cover
Contact Name
Euis Kurniati
Contact Email
euiskurniati@upi.edu
Phone
+62818630149
Journal Mail Official
edukid@upi.edu
Editorial Address
Departemen Pedagogik Program Studi PGPAUD Universitas Pendidikan Indonesia
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 16935284     EISSN : 26856409     DOI : https://doi.org/10.17509/edukids.v18i1
Core Subject : Education,
Jurnal Edukids bertujuan untuk memfasilitasi penyebaran penelitian tentang isu-isu yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini untuk menyelesaikan masalah dalam pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini berisi artikel penelitian yang diproses melalui blind peer review. Jurnal Edukids menerima artikel tentang pendidikan anak, perkembangan anak, kurikulum dan pembelajaran, ilmu pengetahuan dan teknologi untuk anak-anak, kebijakan yang berkaitan dengan anak-anak, pendidikan guru untuk anak usia dini, pengasuhan anak, ilmu pengetahuan dan teknologi untuk anak-anak, dan bidang lain yang berkaitan dengan anak usia dini. Jurnal Edukids dapat mengakomodasi para peneliti, dosen, pengamat pendidikan anak-anak, mahasiswa, praktisi di bidang pendidikan anak usia dini untuk mempublikasikan pekerjaan mereka secara luas.
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 22, No 1 (2025)" : 1 Documents clear
Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Bahasa Sintaksis Anak Umur 4-5 Tahun di KB & RA PALMA Kadipiro Rahmah, Mutia Mufida; Fitri, Anisyah Dewi Syah; Putra, Sinar Perdana
Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 22, No 1 (2025)
Publisher : Prodi PGPAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/edukids.v22i1.80703

Abstract

Minimnya stimulasi seperti tidak mengajak anak bermain, berbicara, dan berinteraksi dengan orang lain adalah 90% penyebab terjadinya keterlambatan perkembangan bahasa pada anak khususnya pada kemampuan bahasa sintaksis. Kemampuan Bahasa sintaksis anak dapat ditingkatkan salah satunya dengan penggunaan buku cerita bergambar. Membacakan buku cerita bergambar dengan metode bercerita pada anak berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan bahasa sintaksis anak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh penggunaan buku cerita terhadap kemampuan bahasa sintaksis anak umur 4-5 tahun. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 26 anak menggunakan Teknik total sampling. Berdasarkan hasil analisis dan uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon didapatkan hasil nilai P Asymp. (Sig.) adalah 0,000 dimana nilai P value 0,0000,5 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Dimana terdapat peningkatan kemampuan bahasa sintaksis siswa sebelum dan sesudah diberikan intervensi penggunaan buku cerita bergambar. Demikian disimpulkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan bahasa sintaksis anak dibuktikan dengan adanya peningkatan sebelum dan sesudah dilakukan intervensi.

Page 1 of 1 | Total Record : 1