cover
Contact Name
Agung Iranda
Contact Email
jurnalpsikologi@unja.ac.id
Phone
+6281366825828
Journal Mail Official
jurnalpsikologi@unja.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Psikologi Jambi
Published by Universitas Jambi
ISSN : 25282735     EISSN : 25807021     DOI : -
Focus and scope of Jurnal Psikologi Jambi (JPJ) is promoting the development of psychology through the publication of research articles with new findings and scientific and strict methodology
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 02 (2022): Jurnal Psikologi Jambi" : 7 Documents clear
HUBUNGAN PSYCHOLOGICAL CAPITAL DENGAN INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA STUDI INDEPENDEN PROGRAM AIPBLCIAS (AGILE INNOVATION PROJECT BASED LEARNING – CORPORATE INNOVATION ASIA) ANGKATAN I: RELATION BETWEEN PSYCHOLOGICAL CAPITAL WITH ENTREPRENEURSHIP INTENTION IN INDEPENDENT STUDENTS AIPBLCIAS (AGILE INNOVATION PROJECT BASED LEARNING – CORPORATE INNOVATION ASIA) BATCH I Rahminingrum Rahminingrum; Nofrans Eka Saputra; Yun Nina Ekawati
Jurnal Psikologi Jambi Vol. 7 No. 02 (2022): Jurnal Psikologi Jambi
Publisher : Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jpj.v7i02.22448

Abstract

ABSTRACTIntroduction The unemployment rate is highly, especially at the diploma and university level, where only 12% of the graduates are employed. Therefore, it takes a change in the mindset of students from a job seeker to a job creator, if the entrepreneurial intention of students increases, the number of workers increases. The increase in entrepreneurial intention is influenced by several factors, one of which is psychological capital.This study aims to examine the relationship between psychological capital and the entrepreneurial intention of independent study students of the Agile Innovation Project Based Learning – Corporate Innovation Asia (AIPBL-CIAS) program. Method Quantitative research with correlational research type, the population in this study were students who took part in the independent study program AIPBL-CIAS Batch 1, totaling 250 students. Sampling using random sampling method with a total sample of 131 subjects. The data collection method uses a scale (entrepreneurial intention scale and PCQ scale) which is distributed through google form. Results This study shows a significant positive relationship between Psychological capital and entrepreneurial intentions with R = 0.413 with p value <0.001. The results of the multiple regression test are resilience (r) 0.382 and (p) < 0.001, optimism (r) 0.353 and (p) < 0.001, hope (r) 0.295 and (p) 0.001, self efficacy (r) 0.224 and (p) 0.001. Conclusions Psychological capital provides an effective contribution of 22.4% to entrepreneurial intentions. The variable X that most significantly affects the Y variable is resilience 10.9% and optimism 9.3%. Keywords: Psychological Capital, Entrepreneurial Intention, SIB AIPBL-CIAS ABSTRAK Pendahuluan Tingginya jumlah pengangguran terutama ditingkat lulusan diploma dan universitas yang mana hanya 12% yang bekerja. Oleh karena itu, dibutuhkan perubahan pola pikir mahasiswa dari seorang job seeker menjadi job creator, jika intensi berwirausaha dari mahasiswa meningkat maka dapat meningkatkan jumlah pekerja. Peningkatan intensi berwirausaha ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah psychological capital. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan psychological capital dengan intensi berwirausaha mahasiswa studi independen program Agile Innovation Project Based Learning – Corporate Innovation Asia (AIPBL-CIAS). Metode Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa-mahasiswi yang mengikuti program studi independen AIPBL-CIAS Angkatan 1, yang berjumlah 250 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan metode random sampling dengan jumlah sempel 131 subjek. Metode pengumpulan data menggunakan skala (skala intensi berwirausaha dan skala PCQ) yang disebarkan melalui google form. Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara Psychological capital dengan intensi berwirausaha dengan R= 0,413 dengan p value <0.001. Hasil uji regresi berganda yakni resilliency (r) 0.382 dan (p) < 0.001, optimism (r) 0,353 dan (p) < 0,001, hope (r) 0,295 dan (p) 0,001, self efficacy (r) 0,224 dan (p) 0,001. Kesimpulan Psychological capital memberikan kontribusi efektif sebesar 22,4% terhadap intensi berwirausaha. Variabel X yang paling signifikan mempengaruhi variabel Y adalah resilliency 10,9% dan optimism 9,3%. Kata Kunci: Modal Psikologis, Intensi berwirausaha, SIB AIPBL-CIAS
HUBUNGAN ANTARA EMOTIONAL AUTONOMY DENGAN FLOW AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN: RELATIONS BETWEEN EMOTIONAL AUTONOMY AND FLOW ACADEMIC IN STUDENT AT FACULTY OF SPORT SCIENCE Hasmyati Hasmyati; Nur Indah Atifah Anwar; Muhammad Rhesa; Muflih Wahid Hamid
Jurnal Psikologi Jambi Vol. 7 No. 02 (2022): Jurnal Psikologi Jambi
Publisher : Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jpj.v7i02.22451

Abstract

ABSTRACTIntroduction Students who are also social creatures are required to carry out various activities, both individually and in groups. In order to fulfill their roles, students are also encouraged to focus more on conducting their activities in order to achieve maximum results. For this reason, students are expected to be in a state of flow (calm, relaxed, concentrating, feeling comfortable) so that they are able to carry out their academic assignments well. One aspect that can make students in a state of flow is emotional autonomy (freedom to act, not dependent on other people, not affected by the environment and free to manage their own needs). Method Population in research is student of sport science faculty of UNM. Research samples use random sampling, totally 170 heads. Data collection uses likert scale. Data research analysist uses descriptive statistic and inferensial statistic, data analysist technics to test the hypotesist using moderated regression analytic. Results Based on the results of this research, it can be concluded that there is a positive relationship between emotional autonomy and academic flow in students of the Faculty of Sports and Health Sciences (FIKK) Makassar State University. Conclusions The higher the emotional autonomy ability possessed by students, the higher the academic flow that occurs. On the other hand, the lower the student's emotional autonomy ability, the lower the academic flow will be for students of the Faculty of Sports and Health Sciences (FIKK) at Makassar State University. Keywords: Flow, emotional autonomy, concentration, feeling comfortable. ABSTRAKPendahuluan Mahasiswa yang juga merupakan makhluk sosial dituntut untuk melakukan berbagai aktivitas, baik itu secara individu maupun secara kelompok. Mahasiswa sebagaimana perannya juga didorong untuk lebih fokus dalam melaksanakan aktivitasnya agar dapat mencapai hasil yang lebih maksimal. Untuk itu mahasiswa diharapkan mampu berada dalam kondisi flow (rasa tenang, rileks, konsentrasi, dan nyaman) agar mampu mengerjakan tugas-tugas akademiknya dengan baik. Salah satu aspek yang mampu membuat mahasiswa berada dalam kondisi flow adalah emotional autonomy (kebebasan untuk bertindak, tidak bergantung kepada orang lain, tidak terpengaruh lingkungan dan bebas mengatur kebutuhan sendiri). Metode Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan UNM. Sampel dari penelitian menggunakan simple random sampling, jumlah sampel sebanyak 170 orang. Pengumpulan data menggunakan skala likert. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, teknik analisis data untuk menguji hipotesis dengan Moderated Regression Analysis. Hasil Berdasarakan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif antara emotional autonomy dengan flow academic pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Makassar Kesimpulan Semakin tinggi kemampuan emotional autonomy yang dimiliki oleh mahasiswa, maka semakin tinggi juga flow academic yang terjadi. Sebaliknya makin rendah kemampuan emotional autonomy mahasiswa, maka semakin rendah pula terjadinya flow academic pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Makassar. Kesimpulan Semakin tinggi kemampuan emotional autonomy yang dimiliki oleh mahasiswa, maka semakin tinggi juga flow academic yang terjadi. Sebaliknya makin rendah kemampuan emotional autonomy mahasiswa, maka semakin rendah pula terjadinya flow academic pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Makassar. Kata Kunci: Flow, emotional autonomy, konsentrasi, merasa nyaman.
UJI VALIDITAS ISI MODUL INTERVENSI PROSES KONSULTASI UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI EFEKTIF ANTARA ATASAN DENGAN BAWAHAN UNIT CONSUMER SERVICE DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA WITEL JAMB: CONTENT VALIDITY TEST OF THE CONSULTATION PROCESS INTERVENTION MODULE TO IMPROVE EFFECTIVE COMMUNICATION BETWEEN BOSS WITH UNDER CONSUMER SERVICE UNITS AT PT. INDONESIAN TELECOMMUNICATIONS WITEL JAMBI Eunike Olivia Irsayanti Ondi; Verdiantika Annisa; Jelpa Periantalo
Jurnal Psikologi Jambi Vol. 7 No. 02 (2022): Jurnal Psikologi Jambi
Publisher : Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jpj.v7i02.22453

Abstract

ABSTRACTIntroduction Communication is a basic human activity, by communicating humans can relate to each other. The existence of good communication in an organization then all performance processes can run smoothly and vice versa. Without effective communication between the various parties, the pattern of relationships we call organization will not serve one's needs well. Many failures in organizations are caused by the lack of order in the communication carried out by the actors in the organization. Method This research used descriptive method with a 3D model (Define, Design, Develop). The validators were purposively selected. Validation assessing the validity of the content in the module. Data analysis used descriptive analysis. Result The result of this study shows the validation from the module has a V score with a range of 0.58 - 0.83. The results of the validation of the measuring instrument with a range of V scores from 0.66 - 1.00. Based on the results of the content validity test, this consultation process intervention module is valid of the content with some improvement from the validator. The validity criteria in mean are assessed from the material, presentation and language aspects as well as the ease of use. Conclusions The consultation process intervention module to improve effective communication between superiors and subordinates is declared valid in terms of the validity of the content. The researcher hoped by doing the validity of the contents, a solution to improving effective communication. Keywords: Module Validation, Consultation Process Intervention, Effective Communication. ABSTRAKPendahuluan Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia, dengan berkomunikasi manusia dapat saling berhubungan satu sama lain. Adanya komunikasi yang baik dalam suatu organisasi maka semua proses kinerja dapat berjalan lancar dan begitu pula sebaliknya. Tanpa komunikasi yang efektif di antara berbagai pihak, pola hubungan yang kita sebut organisasi tidak akan melayani kebutuhan seseorang dengan baik. Kegagalan dalam organisasi banyak yang disebabkan oleh kurang tertatanya komunikasi yang dilakukan para pelaku di organisasi tersebut. Metode Penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan model 3D (define, design, develop). Penetapan validator dilakukan secara purposive. Validasi yang dilakukan yaitu menilai validitas isi pada modul. Analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukkan validasi isi modul memiliki angka skor V dengan rentang 0.58 - 0.83. Hasil validasi alat ukur memiliki rentang angka skor V bergerak dari 0.66 - 1.00. Berdasarkan hasil uji validitas isi, modul intervensi proses konsultasi ini dinyatakan valid secara isi dengan beberapa saran perbaikan dari validator. Kriteria validitas yang dimaksud dinilai dari aspek materi, penyajian dan bahasa serta kemudahan dalam penggunaannya. Kesimpulan Modul Intervensi Proses Konsultasi Untuk Meningkatkan Komunikasi Efektif Antara Atasan dengan Bawahan dinyatakan valid secara isi. Dengan dilakukannya validitas isi modul ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan komunikasi efektif. Kata Kunci : Validasi Modul, Intervensi Proses Konsultasi, Komunikasi Efektif
HUBUNGAN ANTARA TRUST DENGAN SELF DISCLOSURE PADA REMAJA PUTRI PENGGUNA TIKTOK: RELATIONS BETWEEN TRUST AND SELF DISCLOSURE IN TIKTOK USERS OF TEENAGE GIRLS Pradana Yitami Boer; Mario Pratama
Jurnal Psikologi Jambi Vol. 7 No. 02 (2022): Jurnal Psikologi Jambi
Publisher : Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jpj.v7i02.22455

Abstract

ABSTRACTIntroduction There is an increase in the use of social media, one of which is TikTok social media which is dominated by teenagers, especially young women. The aim of this research is to find out the relationship between trust and self disclosure in young women using TikTok in Padang City. Methods In this study using quantitative methods with a population of young women who are domiciled in the city of Padang. The sample in this study was 209 respondents and used purposive sampling technique. The measuring instrument uses a trust scale and a self disclosure scale. Results Based on the results of the analysis using product moment analysis, the correlation coefficient (R) = 0.595 with a significant value of p = 0.000 (p <0.05) means that there is a positive relationship between trust and self-disclosure in young women using TikTok in Padang City. Conclusions Thus, it shows that the higher the trust, the higher the level of self-disclosure among young women using TikTok in Padang City. Keywords: trust, self disclosure, adolescent women using TikTok ABSTRAK Pendahuluan Terjadinya peningkatan penggunaan media sosial, salah satunya media sosial TikTok yang didominasi oleh remaja khususnya remaja putri. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara trust dengan self disclosure pada remaja putri pengguna TikTok di Kota Padang. Metode Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi remaja putri yang domisili di Kota Padang. Sampel pada penelitian ini adalah 209 responden dan menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur menggunakan skala trust dan skala self disclosure. Hasil Berdasarkan hasil analisis menggunakan analisis product moment didapatkan koefisien yang korelasi (R) = 0.595 dengan nilai signifikan sebesar p= 0,000 (p< 0,05) artinya terdapat hubungan yang positif antara trust dengan self disclosure pada remaja putri pengguna TikTok di Kota Padang. Kesimpulan Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi trust maka akan semakin tinggi tingkat self disclosure pada remaja putri pengguna TikTok di Kota Padang. Kata kunci: trust, self disclosure, remaja putri pengguna TikTok
EVALUASI PROGRAM TERAPI KOGNITIF PADA ANAK BERHADAPAN HUKUM: PROGRAM EVALUATION OF COGNITIVE THERAPY IN CHILDREN BEFORE LAW Abdul Azis; Siti Zulaikha
Jurnal Psikologi Jambi Vol. 7 No. 02 (2022): Jurnal Psikologi Jambi
Publisher : Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jpj.v7i02.22456

Abstract

ABSTRACTIntroduction There are many reasons why a child is in conflict w'itñ th e law, including problems related to his mindset and self-concept so that the child takes deviant actions or the child has a low self-concept. BRSAMPK Handayani, East Jakarta, as tñ e Technical lmplementation Unit of the Indonesian Ministry ofsocial Affairs which serves social rehabilitation, including children in conflict with the law, provides psychosocial therapy, one of which is cognitive therapy. With cognitive therapy, children will be given understanding and education so the t they can change the mindset and perspective of children. The purpose of this study is to describe the evaluation of cognitive therapy for children facing the law at BRSAMPK Handayani. Methods This study uses a qualitative approach with o descriptive type of research. The data collection techniques used were observation, in-depth interviews, and documentation studies. Meanwhile, tñ e informants in this study were social workers and children in confiict with the law who became perpetrators and victims. Results The result of this study is that cognitive therapy conducted at BRSAMPK Handayani, East Jakarta has been well achieved in accordance with the objectives to be achieved. Likewise with the existence of professional staff and infrastructure that support the implementation of cognitive therapy. It can also be seen that there is a change in mindset or a change in negative though ts into positive ones, resulting in changes in children’s behavior. Kata Kunci : Cognitive therapy, Social Rehabilitation, BRSAMPK Handayani ABSTRAK Pendahuluan Banyak penyebab mengapa seorang anak berhadapan dengan hukum, salah satunya adalah masalah pola pikir dan konsep diri sehingga anak melakukan tindakan yang menyimpang ataupun anak memiliki konsep diri yang rendah. BRSAMPK Handayani Jakarta Timur sebagai unit pelaksana t eknis Kementerian Sosial Republik Indonesia yang melayani rehabilitasi sosial termasuk anak yang berhadapan dengan hukum memberikan terapi psikososial yang salah satunya adalah terapi kognitif. Dengan terapi kognitif anak akan diberikan pemahaman dan edukasi sehingga dapat merubah pola pikir dan cara pandang anak. Tujuan dari peneliuan ini adalah mendeskripsikan evaluasi terapi kognitif pada anak berhadapan hukum di BRSAMPK Handayani. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Sedangkan informan dalam penelitian ini adalah pekerja sosial dan anak berhadapan hukum yang menjadi pelaku dan korban. Hasil penelitian ini adalah terapi kognitif yang dilakukan di BRSAMPK Handayani Jakarta Timur sudah tercapai dengan baik sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Begitu juga dengan adanya staf yang profesional dan sarana prasarana yang menunjang pelaksanaan terapi Kata Kunci : Terapi Kognitif, Rehabilitasi Sosial, BRSAMPK Handayani  
RESILIENSI PADA PENYINTAS REVENGE PORN: RESILIENCE OF REVENGE PORN SURVIVORS Linda Wahyuni; Nofrans Eka Saputra
Jurnal Psikologi Jambi Vol. 7 No. 02 (2022): Jurnal Psikologi Jambi
Publisher : Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jpj.v7i02.22457

Abstract

ABSTRACTIntroduction The spread of non-comercial pornography, whether it’s intentionalor not, spread by known relatives or strangers, wit or without consent, and committed out of revenge can cause someone faces hardships that can put a person in a delicate and depressed condition. The delicate and depressed condition. The impacts also vary, namely psychological, physical, social, and economic impacts. These conditions require individuals to have resilience. This research aimed to discover the conception and resilience’s factors in survivor of revenge porn. Methods The method used is qualitative phenomenology. Determination of research informants was done by using purposive sampling technique. The characteristics of the informants in this research were domiciled in Jambi Province, female, aged 18-32 years, had been a victim of revenge porn, the time interval of the incident and the interview was a maximum of 1 year, and filed a report to the police. Data collection methods used are interview, observation, and documentation techniques. The data analysis used is Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Results The picture of resilience in revenge porn survivors includes emotion regulation, impulse control, cause analysis, empathy, self-efficacy, optimism, reaching out, and avoidance. While the influencing factors include i have, i am, i can, and spirituality. Conclusions All informants in this research showed the characteristics of resilience in revenge porn survivor with various factors. Keywords: Resilience, Revenge Porn, Revenge Porn Survivors ABSTRAKPendahuluan Penyebaran konten pornografi non-komersial dengan sengaja maupun tidak, disebarluaskan oleh orang yang dikenal maupun tidak, dilakukan tanpa persetujuan pemilik atau orang yang berada di dalam konten, serta dengan tujuan membalas dendam dapat menyebabkan seseorang berada dalam kondisi sulit dan tertekan. Dampak yang ditimbulkan pun beragam, yakni dampak secara psikologis, fisik, sosial, dan ekonomi. Kondisi tersebut mengharuskan individu memiliki resiliensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan faktor-faktor resiliensi pada penyintas revenge porn. Metode Metode yang digunakan adalah kualitatif fenomenologi. Peneliti menggunakan purposive sampling dengan karakteristik berdomisili di Provinsi Jambi, berjenis kelamin perempuan, berusia 18-32 tahun, penyintas revenge porn, kejadian maksimal 1 tahun lalu, serta melapor ke pihak kepolisian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Hasil Gambaran resiliensi penyintas revenge porn meliputi regulasi emosi, kontrol impuls, analisis penyebab, empati, efikasi diri, optimis, reaching out, dan penghindaran. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhinya meliputi i have, i am, i can, dan spiritual. Kesimpulan Seluruh informan dalam penelitian ini menunjukkan karakteristik resiliensi dan faktor-faktornya. Kata kunci: Resiliensi, Penyintas Revenge Porn, Revenge Porn
HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSI DENGAN FORGIVENESS PADA SISWA SMAN 1 LEMBAH GUMANTI: RELATIONS BETWEEN EMOTIONAL MATURITY AND FORGIVENESS IN STUDENT OF SMAN 1 LEMBAH GUMANTI Rany Fitriany; Hilda Hayatul Desra; Ifani Candra
Jurnal Psikologi Jambi Vol. 7 No. 02 (2022): Jurnal Psikologi Jambi
Publisher : Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jpj.v7i02.22458

Abstract

ABSTRACTIntroduction This study aims to determine the relationship between emosional maturity and forgiveness in students of SMAN 1 Lembah Gumanti. The independent variable in this study is emosional maturity and the dependent variable is forgiveness. Methods The measuring instrument used in this research is the emotional maturity scale and forgiveness scale. The population in this study were Students of SMAN 1 Lembah Gumanti total 0f 460 students. The sampling technique in this study used a simple random sampling technique. The sample in this study were 171 people students of SMAN 1 Lembah Gumanti. Results The validity coefficient of emotional maturity scale obtained corrected item-total correlation values ranging from 0.327 to 0.729 while the reliability coefficient is 0.903. The results of the validity coefficient on the scale forgiveness with corrected item-total correlation values ranging from 0,324 to 0.748 while the reliability coefficient is 0.925. Based on data analysis, a correlation value of 0.452 with a significance level of 0.000 was obtained, which means the hypothesis is accepted. Kesimpulan This shows that there is a significant positive relationship with a high level between emosional maturity and forgiveness into students SMAN 1 Lembah Gumanti. The effective contribution of the emosional maturity variable on the forgiveness variable is 20%. Keywords: Maturity Emosional, Forgiveness, Students. Abstrak Pendahuluan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi dengan forgiveness pada siswa SMAN 1 Lembah Gumanti. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kematangan emosi dan variabel terikatnya adalah forgiveness. Metode Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kematangan emosi dan skala forgiveness. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMAN 1 Lembah Gumanti yang berjumlah 460 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 171 orang siswa di SMAN 1 Lembah Gumanti. Hasil Koefisien validitas pada skala kematangan emosi dengan nilai corrected item-total correlation berkisar antara 0,327 sampai dengan 0,729 sedangkan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,903. Hasil koefisien validitas pada skala Forgiveness dengan nilai corrected item-total correlation berkisar antara 0,324 sampai dengan 0,748, sedangkan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,925. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai korelasi sebesar 0,452 dengan tingkat signifikansi 0,000 yang berarti hipotesis diterima. Kesimpulan Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan dengan tingkat yang tinggi antara Kematangan emosi dan forgiveness pada pada siswa SMAN 1 Lembah Gumanti. Kontribusi efektif dari variabel kematangan emosi pada variabel Forgiveness adalah sebesar 20%. Kata kunci: Kematangan Emosi , forgiveness, Siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 7