADAP PEKERJAAN, SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KEPUASAN KERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG M Dian Wahyudi
Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 7, No 1 (2021): Vol.7 No. 1 (2021) : JURNAL SERUNAI ILMIAH ILMU PENDIDIKAN
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/sjip.v7i1.419

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan persepsi guru terhadap pekerjaan dengan kepuasan kerja; (2) hubungan supervisi kepala sekolah dengan kepuasan kerja; (3) hubungan motivasi kerja dengan kepuasan kerja; dan (4) hubungan persepsi guru terhadap pekerjaan, supervisi kepala sekolah, dan motivasi kerja dengan kepuasan kerja. Subjek penelitian adalah guru SMP Negeri di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang dengan jumlah sampel sebanyak 168 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian digunakan cara random sampling.  Metode penelitian bersifat deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada saat penelitian dilakukan. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) terdapat hubungan yang berarti antara persepsi guru terhadap pekerjaan dengan kepuasan kerja sebesar ry1,23 = 0,388 > r tabel = 0,148; (2) terdapat hubungan yang berarti antara supervisi kepala sekolah dengan kepuasan kerja sebesar ry2,13 = 0,188 > r tabel = 0,148; (3) terdapat hubungan yang berarti antara motivasi kerja dengan kepuasan kerja sebesar ry3,12 = 0,282 > r tabel = 0,148; dan (4) terdapat hubungan yang berarti antara persepsi guru terhadap pekerjaan, supervisi kepala sekolah,  dan motivasi kerja dengan kepuasan kerja sebesar Ry(123) = 0,499 > r tabel = 0,148. Hasil penelitian diperoleh persepsi guru terhadap pekerjaan, supervisi kepala sekolah, dan motivasi kerja secara bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 24,9% terhadap kepuasan kerja, dan sisanya ditentukan keadaan lain.
EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS TOPIK ANNOUNCEMENT PADA SISWA KELAS X IPS.1 SMA NEGERI 5 MEDAN DI SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Poibe Hasibuan
Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 7, No 1 (2021): Vol.7 No. 1 (2021) : JURNAL SERUNAI ILMIAH ILMU PENDIDIKAN
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/sjip.v7i1.425

Abstract

Permasalahan yang menjadi bahasan topik dalam penelitian ini adalah bagaimana efektifitas penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris topik announcement. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran tutor sebaya. Sumber data penelitian ini adalah siswa semester ganjil di kelas X IPS.1 SMA Negeri 5 Medan yang berjumlah 34 siswa. Waktu Peneltian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018//2019 selama 4 Bulan. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian konversikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dapat diketahui bagaimana peningkatannya. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar kelas X IPS.1 SMA Negeri 5 Medan pada pelajaran hasil Bahasa Inggris topik announcement pada prasiklus di dapatkan hanya 11 siswa atau 32,35% dari seluruh siswa. Pada Siklus I ada sejumlah siswa yang berhasil meningkatkan hasil belajar bertambah 9 menjadi siswa 20 atau 58,82%. Pada Siklus II siswa yang berhasil meningkat hasil belajarnya mencapai 82,35% atau 28 siswa dari 34 siswa. Keberhasilan siswa dalam hasil belajar Bahasa Inggris topik announcement pada kelas X IPS.1 SMA Negeri 5 Medan mengalami adanya peningkatan yang signifikan. Hasil pengamatan kondisi observasi nilai rata-rata siswa 55,33 dan meningkat menjadi 67,28 pada Siklus I dan pada Siklus II yaitu meningkat menjadi 81,99. Kesimpulan efektifitas penerapan metode tutor sebaya terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris topik announcement pada siswa dengan baik sehingga layak diterapkan di SMA Negeri 5 Medan.
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN ALJABAR DALAM PEMBELAJARAN DARING DI ERA COVID-19 Silvia Harleni; Eka Espresia
Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 7, No 1 (2021): Vol.7 No. 1 (2021) : JURNAL SERUNAI ILMIAH ILMU PENDIDIKAN
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/sjip.v7i1.393

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa pokok bahasan bentuk aljabar dalam pembelajaran daring di era covid-19 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Bingai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1 guru matematika dan 30 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Bingai. Hasil presentase angket kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan bentuk aljabar dalam pembelajaran daring yaitu rata-rata pencapaian siswa mengenai kesulitan belajar siswa pada indikator kebiasaan belajar yaitu 33,33 %  pada kategori rendah berarti siswa tidak mengalami kesulitan belajar dan dapat menyesuaikan kebiasaan belajar dengan tuntutan dalam belajarnya. Rata-rata pencapaian siswa mengenai kesulitan belajar siswa pada indikator motivasi belajar yaitu 36,67 %  pada kategori sedang terkadang masih mengalami kesulitan belajar dan belum optimal dalam menyesuaikan motivasi belajar dengan tuntutan dalam belajarnya. Rata-rata pencapaian siswa mengenai kesulitan belajar siswa pada indikator kendala teknik yaitu 43,33 %   dan ketidakmampuan dalam pembelajaran daring yaitu 40% pada kategori tinggi berarti siswa mengalami kesulitan belajar dan tidak dapat menyesuaikan kendala teknik dan ketidakmampuan dalam pembelajaran  daring dengan tuntutan dalam belajarnya, sehingga proses kegiatan belajar tidak berkembang secara optimal.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA MELATI BINJAI TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Rika Manik; Fheti Wulandari Lubis
Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 7, No 1 (2021): Vol.7 No. 1 (2021) : JURNAL SERUNAI ILMIAH ILMU PENDIDIKAN
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/sjip.v7i1.421

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Melati Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Melati Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 80 siswa. sampel dalam penelitian ini adalah 80 siswa. Pada kelas eksperimen digunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) sedangkan kelas kontrol digunakan metode konvensional. jenis penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini adalah pretest posttest two group desain. Desain ini menentukan pengaruh perlakukan dengan hanya membandingkan rata-rata posttest antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol atau kelompok pembanding. Instrumen yang dugunakan untuk menjaring data dalam penelitian ini adalah tes bentuk uraian, yaitu menugaskan siswa menulis cerpen. Data yang diperoleh menggunakan rumus t adalah : thitung 3,13 pada tingkat kebebasan 78 (n1 + n2 – 2 = 39 + 41 – 2 = 78). Pada baris 78,  thitung adalah 2.00 = 0.05. Hasil ini menunjukkan  bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,13 >2.00.  
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ELEMEN INKUIRI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE Rajin Sembiring
Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 7, No 1 (2021): Vol.7 No. 1 (2021) : JURNAL SERUNAI ILMIAH ILMU PENDIDIKAN
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/sjip.v7i1.426

Abstract

Menulis sebagai salah satu kegiatan yang harus dihadapi siswa dalam proses pembelajaran, terutama untuk mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Melalui kegiatan menulis diharapkan siswa dapat menuangkan idenya baik yang bersifat ilmiah maupun imajinatif. Sekolah sebagai tempat siswa mengenyam pendidikan diharapkan dapat memberikan pembelajaran tentang menulis dengan baik menggunakan teknik yang tepat sehingga potensi dan daya kreativitas siswa dapat tersalurkan dengan baik, tidak hanya potensi yang terpendam. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Kabanjahe setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola; (2) bagaimana perubahan sikap dan perilaku siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Kabanjahe terhadap pembelajaran menulis cerpen, setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Kabanjahe setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola; (2) mendeskripsikan pendapat siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Kabanjahe terhadap pembelajaran menulis cerpen, setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Tiap siklus terdiri atas: (1) perencanaan; (2) tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Data penelitian diambil melalui tes dan nontes. Data tes yaitu berupa penilaian keterampilan menulis cerpen. Sedangkan alat pengambilan data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Simpulan dari penelitian ini yaitu peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Kabanjahe setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola terlihat dari hasil tes menulis cerpen siswa pada tahap prasiklus, Siklus I, dan Siklus II. Nilai rata-rata siswa pada prasiklus mencapai 53 kemudian setelah dilakukan Siklus I meningkat menjadi 73 atau meningkat sebanyak 25,94% dari prasiklus. Setelah dilakukan Siklus II meningkat menjadi 78 atau meningkat sebanyak 7,58% dari Siklus I dan meningkat sebanyak 49,22% dari prasiklus. 

Page 1 of 2 | Total Record : 13