cover
Contact Name
Ma'adul Yaqien Makkarateng
Contact Email
jurnal.altsarwah@gmail.com
Phone
+6281259984383
Journal Mail Official
jurnal.altsarwah@gmail.com
Editorial Address
Gedung Program Pascasarjana IAIN Bone Jl. HOS. Cokroaminoto, Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, Indonesia Telp. (0481) 21395
Location
Kab. bone,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah
ISSN : 26207818     EISSN : 26854686     DOI : https://doi.org/10.30863/al-tsarwah.
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu Ekonomi Syariah. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya yang berupa artikel hasil penelitian ataupun penelitian terapan, artikel telaah yang berkaitan dengan perkembangan Ilmu Ekonomi dan Keuangan (Konvensional dan Syariah) Informasi mengenai pedoman penulisan artikel dan prosedur pengiriman artikel terdapat pada setiap penerbitan. Semua artikel yang masuk akan melalui ‘peer-review process’ setelah memenuhi persyaratan sesuai pedoman penulisan artikel. Penerbitan jurnal ini dilakukan sebanyak enam bulan sekali yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2022)" : 7 Documents clear
PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP RETURN ON ASSETS BANK UMUM SYARIAH Dedi Mardianto
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v5i1.1716

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembiayaan akad musyarakah dan akad murabahah terhadap return on assetas  pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2015 sampai 2019. Data penelitian ini diambil  dari akses situs resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) laporan bulanan statistik perbankan syariah pada periode 2015 bulan Januari sampai 2019 bulan Desember. Metode pendekatan dengan menggunakan model ECM  ( Error Corection Model). Hasil penelitian yang didapatkan pada variabel pembiayaan akad musyarakah memberikan pengaruh dan signifikan terhadap return on assets pada kondisi jangka panjang. Sedangkan pada kondisi jangka pendek tidak memberikan pengaruh dan signifikan terhadap return on assets pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2015 sampai 2019. Pada variabel pembiayaan akad murabahah dalam kondisi jangka panjang ataupun jangka pendek, bahwa akad pembiayaan murabahah tidak berpengaruh terhadap return on assets pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2015 sampai 2019.Kata kunci: Musyarakah, Murabahah, Return On Assets
OPTIMALISASI PERAN INTERMEDIASI BANK SYARIAH TERHADAP MASYARAKAT MISKIN (Studi pada Bank Sulselbar Kab.Bone) Marni M
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v5i1.3116

Abstract

This study discusses the Optimization of the Intermediation Role of Islamic Banks Against the Poor (Study at Bank Sulselbar Kab.Bone). The data analysis that was used in this study is a description of the analysis. This research was made because there is still a lack of people involved in financing for the poor at Bank Sulselbar. The research conducted is descriptive qualitative research using field research methods, namely observations and interviews conducted by analyzing data sourced from the research location or place, namely Bank Sulselbar in implementing the intermediation role of Islamic banks for the poor. This research is also a library research.Based on the result of the research that gained is the role of intermediation of Islamic Bank toward the poor in increasing the the life of poor society in Bank SulSelbar is not already exist. This is caused the most of poor society are not able yet to involved into bank system. However, Islamic bank of Islamic sulSelBar keep helping the following poor society to pulfill their needs or to increase their business owned those society, namely those found in the Hasanah Titik Foundation by channeling tabarru funds such as Zakat, Infaq and Shodaqoh and providing a number of microfinance loans to middle and upper class people who have businesses with the aim of increasing the community's business and will also provide job opportunities for the poor the
PENGARUH KEADILAN, KEJUJURAN, KERAMAHAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL TERHADAP MINAT BELI DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM Siti Nurjanah; Fatmawati wati Sungkawaningrum; Effi Wahyuningsih
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v5i1.3106

Abstract

Minat Beli adalah salah satu  faktor yang memiliki peran sangat vital dalam keberhasilan suatu bisnis. Minat beli dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti keadilan, kejujuran, dan keramahan yang diberikan pedagang. Penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah keadilan, kejujuran dan keramahan pedagang memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen di Pasar Tradisional Pingit. Kebanyakan pedagang di Pasar Tradisional Pingit adalah seorang Muslim sehingga dalam penelitian ini keadilan, kejujuran, dan keramahan pedagang akan dilihat berdasarkan prespektif etika bisnis islam. Sampel dari penelitian ini adalah pembeli di Pasar Tradisional Pingit yang berjumlah 100 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Data yang diolah diperoleh dari kuesioner yang disebarkan secara langsung pada responden melalui media online google form. Analisis data dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, serta uji hipotesis menggunakan IBM Statistic 25. Hasil uji yang diperoleh menunjukkan bahwa keadilan berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Sedangkan, kejujuran dan keramahan berpengaruh secara positif dan  signifikan terhadap minat beli konsumen di Pasar Tradisional Pingit. Secara simultan atau bersama-sama, keadilan, kejujuran, dan keramahan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen di Pasar Tradisional Pingit. 
MANAJEMEN PENJUALAN SUBSIDI TABUNG GAS LPG 3KG TERHADAP KEBUTUHAN MASYARAKAT DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Pangkalan Lpg 3kg di Kabupaten Bone) Wariman W
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v5i1.3128

Abstract

penelitian ini membahas mengenai manajemen penjualan  subsidi tabung Gas LPG 3 kg terhadap kebutuhan masyarakat dalam perspektif ekonomi islam pada salah satu pangkalan yang ada di kab bone tepatnya di desa mattoangin kec tellusiattinge, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen atau cara penjualan subsidi tabung gas lpg 3 kg ini terhadap kebutuhan masyarakat serta kendala-kendala yang di hadapai dalam penjualan.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian dimana peneliti terjun langsung kelapangan untuk meneliti objek penelitian yaitu manajemen penjualan subsidi tabung gas LPG 3 kg menggunakan penedelatan ekonomi islam dengan teknik pengumpulan data, wawancara, observasi dan documentasi serta teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, p[enyajian data kemudian Verification data.Hasil penelitian menunjukkan 1)  manajemen penjualan pada usaha pangkalan mulai dari perencanaannya dimana selalu memperhatikan stok gudang demi kelancaran penjualan  untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan melayani masyarakat baik yang (pengecer) dan bila ada masyarakat yang ingin membeli tabung gas LPG dalam jumlah banyak maka pangkalan siap mengantarkan  tentunya dengan harga yang telah disepakati. Sehingga tidak merugikan salah satu pihak atau kedua belah pihak. Dengan demikian dapat dikatakan sampai pada tahap penjualannya sudah sesuai dengan prinsip syariah . 2) Kendala pada penjualan ini adalah seringkali terjadi kelangkaan akibat dari fenomena alam yakni musim kemarau yang membuat masyarakat yg sebagian besar petani mengalihfungsikan LPG 3 KG ini sebagai bahan bakar mesin pompa sehingga permintaan pada masa itu begitu tinggi yang mebuat harga pun naik, serta msaih terdapat penjualan LPG 3 kg ini secara illegal dimana tidak ada mitra kerjasama dengan pertamina selaku yang bertanggung jawab penuh dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar masyarakat. Kata Kunci: Manajemen  Penjualan,  Subsidi, Pangkalan LPG 3 kg.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA SAHAM PERUSAHAAN PERBANKAN DI INDONESIA Imron Subandi; Natali Yustisia
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v5i1.2990

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk menganalisis  pengaruh book value per share,  price to book value, earning per sharedan price earning ratio terhadap harga saham. Sampel yang digunakan sebanyak lima bank meliputi: Bank BCA, Bank BRI, Bank  BNI, Bank Mandiri dan Bank BTN. Data yang digunakan dalam studi ini diperoleh dari  harga penutupan akhir tahun dan laporan keuangan perusahaan bank yang tergabung dalam indeks LQ 45 di BEI. Teknik analisis yang digunakan dalam studi ini adalah regresi data panel. Hasil penelitian yang menggunakan model fixed effect  menemukan bahwa  BVS memiliki pengaruh signifikan positif  terhadap harga saham, PBV  menunjukkan pengaruh signifikan positif terhadap harga saham, sedangkan  EPS  mempunyai pengaruh signifikan negatif terhadap harga saham.  Akan tetapi, PER tidak berpengaruh terhadap harga saham.
KONTEKSTUALISASI PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM KLASIK PADA KEBIJAKAN PEREKONOMIAN INDONESIA Hendri Hermawan Adinugraha
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v5i1.975

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemikiran ekonomi Islam klasik melalui beberapa kebijakan ekonomi yang telah dilakukan oleh Umar ibn Khattāb dan Abū Yusuf al-Anṣāri pada masa pemerintahannya dan kontekstualisasinya dengan kebijakan perekonomian terkini di Indonesia. Penelitan ini merupakan penelitian pustaka dengan pendekatan sejarah dan pendekatan ekonomi. Hasil penelitian menunjukan bahwa latar belakang pemikiran Umar dan Abū Yusuf tentang ekonomi  dipengaruhi oleh beberapa faktor internal maupun eksternal. Misalnya latar belakang pendidikan mereka yang dipengaruhi dari beberapa gurunya, faktor eksternal yang dipengaruhi dari sistem pemerintahan, kondisi politik dan ekonomi kenegaraan pada saat itu. Semua itu berpengarug terhadap social setting dalam setiap kebijakan yang dikeluarkannya. Oleh sebab keadaan sosial seperti itulah Umar dan Abū Yusuf memiliki kesamaan atau kemiripan dalam setiap pemikiran ekonominya yang beraliran ra’yu (rasional) dengan menggunakan perangkat analisis untuk mencapai mashlahahal-‘āmmah (kemaslahatan umum). Diantara kebijakan ekonomi Umar yang masih kontekstual dengan perekonomian Indonesia ialah diversifikasi pemerintahan, perdagangan internasional, pembuatan mata uang, dan klasifikasi dan alokasi penadapatan Negara. Kemudian kebijakan ekonomi Abū Yusuf yang masih kontekstual dengan perekonomian Indonesia ialah penentuan pajak hasil bumi, restrukturisasi sistem wazifah dan masāhah dengan sistem muqāsamah, perubahan status kharaj dari akad ijārah menjadi musyārakah, pengendalian harga (ta’sir) sesuai syariah, dan pembangunan infrastruktur untuk kemaslahatan ummat.Kata kunci: pemikiran ekonomi, kebijakan, Umar ibn Khattāb dan Abū Yusuf al-Anṣāri.
INTERVENSI PEMERINTAH DALAM MENENTUKAN HARGA MENURUT IBNU TAIMIYAH Khanifah Nurfaizah
Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30863/al-tsarwah.v5i1.612

Abstract

Intervensi pemerintah dalam penentuan harga, selalu menjadi perdebatan hangat di kalangan ekonom. Islam sebagai Agama yang terahir memiliki pandangan dalam hal ekonomi baik mikro,  makro maupun skala domestik, regional bahkan internasional. Rasulullah adalah orang yang pertama di taya oleh masyarakat mengenai intervensi harga, pada saat itu Rasulullah memberikan jawaban seperti hadis berikut “Dari Anas bin Malik beliau berkata: harga barang-barang pernah mahal pada masa Rasulullah Saw. lalu orang-orang berkata: Ya Rasulullah, harga-harga menjadi mahal, tetapkanlah standar harga untuk kami, lalu Rasulullah bersabda: Sesungguhnya Allahlah yang menetapkan harga, yang menahan dan membagikan rizki, dan sesungguhnya saja mengharapkan agar saya dapat berjumpa dengan Allah Swt dalam keadaan tidak seorang pun di antara kamu sekalian yang menuntut saya karena kezaliman dalam pertumpahan darah (pembunuh) dan harta.” (HR. Abu Daud, Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah)”berdasarkan hadis tersebut menimbulkan perdebatan di kalangan Ilmuan, mereka memiliki pandangan berbeda dari hadis tersebut. Salah satunya ilmuan Muslim Ibnu Taimiyah yang memandang Intervensi pemerinth dalam menentukan harga,  Ibnu Taimiyah berpendapat bahwa Ibnu Taimiyah, berpendapat bahwa harga dipertimbangkan oleh kekuatan penawaran dan permintaan. karena adanya kekurangan dalam produksi atau penurunan impor dari barang barang yang diminta. Jadi, jika kebutuhan terhadap jumlah barang meningkat, sementara kemampuan menyediakannya menurun, harga dengan sendirinya akan naik.penetapan harga menurut Ibnu Taimiyah dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu ketidak adilan dan atas unsur kezaliman. Intervensi penentuan harga diperbolehkan bahkan diwajibkan dalam Islam untuk kepentingan kesejahterahan masyarakat. Kata kunci : intervensi penetapan harga, Ibnu Taimiyah, Adiwarman Karim. (2014). Ekonomi Mikro Islami. Jakarta: Rajawali Press.al-Tariqi, A. A. (2004). Al-Iqtishad al-IslamiUshusun wa Mubaun wa Ahdhaf, terj. M. irfan Shafwani . Yogyakarta: Magistra Insani Press.Amalia, E. (2005). Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam: Dari Masa Klasik Hingga Kontempore. Jakarta: Gramata Publishing.Dawud, A. (1998). Shahih Sunan Abu Dawud. Riyad: Maktabah al-Ma’arif.Dhaif, S. (2011). al-Mu’jam al-Wasith. Mesir: Maktabah al-Syuruq al-Dauliyah.Farma, J. (n.d.). Mekanisme Pasar dan Regulasi Harga: Telaah Atas Pemikiran Ibnu Taimiyah. Cakrawala Jurnal Studi Islam.Fauzia, I. d. (2014). Prinsip Dasar Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana.hartono, T. (2006). Mekanisme Ekonomi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Hilal, S. (2014). Konsep Harga Dalam Ekonomi Islam (Telah Pemikiran Ibn Taimiyah). ASAS, Vol.6, No.2,.Hilal, S. (2014). Konsep Harga Dalam Ekonomi Islam(Telah Pemikiran Ibn Taimiyah). ASAS, Vol.6, No.2,.Islahi, A. (1997). Konsepsi Ekonomi Ibnu Taimiyah. Surabaya: Bina Ilmu Offset.Isnaini Harahap, d. (2015). Hadis-hadis Ekonomi. jakarta: Prenadamedia Group.Karim, A. (2006). Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: IIIT Indonesia.Karim, A. A. (2004). Bank Islam Analisis Fiqh dan Keuangan, Edisi dua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Rahman, A. ( Yogyakarta). Doktrin Ekonomi Islam, Jilid IV, (Penerj.) Nastangin Soeroyo. 1995: Dana Bhakti Wakaf.Reksoprayitno, S. (2000). Pengantar Ekonomi Mikro. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.Sumarni. (n.d.). ″INTERVENSI PEMERINTAH″ANTARA KEBUTUHAN DAN PENOLAKAN DI BIDANG EKONOMI “. Journal of Economic and Economic Education Vol.1 No.2, (183-194),.Taimiyah, I. (1976). Alhisbah Fi Al Islam. kairo: Dar al-sa'ab.Taimiyah., I. (n.d.). Majmu’ al-Fatawa, Jilid XXX. Riyad: Maktabah al-Riyad. 

Page 1 of 1 | Total Record : 7