cover
Contact Name
MANNERS
Contact Email
mjurnal.nurtanio@gmail.com
Phone
+6281224355173
Journal Mail Official
mjurnal.nurtanio@gmail.com
Editorial Address
Universitas Nurtanio Jalan Pajajaran 219 Bandung
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
MANNERS Management and Entrepreneurship Journal
Published by Universitas Nurtanio
ISSN : 26142309     EISSN : 27209105     DOI : -
Core Subject : Science,
MANNERS adalah sebuah publikasi karya ilmiah yang diterbitkan secara berkala sebanyak dua (2) kali dalam satau tahun yaitu bulan Maret dan Oktober. Adapun tujuan pembuatan jurnal manajemen ini adalah memberikan fasilitas bagi rekan rekan dosen untuk menyalurkan karya ilmiah dalam bidang manajemen. Selain dosen, mahasiswa, dan praktisi juga berkesempatan mengirimkan artikel. Jurnal Manajemen juga sebagai tempat bertukar karya ilmiah di bidang manajemen.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2020): Maret" : 6 Documents clear
ANALISIS PELUANG DAN TANTANGAN INDUSTRI COWORKING SPACE STUDI KASUS: CO&CO WORKING SPACE BANDUNG Ronny Trian Surbakti; Lilian Danil
Management and Entrepreneurship Journal Vol 3 No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Perkembangan industri Coworking Space (ruang kerja bersama) di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang signifikan, berdasarkan data asosiasi coworking Indonesia tahun 2018, tercatat dari semula hanya sekitar 40 Coworking Space (2013) kini menjadi 200, atau meningkat sebanyak 400%. Peningkatan ini tidak lepas dari perkembangan bisnis start up serta peran serta UMKM yang mulai melek dengan digitalisasi dan membutuhkan tempat yang dapat memfasilitasi mereka untuk berkolaborasi. Hal tersebut memunculkan pertanyaan bagaimana peluang dan tantangan industri tersebut dimasa depan? Kenyataannya banyak permasalahan yang dihadapi seperti belum teredukasinya masyarakat akan konsep Coworking Space, serta regulasi yang belum jelas mengenai bagaimana peraturan baku mengenai bisnis penyediaan ruang kerja bersama (Coworking Space). Objek  penelitian ini dilakukan bisnis Coworking Space di kota bandung khususnya pada Co&Co Working Space Bandung. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi pola bisnis Coworking Space di kota bandung ; (2) mengidentifikasi peluang dan tantangan bisnis tersebut dengan menggunakan analisa SWOT. Dalam penelitian ini, informasi diperoleh melalui metode observasi, wawancara serta studi literatur mengenai data yang berhubungan dengan topik penelitian. Kerjasama dengan pemerintah juga dirasakan perlu apalagi mengingat bahwa kota Bandung pada saat ini sedang gencar mendorong industri diberbagai bidang dengan pengetahuan akan teknologi digital, membuat peluang akan industri coworking space di kota Bandung. Saran bagi penelitian ini adalah diharapkan peran serta pelaku industri coworking space seperti Co&Co working space untuk lebih aktif dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat luas termasuk kepada segmen pasar milenials saran lain bagi penelitian selanjutnya adalah agar peneliti lain dapat menambah objek penelitian lainnya yang berada di dalam dan luar kota Bandung.Kata kunci : Coworking Space, SWOT analysis, Co&Co Working Space, Bandung
PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS RASIO DAN EVA PADA PERUSAHAAN YANG Martalena Martalena; Dini Dini
Management and Entrepreneurship Journal Vol 3 No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penilaian kinerja perusahaan perlu dilakukan untuk menilai apakah perusahaan dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dalam melakukan penilaian kinerja ini dapat dilakukan dengan beberapa metode yang mempunyai kelebihan dan kekurangan masingmasing Penelitian ini melakukan perbandingan penilaian kinerja perusahaan menggunakan metode analisis rasio keuangan khususnya rasio profitabilitas yaitu Net Profit Margin, Return on Asset, dan Return on Equity dengan metode Economic Value Added (EVA). Kedua metode ini mempunyai perbedaan dimana rasio profitabilitas hanya melihat dari sisi kemampuan menghasilkan laba sementara EVA melihat kemampuan menghasilkan nilai tambah yang melibatkan biaya yang digunakan dalam menghasilkan laba. Tujuan penelitian ini untuk melihat apakah ada perbedaan hasil antara kedua metode tersebut. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan yang sudah go public dan terdaftar di LQ 45 dengan sampel sebanyak 14 perusahaan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampan perusahaan menghasilkan laba yang baik tidak selalu diikuti oleh kemampuan menghasilkan nilai tambah yang baik bagi perusahaan.Kata kunci: Rasio Profitabilitas, Return on Asset, Return on Equity, Economic Value Added.
PENGARUH DIMENSI BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN Yati Yulianty
Management and Entrepreneurship Journal Vol 3 No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Kepuasan konsumen merupakan hal penting dalam keberlangsungan bisnis kuliner, terutama dalam menghadapi persaingan pasar saat ini. Strategi pemasaran melalui pendekatan bauran pemasaran dan kualitas layanan diharapkan mampu menciptakan kepuasan, oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan melihat pengaruh kualitas produk, harga, tempat, promosi sebagai dimensi bauran pemasaran dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan hubungan kausal, melalui pendekatan kuantitatif dengan uji statistika analisis regresi linear berganda. Pengumpulan data melalui kuesioner dengan populasi adalah konsumen Café X dengan sampel yang digunakan berjumlah 100 responden melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh secara simultan dari kualitas produk, harga, tempat, promosi dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial, hanya kualitas produk, harga dan kualitas layanan yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sedangkan tempat dan promosi tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.Kata Kunci: Dimensi bauran pemasaran, kualitas layanan, kepuasan konsumen.
PENGARUH BRAND PERSONALITY TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PRODUK BODY BUTTER / BODY CREAM THE BODY SHOP Desta Sulaesih Mursyidah; Nidya Novalia; Riska Mustika
Management and Entrepreneurship Journal Vol 3 No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACTPenelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait brand personality dan minat beli produk body butter / body cream The Body Shop. Permasalahan tersebut didasari dengan hasil Top Brand dari Tahun 2017 – 2018 terdapat penurunan posisi / peringkat, hal ini menunjukkan bahwa kekuatan brand personality pada produk body butter / body cream mengalami penurunan. Brand personality merupakan faktor pembentuk parameter pertama untuk mengukur nilai presentase TBI, yaitu top of mind brand awareness. Permasalahan ini diperkuat dengan adanya hasil pra survei pada variabel minat beli, dimana ditemukan masih adanya minat beli pada produk body butter / body cream. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand personality yang terdiri dari sincerity, excitement, competence, dan sophistication terhadap minat beli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan sampel 100 orang responden yang mengetahui merek The Body Shop. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan sub variabel sincerity, excitement, competence, dan sophistication berpengaruh signifikan terhadap minat beli, dan koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel brand personality berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli sebesar 42,8% sedangkan sisanya sebesar 57,2% dipengaruhi faktorfaktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata Kunci: brand personality, minat beli, produk body butter / body cream The Body Shop
PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMPUTER DAN IMPLEMENTASI PENGGUNAAN FASILITAS TERHADAP KEBIJAKAN PENDIDIKAN DAN PENINGKATAN MUTU MENGAJAR GURU SEKOLAH MENGAH KEJURUAN (SMK) AL-FALAH BANDUNG Asep Mulyana; Jojo Sudarjo
Management and Entrepreneurship Journal Vol 3 No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh teknologi informasi dan  implementasi kebijakan pendidikan dan besaran kontribusi teknologi informasi dan implementasi kebijakan pendidikan terhadap mutu pelayanan sekolah pada SMK Al-Falah di Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan tipe penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada SMK Al-Falah di Bandung. Sampel penelitian sebanyak 40 responden tenaga pendidik dan kependidikan pada SMK Al-Falah di Bandung. Data penelitian dikumpulkan dengan alat kuestioner model skala likert dengan lima pilihan yang telah terbukti memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang dipersyaratkan. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS version 20 for Windows.Kata kunci: Teknologi Informasi; Implementasi Kebijakan Pendidikan; Mutu Pelayanan Sekolah 
STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MELALUI PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA ONLINE SHOP Nidya Novalia; Intan Clara Pandini; Yuniati Fransisca
Management and Entrepreneurship Journal Vol 3 No 1 (2020): Maret
Publisher : Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK (Seiring dengan berkembangnya jaman banyak bermunculan jenis-jenis sepatu dengan model dan tipe yang bervariasi. Hal ini membuat tingkat penjualan sepatu berkembang pesat. IDworldshop sebagai salah satu pelaku usaha sepatu yang berada di Bandung dan berdiri sejak 2012. Hingga saat ini IDworldshop belum memiliki model bisnis, dengan menciptakan model bisnis yang tepat, IDworldshop dapat menghadapi persaingan serta mengembangkan usahanya. Penelitian ini dilakukan untuk memetakan bisnis IDworldshop dengan business model canvas. Setelah itu dihasilkan rancangan bisnis model baru sebagai pengembangan bisnis IDworldshop. Hasil pengolahan menyatakan gambaran model bisnis IDworldshop sudah baik jika ditinjau dari business model canvas. Dan dari hasil analisis SWOT diketahui kekuatan dan peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usahanya, serta ditemukan juga kelemahan dan ancaman yang harus diwaspadai oleh IDworldshop. Dari hasil yang diperoleh, IDworldshop disarankan untuk dapat mengembangkan bisnisnya dengan meningkatkan customer segment, memberikan pelayanan dengan memberikan diskon dan souvenir, serta meningkatkan pendapatan dengan menambah variasi produk penjualan. Kata Kunci : Business Model Canvas dan Strategi pengembangan bisnis

Page 1 of 1 | Total Record : 6