cover
Contact Name
Yafid Effendi
Contact Email
mbjtm@umt.ac.id
Phone
+6281320262711
Journal Mail Official
mbjtm@umt.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan No.1/33, RT.007/RW.003, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Indonesia 15118
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin
ISSN : 25495038     EISSN : 25804979     DOI : -
Motor Bakar adalah jurnal online prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang berisi tentang artikel hasil penelitian dibidang Konversi Energi, Perancangan dan Teknik Manufaktur serta Rekayasa Teknik Otomotif. Sebagai wadah bagi para dosen maupun mahasiswa dalam membuat karya ilmiah, karena sesuai dengan tuntutan perguruan tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, maka dibuatlah Jurnal Teknik Mesin.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 4 (2025): Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin" : 11 Documents clear
UJI EMISI GAS BUANG DENGAN TIGA VARIASI PUTARAN MESIN PADA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH BERBAHAN BAKAR PERTAMAX rafdi, muhammad abi
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 9, No 4 (2025): Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v9i4.12358

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis emisi gas buang pada sepeda motor Honda Vario 150 Cc yang menggunakan bahan bakar Pertamax, dengan variasi tiga putaran mesin (RPM). Variasi putaran mesin yang digunakan adalah 1500 RPM, 2500 RPM, dan 3500 RPM. Emisi gas buang yang diuji meliputi kandungan karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), dan nitrogen oksida (NOx). Pengujian dilakukan menggunakan alat Gas Analyzer di bengkel yang telah disediakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan putaran mesin cenderung meningkatkan emisi gas buang, terutama pada kandungan CO dan HC. Namun, emisi NOx menunjukkan tren yang berbeda, dengan peningkatan yang lebih signifikan pada putaran mesin yang lebih tinggi. Hasil ini mengindikasikan bahwa meskipun Pertamax dikenal sebagai bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, variasi putaran mesin tetap memiliki dampak signifikan terhadap emisi gas buang. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam upaya pengurangan emisi gas buang kendaraan bermotor, khususnya dalam konteks penggunaan bahan bakar yang lebih bersih dan efisien. Disarankan agar penelitian lebih lanjut dilakukan untuk mengkaji pengaruh faktor lain seperti jenis bahan bakar yang berbeda atau kondisi mesin yang beragam.Kata kunci : Honda Vario 150Cc, RPM, Gas Buang
Studi Perbandingan Kampas Rem Standar Dan Racing Serta Pengaruh Terhadap Pengereman Di Sepeda Motor Beat Santoso, Ari Beni; Dalimunthe, Ruslan; Hendi, Hendi
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 9, No 4 (2025): Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v9i4.14255

Abstract

Sistem pengereman memiliki peran penting dalam menunjang keselamatan dan kenyamanan berkendara, khususnya pada sepeda motor. Penelitian ini merupakan studi komparatif antara kampas rem standar dan kampas rem racing serta pengaruhnya terhadap kinerja pengereman pada sepeda motor Honda Beat. Metode yang digunakan adalah eksperimen langsung dengan mengganti kedua jenis kampas rem secara bergantian dan melakukan serangkaian uji pengereman dalam kondisi yang seragam. Parameter yang diamati meliputi jarak pengereman, waktu respon, suhu pada cakram rem, dan ketahanan terhadap brake fade. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kampas rem racing memberikan performa yang lebih unggul dalam hal jarak pengereman yang lebih pendek dan kemampuan pelepasan panas yang lebih baik, sehingga lebih efektif digunakan dalam kondisi pengereman intensif. Sementara itu, kampas rem standar menunjukkan performa yang lebih baik untuk penggunaan harian pada kecepatan rendah, dengan karakteristik pengereman yang lebih halus dan nyaman. Dengan demikian, pemilihan kampas rem harus disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya berkendara pengguna.
STRATEGI PERAWATAN PERALATAN KERJA DI LINGKUNGAN PT. TUNAS MOBILINDO PERKASA Alvin, Alvin Septiawan
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 9, No 4 (2025): Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v9i4.12426

Abstract

AbstrakProses yang dilakukan untuk menjaga kualitas mesin agar beroperasi dengan baik seperti biasa disebut perawatan. Pemeliharaan juga merupakan kegiatan pendukung yang menjamin kelangsungan mesin dan peralatan sehingga dapat digunakan sesuai harapan saat dibutuhkan. PT. Tunas Mobilindo Perkasa cabang lebak adalah bisnis yang menjual dan menyediakan jasa perbaikan mobil, perusahaan ini merupakan cabang dari PT Tunas Ridean Tbk yng bergerak di bidang penjualan dan service produk Daihatsu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis-jenis perawatan peralatan. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, sumber data yaitu data sekunder dan data primer, Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi langsung selama 40 hari kerja. Hasil penelitian didapat bahwa fasilitas perawatan dan perlengkapan PT. Tunas Mobilindo Perkasa cabang lebak memenuhi standar industri. Pemeriksaan rutin, pelumasan, penggantian oli, dan kalibrasi adalah beberapa bagian dari proses perawatan alat. Hal ini dapat digunakan pada berbagai alat seperti lift mobil, caddy, sporingwill, pengimbang, pengubah ban Krisbow, pengisi ban nitrogen, hidrolik preser, hidrolik mesin, dan dongkrak buaya 15 ton.
Analisis Aliran Turbin Angin Vertikal Jenis Savonius Dengan Variasi Multi-Stage With Circular Shield Menggunakan Software Solidworks Arif, Imam Nur; Lesmana, I Gede Eka; Hartantrie, Rovida Camalia
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 9, No 4 (2025): Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v9i4.14494

Abstract

Penelitian ini membahas analisis aliran pada turbin angin vertikal tipe Savonius dengan variasi multi-stage dan penggunaan pelindung sirkular menggunakan perangkat lunak Solidworks. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja turbin angin vertikal dengan memperkenalkan desain multi-stage serta melibatkan pelindung sirkular untuk memodifikasi aliran udara. Metode simulasi numerik dilakukan menggunakan perangkat lunak Solidworks untuk memodelkan dan menganalisis aliran fluida di sekitar turbin angin. Varian multi-stage dan pelindung sirkular dieksplorasi untuk mengevaluasi pengaruhnya terhadap distribusi tekanan dan kecepatan aliran. Analisis hasil melibatkan parameter efisiensi, daya yang dihasilkan, dan karakteristik aliran untuk setiap konfigurasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan variasi multi-stage dan pelindung sirkular pada turbin angin vertikal Savonius memberikan peningkatan signifikan dalam efisiensi dan kinerja keseluruhan. Pemahaman mendalam tentang pola aliran dan distribusi tekanan dapat menjadi dasar untuk perbaikan desain lebih lanjut dalam pengembangan turbin angin vertikal jenis ini. Penelitian ini memberikan kontribusi penting untuk pengembangan teknologi turbin angin vertikal dan dapat menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya dalam upaya meningkatkan efisiensi energi terbarukan dari sumber angin.
PENGARUH PENYETELAN REM TROMOL BAGI JARAK PENGEREMAN DAN KONSUMSI ANGIN MOBIL HINO 500 FG235JS aripin, saeful
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 9, No 4 (2025): Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v9i4.12299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kemampuan pengereman dan konsumsi angin pada mobil hino 500 FL235JS melalui penyetelan rem dari berbagai macam setelan celah rem. Penelitian lapangan (field research) adalah metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Sementara subjek penelitian adalah peneliti sendiri, objek penelitian adalah system rem pada mobil HINO 500 FL235JS. Partisipan pada penelitian ini sebanyak 1 orang supir, 2 orang mekanik, 1 orang traffic control. Instrument yang digunakan yaitu meteran 50 meter, mobil HINO500 FL235JS. Temuan pada penelitian ini yaitu terkait hasil Analisa kebutuhan penyetelan rem yang ideal bagi pemakain dan kebutuhan para supir. Penyetelan rem 3 klik depan 2 klik belakang menghasilkan jarak 13,7 meter pada tingkat kecepatan 40 km/jam dan 33,4 meter pada kecepatan 60 km/jam. Penyetelan rem 5 klik depan dan 4 klik belakang menghasilkan jarak 14,8 ada kecepatan 40 km/jam dan 34,7 meter pada kecepatan 60 km/jam. Penyetelam rem 3 klik depan belakang menghasilkan 14,5 pada kecepatan 40 km/jam dan 33,9 meter pada kecepatan 60 km/jam. Konsumsi angin pada semua setelan sama.Kata kunci: Jarak pengereman, Konsumsi angin dan Penyetelan rem
ANALISIS PENGARUH HEAT TREATMENT TERHADAP HASIL KEKERASAN BAJA SKD 61 PADA PISAU DIGESTER DI PT HINDOLI sintia, agustina
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 9, No 4 (2025): Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v9i4.13341

Abstract

This study aims to evaluate the effect of heat treatment (hardening) on the hardness of medium carbon steel with variations in temperature and holding time using an Electric Melting Furnace as the heating medium. The research began with a literature review and field survey, followed by the preparation of steel specimens. Hardening was performed at temperatures of 810°C, 860°C, and 890°C with holding times of 16 minutes, 22 minutes, and 28 minutes. Hardness testing was conducted using the Vickers hardness method to determine the changes in hardness for each treatment condition. The data from hardness tests were analyzed using Analysis of Variance (ANOVA) to assess the impact of temperature and holding time on steel hardness. The results revealed that the highest hardness was achieved at 860°C with a holding time of 22 minutes, yielding a hardness value of 749.68 HV. Microstructural analysis showed that the initial structure of the steel, consisting of ferrite and pearlite, was transformed into martensite after heat treatment. These findings provide insights into the relationship between temperature, holding time, and hardness in medium carbon steel, and offer valuable information for industrial applications requiring high hardness and wear resistance.   
Analisis Performa Kendaraan Listrik Dan Konsumsi Daya Motor BLDC 2000 Watt Terhadap Kemiringan Jalan Pada Prototipe Mobil Listrik Heulang Galunggung Hidir, Abdul; Rabbika, Anes Inda
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 9, No 4 (2025): Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v9i4.12322

Abstract

Kendaraan listrik memiliki prospek yang menjanjikan untuk dikembangkan. Kendaraan listrik tipe Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dapat menjadi solusi terkait ketergantungan terhadap sumber energi fosil serta emisi gas buang. Khusus untuk tipe BEV, perkembangan di Indonesia sudah pesat. Hal ini dibuktikan dengan dukungan dari pemerintah terkait pengembangannya melalui Rencana Induk Riset Nasional Tahun 2017 – 2045; Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019; Serta pembangunan infrastruktur pendukungnya. Faktor yang yang berpengaruh pada konsumsi daya motor BLDC salah satunya pada beban pengemudi, kecepatan dan kondisi jalan, pada penelitian ini objek penelitiannya adalah mobil Listrik yang telah dikembangkan oleh prosi Teknik mesin Universitas Mayasari Bakti Tasikmalaya dengan tipe BEV roda empat dengan desain mobil balap (gokart) diberi nama mobil litrik “Heulang Galunggung” yang akan dianalisa dari segi konsumsi Listrik serta performa pada variasi kemiringan lintasan (lintasan A kemiringan 1,39°, Lintasan B 1,95°). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif analitik, konsumsi listrik terbesar pada lintasan A 0,08 Volt dalam waktu tempuh 24 detik sedangkan pada lintasan B konsumsi listrik terbesar adalah 0,09 Volt dalam waktu tempuh 31 detik untuk performa kecepatan pada lintasan A dapat dicapai 7 km/jam sedangkan lintasan B 6 km/jam
Analisis Net Plant Heat Rate (Nphr) Pembangkit Listrik Tenaga Uap Tanjung Enim 3x10 MW Saripudin, Rian
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 9, No 4 (2025): Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v9i4.13355

Abstract

Net Plant Heat Rate (NPHR) is a parameter that shows the performance of a plant used to produce electrical power supplied by the plant. Net Plant Heat Rate (NPHR) is a value that describes the amount of energy used to produce electrical energy by the generator, the lower the Net Plant Heat Rate (NPHR) value, the higher the efficiency of a plant. Based on these problems, it is necessary to analyze the Heat Rate at the PLTU to find out whether it is in accordance with the specifications and to monitor the age capability of a plant, where the older the age of a plant, the performance decreases. The purpose of this research is to analyze the Net Plant Heat Rate of the generating system, analyze the factors that affect the Net Plant Heat Rate of the generating system, and make improvements to improve the performance of the generating system. This research method is to use the direct method by taking data on the High Heating Value (HHV) of coal, coal mass, generator power and electricity consumption power itself. The results of this study indicate the performance value of the Tanjung Enim 3x10 MW PLTU in good generating efficiency conditions with an NPHR value of 4,959 kcal/kWh.
PENGARUH TEMPERATUR PENGERINGAN TERHADAP DAYA KILAP DAN LEKAT CAT PADA PENGECATAN BODI MOBIL saptahadi, Muhammad indra
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 9, No 4 (2025): Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v9i4.12343

Abstract

Bagian cat warna dilapisi kembali dengan varnish untuk melindungi cat dari panas sinar matahari dan polutan lainnya. Oleh karena itu akan dilakukan penelitian terhadap variasi suhu pengeringan untuk melihat karakteristik seperti kilap, daya rekat, kemampuan lentur dan kekuatan lekat. Dengan cara memotong plat kemudian dilakukan proses pengecetan epoxy dan dikeringkan, dilanjutkan dengan pengecetan warna putih lalu dikeringkan, kemudian dilanjutkan dengan varnish. Setelah selesai kemudian di jemur pakai sinar matahari dengan waktu yang berbeda 30 menit, 45 menit, 1 jam. Dengan hasil yang didapat dari sinar matahari, daya lekat dan bending ada kerekatan sedangkan kekilapan nya bagus.Kata kunci : daya lekat, bending dan kilap. 30, 45, 1 jam.
Rancang Bangun Prototipe sistem Brake Assist Pada Sepeda Motor Berbasis Arduino Gunawan, Bangbang; Widiyantoro, Widiyantoro; Mulyana, Mulyana
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin Vol 9, No 4 (2025): Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31000/mbjtm.v9i4.13815

Abstract

Keselamatan berkendara merupakan faktor penting dalam mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. Salah satu sistem yang dapat meningkatkan keselamatan adalah sistem Brake Assist, yang membantu pengendara dalam melakukan pengereman darurat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun prototipe sistem Brake Assist pada sepeda motor berbasis Arduino. Sistem ini menggunakan sensor jarak ultrasonik untuk mendeteksi objek di depan kendaraan dan secara otomatis mengaktifkan pengereman jika jarak objek berada dalam batas aman yang telah ditentukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mencakup perancangan perangkat keras, pemrograman mikrokontroler Arduino, serta pengujian kinerja sistem dalam berbagai kondisi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem Brake Assist mampu merespons secara cepat ketika terdapat objek dalam jarak 30 cm di depan kendaraan, dengan aktuator pengereman bekerja secara otomatis sesuai dengan perintah dari mikrokontroler. Data hasil pengujian juga menunjukkan bahwa tekanan pengereman yang dihasilkan bervariasi antara 3,0 hingga 5,0 bar, dengan tekanan maksimum mencapai 70 psi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa prototipe sistem Brake Assist berbasis Arduino dapat bekerja dengan baik dalam mendeteksi objek di depan kendaraan dan memberikan respons pengereman secara otomatis. Sistem ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan keselamatan pengendara sepeda motor, khususnya dalam situasi darurat. Pengembangan lebih lanjut diperlukan untuk meningkatkan akurasi sensor, respons aktuator, serta pengujian dalam kondisi jalan yang lebih bervariasi.

Page 1 of 2 | Total Record : 11