cover
Contact Name
Juliana Kadang
Contact Email
julikadang@gmail.com
Phone
+6281341060166
Journal Mail Official
jimutfeb@gmail.com
Editorial Address
https://jimutuntad.com/index.php/jimut/about/editorialTeam
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT)
Published by Universitas Tadulako
ISSN : 24431850     EISSN : 24433578     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) terbentuk di tahun 2015 ( SK no. 0005.24433578/JI.3.1/SK.ISSN/2015.4 - 23 April 2015 ) bertujuan untuk mempublikasikan karya tulis ilmiah mahasiswa program studi S1 Manajemen. JIMUT merupakan Open Journal System (OJS) dengan e-ISSN : 2443-3578 dan p-ISSN : 2443-1850. JIMUT mengundang para author dan pakar berpartisipasi mempublikasikan dan membagi ide-ide melalui penelitian ilmiah dan empiris tentang ekonomi bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Tujuan publikasi adalah untuk meningkatkan pengetahuan teori, konsep, dan praktik di bidang ekonomi bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Partisipasi para pakar nasional di dewan redaksi adalah jaminan keberlanjutan dan kualitas publikasi sebagai kontribusi terhadap pengembangan manajemen dan riset bisnis pada skala nasional. JIMUT akan menerbitkan artikel secara on line tiga kali dalam setahun (Januari, Mei dan September) berisi sepuluh penelitian empiris dalam Bahasa Indonesia. Jurnal ini tidak hanya bagi kalangan sendiri, terbuka bagi para peneliti, dosen atau mahasiswa di luar Universitas Tadulako
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako" : 7 Documents clear
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. MANDALA MULTI FINANCE CABANG PALU Dewi Dewi; Chalil Chalil; Syamsul Bachri Daeng Parani
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.893 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v3i2.83

Abstract

 The purpose of this study is to determine the effect of service quality on customer satisfaction at  PT. Mandala Multi Finance Palu Branch. The sample used is 90 respondents, with sampling  technique used is purposive sampling. Method of data analysis used in this research is Multiple Linear Regression. The results showed that service quality variables consisting of physical evidence, empathy, reliability, responsiveness, and collateral simultaneously have a significant effect on customer satisfaction at PT. Mandala Multi Finance Palu Branch. While the partial physical evidence, empathy, kahandalan, responsiveness, and guarantee also significantly affect customer satisfaction at PT. Mandala Multi Finance Palu Branch. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Mandala Multi Finance Cabang Palu. Sampel yang digunakan penelitian ini yaitu sebanyak 90 responden, dengan teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan yang terdiri bukti fisik, empati, kahandalan, daya tanggap,dan jaminan secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Mandala Multi Finance Cabang Palu. Sedangkan secara parsial bukti fisik, empati, kahandalan, daya tanggap,dan jaminan juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Mandala Multi Finance Cabang Palu.
PENGARUH KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN RUMAH MAKAN DUA PUTRI DI KELURAHAN MATANO KECAMATAN BUNGKU TENGAH Muhammad Randi Satrio; Chalil Chalil; Ira Nuriya Santi
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.336 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v3i2.79

Abstract

The  purpose  of  this  research  is  to  test  and  analyze  1)  Influence  simultaneously  variable  of satisfaction and trust to customer loyality of Two Princess Restaurant in Matano Sub-District of Bungku Tengah District. 2) Partial influence of customer satisfaction variable on customer loyalty Two Putri Restaurant in Matano Village, Central Bungku District. 3) Partial influence of customer trust variable on customer loyalty of Two Princess Restaurant in Matano Sub-district of Bungku Tengah District. This type of research is descriptive causally. Sampling technique using Purposive Sampling, obtained sample of 60 respondents. Data analysis technique is multiple linear regression analysis. The results showed that based on the results of Test F, customer satisfaction variables and customer trust simultaneously have a positive and significant impact on customer loyalty Two Putri Restaurant in Matano Village, Central Bungku District. Partially, customer satisfaction variable (X1) has a positive and significant influence on customer loyalty of Two Putri Restaurant in Matano Village, Central Bungku District. The variable of customer trust (X2) has a positive and significant impact on customer loyalty of Two Princess Restaurant in Matano Sub-district, Bungku Tengah District. Tujuan penelitian adalah untuk menguji dan menganalisis 1) Pengaruh secara simultan variabel kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan Rumah Makan Dua Putri di Kelurahan Matano Kecamatan Bungku Tengah. 2) Pengaruh secara parsial variabel kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Rumah Makan Dua Putri di Kelurahan Matano Kecamatan Bungku Tengah. 3) Pengaruh secara parsial variabel kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Rumah Makan Dua Putri di Kelurahan Matano Kecamatan Bungku Tengah. Tipe penelitian adalah deskriptif kausal. Teknik penarikan sampel menggunakan Purposive Sampling, diperoleh sampel sebanyak 60 responden. Teknik analisis data adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil Uji F, variabel kepuasan pelanggan dan kepercayaan pelanggan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Rumah Makan Dua Putri di Kelurahan Matano Kecamatan Bungku Tengah. Secara parsial variabel kepuasan pelanggan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Rumah Makan Dua Putri di Kelurahan Matano Kecamatan Bungku Tengah. Variabel kepercayaan pelanggan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Rumah Makan Dua Putri di Kelurahan Matano Kecamatan Bungku Tengah.
PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBYEKTIF TERHADAP MINAT MAHASISWI UNIVERSITAS TADULAKO MEMBELI LIPSTIK MEREK LA TULIPE Dita Amaliah; Wahyuningsih Wahyuningsih; Syamsul Bachri Daeng Parani
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.971 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v3i2.84

Abstract

The purpose of this study is to learn and increase student’s interest in Tadulako University on purchasing brand lipstick La Tulipe. The variables of this research are attitude (X1) and subjective norm (X2), and the dependent variable is interest (Y). The research method used in this study is descriptive causal method with 61 sample and purposive sampling technique and method of analysis, Multiple Linear Regression with the help of computer program SPSS for windows, Release 16.0. The results showed that : 1). Subjective Attitudes and Norms Simultaneously Significantly Affects Student Interest The University of Tadulako buys La Tulipe brand lipstick; 2). Attitudes partially significant effect on Student Interest TadulakoUniversity bought brand lipstick La Tulipe; 3). Subjective Norms partially significant effect on Student Interest University Tadulako buy brand lipstick La Tulipe.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sikap dan norma subyektif secara serempakdan parsial terhadap minat Mahasiswi Universitas Tadulako membeli lipstick merek La Tulipe. Variabel penelitian ini yaitu sikap (X1) dan norma subyektif (X2). Sedangkan variabel dependen yaitu minat (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kausal dengan jumlah sampel 61 orang dengan teknik purposive sampling dan Metode analisis, Regresi Linear Berganda dengan bantuan program komputer SPSS for windows, Release 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Sikap dan Norma Subyektif secaraserempak berpengaruh signifikan terhadap Minat Mahasiswi Universitas Tadulako membeli lipstick merek La Tulipe; 2). Sikap secara parsial berpengaruh signifikanterhadap Minat Mahasiswi Universitas Tadulako membeli lipstick merek La Tulipe; 3). Norma Subyektif secara parsial berpengaruh signifikanterhadap Minat Mahasiswi Universitas Tadulako membeli lipstick merek La Tulipe.
PENGARUH DIVERSIFIKASI TERHADAP RISIKO PORTOFOLIO SAHAM (KASUS 5 SAHAM SEKTOR PERTAMBANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA) Junaedi Junaedi; Muhammad Noval; Cici Riyanti K Bidin
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.521 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v3i2.80

Abstract

The purpose of this study is to explain the effect of diversification on the risk of stock portfolio of mining sector in Indonesia Stock Exchange. Sampling techniques using is purposive sampling with 5 sample of stocks from the mining sector in the BEI. Analyzer uses variance-covariance. The results of this study are: 1) The risk on portfolio 1 share (ADRO) reached 7.2%. When MEDC shares were added, portfolio risk decreased significantly to 0.72%. BUMI shares were included, portfolio risk rose to 0.75%. When ANTM and PTBA stocks added portfolio risk increased respectively to 0.96% and 5.7%. 2) Diversification affects portfolio risk when the portfolio only forms up to 3 stocks are ADRO, MEDC and BUMI, so the initial hypothesis is accepted. However, when ANTM and PTBA stocks are added to the portfolio, the risk is increased so that the initial hypothesis is rejected for the 5 stock portfolio. Proportion of funds in portfolio 3 shares, namely; 81.3% (ADRO), 10.7% (MEDC) and 8% (BUMI) will generate portfolio risk of 0.75% and expected return of 2.5%. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan diversifikasi dan risiko portofolio beserta pengaruh diversifikasi terhadap risiko portofolio serta menentukan jumlah saham yang membentuk portofolio optimal. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 5 saham dari sektor pertambangan di BEI. Alat analisis menggunakan variance-covariance. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Risiko pada portofolio 1 saham (ADRO) mencapai 7.2%. Ketika saham MEDC ditambahkan, risiko portofolio mengalami penurunan yang signifikan menjadi 0.72%. Saham BUMI kemudian dimasukkan, risiko portofolio naik menjadi 0.75%. Ketika saham ANTM dan PTBA ditambahkan risiko portofolio naik masing-masing menjadi 0.96% dan 5.7%. 2) Diversifikasi dengan menambahkan 5 saham sektor pertambangan, awalnya menurunkan risiko portofolio hingga 3 saham. Ketika saham ANTM dan PTBA ditambahkan risiko portofolio mulai meningkat. 3) Proses diversifikasi yang dilakukan, tidak memiliki pengaruh terhadap risiko portofolio saham. 4) Portofolio optimal terdapat pada portofolio 3 saham yaitu ADRO, MEDC dan BUMI dengan proporsi dana masing-masing 81.3%, 10,7% dan 8%, dengan risiko portofolio sebesar 0.75% dan return ekspektasi sebesar 2.5%.
PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM MANAJERIAL DAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PERUSAHAAN NON KEUANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA) Lidya Avinda Tamalagi; Muhammad Noval; Cici Riyanti K Bidin
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.262 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v3i2.85

Abstract

This study aims to study Managerial and Institutional Ownership of Value of Non-Financial Companies listed on the Stock Exchange. The independent variables consist of Managerial Share Ownership (X1) and Institutional Share (X2), as well as several control variables namely Debt, Size and Age. Dependent variable is Company Value (Y), using Tobins'Q ratio. The research sample is 110 companies with purposive sampling sampling technique. Multiple regression data analysis process. The results showed that share ownership positively and insignificantly to the control variables. The result of managerial-related imposition on a significant corporate value of 0.368%. and Institutional Share Ownership has a positive and insignificant relationship to the company with the controls, variables and companies used as control variables. The test results showed that the significant value of 0.378. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kepemilikan Saham Manajerial dan Institusional terhadap Nilai Perusahaan Non Keuangan yang terdaftar di BEI. Variabel independen terdiri dari Kepemilikan Saham Manajerial (X1) dan Saham Institusional (X2), serta beberapa variabel kontrol yaitu Hutang, Ukuran dan Umur. Variabel dependen adalah Nilai Perusahaan (Y), diukur menggunakan rasio Tobins’Q. Sampel penelitian sebanyak 110 perusahaan ditentukan dengan tehnik penarikan sampel purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kepemilikan Saham Manajerial pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dengan mengendalikan hutang, ukuran dan umur perusahaan yang bertindak sebagai variabel kontrol. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengaruh kepemilikan saham manajerial terhadap nilai perusahaan memiliki nilai signifikan sebesar 0.368%. dan Kepemilikan Saham Institusional memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dengan mengendalikan hutang, ukuran dan umur perusahaan yang bertindak sebagai variabel kontrol. Hasil pegujian menunjukan bahwa nilai signifikan sebesar 0.378.
PENGARUH IKLAN TELEVISI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MEREK WARDAH DI KOTA PALU Siti Riskiana; Chalil Chalil; Ira Nuriya Santi
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v3i2.86

Abstract

The purpose of this study is to know and analyze the influence of television advertising and brand image simultaneously and partially to the purchase decision of Wardah brand product in Palu City. The variables of this research are television advertisement (X1) and brand image (X2). While the dependent variable is the purchase decision (Y). The research method used is descriptive method causal with the number of sample 75 people. Form of sampling using purposive sampling technique. Data analysis method used in this research is multiple linear regression analysis method. The results showed that: 1). Television advertisement and brand image simultaneously have a significant effect on the purchasing decision of Wardah brand products; 2). Television advertisement partially significant effect on purchasing decision of Wardah brand product; 3). Brand image partially significant effect on purchasing decision of Wardah brand product in Palu City. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh iklan televisi dan citra merek secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian produk merek Wardah di Kota Palu. Variabel penelitian ini yaitu iklan televisi (X1) dan citra merek (X2). Sedangkan variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kausal dengan jumlah sampel 75 orang. Bentuk pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Iklan Televisi dan Citra Merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk merek Wardah; 2). Iklan Televisi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk merek Wardah; 3). Citra Merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk merek Wardah di Kota Palu.
PENGARUH CITRA MEREK DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG AIR MINERAL CLEO DI ALFAMIDI KOTA PALU Desi Desi; Syamsul Bahri Daeng Parani; Ponirin Ponirin
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v3i2.82

Abstract

This study aims to determine the effect of brand image and product knowledge on the decision to repurchase mineral water CLEO in Alfamidi Jl. Martadinata Palu City. The independent variables used in this research are Company Image (X1), User Image (X2), Product Image (X3), Product Knowledge (X4), while the dependent variable is the repurchase decision (Y). This type of research is quantitative. The method of this research is descriptive causal. The sample used in this research is as much as 75 respondents with the form of sampling using purposive sampling technique. Data analysis method used in this research is multiple linear regression analysis method. The results of this study indicate that simultaneously the simultaneous influence of brand image and product knowledge consisting of corporate image, user image, and product image significantly influence against the decision of CLEO Mineral Water Buyback in Alfamidi. and partially corporate image, user image, product image, product knowledge significantly influence to decision of re-purchase of mineral water CLEO in Alfamidi Jl. Martadinata Palu City. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian ulang air mineral CLEO di Alfamidi Jl. Martadinata Kota Palu. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Citra Perusahaan (X1), Citra Pemakai (X2), Citra Produk (X3), Pengetahuan Produk (X4), Sedangkan variabel dependen adalah keputusan pembelian ulang (Y). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian ini adalah deskriptif kausal. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sebanyak 75 responden dengan bentuk pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara serempak pengaruh serempak citra merek dan pengetahuan produk yang terdiri dari citra perusahaan, citra pemakai, dan citra produk berpengaruh signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian ulang Air Mineral CLEO di Alfamidi. dan secara parsial citra perusahaan, citra pemakai, citra produk, pengetahuan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ulang air mineral CLEO di Alfamidi Jl. Martadinata Kota Palu.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 3 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 4 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 3 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 3 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 3 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 3 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 3 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako More Issue