cover
Contact Name
Rusyda Fauzana
Contact Email
rusyda@uin-suska.ac.id
Phone
+6285355991278
Journal Mail Official
jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id
Editorial Address
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Idarotuna: Jurnal Kajian Manajemen Dakwah
ISSN : 26544709     EISSN : 26544938     DOI : http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v2i2
IDAROTUNA adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini adalah media komunikasi ilmiah antarpeminat ilmu manajemen dakwah yang terdiri dari dosen, pakar dan praktisi, mahasiswa dan lain sebagainya. Jurnal Idarotuna mengangkat tulisan/karya ilmiah di bidang manajemen dakwah dengan fokus tema meliputi Manajemen Dakwah Lembaga, Manajemen Haji, Manajemen Umrah/Perjalanan Islami, Manajemen Zakat dan Wakaf, dan Strategi Dakwah. Artikel-artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ini merupakan kajian ilmiah atas masalah-masalah yang berkembang dalam masyarakat, gagasan-gagasan orisinal dan juga ringkasan hasil penelitian yang dituangkan dalam bahasa Indonesia, Arab dan Inggris. Artikel dapat berupa hasil penelitian baik pustaka maupun lapangan, analisis teori, asumsi empirik yang berkaitan dengan pengembangan kajian manajemen dakwah.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2024): April 2024" : 6 Documents clear
Dakwah pada Generasi Z di Media Sosial: Studi Netnografi pada Akun TikTok Agam Fachrul Nabillah, Aini; Romadi, Pipir
Idarotuna Vol 6, No 1 (2024): April 2024
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v5i2.24625

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menggali penggunaan platfrom media sosial TikTok oleh da’i muda Agam Fachrul sebagai media dakwah di kalangan generasi Z. Ramainya pengguna platfrom media sosial saat ini menjadi solusi dan cara bagi para da’i untuk menyebarkan dakwah dengan mudah tanpa harus turun ke lapangan. Selain itu, kalangan generasi Z banyak menggunakan platfrom media sosial untuk mencari solusi dalam memecahkan masalah mereka dalam perspektif agama. Ini menjadi peluang bagi para da’i untuk memanfaatkan media sosial dalam menyampaikan dakwahnya. Penelitian ini bersifat kualitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini mengunakan metode netnografi untuk menggali aktivitas dan interaksi komunitas di dunia maya pada akun TikTok Agam Fachrul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah Agam Fachrul di TikTok menarik animo generasi Z. Dakwah yang dibawakan Agam dipandang positif karena bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami dengan penyampaian yang sopan. Penampilan Agam Fachrul yang menarik dan mengikuti gaya kekinian juga menjadi penarik bagi generasi Z untuk mengikuti konten dakwahnya. 
Strategi Pengembangan Budaya Organisasi Surau Duta Munzalan Jakarta Ulum, Muhammad Anfaul; Thoha, Ahmad Faiz Khudlari; Pratama, Yoga Prakusya
Idarotuna Vol 6, No 1 (2024): April 2024
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v6i1.25383

Abstract

Budaya organisasi merupakan elemen penting dalam pembentukan identitas dan operasionalisasi masjid. Dalam konteks kemasjidan, budaya organisasi tidak hanya mencakup praktik ibadah, tetapi juga nilai-nilai dan asumsi dasar yang membimbing interaksi dan kegiatan di masjid. Budaya organisasi merupakan elemen penting dalam pembentukan identitas dan operasionalisasi masjid. Dalam konteks kemasjidan, budaya organisasi tidak hanya mencakup praktik ibadah, tetapi juga nilai-nilai dan asumsi dasar yang membimbing interaksi dan kegiatan di masjid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis elemen-elemen budaya organisasi di Surau Duta Munzalan serta memahami bagaimana ketiga pilar ini mendukung operasional dan pengembangan masjid. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. enelitian ini menyoroti pentingnya tiga pilar utama yang membentuk budaya organisasi di Surau Duta Munzalan, yaitu Cultural Artifacts, Cultural Values, dan Basic Underlying Assumptions. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana budaya organisasi di masjid dapat dibentuk dan dikembangkan untuk meningkatkan kualitas ibadah dan kesejahteraan sosial jamaah.
Manajemen Program Unggulan melalui Service Excellence di Masjid Raya Al-Falah Sragen Qisom, Shobikhul; Sidik Ibrahim, Muh Syahril; Mu'minin, Ahmad Mawla; Al Hafidz, Ahmad Jundillah
Idarotuna Vol 6, No 1 (2024): April 2024
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v6i1.25379

Abstract

Service excellence di sebuah organisasi penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan dalam upaya memuaskan pelanggan sehingga menumbuhkan kepedulian, rasa puas dan kepercayaan dalam diri pelanggan terhadap organisasi. Penerapan service excellence pada organisasi nirlaba bermanfaat untuk menyenangkan pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan yang dapat membangun hubungan pelanggan jangka panjang. Masjid Raya Al-Falah Sragen merupakan salah satu masjid di Indonesia yang menerapkan sistem service excellence dalam kepengurusannya dengan mengembangkan berbagai layanan dan fasilitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus yang dilaksanakan di Masjid Raya Al-Falah Sragen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa di antara temuan yang penting dari penelitian ini adalah bahwa Masjid Raya Al-Falah Sragen dalam melayani jemaah melakukan pendekatan personal secara khusus dan kesetaraan hak dalam memberikan layanan yang menghasilkan loyalitas jemaah terhadap masjid. Hasil penelitian ini berimplikasi memperluas peran sosial masjid di masyarakat terhadap kesejahteraan masyarakat di Indonesia.
Transformasi Keterampilan Mubaligh Dalam Berdakwah Di Persatuan Mubaligh Kota Batam Hamriani, Faiza; Khairuddin, Khairuddin
Idarotuna Vol 6, No 1 (2024): April 2024
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v6i1.27655

Abstract

Lembaga Dakwah Persatuan Mubaligh Kota Batam (PMB) adalah salah satu lembaga dakwah yang ada di Kota Batam yang bergerak dibidang dakwah. PMB memiliki anggota mubaligh yang sangat banyak yang siap untuk mensyiarkan ajaran Islam di Kota Batam. Dengan banyaknya anggota mubaligh yang tergabung maka tujuan penelitian ini dilakukan adalah ingin mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh pengurus PMB untuk meningkatkan kualitas berdakwah para anggota mubaligh PMB . Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan 4 (empat) informan penelitian. Hasil penelitian dari upaya pengurus PMB untuk meningkatkan keterampilan berdakwah mubaligh PMB adalah dengan melakukan kegiatan pelatihan dakwah berupa seminar dan diklat, pembinaan mubaligh dalam bentuk kegiatan halaqoh, pendidikan dengan mewadahi bakat dan minat dari mubaligh melalui tulisan dan melalui proses rekrutmen mubaligh untuk menghasilkan mubaligh yang berkualitas dan berkompeten.
Analisis Manajemen Komunikasi Dakwah Pada Program Volunteer di Theelhawi Serial Hanifah, Najmy; Nurdin, Ali
Idarotuna Vol 6, No 1 (2024): April 2024
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v6i1.30265

Abstract

Kegiatan dakwah pada masa kini memiliki bentuk yang beraneka ragam, salah satunya adalah program volunteer. Tujuan  dari penelitian ini adalah menganalisis manajemen komunikasi dakwah pada program volunteer di Theelhawi serial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di theehawi, serial. Sumber data yang dimiliki oleh peneliti adalah wawancara dengan Shinshei Hilya Elhawi, selaku faunder Theelhawi dan pembina secara langsung, observasi di kalangan volunteer, dan dokumentasi. Tehnik analisis menggunakan dua cara yakni dengan cara analisis teks media dan  analisis interaktif miles and Huberman yang terbagi menjadi tiga tahap yakni  reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen komunikasi dawah yang di gunakan dalam program volunteer ini terbagi menjadi dua. Pertama, internal yaitu mencakup fasilitas yang di dapatkan oleh para volunteer meliputi halaqah bimbingan Ijazah sanad, bedah kitab di bidang kesehatan, dan membangun persaudaran dari seluruh Indonesia. Kedua, eksternal yang mencakup kegiatan volunteer meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi.
Dakwah Inklusif sebagai Sarana Generasi Z untuk Mewujudkan Moderasi Beragama Wardah, Saidah Nabila; Hawa, Rahma Nur; Zahra, Sarah Aufa; Nabilah, Syifa; Anwar, Saepul
Idarotuna Vol 6, No 1 (2024): April 2024
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idarotuna.v6i1.27072

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan dari ulama yang ada di sekitar masyarakat mengenai perbedaan agama, moderasi beragama, serta dakwah inklusif sebagai sarana mewujudkan moderasi beragama di generasi Z saat ini. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung antara peneliti dan narasumber. Wawancara mendalam dilakukan kepada para ulama dari organisasi kemasyarakatan yaitu Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan Persatuan Islam (Persis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan agama adalah sebuah keniscayaan dan harus diterima dengan sikap toleransi untuk menjaga kerukunan beragama. Moderasi beragama adalah cara pandan, sikap, dan perilaku beragama yang selalu mengambil posisi di tengah-tengah, bertindak adil, dan tidak ekstrim. Dengan demikian, berdakwah di generasi Z dengan metode inklusif menjadi jalan untuk menjaga keharmonisan di masyarakat Indonesia yang beragam.

Page 1 of 1 | Total Record : 6