cover
Contact Name
Rita Sari
Contact Email
j_tarbawi@iainlangsa.ac.id
Phone
+6285296150610
Journal Mail Official
ritasari17@iainlangsa.ac.id
Editorial Address
Jl. Meurandeh Kampus Zawiyah Cot Kala Langsa
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
ISSN : 20869754     EISSN : 26566370     DOI : 10.32505
Core Subject : Education, Social,
Jurnal At-Tarbawi adalah jurnal hasil penelitian tentang pendidikan,sosial dan kebudayaan. Yang diterbitkan dua kali dalam setahun, pada bulan Juni dan Desember.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2018): At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan" : 7 Documents clear
Pengaruh kegiatan magang terhadap motivasi mengajar mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) universitas nahdlatul ulama sumatera utara Nurasyiyah Harahap
At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan Vol 5 No 1 (2018): At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan magang terhadap motivasi mengajar mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan jumlah sampel 50 orang mahasiswa PGSD. Adapun lokasi tempat mahasiswa melaksanakan magang di SDN 101740 Tanjung Selamat dan SDN 105277 Hamparan Perak. Dari hasil penelitian maka terdapat pengaruh kegiatan magang terhadap motivasi mengajar mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang ke depannya sebagai bekal bagi mahasiswa untuk menjadi seorang pendidik atau guru.
Evaluasi program ma'had aly pada lpi ma'hadal ulum diniyah islamiyah (MUDI) mesjid raya samalanga Muhammad Nur
At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan Vol 5 No 1 (2018): At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian evaluatif ini bertujuan untuk 1) melihat implementasi program Ma’had Aly dilihat dari ketepatan peran dimensi instruksional dan institusional dalam proses penyajian materi perkuliahan pada program Ma’had Aly pada LPI MUDI Mesjid Raya dan 2) melihat hasil belajar yang dicapai mahasantri (behavioral objectives) dalam tiga domain, yaitu domain kognitif, afektif dan psikomotorik. Instrumen yang digunakan dalam penelian ini adalah questionare, pedoman wawancara dan analisis dokumen. Instrumen ini sudah divalidasi dengan nilai realibitas 0,87. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif dan menggunakan model evaluasi EPIC yang diperkenalkan oleh L. Hammond. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses implementasi program dilihat dari ketepatan penggunaan dimensi instruksional dan institusional dalam penyajian seluruh matakuliah berada pada kuadran III dengan kategori kurang baik/kurang tepat. Sementara hasil belajar mahasantri pada domain kognitif, afektif dan psikomotorik berada pada kategori baik dengan jumlah total skor keseluruhannya diperoleh nilai 75%, dengan kategori baik.
Konsep fitrah, biologisme, sosiologisme, dan konvergensi Junaidi .
At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan Vol 5 No 1 (2018): At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kata fitrah merupakan asal dari kata fatara, artinya ciptaan, suci, dan seimbang. Fitrah berasal dari kata fathara yang sepadan dengan kata khalaqa dan ansyaa yang artinya mencipta. Biasanya kata fathara, khalaqa dan ansyaa digunakan dalam al-qur’an untuk menunjukkan pengertian mencipta sesuatu yang sebelumnya belum ada dan masih merupakan pola dasar (blue print) yang perlu penyempurnaan. Titik tolak perbedaan masing-masing aliran (nativisme, empirisme, dan konvergensi) adalah terletak pada faktor yang mempengaruhi perkembangan manusia. Apakah perkembangan manusia ditentukan oleh faktor pembawaan (nativisme) ataukah oleh faktor pendidikan dan lingkungan (empirisme), atau keduanya saling pengaruh-mempengaruhi (konvergensi)
Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) di min 4 langsa Wahna Putri
At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan Vol 5 No 1 (2018): At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas IV B pada mata pelajaran IPA dapat disebabkan oleh siswa, guru, sarana dan prasarana serta motivasi belajar siswa yang rendah, sehingga guru harus mencari metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam setiap pembelajaran selalu menggunakan pendekatan, strategi dan metode pembelajaran yang dapat memudahkan siswa memahami materi yang diajarkannya, diharapkan siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Kenyataannya masih banyak ditemui proses pembelajran yang kurang berkualitas, tidak efisien dan kurang mempunyai daya tarik, bahkan cenderung membosankan, sehingga hasil belajar yang dicapai tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV B MIN 4 Langsa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September hingga Nopember di MIN 4 Langsa pada tahun pelajaran 2013/2014. Jumlah siswa di kelas IV B berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Untuk mencapai hasil yang sesuai dengan apa yang peneliti harapkan maka peneliti melaksanakan dengan II (dua) siklus. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan pada siklus I nilai rata-rata siswa berjumlah 55,7 dan ketuntasan belajar mencapai 47%. Siklus II nilai rata-rata siswa 79,7 dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajaran IPA berdampak positif terhadap hasil belajar siswa kelas IV B MIN 4 Langsa.
Penguatan literasi dalam pembelajaran tematik Khairul Husna
At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan Vol 5 No 1 (2018): At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melibatkan berbagai pihak di berbagai tingkatan mulai dari pemangku kepentingan di tingkat pusat, daerah, satuan pendidikan sampai ke masyarakat. Tiap pihak yang terlibat dalam pelaksanaan GLS memiliki peran masing-masing. Penjelasan mengenai peran masing-masing pemangku kepentingan dijabarkan dalam dokumen Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Gerakan Literasi Sekolah merupakan upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Dalam perkembangan waktu, pengertian literasi bukan hanya berkaitan dengan keaksaran atau bahasa, namun berkembang menjadi konsep fungsional pada dasawarsa 1960-an, yaitu literasi berkaitan dengan berbagai fungsi dan keterampilan hidup.
Penggunaan metode bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan kecerdasan linguistik verbal pada anak B tk kartika XIV-5 tahun ajaran 2018-2019 Nuraida Fitry
At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan Vol 5 No 1 (2018): At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh kecerdasan linguistik verbal, dimana kecerdasan linguistik verbal ini penting diperkenalkan kepada anak dalam kegiatan bercerita. Dimana dengan penggunaan boneka tangan diharapkan kemampuan anak dalam berbahasa menjadi lebih baik dan bermakna dengan kegiatan yang dilakukannya. Subjek penelitian adalah peserta didik kelompok B-5 Tahun Pelajaran 2018-2019 yang berjumlah 20 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Masing–masing siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan evaluasi. Hasil penelitian pada hasil belajar kelompok B TK Kartika XIV-5pada awal siklus I yang mendapatkan nilai baik sebesar 5 %. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh hasil sebesar 10 %. Kemudian kegiatan pembelajaran menggunakan metode bercerita dengan boneka tangan ini guru memberikan motivasi, kesempatan untuk bertanya dan memberikan hadiah bagi anak yang berprestasi dalam melakukan kegiatan baik di dalam maupun diluar kelas. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan linguistik verbal anak melalui metode bercerita dengan boneka tangan yang dilakukan pada siklus I, II dan siklus III pada Kelompok B TK Kartika XIV-5. Berdasarkan seluruh kegiatan penelitian tindakan kelas yang dilakukan maka disimpulkan bahwa kecerdasan linguistik verbal bagi anak usia dini Kelompok B TK Kartika XIV-5Tahun Ajaran 2018-2019 dapat ditingkatkan melalui metode bercerita dengan boneka tangan.
Kiprah ulama dalam sejarah sosial politik aceh Muhammad Dar
At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan Vol 5 No 1 (2018): At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jurnal ini berjudul Kiprah Ulama dalam Sejarah Sosial politik Aceh, penulis merasa terinspirasi dengan penelitian ini,karena berdasarkan tinjauan sejarah, para Ulama Aceh merupakan salah satu pilar-pilar penegak kerajaan Aceh Darussalam. Dari masa ke masa sampai saat ini Ulama mempunyai pengaruh yang besar dalam kehidupan sosial politik Masayarakt Aceh, hal ini tidak terlepas dari pengetahuan ilmu agama yang di miliki oleh para Ulama Aceh sehingga dalam kehidupan realitas Sosial masyarakat para Ulama sangat dihormati dan disegani, oleh Masyarakat Mereka seringkali dijadikan sebagai tempat bertanya, berkonsultasi, mencari solusi dan juga nasehat. Untuk memudahkan penelitian ini, penulis menggunakan kajian literatur (library research) dan pendekatan historis.

Page 1 of 1 | Total Record : 7