cover
Contact Name
Aris Setia Noor, SE.,M.Si
Contact Email
arissetianoor@gmail.com
Phone
+6285247409444
Journal Mail Official
arissetianoor@gmail.com
Editorial Address
Jalan Adhyaksa No 2 Kayu Tangi Banjarmasin Kalimantan Selatan 70123
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial
ISSN : -     EISSN : 26562928     DOI : 1031602
Core Subject : Social,
Dalam rangka memperluas media publikasi dan desiminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Ilmu - Ilmu Sosial, Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-banjary Banjarmasin telah menerbitkan Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial dengan e-ISSN : 2656-2928 dan secara berkala sudah terbit 2 kali dalam satu tahun (bulan Maret dan September). Jurnal ini menampung gagasan ilmiah dan hasil penelitian dari Akademisi Perguruan Tinggi, dan Peneliti dari seluruh Indonesia.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2024): September 2024" : 7 Documents clear
TANTANGAN BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK PROVINSI KALIMANTAN TENGAH DALAM MENJAGA PERSATUAN DAN KESATUAN DI TAHUN POLITIK Evalonicae, Evalonicae; Krismidayanti, Krismidayanti
Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial Vol 6, No 2 (2024): September 2024
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jt.v6i2.15059

Abstract

Era digital membawa perubahan signifikan dalam bidang pemerintahan dan politik, menawarkan peluang dan tantangan baru bagi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan utama yang dihadapi Kesbangpol di era digital dan menyusun strategi adaptasi yang efektif. Metode kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan digital dan pengembangan infrastruktur teknologi informasi yang memadai sangat penting. Inisiatif digital seperti platform e-participation dan program pendidikan politik digital juga diidentifikasi sebagai strategi kunci. Adaptasi dan inovasi ini memungkinkan Kesbangpol untuk tetap relevan dan efektif dalam menjaga stabilitas politik dan kesatuan bangsa di Kalimantan Tengah.
Peran Asosiasi “Giri Putra Bakti” Dalam Memperkuat Modal Sosial Desa Wisata Genilangit Ekasari, Fitria Juliana; Sulismadi, Sulismadi; Sulistyowati, Tutik
Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial Vol 6, No 2 (2024): September 2024
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jt.v6i2.15549

Abstract

Modal sosial merupakan komponen penting dalam pembangunan berkelanjutan, karena berpotensi untuk memobilisasi partisipasi masyarakat secara strategis dalam pembangunan. Asosiasi Giri Putra Bakti, sebagai wadah bagi pelaku wisata di Desa Genilangit untuk mengembangkan wisata secara berkelanjutan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran peran asosiasi “Giri Putra Bakti” dalam memperkuat modal sosial desa wisata Genilangit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Modal sosial desa wisata Genilangit yang terdapat dalam asosiasi Giri Putra Bakti memiliki pengaruh dalam mengembangkan desa wisata Genilangit. Hal tersebut dapat dilakukan melalui meningkatkan rasa kepercayaan, memperluas jaringan sosial, serta memberlakukan norma agar kegiatan yang dilakukan sesuai dengan tujuan yang sudah disepakati sebelumnya.
SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KABUPATEN BARITO TIMUR Haris, Abdul; Susanto, Didi; Madihah, Husnul
Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial Vol 6, No 2 (2024): September 2024
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jt.v6i2.14434

Abstract

Penelitian ini dengan tujuan (1) Mendeskripsikan Perencanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri kabupaten Barito Timur. (2) Mendeskripsikan Pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri kabupaten Barito Timur. (3) Mendeskripsikan Evaluasi supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri kabupaten Barito Timur. (4) Mendeskripsikan Tindak lanjut supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri kabupaten Barito Timur. (5) Mendeskripsikan Kendala kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri kabupaten Barito Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan kepala madrasah dan guru sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik Analisis data yaitu memvalidasi data, mengorganisasikan data, penyajian data dan penafsiran data atau membuat kesimpulan.Hasil menunjukan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sebagai berikut (1) Tahap perencanaan menentukan jadwal pelaksanaan supervisi, penyusunan dokumen-dokumen pembelajaran untuk supervisi serta lembar penilaian oleh kepala madrasah. (2) Tahap pelaksanaan dengan observasi kelas dan kunjungan kelas melihat pembelajaran secara langsung kemudian mencatat dan menilai proses pembelajaran yang berlangsung tersebut. (3) Tahap evaluasi yaitu memanggil langsung guru yang disupervisi satu persatu, menyampaikan mengenai beberapa catatan maupun masukan yang berkaitan dengan hasil dari penilaian selama supervisi dilakukan seperti kesesuaian RPP dan Modul Ajar, metode, media dan teknik penilaian pembelajaran. (4) Tahap tindak lanjut setelah dilakukan evaluasi supervisi oleh kepala madrasah yaitu dengan memberikan pelatihan sebagai penguatan dan menambah wawasan pengetahuan bagi dewan guru agar lebih baik lagi kedepannya. (5) Kendala yang dihadapi oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru terutama dalam kegiatan supervisi akademik yaitu keterbatasan waktu kepala madrasah untuk memanggil dewan guru satu-persatu untuk dievaluasi, kekurangan guru dan  jumlah jam guru mengajar yang sangat padat sehingga sulit untuk mengatur jadwal kegiatan supervisi, kesulitan dalam mengalokasikan waktu untuk kegiatan tindak lanjut karena padatnya jam mengajar guru.
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM ERA MASYARAKAT 5.0 Yuridka, Fitrah; Nazaruddin, Nazaruddin
Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial Vol 6, No 2 (2024): September 2024
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jt.v6i2.16281

Abstract

Era Masyarakat 5.0 mengusung paradigma baru yang mengintegrasikan teknologi canggih dengan kehidupan sosial untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Dalam konteks pendidikan, hal ini mendorong transformasi kurikulum agar relevan dengan kebutuhan zaman yang terus berubah. Kurikulum Merdeka, yang diperkenalkan di Indonesia, bertujuan untuk memberikan kebebasan lebih dalam penyampaian materi ajar dan mendorong pembelajaran berbasis kompetensi serta karakter.Abstrak ini membahas implementasi Kurikulum Merdeka dalam era Masyarakat 5.0, menyoroti bagaimana pendekatan ini dapat menjawab tantangan dan peluang yang muncul dari perkembangan teknologi dan perubahan sosial. Kajian ini mencakup tiga aspek utama: integrasi teknologi dalam proses pembelajaran, pengembangan keterampilan abad ke-21, dan penyesuaian kurikulum dengan kebutuhan individu siswa.Pertama, teknologi berperan sebagai alat bantu dan sumber daya dalam Kurikulum Merdeka, memperluas akses pembelajaran dan memungkinkan personalisasi pendidikan. Penggunaan alat digital seperti platform pembelajaran daring, aplikasi edukatif, dan data analitik dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar-mengajar.Kedua, Kurikulum Merdeka mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti kreativitas, pemecahan masalah, dan keterampilan kolaboratif. Dalam era Masyarakat 5.0, keterampilan ini menjadi sangat penting untuk menghadapi tantangan kompleks yang timbul dari digitalisasi dan otomatisasi.Ketiga, kurikulum ini dirancang agar fleksibel dan adaptif terhadap kebutuhan individu siswa, memberikan ruang untuk pendekatan pembelajaran yang lebih terpersonalisasi dan berbasis pada minat serta potensi siswa.Melalui implementasi Kurikulum Merdeka, diharapkan pendidikan dapat lebih relevan dengan dinamika dan kebutuhan era Masyarakat 5.0, mempersiapkan siswa untuk menjadi individu yang tidak hanya kompeten secara akademis, tetapi juga siap berkontribusi secara positif dalam masyarakat yang terus berubah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para pendidik, pembuat kebijakan, dan pemangku kepentingan dalam merancang dan melaksanakan kurikulum yang responsif terhadap tuntutan zaman.Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Era Masyarakat 5.0, Pendidikan Teknologi, Inovasi Pendidikan.
KONFLIK RUMAH TANGGA DOUBLE INCOME KARYAWAN UMKM DEWANDARU KOTA MALANG Pratama, Ervandra Rendy; Sulismadi, Sulismadi
Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial Vol 6, No 2 (2024): September 2024
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jt.v6i2.14684

Abstract

Era modern saat ini sudah hal umum ketika seorang perempuan memiliki pekerjaan layaknya seorang pria. Jika sebelumnya tugas mencari nafkah atau bekerja dibebankan pada seorang pria selaku kepala rumah tangga juga sebagai suami dalam keluarga, namun kini kegiatan bekerja juga dilakukan oleh wanita. Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk menyelidiki faktor-faktor yang menjadi pemicu konflik dalam keluarga double income karyawan UMKM Dewandaru Kota Malang. Dengan fokus pada faktor-faktor konflik rumah tangga, diharapkan hasil penelitian ini akan memberikan gambaran yang lebih terperinci tentang penyebab permasalahan yang dihadapi keluarga-keluarga ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyebab konflik rumah tangga pada keluarga double income karyawan UMKM Dewandaru Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori kelas Karl Marx digunakan dalam menganalisis penyebab konflik dengan gambaran bahwa wanita atau istri dianggap sebagai kelas lemah yang harus menuruti suami sebagai kelas yang kuat. Hasil penelitian ini adalah ditemukan empat penyebab konflik rumah tangga yaitu perbedaan pengeluaran keuangan, kurangnya komunikasi dan waktu berkualitas bersama, pandangan tradisional yang menempatkan peran utama wanita sebagai pengurus rumah tangga dan anak-anak serta ketidaksetaraan dalam hubungan.
PEMBERDAYAAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN MENUJU SEKOLAH BERMUTU fawwaz, Alwan; Susanty, Susanty
Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial Vol 6, No 2 (2024): September 2024
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jt.v6i2.16291

Abstract

Pendidikan tidak hanya tanggungjawab pemerintah, tetapi juga tanggungjawab orang tua dan masyarakat. Partisipasi masyarakat dan orang tua di sekitarnya sangat penting. Di satu sisi sekolah memerlukan masukan dari masyarakat dalam menyusun program yang relevan, sekaligus memerlukan dukungan masyarakat dalam melaksanakan program tersebut. Penyelenggaraan pendidikan akan lebih berhasil jika adanya kerjasama antara sekolah dengan orang tua dan masyarakat. Berbicara tentang pendidikan, hal pertama yang tersirat dalam benak kita adalah “sekolah”. Sekolah dalam hal ini merupakan suatu organisasi publik yang memberikan jasa layanan pendidikan bagi masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas individu masyarakat itu sendiri. Oleh karenanya, menjadi suatu hal yang wajar apabila masyarakat menuntut tersedianya “sekolah yang baik” yang tercermin dari efektifitas kinerja sekolah yang bersangkutan. Sangat disadari bahwa secara nasional, pendidikan bermutu masih menjadi masalah krusial di negara ini. Masalah mutu pendidikan memang masih menjadi persoalan utama. Perbaikan mutu yang hampir menjadi program setiap menteri yang duduk di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tapi sampai sekarang belum tuntas. dibantu oleh komite dan paguyuban wali murid yang bertindak sebagai partner sekolah dalam melaksanakan kegiatan di sekolah supaya berjalan dengan lancar.Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Pendidikan Berkualitas, Peningkatan Mutu Pendidikan
PENTINGNYA LOGIKA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN KOMUNIKASI YANG BERKUALITAS Saputri, Evita; Azzahra, Septa Fauziah
Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial Vol 6, No 2 (2024): September 2024
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jt.v6i2.14861

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran yang dimainkan oleh logika dalam membangun hubungan komunikasi yang berkualitas. Dengan mengintegrasikan analisis studi literatur, penelitian ini menyoroti pentingnya logika dalam konteks komunikasi interpersonal dan publik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa logika memiliki dampak signifikan dalam menyusun pesan secara jelas dan terstruktur, meningkatkan kredibilitas pengirim pesan, serta memperkuat keefektifan argumen yang disampaikan. Dalam konteks hubungan interpersonal, logika memfasilitasi pembentukan hubungan yang kokoh berdasarkan pemahaman yang mendalam dan saling penghargaan. Di sisi lain, dalam komunikasi publik, penggunaan logika membantu membangun kepercayaan antara pembicara dan audiens, memungkinkan pesan-pesan yang disampaikan untuk diterima dengan lebih baik. Kesimpulannya, penelitian ini menegaskan bahwa pemahaman yang matang tentang logika dan kemampuan untuk mengaplikasikannya secara efektif sangat penting dalam upaya memperkuat kualitas hubungan komunikasi. Implikasi dari penelitian ini menggarisbawahi perlunya pendekatan yang berbasis logika dalam proses komunikasi untuk mencapai pemahaman yang lebih baik, meminimalisir kesalahpahaman, dan memperkuat ikatan sosial

Page 1 of 1 | Total Record : 7