cover
Contact Name
Eko Supraptono
Contact Email
eko@i-rpp.com
Phone
-
Journal Mail Official
eko@i-rpp.com
Editorial Address
Jalan Sampangan Baru IV B / 9 A Semarang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
ISSN : 24772240     EISSN : 24773921     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the publication.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 3 (2023): Edisi September 2023" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN E-MODUL SOFTWARE CLO3D DALAM PEMBUATAN POLA DAN DESAIN BUSANA PESTA SECARA DIGITAL
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 8, No 3 (2023): Edisi September 2023
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Pembuatan Pola identik dengan eksplorasi pemahaman, agar menghasilkan pola dan desain busana pesta secara digital sesuai tema yang dikehendaki. Referensi buku dan modul yang terbatas, serta minimnya media pembelajaran menyebabkan rendahnya pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-modul dengan software CLO3D dalam pembuatan pola dan desain busana pesta secara digital. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D jenis ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen yang digunakan berupa angket koesioner untuk menguji tingkat kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul. Sumber data uji kelayakan adalah ahli media dan ahli materi bidang fashion. Sumber data uji kepraktisan adalah guru prodi busana dan 36 siswa kelas XI pada SMK Negeri 1 Pringapus. Sumber data uji keefektifan adalah 36 siswa kelas XI B1 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas XI B3 sebagai kelas kontrol pada SMK Negeri 1 Pringapus. Berdasarkan hasil analisis data dari uji kelayakan 4,40 (kriteria sangat layak), hasil uji kepraktisan 92% (kriteria sangat praktis), analisis data dari uji keefektifan 79% kriteria efektif, dan dari analisis uji signifikansi memperoleh N-Gain_Persen memiliki Sig (2-tailed) 0,000 (lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05), artinya  data yang terdistribusi efektif dan signifikan, sehingga layak digunakan.
PENGEMBANGAN SOFT SKILLS BERORIENTASI PADA PELAYANAN SPA (SOLUS PER AQUA) DALAM TEACHING FACTORY PENDIDIKAN KEJURUAN
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 8, No 3 (2023): Edisi September 2023
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berorientasi pelayanan SPA dalam rangka mengembangkan soft skills siswa SMK. Metode dalam penelitian ini adalah Reseacrh and Development (RnD) dengan model ADDIE. Validitas dan reliabilitas instrumen penilaian modul dilakukan oleh ahli media (4 orang), ahli materi (5 orang), guru (10 orang), dan siswa (30 orang). Uji validitas menggunakan teknik Content Validity Rasio (CVR) dan Korelasi Point Biserial, sedangkan uji reliabilitas dengan teknik Percentage of Agreement dan Kuder-Richardson Formula (KR 20). Modul yang telah dikembangkan kemudian dianalisis kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan penerapannya dalam pembelajaran. Hasil uji validitas dengan teknik CVR didapatkan nilai CVI dari ahli media dan materi adalah 0,98 dan 0,97 serta CVI soft skills dan performance test adalah 0,91 dan 1 dengan kategori sangat sesuai. Hasil lain uji reliabilitas dengan teknik KR 20 didapatkan nilai Cronbach’s Aplha per Item dari tanggapan guru dan siswa masing-masing 0,707 dan 0,766 dengan kategori reliabel. Berdasarkan penilaian dari ahli media didapatkan persentase kelayakan sebesar 81,25% dengan kategori sangat layak, sedangkan persentase kelayakan dari ahli materi adalah 88,88% dengan kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan dari tanggapan guru dan siswa didapatkan persentase masing-masing 79,30% dan 76,50% dengan kategori praktis. Uji keefektifan untuk mengetahui ada atau tidak peningkatan keterampilan dan soft skills dilakukan melalui analisis N-Gain dan didapatkan hasil nilai gain pada aspek soft skills sebesar 0,561 dengan kategori sedang dan aspek psikomotorik 0,706 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan didapatkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan telah dinyatakan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran pada materi perawatan badan (body treatment) serta dapat meningkatkan aspek soft skills dan psikomotorik siswa SMK program keahlian Kecantikan dan SPA.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS MATERI PEMBELAJARAN FANTASY HAIR BUN
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 8, No 3 (2023): Edisi September 2023
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pembelajaran pada materi sanggul rambut fantasi menuntut siswa untuk membuat desain penataan sebelum melakukan kegiatan praktik. Namun hasil praktik sanggul rambut fantasi tidak sesuai dengan desain awal siswa. Siswa merasa kesulitan untuk menghasilkan rangkaian sanggul rambut fantasi yang sesuai dengan desain yang mereka buat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar Project Based Learning pada materi sanggul rambut fantasi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan prosedur ADDIE yang terdiri dari tahap Analyse, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Desain penelitian menggunakan Quasi Eksperimen. Hasil uji kelayakan berdasarkan penilaian tiga orang ahli menghasilkan skor rata-rata sebesar 3,64 yang menunjukkan kategori sangat layak. Hasil uji praktikalitas yang dilakukan terhadap 36 siswa menghasilkan total skor 1909 dengan skor rata-rata 53,2 termasuk dalam kategori sangat praktis. Uji keefektifan menggunakan uji N-gain yang dilakukan pada kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil perhitungan N-gain kelas eksperimen sebesar 0,42 sedangkan rata-rata N-gain kelas kontrol sebesar 0,10 sehingga pembelajaran menggunakan bahan ajar model PjBL lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sanggul. sebuah produk berupa bahan ajar model Project Based Learning yang memberikan dampak positif dan bermanfaat terhadap kegiatan pembelajaran sanggul rambut fantasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar Project-Based Learning yang dikembangkan sangat layak, sangat praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran materi sanggul rambut fantasi.
MEWUDUJKAN SEKOLAH RAMAH ANAK MELALUI SUPERVISI AKADEMIK
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 8, No 3 (2023): Edisi September 2023
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berfokus pada manajemen sekolah ramah anak, dengan penekanan pada peran strategi supervisi akademik. Sekolah merupakan tempat yang sangat berpengaruh pada kehidupan peserta didik, dan sekolah ramah anak menjamin setiap anak berada di lingkungan yang aman secara psikologis dan fisik. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun manajemen sekolah ramah anak, yang melibatkan pengorganisasian, perencanaan, dan evaluasi perencanaan program sekolah ramah anak. Penelitian ini memakai metode pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dan literasi yang digunakan untuk memahami bagaimana sekolah menerapkan strategi supervisi akademik demi menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dan pengorganisasian program sekolah ramah anak melibatkan pembuatan indikator implementasi dan pembentukan tim pelaksana. Pelaksanaan program melibatkan kegiatan literasi dan evaluasi sebagai bentuk perencanaan program sekolah ramah anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara berkala oleh penulis. Penelitian ini menghasilkan rancangan strategi yang mutakhir untuk transformasi sekolah menjadi ramah anak dengan sistem, supervisi dan kolaborasi yang dilakukan oleh keluarga dan masyarakat. Fondasi sekolah berlandaskan hak dan ramah anak menjadi alat yang jitu guna mencukupi hak anak dan memberikan pendidikan berkualitas. Penelitian ini bermanfaat untuk ilmu pengetahuan dan masyarakat dalam memberikan pemahaman lebih lanjut tentang bagaimana strategi supervisi akademik untuk lebih menciptakan lingkungan sekolah ramah anak.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN RPP DENGAN METODE MODELLING THE WAY
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 8, No 3 (2023): Edisi September 2023
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran yang efektif memerlukan perencanaan yang matang, menjadikan tahap perencanaan sebagai langkah penting sebelum pelaksanaan proses pendidikan yang sebenarnya. Penelitian tindakan sekolah ini dimulai karena adanya kekurangan yang diamati pada kemampuan iguru idalam imembuat irencana ipembelajaran iyang iselaras idengan ikurikulum i2013, iserta ipelaksanaan irencana itersebut iselama ipembelajaran. iSetelah imenganalisis idan imendiskusikan idata ipenelitian, iterlihat iadanya ipeningkatan iyang isignifikan. iPersentase iguru iyang imencapai inilai iminimal ipada ipenilaian iRencana iPembelajaran i(RPP) ipada iSiklus i1 idan iSiklus i2 imeningkat isebanyak i70%, inaik idari i15% imenjadi i85%. iSelain iitu, ijumlah iguru iyang imemperoleh inilai iminimal imemuaskan idalam ipenilaian ikinerja mengajar pada kedua siklus meningkat sebesar 82%, meningkat dari 11% menjadi 93%. Selain itu, terdapat peningkatan signifikan sebesar 41% dalam jumlah guru yang memenuhi nilai minimum penilaian siswa pada kedua siklus, meningkat dari 48% menjadi 89%. Dalam hal keterlibatan siswa, aktivitas yang tidak sesuai pada kedua siklus mengalami penyusutan rata-rata sebanyak 13%, sedangkan kegiatan yang sesuai dengan tujuan Siklus iI idan iSiklus iII imengalami ipeningkatan irata-rata isebesar i24%. iBerdasarkan ianalisis idan ipembahasan idata, ipenelitian iini idengan itegas imenyimpulkan ibahwa penerapan metode pemodelan berpotensi meningkatkan kemahiran guru dalam menyusun rencana pembelajaran dan menerapkannya secara efektif dalam praktik pengajaran mereka.
PEMBENTUKAN CIVIC DISPOTITION MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER UNTUK OPTIMALISASI FUNGSI MANAJEMEN SEKOLAH
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 8, No 3 (2023): Edisi September 2023
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah sebagai tempat formal untuk belajar mempunyai kewajiban untuk membentuk sikap kewarganegaraan pada murid ditengah pesatnya perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan cara memaksimalkan pengelolaan sekolah sebagai lingkungan pembelajaran untuk membentuk sikap kewarganegaraan di SMA Mega Islamic Boarding School, serta mencari faktor penghubung dan hal yang menghambat berlangsungnya ekstrakulikuler untuk membangun kedisiplinan sehingga peserta didik memiliki rasa tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yakni melakukan pengamatan, pencatatan, serta tanya jawab kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah, murid, dan wali murid. Hasil pengamatan menunjukkan adanya peningkatan pengelolaan sekolah sehingga mampu membentuk sikap kewarganegaraan melalui kegiatan pada lingkup kelas maupun luar kelas, sebagaimana mengintegrasikan sila-sila Pancasila untuk pembelajaran, membiasakan prinsip-prinsip cinta tanah air serta religiusitas lewat acara ibadah pagi, upacara bendera, dan ekstrakurikuler. Peningkatan pengelolaan sekolah bagi tempat pembelajaran untuk membentuk sikap kewarganegaraan di SMA Mega Islamic Boarding School masih belum optimal.
UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PELAKSANAAN MANAJEMEN SEKOLAH
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 8, No 3 (2023): Edisi September 2023
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fokus pada penelitian ini yaitu mempelajari dan meninjau manajemen sekolah untuk meningkatkan pendidikan dengan memfokuskan pada penerapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Manajemen pendidikan berarti mengelola tugas siswa melalui penggunaan sumber daya yang sesuai untuk tercapainya suatu tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan berbagai cara manajemen sekolah dapat meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk perencanaan dan pelaksanaan program sekolah, masalah yang dihadapi, dan evaluasi program sekolah. Untuk mencapai tujuan, metode pendekatan yang diginakan deskriptif kualitatif, yang mana selama proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis melalui proses penyiapan, penarikan kesimpulan, dan reduksi atau verifikasi.. Kepala sekolah beserta jajarannya dan juga peserta didik yang berada dalam sekolah tersebut adalah informan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pengajaran dan pembelajaran, serta peningkatan sarana dan prasarana sekolah, tercapai melalui perencanaan program sekolah. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan evaluasi program sekolah, pelaksanaan program sekolah digunakan. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa hambatan utama untuk mencapai pendidikan berkualitas tinggi termasuk partisipasi masyarakat yang rendah dalam kualitas pendidikan, SDM yang tidak mencukupi, pendanaan yang masih kurang, kerja sama yang tidak konsisten, fasilitas yang tidak memenuhi standar; dan pelaksanaan tugas untuk manajemen yang buruk, seperti pengawasan dan pelaksanaan. Pengawas diharapkan dapat mengarahkan dan mengawasi kepala sekolah dalam peningkatan kualitas pendidikan, termasuk perencanaan dan pelaksanaan program sekolah, serta mengatasi masalah.
MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI ERA PANDEMI MELALUI EVALUASI PEMBELAJARAN DARING
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 8, No 3 (2023): Edisi September 2023
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Suatu keadaan yang sama sekali tidak pernah diantisipasi sebelumnya bagi para tenaga pendidik, wali murid, serta siswa adalah hadirnya COVID-19 dan dampak yang terjadi ketika pandemi COVID-19 hadir ke dunia pendidikan. Meskipun begitu, pemerintah berusaha keras untuk menjalankan pembelajaran, termasuk melalui metode daring (online). Penelitian ini bertujuan untuk menilai sejauh mana efektivitas pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dan menggunakan metode observasi secara langsung. Data dikumpulkan berdasarkan observasi langsung yaitu wawancara kepada pihak yang terdampak pembelajaran daring pandemi covid. Evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring mencakup partisipasi siswa, aplikasi yang digunakan, kualitas jaringan, materi pembelajaran, serta waktu diskusi antara guru dan siswa. Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa responden merasa kurang siap menghadapi pelaksanaan pembelajaran di semester selanjutnya.
OPTIMALISASI PENGUASAAN MATERI KONSEP PRODUKSI MASSAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN "DIDIS" DALAM KONTEKS PENDIDIKAN
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 8, No 3 (2023): Edisi September 2023
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan model pengajaran langsung dengan model pembelajaran penemuan (DIDIS) pada materi "produksi massal" dan melihat bagaimana hal itu berdampak pada keterampilan proses dan penguasaan materi siswa kelas XII.TKJ di SMK Negeri 5 Semarang selama Semester Ganjil tahun akademik 2020-2021. Metode penelitian Penelitian Tindakan Kelas dibagi menjadi dua siklus. Observasi bisnis digunakan dalam siklus pertama, dan simulasi produksi digunakan dalam siklus kedua. Model pembelajaran DIDIS adalah inovasi pembelajaran berbasis siswa yang menggabungkan pembelajaran penemuan dengan instruksi langsung. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan proses siswa, dengan sebagian besar siswa yang semula tidak kompeten menjadi kompeten sepenuhnya pada siklus II. Selain itu, penguasaan materi juga mengalami peningkatan, dengan 32 dari total 36 siswa meraih predikat “cukup”, “baik”, dan “sangat baik” pada akhir penelitian. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pendidikan dengan memperkenalkan model inovatif DIDIS, yang memiliki potensi untuk diterapkan dalam berbagai konteks pendidikan. Temuan ini juga memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa dan dapat berpotensi menciptakan perubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan.
ANALISIS PENGARUH KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU
Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Vol 8, No 3 (2023): Edisi September 2023
Publisher : Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Implikasi dari penelitian ini memperlihatkan pentingnya peran kepala sekolah yang kuat dan kompeten dalam memajukan mutu pendiidkan melalui pendekatan supervisi yang terarah, yang dapat berpengaruh pada proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, sehingga dapat berpengaruh pada pembelajaran peserta didik. Untuk mengidentifikasi praktik supervisi yang efektif untuk mendukung perkembangan professional guru, serta untuk menilai dampaknya terhadap motivasi dan kualitas pengajaran. Serta kinerja kepala sekolah yang tinggi dapat memberikan umpan balik yang konstruktif. Metode Kualitatif merupakan metode yang diterapkan pada analisis penelitian ini. Survei atau observasi langsung di sekolah yang dituju, yaitu SDN Bumirejo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dengan subject penelitian yang diteliti adalah kepala sekolah dan guru serta dengan menerapkan metode kualitatif. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini terdapat hubungan supervisi dari kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru. Penelitian ini lebih memperlihatkan setiap kemajuan supervisi oleh kepala sekolah diikuti sehubungan dengan peforma kinerja oleh guru di SDN Bumirejo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Peningkatan kinerja guru berpengaruh pada penelitian ini yang berdampak pada pengajaran dan pengembangan professional guru. Sehingga terdapat pengoptimalisasian hasil belajar peserta didik dan keterwujudan program-program yang di berikan oleh sekolah atau satuan pendidikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10