cover
Contact Name
Durinda Puspitasari
Contact Email
jpap@unesa.ac.id
Phone
+6282318003366
Journal Mail Official
jpap@unesa.ac.id
Editorial Address
Gedung G1 lt. 2 Ruang Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Kampus Ketintang Surabaya 60231 Telp. (031) 8285362/8299945 Fax. (031) 8293416
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)
ISSN : -     EISSN : 23389621     DOI : https://doi.org/10.26740/jpap.v10n1
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) e ISSN 2338-9621 diterbitkan Universitas Negeri Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI). Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran Pendidikan Administrasi Perkantoran dan bidang studi Ilmu Administrasi Perkantoran yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan, lembaga pendidikan tinggi, dunia usaha dan industri terutama yang berkaitan dengan pengajaran dan pembelajaran manajemen kantor, manajemen arsip, sistem manajemen kualitas, komunikasi kantor, manajemen sumber daya manusia, sistem informasi manajemen, dan perilaku organisasi pendidikan.
Articles 41 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 4 (2019)" : 41 Documents clear
PENGEMBANGAN PERMAINAN MONOPOLI BERBASIS CAI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS JABATAN, TUGAS DAN URAIAN PEKERJAAN KELAS X MP 1 SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO ARUMA NURFITRIANA, MEGA; NUGRAHA, JAKA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 7, No 4 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini guna mengetahui proses pengembangan media pembelajaran permainan monopoli berbasis CAI pada kompetensi dasar menganalisis jabatan, tugas dan uraian pekerjaan kelas X MP 1 SMKN 2 Buduran Sidoarjo, mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media, mengetahui respon siswa dari media pembelajaran yang di kembangkan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Devolepment (R&D). Model pengembangan yang digunakan ialah model 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini dilakukan uji coba terbatas dengan responden sebanyak 20 peserta didik Kelas X MP 1 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Instrumen penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media dan lembar respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi materi, analisis validasi media dan analisis lembar respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media pembelajaran permainan monopoli berbasis CAI yang diolah dengan program Adobe Flash CS6 termasuk dalam kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran diperoleh dari persentase penilaian ahli materi sebesar 90% dengan interpretasi sangat kuat dan ahli media sebesar 82% dengan interpretasi sangat kuat. Sedangkan hasil respon siswa melalui uji coba terbatas didapatkan dari nilai persentase sebesar 88% dengan interpretasi sangat kuat. Dengan demikian, media pembelajaran permainan monopoli berbasis CAI pada kompetensi dasar menganalisis jabatan, tugas dan uraian pekerjaan layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas X MP 1 SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan Monopoli, Computer Asissted Instruction, Model Pengembangan 4D. Abstract The research is aimed to know the process of the development of media learning the game of monopoly -based CAI on a competency basis of analyzing the job position, assignments and job description grade X MP 1 SMKN 2 Buduran Sidoarjo , determine eligibility media learning are developed to be reviewed based on the assessment of the subject matter experts and media experts , knowing the response students towards learning media which was developed .This type of research is research and development or Research and Development (R&D). This is used development of the 4D model by Thiagarajan consisting of several stages of the definition phase (define), design (design), development (develop), and the spread (disseminate). This research was conducted a limited trial with 20 respondents from grade X MP 1 SMKN 2 Buduran Sidoarjo. The research instruments used in this study were material expert validation sheets, media expert validation sheets and student response sheets. Data analysis techniques used were material validation analysis, media validation analysis and student response sheet analysis. The results showed the development of a CAI-based monopoly game learning media that was processed with the Adobe Flash CS6 program included in the category suitable for use as learning media obtained from the percentage of material expert ratings by 90% with very strong interpretation and media experts by 82% with very strong interpretation. While the results of student responses through limited trials obtained a percentage value of 88% with a very strong interpretation . Therefore, the CAI-based monopoly game learning media on basic competence analyzes of job positions, assignments and job descriptions are proper to used in the learning process in grade X MP 1 SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Keywords: Learning Media, Monopoly Game, Computer Asissted Instruction, 4D Development Model.
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI SEMESTER GASAL KELAS X MANAJEMEN PERKANTORAN DI SMK NEGERI 2 BUDURAN Rifatul Izza, Evi; PAHLEVI, TRIESNINDA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 7, No 4 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Hasil penelitian pengembangan ini yakni Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X Semester Gasal. Tujuan adanya penelitian ini adalah 1) untuk mendiskripsikan proses pengembangan LKPD; 2) menganalisa kelayakan LKPD; 3) mengetahui evaluasi peserta didik kelas X MP di SMKN 2 Buduran terhadap LKPD yang dikembangkan. Model pengembangan yang dipakai dalam penelitian ini yakni model pengembangan 4-D dari Thiagarajan terdiri 4 tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Tahap disseminate tidak dilakukan karena LKPD yang dikembangkan hanya terbatas pada satu semester yaitu semester gasal. Sedangkan untuk pembelajaran berlaku dua semester yaitu semester gasal dan genap. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X Manajemen Perkantoran 2 di SMK Negeri 2 Buduran sebanyak 20 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam melakukan pengumpulan data meliputi lembar validasi LKPD berupa lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, lembar validasi ahli grafis dan angket evaluasi peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi ahli materi, ahli bahasa dan ahli grafis serta evaluasi peserta didik dengan menggunakan kriteria penilaian berdasarkan skala likert. Hasil penelitian memperlihatkan perolehan komponen kelayakan ahli materi sebesar 95% dengan kategori ?Sangat Layak?, kelayakan ahli grafis sebesar 92% dengan kategori ?Sangat Layak?, dan kelayakan ahli bahasa 74,2% dengan kategori ?Layak?. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD pada mata pelajaran korespondensi semester gasal kelas X MP 2 di SMKN 2 Buduran sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dan sumber belajar bagi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran; hasil evaluasi peserta didik yang dilakukan melalui uji coba terbatas diperoleh rata-rata presentase skor sebesar 95,6%, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD Korespondensi yang dikembangkan sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran di kelas X MP 2 SMK Negeri 2 Buduran. Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Korespondensi, Model Pengembangan 4D. Abstract The result of this research development produce a student worksheets (LKPD) on the subject correspondence first semester of 10 office management class. The purpose of this research are to describe 1) the development process of student worksheet; 2) analyze feasibility of student worksheet, for describe; 3) to know evaluation from students class X MP in SMKN 2 Buduran of student worksheetthat has been developed. The research use R&D (Research & Development), with 4-D development model from Thiagarajan that have four stages are define, design, develop, disseminate. Disseminate stage wasn?t included, because develop a student worksheet is only limited to first semester. While learning apply two semester, that is first semester and second semester. The test subjects in this study were students in Class X Office Management 2 in SMK Negeri 2 Buduran as many as 20 students. The instruments used in collecting data include LKPD validation sheets in the form of material expert validation sheets, linguist validation sheets, graphic expert validation sheets and student evaluation questionnaires. The data analysis technique used is the validation analysis of material experts, linguists and graphic experts as well as student evaluations using assessment criteria based on a Likert scale. The results showed the acquisition of material expert eligibility components by 95% with the category "Very Eligible", the eligibility of graphic experts by 92% with the category "Very Eligible", and the feasibility of linguists 74.2% with the category "Eligible". Thus, it can be concluded that LKPD on odd semester correspondence subjects in class X MP 2 in SMKN 2 Buduran is very suitable to be used as teaching materials and learning resources for students in learning activities; the results of evaluations of students conducted through limited trials obtained an average percentage score of 95.6%, from these results it can be concluded that the Correspondence LKPD developed very well used in the learning process in class X MP 2 SMK Negeri 2 Buduran Keywords: Student Worksheet, Correspondence, 4D development Model.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN MATERI PERSIAPAN PENYELENGGARAAN PERTEMUAN/RAPAT SISWA KELAS XI OTKP DI SMKN 1 JOMBANG ELLEN TAMAYA, YUANIDA; PAHLEVI, TRIESNINDA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 7, No 4 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini agar mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil menimba ilmu siswa kelas XI OTKP di SMK Negeri 1 Jombang pada mata pelajaran OTK Humas dan keprotokolan materi Persiapan Penyelenggaraan Pertemuan/rapat tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen kuasi (quasie eksperimental desian) dengan bentuk nonequvalent control groub desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI OTKP 1 dan OTKP 2, dimana kelas XI OTKP 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan XI OTKP 2 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar wawancara dan lembar soal. Teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar, foto, dan wawacara. Cara analisis data menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji t. Berdasarkan hasil analisis uji-t nilai posttest, diperoleh nilai thitung sebesar 3,428 dengan taraf signifikasi sebesar 001 (0,001). Sedangkan nilai ttabel sebesar 1,997. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena t-test < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 3,428 > 1,997. Sedangkan Hasil analisis selisih antara nilai pretest dan nilai posttes dengan thitung 3,688 dengan taraf signifikansi ,000. Sedangkan nilai ttabel sebesar 1,997 dengan taraf signifikan 0,05. Sehingga disimpulkan bahwa, H0 ditolak dan Ha diterima itu disebabkan t-test < 0,05 yakni ,000 < 0.05 dan thitung (3,688) > ttabel (1,997). Dengan demikian diambil simpulan bawa terdapat dampak gaya belajaran Talkig Stick terhadap hasil belajr siswa pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan kelas XI OTKP di SMK Negeri 1 Jombang, dimana hasil belajar siswa yang memakai model pembelajaran Talking Stick lebih tinggi dibanding hasil belajar kelas kontrol. Kata Kunci: Model Pembelajaran Talking Stick, Hasil Belajar.
PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM KELAS X OTKP 1 DI SMK NEGERI MOJOAGUNG PUSPITA SARI, RIKA; PUSPASARI, DURINDA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 7, No 4 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari pengembangan buku ajar berbasis model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTKP 1 di SMK Negeri Mojoagung, untuk mengetahui bagaimana kelayakan buku ajar berbasis model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTKP 1 di SMK Negeri Mojoagung, dan bagaimana respon peserta didik terhadap buku ajar berbasis model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTKP 1 di SMK Negeri Mojoagung yang telah dikembangkan oleh peneliti. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu mengacu pada model pengembangan 4D dari Thiagarajan, Semmel dan Sammel (dalam Trianto, 2014) yang berupa empat tahap pengembangan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pada tahap penyebaran tidak dilakukan karena tahap penyebaran dilakukan setelah uji coba dilakukan. Penelitian ini dilakukan pada 20 peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 1 di SMK Negeri Mojoagung. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, lembar validasi ahli kegrafikan, dan lembar angket respon peserta didik, dengan menggunakan teknik analisis data hasil persentase kelayakan buku ajar berdasarkan teori dari Riduwan (2016). Dengan hasil validasi kelayakan ahli materi sebesar 88,50%, kelayakan ahli bahasa sebesar 97,14%,dan kelayakan ahli kegrafikan sebesar 97,33%. Total keseluruhan kelayakan buku ajar sebesar 94,32% dengan kriteria interpretasi sangat kuat dapat dinyatakan layak. Uji coba yang dilakukan pada peserta didik menunjukkan hasil rata-rata skor pengembangan buku ajar sebesar 83,20% dengan kriteria interpretasi sangat kuat. Hasil pengembangan buku ajar berbasis model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran administrasi umum kelas X OTKP 1 di SMK Negeri Mojoagung menunjukkan bahwa respon peserta didik sangat baik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pengembangan Buku Ajar Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP 1 di SMK Negeri Mojoagung dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan buku ajar lebih baik dan dapat menyesuaikan kebutuhan yang ada. Kata Kunci : Pengembangan Buku Ajar, Discovery Learning, Administrasi Umum, 4D.This study aims to find out how the results of developing textbooks based on discovery learning models on general administration subjects in Class X OTKP 1 at Mojoagung Vocational HighSchool, to find out how feasibility of textbooks based on discovery learning models on general administration subjects in Class X OTKP 1 at Mojoagung Vocational High School, and how students respond to textbooks based on discovery learning models on general administration subjects in class X OTKP 1 at Mojoagung Vocational High School which have been developed by researchers.The development model used in this development research is referring to the 4D development model of Thiagarajan, Semmel and Sammel (in Trianto, 2014) in the form of four stages of development, namely the defining phase, the design phase, the development stage and the deployment stage. However, the deployment stage was not carried out because the distribution phase was carried out after the trial was carried out. This research was conducted on 20 students Class X Automation and Office Management 1 at Mojoagung Vocational High School. The instruments of this study used material expert validation sheets, linguistic validation sheets, grammar expert validation sheets, and responses questionnaire sheets of students, using data analysis techniques as a result of the percentage of feasibility of textbooks based on the theory of Riduwan (2016). With the results of the validation of the worth of material experts at 88.50%, the feasibility of linguists at 97.14%, and the eligibility of graphic experts at 97.33%. The overall total textbook eligibility of 94.32% with very strong interpretation criteria can be declared feasible. Trials conducted on students showed an average score of the development of textbooks of 83.20% with very strong interpretation criteria.The results of the development of textbooks based on discovery learning models in general administration subjects in Class X OTKP 1 in Mojoagung Vocational High School shows that the response of students is very good. This study can be concluded that in the development of Textbooks Based Learning Model of Discovery Learning on General Administration Subjects Class X OTKP 1 in Mojoagung Vocational High School it was declared feasible to be used as teaching material. Suggestions for future researchers can develop better textbooks and can adjust existing needs.Keywords: Development of Textbooks, Discovery Learning, General Administration, 4D.
PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS STAD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI DI SMK NEGERI 1 BANGKALAN KHOIROH, MUHIMATUL; PUSPASARI, DURINDA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 7, No 4 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Pengembangan Buku Ajar Berbasis STAD untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Korespondensi di SMK Negeri 1 Bangkalan Nama : Muhimatul KhoirohNIM : 15080314044Program Studi : S1 Pendidikan Administrasi PerkantoranJurusan : Pendidikan EkonomiFakultas : EkonomiLembaga : Universitas Negeri SurabayaPembimbing : Durinda Puspasari, S.Pd., M.Pd. Penelitian pengembangan ini mempunyai beberapa tujuan, diantaranya untuk mengetahui : (1) pengembangan buku ajar berbasis STAD sesuai K-13 revisi 2017 pada Mata Pelajaran Korespondensi sebelum dan sesudah dikembangkan; (2) kelayakan buku ajar berbasis STAD pada Mata Pelajaran Korespondensi setelah dikembangkan; (3) respon siswa kelas X OTKP 1 terhadap buku ajar berbasis STAD pada Mata Pelajaran Korespondensi setelah dikembangkan; dan (4) peningkatan keaktifan siswa terhadap buku ajar berbasis STAD pada Mata Pelajaran Korespondensi. Sehingga, dengan adanya buku ajar mampu mudahkan siswa dalam memahami materi yang disajikan dengan dilengkapi contoh, ilustrasi gambar yang sesuai dengan materi, dan penugasan yang beragam baik tugas kelompok maupun individu (kuis), tes formatif, dan tes sumatif, serta menyiapkan siswa abad 21.Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan dari Thiagarajan yakni 4-D yang meliputi tahap define, design, develop,dan disseminate. Dalam penelitian ini, tahap disseminate tidak dilakukan karena penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan produk yang dapat digunakan sebagai sumber belajar. Akan tetapi, penelitian ini dilakukan eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa. Penelitian ini dilakukan pada 20 siswa kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Bangkalan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi kelayakan buku ajar, lembar angket respon siswa, lembar pengamatan keaktifan siswa dan lembar hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Teknik analisis data validasi dan pengamatan keaktifan siswa menggunakan data kuantitatif dan diinterpretasikan ke dalam skala likert.Sedangkan data respon siswa dianalisis dengan kuantitatif dan diinterpretasikan ke dalam skala guttmen.Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah (1) proses validasi buku ajar menunjukkan bahwa buku ajar berbasis STAD sesuai dengan silabus K-13 revisi 2017 serta lebih lengkap dari segi penyajian materi dan penugasan; (2) validasi dari keseluruhan aspek memperoleh 84,17% dengan kriteria sangat layak; (3) respon siswa memperoleh 95,05% dengan kriteria sangat layak dan; (4) peningkatan keaktifan siswa memperoleh 80,75% dengan kriteria sangat tinggi, serta hasil belajar pre-test dan post-test memperoleh persentase masing-masing sebesar 57,25% dan 84%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Buku Ajar Berbasis STAD untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Korespondensi di SMK Negeri 1 Bangkalan dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dan mampu meningkatkan keaktifan siswa saat buku ajar digunakan. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan mengembangkan buku ajar dalam dua semester yakni semester gasal dan genap, serta melakukan tahap disseminate.Kata Kunci : Buku Ajar, Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions), Model Pengembangan 4-D, Hasil Belajar, dan Keaktifan Siswa.
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA SEMESTER GASAL KELAS XII APK DI SMKN 1 JOMBANG PUTRI HARTANTI, MITTA; PUSPASARI, DURINTA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 7, No 4 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan LKPD Berbasis Demonstrasi, menganalisis kelayakan LKPD Berbasis Demonstrasi, dan menganalisis respon peserta didik terhadap LKPD Berbasis Demonstrasi pada mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana kelas XII APK di SMKN 1 Jombang yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 langkah yaitu define, design, develop dan disseminate. Subjek penelitian berjumlah 20 peserta didik dari kelas XII APK 3 di SMKN 1 Jombang. LKPD Berbasis Demonstrasi divalidasi oleh 2 ahli materi, 1 ahli bahasa, 1 ahli grafik, serta diujicobakan secara terbatas pada 20 peserta didik. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar validasi dari ahli materi, ahli bahasa, ahli grafik, dan angket respon peserta didik yang diadaptasi dari Badan Standar Nasional Pendidikan, sedangkan untuk skala penilaian dari validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafik menggunakan skala likert dan respon peserta didik menggunakan skala guttman. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli grafik, dan respon peserta didik. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pengembangan LKPD berbasis Demonstrasi ini hanya dilakukan pada tahap define, design dan develop saja, dikarenakan pada tahap ke empat yaitu tahap disseminate memerlukan kegiatan eksperimen. Hasil validasi menunjukkan bahwa tingkat kelayakan dari ahli materi sebesar 96% dengan kriteria ?sangat layak?, ahli bahasa sebesar 80% dengan kriteria ?layak?, hasil persentase ahli grafik sebesar 89% dengan kriteria ?sangat layak?, serta hasil ujicoba yang dilaksanakan oleh siswa menunjukkan hasil sebesar 93.4% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa LKPD Berbasis Demonstrasi layak dipakai ketika pembelajaran di kelas XII APK SMKN 1 Jombang. Kata Kunci: LKPD, Demonstrasi, Administrasi Sarana dan Prasarana.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN BINGO PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN KELAS XI OTKP 1 DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO AULIA NOVITA SARI, TIARA; PUSPASARI, DURINDA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 7, No 4 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbasis permainan bingo pada Kompetensi Dasar Memahami Administrasi Kepegawaian Kelas XI OTKP 1 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo, menganalisis kelayakan media pembelajaran berbasis permainan bingo pada Kompetensi Dasar Memahami Administrasi Kepegawaian Kelas XI OTKP 1 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo yang telah dikembangkan dan menganalisis respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis permainan bingo pada Kompetensi Dasar Memahami Administrasi Kepegawaian Kelas XI OTKP 1 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini yakni penelitian dan pengembangan atau Research and Devolepment (R&D) dengan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan yakni tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), serta penyebaran (disseminate). Namun dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan (develop) saja, sedangkan tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan. Uji coba terbatas pada penelitian ini dilakukan dengan responden sebanyak 20 peserta didik Kelas XI OTKP 1 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Instrumen dan analisis data penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data meliputi analisis validasi ahli materi, validasi ahli media, dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media pembelajaran berbasis permainan bingo disesuaikan dengan silabus SMKN 2 Buduran Sidoarjo dan dibuat sesuai dengan pendekatan scientific pada kurikulum 2013. Kelayakan media pembelajaran berbasis permainan bingo ditentukan dari hasil validasi para ahli yakni ahli materi sebanyak 90% dengan kriteria interpretasi ?sangat kuat? serta ahli media sebanyak 85,56% dengan kriteria interpretasi ?sangat kuat?. Dari hasil validasi ahli materi serta ahli media dihitung rata-rata persentasenya sebanyak 87,78% dengan kriteria interpretasi ?sangat kuat?. Hasil respon peserta didik melalui uji coba terbatas memperoleh persentase sebanyak 95,16% dengan kriteria interpretasi ?sangat kuat?. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis permainan bingo sangat layak dan sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran pendukung pada Kompetensi Dasar Memahami Administrasi Kepegawaian Kelas XI OTKP 1 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan Bingo, Administrasi Kepegawaian.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KREATIFITAS SISWA KELAS X OTKP PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN TATA RUANG KANTOR DI SMK NEGERI 10 SURABAYA MEY WIDIANTI, YESSI; ROSY, BRILLIAN
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 7, No 4 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL)?TERHADAP KREATIFITAS SISWA KELAS X OTKP PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN TATA RUANG KANTOR DI SMK NEGERI 10 SURABAYA Nama : Yessi Mey Widianti NIM : 15080314050 Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan : Pendidikan Ekonomi Fakultas : Ekonomi Nama Lembaga: Universitas Negeri Surabaya Pembimbing : Brillian Rosy, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan penerapan model pembelajaran ?project based learning (PjBL) terhadap kreatifitas siswa kelas X OTKP pada kompetensi dasar menerapkan tata ruang kantor di SMK Negeri 10 Surabaya. Penelitian ini menggunakan ?quasi experimental design dengan bentuk ?non-equivalent control group design?. Populasi penelitian yakni siswa kelas X OTKP SMK Negeri 10 Surabaya dan terambil sampel dua kelas yaitu kelas X OTKP 1 berjumlah 35 siswa dan X OTKP 2 berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan angket. Instrumen penelitian pada ranah kognitif menggunakan lembar pretest-posttest dan pada ranah psikomotorik menggunakan hasil kinerja presentasi pembuatan produk diorama. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji gain score dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan pada ranah kognitif rata-rata nilai siswa di kelas eksperimen mengalami kenaikan sebesar 62% dibanding kelas kontrol sebesar 40%. Pada ranah psikomotorik hasil menunjukkan di kelas eksperimen rata-rata sebesar 92,7 sedangkan di kelas kontrol sebesar 72,07. Berdasarkan analisis hasil uji-t ?posttest ?diperoleh ?hasil thitung yakni 9,034 taraf signifikansi yakni,000 (0,00) dan ? =5% dengan df= 68, maka t? = 1,995. Berdasarkan analisis hasil uji-ttabel gain score ?diperoleh hasil thitung yakni 4,715 taraf signifikansi yakni,000 (0,00) dan ? =5% dengan df= 68, maka t?tabel = 1,995. Sementara berdasarkan analisis hasil uji-t nilai kreatifitas siswa diperoleh hasil thitung yakni 16,288 taraf signifikansi yakni,000 (0,00) dan ? =5% dengan df= 68, maka t?tabel = 1,995. Berdasarkan hasil uji-t di atas, maka H?0 ditolak dan H1? diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran project? based learning (PjBL) terhadap kreatifitas siswa kelas X OTKP pada kompetensi dasar menerapkan tata ruang kantor di SMK Negeri 10 Surabaya. Kata kunci : model pembelajaran ?project based learning (PjBL)?, kreatifitas, administrasi umum
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA SEMESTER GENAP KELAS XII APK DI SMKN 1 BANGKALAN OKTAVIAWATI, ENI; PUSPASARI, DURINTA
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 7, No 4 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini guna mengetahui: 1) proses pengembangan bahan ajar berupa LKPD berbasis Demonstrasi pada mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana Semester Genap Kelas XII APK di SMKN 1 Bangkalan; 2) kelayakan LKPD setelah dikembangkan; 3) respon peserta didik terhadap LKPD yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini penelitian dan pengembangan (R&D). Tujuan dikembangkannya LKPD tersebut agar mempermudah peserta didik dalam memahami materi dan menjadikan peserta didik lebih interaktif dan komunikatif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang diadaptasi dari Thiagarajan, terdapat empat tahap dalam model pengembangan 4D yaitu meliputi tahap pendefinisian, tahap pengembangan, tahap perancangan, dan tahap penyebaran. Akan tetapi tahap penyebaran tidak dilakukan. Penelitian ini dilakukan kepada 20 peserta didik kelas XII APK 1 di SMKN 1 Bangkalan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, lembar validasi ahli grafik, dan lembar angket respon peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah analisis validasi ahli materi, analisis validasi ahli bahasa, analisis validasi ahli grafik, dan analisis respon peserta didik. Hasil penelitian LKPD berbasis demonstrasi menunjukkan: 1) bahan ajar berupa LKPD dikembangkan sesuai dengan Kurikulum 2013; 2) proses validasi dari perhitungan ahli materi menghasilkan nilai persentase sebesar 97,1%, ahli bahasa 94%, dan ahli grafik sebesar 86,6% sehingga total keseluruhan kelayakan LKPD yaitu sebesar 92,5% dengan interpretasi sangat kuat; 3) respon peserta didik memperoleh skor 97,8% dengan interpretasi sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Demonstrasi layak untuk digunakan sebagai bahan ajar. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah dengan mengembangkan LKPD yang lebih kreatif sekaligus menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada dan sesuai dengan perkembangan zaman. Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Berbasis Demonstrasi, Model Pengembangan 4D.
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SAINTIFIK MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA UNTUK SISWA KELAS XI OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN SMK KETINTANG SURABAYA APRIVILIA FAHMI, NAHDIYAH; ROSY, BRILLIAN
Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Vol 7, No 4 (2019)
Publisher : Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan prototype bahan ajar berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) saintifik mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana untuk kelas XI semester ganjil otomatisasi dan tata kelola perkantoran dan untuk mendapatkan nilai kelayakan dari ahli serta mengetahui bagaimana tanggapan peserta didik mengenai LKPD yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model penggembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) akan tetapi penelitian yang dilaksanakan peneliti tidak sampai pada tahap disseminate atau penyebaran, dikarenakan tujuan dari penelitian ini terbatas untuk mendapat prototype produk dan hasil kelayakan produk menurut para ahli. Subjek penelitian adalah 20 peserta didik kelas XI OTKP 2 di SMK Ketintang Surabaya, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket, terdapat 2 macam angket yang digunakan yaitu angket terbuka untuk lembar telaah para ahli dan angket tertutup yang digunakan pada lembar validasi para ahli serta lembar tanggapan peserta didik. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana kelas XI OTKP dikembangkan menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) akan tetapi tahap yang dilakukan peneliti hanya sampai pada tahap Develop atau pengembangan dikarenakan tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh prototype produk dan hasil kelayakan produk termasuk dalam kategori sangat layak dari segi aspek materi, bahasa dan kegrafikan memperoleh total persentase sebesar 82%. Masing-masing persentase dari ahli materi 84,05% dengan interpretasi kriteria sangat layak, persentase dari ahli bahasa 80% dengan interpretasi layak dan persentase dari ahli kegrafikan 80,68% dengan kategori sangat layak. Hasil tanggapan peserta didik sebesar 93,6% dengan kriteria sangat baik. Sehingga LKPD berbasis saintifik pada Mata Pelajaran OTK Sarana dan Prasarana Kelas XI OTKP memperoleh hasil pengembangan layak dan dapat digunakan oleh peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar OTK Sarana dan Prasarana. Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana, Berbasis Saintifik