cover
Contact Name
Gusstiawan Raimanu
Contact Email
g.raimanu@unsimar.ac.id
Phone
+628114562270
Journal Mail Official
jurnaladministratie@unsimar.ac.id
Editorial Address
Lt. Dua Gedung B, Fak. ISIP, Universitas Sintuwu Maroso Jl. P. Timor No. 1. Poso
Location
Kab. poso,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Administratie
ISSN : 2354659X     EISSN : 27228185     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Ilmiah Administratie with registered number ISSN 2354-659X (print) is a multidisciplinary scientific journal published by Faculty of Social and Political Sciences Universitas Sintuwu Maroso. The scope of this journal concerns many problems in general or problems related to the science of public administration at the developing national level. The purpose of this journal publication is to disseminate conceptual thinking or ideas and results of research that have been achieved in the fields of public administration, public policy, and governance. Particularly focused on issues in the development of public policy science and local governance. Broader coverage is administrative development, regional autonomy and bureaucracy, state apparatus, decentralization, development economics, public management, and social sciences which include public health, fiscal politics, and regional planning.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 21 No. 2 Edisi September 2023" : 5 Documents clear
Peranan Lurah Dalam Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan di Kelurahan Moengko Baru Lagantondo, Herlan
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 21, No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 21 No. 2 Edisi September 2023
Publisher : Universitas Sintuwu Maroso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71127/2722-8185.632

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan lurah dalam pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Metode penelitian dalam penulisan ini adalah pendekatan Kualitatif  dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bawha Peranan  Lurah  dalam  pelaksanaan tugas pemerintahan belum berjalan dengan baik, hal ini karena pemerintah kelurahan kurang memberikan petunjuk dan arahan berdasarkan ketentuan yang berlaku antara. Untuk  pembangunan terlaksana dengan baik, hal ini karena lurah kurang koordinasi kegiatan – kegiatan pembangunan sehingga  ada sebagian dapat dikerjakan melalui kerja bakti tetapi ada sebagian proyek yang dikerjakan meIaIui kegiatan perorangan atau melalui buruh bangunan sebenarnya pekerjaan tersebut dapat dikerjakan dengan kerja bakti tanpa mengunakan buruh bangunan. dan Untuk kemasyarakatan belum baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan belum mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya pembangunan bersama lembaga kemasyarakatan dalam melakukan pembinaan terutama pembinaan dalam kaitan dengan bidang ketertiban dan keamanan masyarakat melakukan pembinaan dalam bidang kerohaniaan, dan berbagai pembinaan yang berkaitan dengan masalah - masalah seperti mengatasi konflik sosial yang sering terjadi Abstract:  This study aims to determine the role of the village head in government, development and society. The research method in this writing is a Qualitative approach with Data collection techniques through interviews, observations and documentation. The results of the study indicate that the role of the village head in carrying out government duties has not been running well, this is because the village government does not provide enough guidance and direction based on applicable provisions between. For development to be carried out well, this is because the village head does not coordinate development activities so that some can be done through community service but there are some projects that are carried out through individual activities or through construction workers, in fact the work can be done through community service without using construction workers. and for society it is not good. This can be proven by not optimizing the entire potential of joint development resources with community institutions in carrying out coaching, especially coaching in relation to the field of public order and security, carrying out coaching in the field of spirituality, and various coaching related to problems such as overcoming social conflicts that often occur
Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru ( Studi Di Kabupaten Poso ) Y. Alim, Fitria
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 21, No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 21 No. 2 Edisi September 2023
Publisher : Universitas Sintuwu Maroso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71127/2722-8185.633

Abstract

Abstrak: Fokus penelitian ini adalah Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru (Studi di Kabupaten Poso). Latar belakang penulisan ini adalah temuan lapangan ketika melakukan observasi awal yang menunjukkan bahwa implementasi kebijakan sertifikasi guru di Kabupaten Poso tidak berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan menganalisis jalannya proses implementasi kebijakan sertifikasi guru di Kabupaten Poso. Metode Penelitian yang dipakai dalam penulisan ini adalah metode kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui obesrvasi, wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Penentuan informan penelitian ini memakai teknik bola salju (Snow Ball).Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru di Kabupaten Poso tidak berjalan dengan baik karena selain guru hanya disibukkan dengan pengurusan dokumen untuk memenuhi segala macam tuntutan kurikulum sehingga tugas utama mengajar teraibakan, juga kebijakan yang lemah, keterbatasan anggaran dan lemahnya kualitas sumber daya manusia. Abstract:  Abstrac :The research of focused on the Implementation of Teacher Certification Policies   (Study in Kabupaten Poso). The general background of writing this thesis is the fact, which based on field observation, that indicate implementation of teacher certification policies in Kabupaten Poso not running as it should.The purpose of this study is to describe and analyze the course of the implementation process of teacher certification policies in Kabupaten Poso.The research method used in the writing is a qualitative method and all the data obtained through extensive observation, in-depth interview and literature study. Informant has been determined by snowball technique.The result of this research shows Teacher Certification Policy Implementation in Kabupaten Poso does not run properly due to lack of socialization policies, weak regulation, budget constraints and lack of human resources quality.
Efektivitas Kepemimpinan Camat Mori Atas Kabupaten Morowali Utara Pantih, Suwardhi; Thomassawa, Rilfayanti
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 21, No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 21 No. 2 Edisi September 2023
Publisher : Universitas Sintuwu Maroso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71127/2722-8185.634

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas kepemimpinan Camat Mori Atas Kabupaten Morowali Utara sebagai dinamisator, modernisator dan sebagai pelopor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah  penelitian secara deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif yang menggambarkan elemen-elemen dari apa yang sebenarnya dimaksudkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Camat Mori Atas telah melaksanakan tugasnya dengan baik sebagai seorang pemimpin yang bertindak selaku dinamisator, modernisator dan pelopor dalam menggerakkan seluruh sumber daya aparatur yang bekerja pada Kantor Camat Mori Atas dan patut dijadikan panutan dan teladan bagi para pegawai sebagai Abdi Negara dan Abdi masyarakat. Abstract: This study aims to see the effectiveness of the leadership of the Head of Mori Atas District, North Morowali Regency as a dynamic, modernizer and pioneer. The research method used in the study is descriptive qualitative research. Data collection techniques through observation, interviews and documentation. Descriptive qualitative data analysis that describes the elements of what is actually meant in this study. The results of the study indicate that the Head of Mori Atas District has carried out his duties well as a leader who acts as a dynamic, modernizer and pioneer in mobilizing all human resources working at the Mori Atas District Office and should be used as a role model and example for employees as State Servants and Public Servants
Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Di Desa Tindoli Kecamatan Pamona Selatan Botilangi, Maharaja; Walenta, A.Y.
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 21, No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 21 No. 2 Edisi September 2023
Publisher : Universitas Sintuwu Maroso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71127/2722-8185.635

Abstract

Abstrak: Penelitian ini di laksanakan di Desa Tindoli dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan kepala desa dalam pelaksanaan pembangunan di desa Tindoli, serta factor apa saja yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan adalah; observasi, kuisioner dan wawancara. Sedangkan metode analisis data, menggunakan metode deskriptif kualitatif.  Dari hasil penelitian, di ketahui bahwa gaya kepemimpinan kepala desa dalam pelaksanaan pembangunan di desa Tindoli, secara umum belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari masing-masing capaian indicator, (1) Konsultasi; walaupun sebagian besar responden yakni 53 % mengatakan bahwa Kepala Desa “ selalu “ berkonsultasi dengan perangkat desa dan masyarakat sebelum program pembangunan desa di laksanakan, akan tetapi masih ada juga responden yang mengatakan “ jarang “ yakni 27 orang ( 46 % ) dan yang mengatakan “ Tidak tahu “ yakni 1 orang ( 1 % ); (2) Partisipasi; sebagian besar responden yakni 60 % mengatakan belum optimal; (3) Demokrasi, sebagian besar responden yakni 50 % mengatakan belum optimal; (4) Motivator, sebagian besar responden yakni 60 % mengatakan belum optimal. Adapun faktor yang mempengaruhi sehingga gaya kepemimpinan kepala desa dalam pembangunan di desa Tindoli belum optimal, adalah faktor kompotensi yang dimiliki kepala desa yang dinilai masih rendah. Secara umum gaya kepemimpinan konsultasi, partisipasi, demokrasi, dan motivator yang sudah di jalankan Kepala Desa dalam pelaksanaan pembangunan di desa Tindoli selama ini, belum optimal Abstract: This research was conducted in Tindoli Village with the aim of finding out the leadership style of the village head in implementing development in Tindoli Village, and what factors influence it. The methods used in collecting data were; observation, questionnaires and interviews. While the method of data analysis used a qualitative descriptive method. From the results of the study, it is known that the leadership style of the village head in implementing development in Tindoli Village, in general, is not optimal. This can be seen from each indicator achievement, (1) Consultation; although the majority of respondents, namely 53%, said that the Village Head "always" consults with village officials and the community before the village development program is implemented, there are still respondents who say "rarely" namely 27 people (46%) and those who say "Don't know" namely 1 person (1%); (2) Participation; the majority of respondents, namely 60%, said it was not optimal; (3) Democracy, the majority of respondents, namely 50%, said it was not optimal; (4) Motivator, the majority of respondents, namely 60%, said it was not optimal. The factors that influence the village head's leadership style in development in Tindoli village are not optimal, namely the competency factor of the village head which is considered still low. In general, the leadership style of consultation, participation, democracy, and motivation that has been implemented by the Village Head in implementing development in Tindoli village so far has not been optimal
Partisipasi Masyarakat dalam Pengaduan Masyarakat (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Poso) Akib, Karmila
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 21, No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 21 No. 2 Edisi September 2023
Publisher : Universitas Sintuwu Maroso

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71127/2722-8185.630

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi Masyarakat dalam pengaduan pelayanan public yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Poso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan analisis data dilakukan mulai dari reduksi, penyajian data dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam pengaduan pelayanan publik melalui nomor Whatsapp Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Poso masih kurang. Masyarakat kurang mendapatkan informasi terkait pengaduan, masyarakat juga enggan melakukan pengaduan melaporkan kendala yang mereka hadapi dan kurangnya respon pegawai serta kesulitan ketika hendak menyampaikan aspirasi nya baik berupa kritik, saran, keluhan hingga laporan. Pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Poso juga harus mengembangkan inovasi dalam pengaduan masyarakat sehingga lebih mudah diakses dan dijangkau oleh masyarakat. Kecepatan dan daya tanggap dalam merespon laporan pengaduan serta menyelesaikan laporan tersebut juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam pelayanan publik. Abstract : This study aims to determine public participation in public service complaints carried out by the Population and Civil Registration Service of Poso Regency. The method used in this study is a qualitative method with data collection techniques through observation, interviews and documentation and data analysis is carried out starting from reduction, data presentation and verification and drawing conclusions. The results of the study indicate that public participation in public service complaints through the Whatsapp number of the Population and Civil Registration Service of Poso Regency is still lacking. The public does not get enough information regarding complaints, the public is also reluctant to make complaints to report the obstacles they face and the lack of employee response and difficulties when they want to convey their aspirations in the form of criticism, suggestions, complaints to reports. The Population and Civil Registration Service of Poso Regency must also develop innovations in public complaints so that they are more easily accessed and reached by the public. Speed and responsiveness in responding to complaint reports and completing these reports are also very much needed to increase public trust in public services

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 24, No 1 (2025): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 24 No. 1 Edisi Maret 2025 Vol 23, No 2 (2024): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 23 No. 2 Edisi September 2024 Vol 22, No 1 (2024): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 22 No. 1 Edisi Maret 2024 Vol 21, No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 21 No. 2 Edisi September 2023 Vol 20, No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 20 No. 1 Edisi Maret 2023 Vol 19, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 19 No. 2 Edisi September 2022 Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 18 No. 1 Edisi Maret 2022 Vol 17, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 17 No. 1 Edisi September 2021 Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 16 No. 1 Edisi Maret 2021 Vol 15, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 15 No. 1 Edisi September 2020 Vol 14, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 14 No. 1 Edisi Maret 2020 Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 13 No. 1 Edisi September 2019 Vol 12, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 12 No. 1 Edisi Maret 2019 Vol 11, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 11 No. 1 Edisi September 2018 Vol 10, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 10 No. 1 Edisi Maret 2018 Vol 9, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 9 No. 1 Edisi September 2017 Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 8 No. 1 Edisi Maret 2017 Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 7 No. 1 Edisi September 2016 Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 6 No. 1 Edisi Maret 2016 Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 5 No. 1 Edisi September 2015 Vol 1, No 04 (2015): Jurnal Administratie Vol 3, No 03 (2014) Vol 2, No 2 (2014) Vol 1, No 01 (2013) More Issue