cover
Contact Name
Dinda Rakhma Fitriani
Contact Email
mediakom@gunadarma.ac.id
Phone
+622178881112 ext. 516
Journal Mail Official
mediakom@gunadarma.ac.id
Editorial Address
Jalan Margonda Raya 100, Depok, Jawa Barat
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi
Published by Universitas Gunadarma
ISSN : 25979841     EISSN : 2686469X     DOI : http://dx.doi.org/10.35760/mkm
Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun, Juni dan Desember. Jurnal memuat artikel ilmiah hasil penelitian di bidang komunikasi secara luas, yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Jurnal ini diterbitkan oleh Bagian Publikasi Universitas Gunadarma
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2021)" : 12 Documents clear
VERBAL ABUSE PADA KOLOM KOMENTAR DI LAMAN INSTAGRAM TRANSPUAN Delfa Ayu Adelia; Mutia Rahmi Pratiwi
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2021.v5i1.3900

Abstract

Verbal abuse merupakan sebuah tindak kejahatan dalam bentuk tulisan maupun perkataan secara langsung yang berdampak pada psikologis seseorang (merasa tersakiti). Terdapat berbagai jenis verbal abuse namun pada penelitian ini hanya fokus pada jenis verbal abuse seperti body shaming, pelecehan seksual, penghinaan dan penistaan. Verbal abuse dapat terjadi secara nyata maupun melalui media sosial seperti Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis isi. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah self-disclosure sehingga pada hasil akan muncul bagaimana para transpuan mengungkapkan diri dan berdampak pada verbal abuse yang diterima. Adapun objek penelitiannya adalah laman digital transpuan sejumlah lima orang, yaitu: Millen Cyrus, Ian Hugen, Dena Rachman, Melly Bradley dam Gebby Vesta. Hasil penelitian menunjukan bahwa Gebby Vesta mendapatkan bentuk verbal abuse paling dominan dibanding transpuan lainnya, karena tampilan Self Disclosure dalam media Instagram-nya menunjukkan secara jelas tentang identitasnya sebagai seorang transpuan yang dibalut dengan konten seksualitas. Adapun bentuk kekerasan verbal yang diterima oleh kelima transpuan adalah bodyshamming, pelecehan seksual, penghinaan dan penistaan.
ANALISIS JARINGAN SOSIAL PALANG MERAH INDONESIA DALAM MENGHADAPI BENCANA DI INDONESIA (STUDI TWITTER @PALANGMERAH DENGAN HASHTAG (#)PMISIAPBANTU) Fajar Rizali Rakhman; Nuke Farida
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2021.v5i1.2349

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antar aktor dan mengetahui peranan relasi dalam jaringan sosial twitter PMI menggunakan hashtag (#)PMISIAPBANTU dalam menghadapi bencana di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan teknik analisis data analisis jaringan sosial. Teori yang digunakan dalam penelitian computer mediated communication. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktor yang paling banyak dihubungi atau menghubungi aktor lainnya didalam jaringan sosial twitter Palang Merah Indonesia dengan hashtag (#)PMISIAPBANTU yaitu akun palangmerah. Aktor yang memiliki peran penting dalam jaringan sosial twitter Palang Merah Indonesia dengan hashtag (#)PMISIAPBANTU adalah akun palangmerah. Aktor yang memiliki kedekatan dengan semua aktor lain didalam jaringan sosial twitter Palang Merah Indonesia dengan hashtag (#)PMISIAPBANTU adalah akun herryftanjung, akun pmi_solo, akun ksr_uns. Aktor yang memiliki peran sebagai perantara, penghubung, pengontrol informasi dan menjadi pusat perhatian pengguna lain ditwitter Palang Merah Indonesia dengan hashtag (#)PMISIAPBANTU adalah akun palangmerah. Tipe relasi dalam jaringan sosial twitter PMI adalah directed relation (mempunyai arah) bersifat simetris (dua arah). Jenis Relasi yang dibangun oleh PMI adalah komunikasi dan otoritas kekuasaan. Peranan PMI dalam komunikasi bencana adalah sebagai media penyampaian informasi dengan memanfaatkan synchronitas, jejaring sosial meliputi sistem tekstual (berbasis teks), grafis dan fotografi (gambar). Dalam konteks CMC, maka dapat disimpulkan bahwa PMI memanfaatkan teknologi informasi secara efektif dan efisien dalam penyebaran informasi bencana yang kredibel dimana PMI merupakan aktor yang penting dalam jaringan komunikasi tersebut. Saran bagi penelitian selanjutnya dapat menganalisis level kelompok dan sistem dalam jaringan sosial PMI.
EDUCATION SUSTAINABLE DEVELOPMENT: PENGUATAN INTEGRITAS SDM EKOWISATA KABUPATEN KEP. SERIBU MENUJU PARIWISATA BERBASIS SMART DESTINASI Dinda Rakhma Fitriani
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2021.v5i1.4630

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menghasilkan model peningkatan kapasitas dan kompetensi komunikasi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam lingkup pengembangan kawasan ekowisata. Melalui penggunaan teori Struktural Fungsional (Jones, 2009), dan Teori Klitgaard dan Ramirez Torres (1991) sebagai teori substantif, dengan pendekatan studi kasus dengan kategori multiple case study. Model yang dihasilkan melalui penelitian ini, mampu menjadi dasar pengembangan kapasitas dan kompetensi komunikasi SDM Kep. Seribu, agar dapat menjadi destinasi industri pariwisata yang bersih dan humanis, serta mampu memberi kesejahteraan pada warga lokal, melalui edukasi dan pendidikan karakter agar warga dan stakeholder mampu berdaya dengan potensi maritim yang dimiliki untuk diproyeksikan sebagai aset nasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pengembangan kapasitas dan kompetensi komunikasi SDM berbasis ekowisata dibutuhkan dalam pengembangan pariwisata pada wilayah Kabupaten Kep. Seribu berbasis smart destinasi. Empat aspek dalam implementasi dan pengembangan, yakni Adaptasi (A), Pencapaian tujuan atau goal attainment (G), Integrasi (I), dan Latensi (L), wajib dimiliki oleh sistem sosial di wilayah Kep. Seribu, agar masyarakat tetap mampu bertahan (survive), sejalan dengan perubahan aspek sosial kemasyarakatan yang terjadi pada wilayah Kabupaten Kep. Seribu, yang menjadi target dilaksanakannya pembangunan di sektor kepariwisataan.
PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU, KUALITAS WEB DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPERCAYAAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP MINAT BELI ONLINE Sugiharti Binastuti; Suryadi Hermanto
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2021.v5i1.3090

Abstract

Perkembangan Teknologi Internet memunculkan startup e-commerce dengan membangun market place. Penelitian ini menggunakan varibel Komunikasi Pemasaran Terpadu dan mengadopsi ISS Model dengan variabel Kualitas WEB  (Kualitas Informasi, Sistem dan Layanan)  dan Technology Acceptance Model (TAM), dengan variabel kemudahan  untuk melihat niat beli online  dengan menambahkan variabel kepercayaan sebagai Intervening. Pengaruh tiga variabel  prediktor terhadap niat beli online melalui kepercayaan dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Model. Responden  penelitian sebanyak 260 yang terdiri dari masyarakat umum dan mahasiswa yang mengisi kuisioner secara online. Jumlah responden mayoritas perempuan (74,23%), sudah mempunyai pekerjaan tetap (50,1%), dengan rata-rata pendapatan per bulan < 5 jt (61,2%).  Berdasarkan nilai Average Variance Extracted (AVE) dan Composite Reliability pada analisis CFA, semua butir pertanyaan untuk setiap latent variable mempunyai reliabiitas di atas 0,70 dan validitas di atas 0,50. Model empiris mempunyai Goodness of fit yang dapat diterima berdasarkan nilai c2/df, CMIN/DF, GFI, NFI; IFI, TLI, CFI, dan RMSEA.   Tiga variabel berpengaruh terhadap kepercayaan yaitu kualitas informasi, kualitas layanan dan kemudahaa, sedangkan komunikasi pemasaran terpadu dan kualitas layanan tidak terbukti mempunyai pengaruh. Niat Beli Online dipengaruhi oleh Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Kepercayaan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran terpadu berpengaruh langsung terhadap niat beli online tidak melalui kepercayaan.
ANALISIS PARTISIPASI DALAM KOMUNITAS VIRTUAL (STUDI NETNOGRAFI PADA KOMUNITAS GAME ONLINE) Wijaya, Widiastiana Vista
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 1 (2021): On Progress
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2021.v5i1.4631

Abstract

abstrak
STUDI ETNOGRAFI BUDAYA PUBLIC RELATIONS RUANG BEKA DALAM MENGEDUKASI ANTIBULLYING MELALUI MEDIA INSTAGRAM Rosdiani, Khairunnisa; Safitri, Dini
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 1 (2021): On Progress
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2021.v5i1.3331

Abstract

Kasus bullying yang terus meningkat di Indonesia sehingga banyak akun media sosial yang menciptakan ruang untuk bercerita untuk para korban bullying salah satunya akun instagram ruang beka. Penelitian ini dibuat dengan tujuan mengetahui bagaimana studi enografi budaya public relations ruang beka dalam mengedukasi antibullying melalui media instagra. Penelitian ini menggunakan metode etnografi dan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi melalui akun insgram ruang beka. Penelitian ini memiliki hasil yaitu public relations ruang beka memiliki runtutan kegiatan seperti riset analisis, mengkaji hasil riset, dan membuat konten yang di sebarkan di akun media sosial instagram yang sesuai dengan kajian teoritis dari model IPPAR dengan maksud untuk membentuk budaya antibullying melalui instagram..
KONTRIBUSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL DARING DALAM PROSES PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA BARU DI ERA PANDEMI COVID-19 Fitri Dwi Lestari; Dani Setiadarma; Deri Virmadi
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2021.v5i1.4632

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan besarnya kontribusi komunikasi  interpersonal terhadap proses penyesuaian diri pada mahasiswa baru di era pandemi covid-19. Sampel penlitian ini adalah mahasiswa tingkat pertama sebanyak 120 responden. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dimana peneliti menetapkan kriteria yang telah ditentukan, yaitu mahasiswa tingkat pertama yang masuk universitas tahun 2020 dan melaksanakan kuliah serta komunikasi dengan teman kuliah lewat daring. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala Likert, kemudian diolah dengan  program statistik dan dianalisis menggunakan Teori Penetrasi Sosial. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat kontribusi komunikasi interpersonal dalam proses penyesuaian diri pada mahasiswa baru di era pandemi covid-19, dengan besaran kontribusinya yaitu 49.8%. Dari hasil uji t dinyatakan komunikasi interpersonal mempengaruhi secara signifikan terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru karena nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel, serta pengaruhnya bersifat positif yang artinya jika komunikasi interpersonal diterapkan dengan sangat baik maka akan mengasilkan penyesuaian diri yang tinggi
PENGARUH PERKEMBANGAN DIGITALISASI MEDIA PADA PORTAL BERITA KOMPAS TERHADAP MINAT BACA MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA) Dyah Setiowati; Resyla Cheril; Marisa Puspita Sary
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2021.v5i1.3377

Abstract

Perkembangan media massa di Indonesia telah mengalami banyak perubahan sejak adanya teknologi internet. Hal tersebut akhirnya membuat media cetak terus melakukan transformasi agar tidak tertinggal dan kalah bersaing. Salah satu contoh media yang telah melakukan inovasi dalam memenuhi tuntunan zaman yang semakin serba digital seperti sekarang ini yaitu portal berita Kompas. Kemudahan dalam mengakses media digital mengakibatkan sikap masyakarat berubah dalam membaca dan menyebabkan adanya cara membaca baru, dimana masyarakat banyak yang memutuskan membaca berita melalui media online dibandingkan media cetak. Hal ini yang menarik peneliti melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Perkembangan Digitalisasi Media Pada Portal Berita Kompas Terhadap Minat Baca Masyarakat”. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yaitu; (1) Untuk mengetahui bagaimana perkembangan digitalisasi media pada portal berita kompas. (2) Untuk mengetahui bagaimana sikap minat baca masyarakat pada portal berita kompas. (3) Untuk mengetahui hubungan antara perkembangan digitalisasi media pada portal berita kompas dengan minat baca masyarakat. Dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, metode penelitian kuantitatif.
KOMUNIKASI KELOMPOK REMAJA “ASIKIN AJA” PENGONSUMSI ALKOHOL DI JAKARTA (STUDI KASUS KOMUNIKASI KELOMPOK PADA REMAJA DI JAKARTA DALAM PENGONSUMSIAN ALKOHOL) Riezka Tri Wardhani; Purwanti Hadisiwi; Ditha Prasanti
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2021.v5i1.4633

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) Mengapa Kelompok remaja mengonsumsi alkohol secara berkelompok, 2) Bagaimana proses komunikasi yang terjadi dalam memutuskan mengonsumsi alkohol, 3) Bagaimana peran individu dalam kelompok remaja pengonsumsi alkohol, 4) Bagaimana norma dalam kelompok remaja pengonsumsi alkohol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara yang mendalam dan melakukan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Anggota kelompok Asikin Aja memiliki dua alasan mengonsumsi minuman beralkohol yaitu adanya rasa ingin tahu yang tinggi dan paksaan dari luar serta memiliki tujuan kelompok yaitu menjunjung tinggi solidaritas kelompok, 2) Adanya bahasa tersendiri di dalam kelompok untuk mengajak anggotanya mengonsumsi alkohol, menjaga tutur kata dan menjaga hubungan dengan baik antar anggota 3) Adanya pemimpin dalam kelompok Asikin Aja yang dipilih secara tidak langsung mengarah pada satu orang karena anggota merasa kapabilitas yang cukup dan bijaksana yang dimilikinya diakui sendiri oleh anggota tersebut adalah pemimpin dan adanya peran dalam setiap individu, 4) Ada norma tidak tertulis didalam kelompok untuk tidak menimbulkan kerusuhan saat supaya tidak memunculkan perasaan emosional yang meningkat agar tidak ada konflik dalam kelompoknya.
MAKNA UCAPAN KEBENCIAN ZIKRIA DZATIL KEPADA WALIKOTA SURABAYA TRI RISMAHARINI (STUDI ANALISIS FRAMING MEDIA ONLINE SUARASURABAYA.NET DI SURABAYA) Dyah Anggraini; Pitoyo Pitoyo
Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Gunadarma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35760/mkm.2021.v5i1.4046

Abstract

Perkembangan informasi dan teknologi pada kehidupan dunia maya telah menghapus batasan-batasan bagi manusia untuk berinteraksi dan bersosialisasi. Salah satu contoh perkembangan TIK adalah penggunaan media sosial. Media sosial dapat memberikan manfaat yang positif. Sebagai contoh, penggunaan media sosial sebagai media pemasaran, perdagangan, mencari koneksi, memperluas pertemanan dan masih banyak contoh positif lainnya. Disisi lain, penggunaan media sosial dapat memberikan dampak negatif jika dipergunakan dengan tidak bijaksana. Salah satu contoh penggunaan media massa yang tidak bijaksana adalah ujaran kebencian yang diunggah oleh seorang ibu rumah tangga yang bernama Zikria Dzatil pada laman akun Facebooknya. Zikria mengungah hinaan kepada Waikota Surabaya Tri Rismaharini. Unggahan ini diberitakan oleh banyak media massa online dan offline. Salah satu media yang memberitakan kasus ini adalah media massa online www.suarasurabaya.net. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Terdapat 23 berita yang terkait dengan ujaran kebencian Zikria yang diunggah oleh media suarasurabaya.net. Pemberitaan pertama diunggah pada Jum’at 24 Januari 2020 hingga dibebaskannya Zikria dari penahanan pada Senin 17 Februari 2020. Kata kunci yang sering muncul adalah kata kunci “Penghina” sebanyak 12 berita dan diikuti dengan kata kunci “Zikria Dzatil” sebanyak 9 berita. Media massa online ini lebih menekankan bagaimana pembingkaian berita dengan menggunakan kata penghina dalam kasus Zikria agar khalayak tertarik untuk membaca berita ini. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model framing Robert Entman yang terbagi dalam empat tahapan. Pada elemen pertama yaitu problem identification, menekankan bagaimana harian online suarasurabaya.net memaknai peristiwa yang terjadi.  Pemaknaan ini berbeda untuk setiap wartawan. Pada elemen yang kedua, yaitu Diagnose causes digunakan untuk membingkai Zikria Dzatil yang dianggap aktor / sumber permasalahan dari peristiwa penghinaan ini. Pada elemen moral evaluation, wartawan suarasurabaya.net membenarkan pemberitaan yang mereka unggah pada halaman beritanya. Pada elemen yang terakhir yaitu treatment recommendation digunakan untuk menilai apa yang dikehendaki oleh suarasurabaya.net. Suarasurabaya.net menekankan kata penghina dalam kasus ini yang menggiring khalayak bahwa Zikria adalah penghina Walikota Surabaya dan langkah hukum harus diambil. Berdasarkan beberapa contoh yang diberikan dalam penelitian ini belum terdapat kesamaan hukum akan ujaran kebencian melalui media sisoal. Penelitian ini juga menunjukkan jika kasus sejenis terjadi dan tidak tertangkap serta dibesar-besarkan oleh media maka tidak banyak masyarakat yang tahu sehingga tidak terekspos dan berujung pada pelaporan dan penangkapan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12