cover
Contact Name
Qorry Meidianingsih
Contact Email
qorrymeidianingsih@unj.ac.id
Phone
+6281297142104
Journal Mail Official
jrpms@unj.ac.id
Editorial Address
Gedung Dewi Sartika Lt. 6, Kampus A Universitas Negeri Jakarta Jln. Jl. Rawamangun Muka, RT.11/RW.14, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
ISSN : -     EISSN : 26214296     DOI : https://doi.org/10.21009
Core Subject : Education,
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah (JRPMS) is a journal that is published by the mathematics education study program of MIPA, Jakarta State University. The manuscript published in JRPMS was the result of research in the field of school mathematics education and contributed significantly to the dissemination of knowledge in the field of mathematics education, both theory and application.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah" : 5 Documents clear
Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan Menerapkan Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Trigonometri Siswa SMA Perguruan Rakyat 3 Jakarta Jarot Aji Baskoro; Ellis Salsabila; Aris Hadiyan Wijaksana
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.021.01

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep trigonometri adalah tingkat pemahaman siswa dalam menjelaskan keterkaitan konteks-konteks trigonometri sebagai satu kesatuan yang memperkuat konsep dasar dalam materi trigonometri. Kemampuan pemahaman konsep trigonometri merupakan salah satu kompetensi yang sangat penting untuk dimiliki siswa karena sangat diperlukan untuk menjadi dasar dalam mempelajari bidang lain. Oleh karena itulah dilakukan penelitian dengan memilih suatu metode agar bisa meningkatkan kemampuan pemahaman konsep trigonometri pada siswa, yaitu pembelajaran yang menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinestetic. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran yang diterapkan tersebut mempunyai pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep trigonometri siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai dengan April 2018 di SMA Perguruan Rakyat 3 Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan juga cluster random sampling, sehingga dipilih dua kelas untuk penelitian, yaitu kelas X-IPS-1 dijadikan sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinestetic, dan juga kelas X-IPS-2 dijadikan sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran secara konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pre-test berupa tes kemampuan awal dan juga post-test berupa tes kemampuan pemahaman konsep trigonometri.Berdasarkan uji analisis data menggunakan uji-t, diperoleh hasil bahwa = 3.0527 > = 2.0025, sehingga H0 ditolak. Artinya rata-rata peningkatan kemampuan pemahaman konsep trigonometri kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan menerapkan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinestetic terhadap kemampuan pemahaman konsep trigonometri siswa.
Pengaruh Pembelajaran SAVI Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik di SMPN 1 Tambun Selatan Aris Hadiyan Wijaksana; Ayunabilla Suci Pratiwi; Fariani Hermin Indiyah
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.021.02

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika. Penelitian dilaksanakan pada peserta didik kelas VII semester genap tahun ajaran 2017/2018 pokok bahasan Aritmetika Sosial di SMPN 1 Tambun Selatan, Bekasi. Metode penelitian yang digunakan quasi experiment. Pengambilan sampel tahap pertama menggunakan teknik purposive random sampling dan tahap kedua menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) kemampuan pemahaman konsep matematika yang terdiri dari 5 soal uraian. Pengujian validitas menggunakan validitas isi, konstruk, dan empiris. Pengujian validitas isi dan konstruk dilakukan oleh ahli dan perhitungan validitas empiris menggunakan rumus Pearson Product Moment. Perhitungan reliabilitas instrumen menggunakan rumus korelasi Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0.624 untuk pretest dan 0.633 untuk posttest. Berdasarkan hasil perhitungan data penelitian, kelas eksperimen dan kontrol berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians homogen. Terdapat tiga hipotesis yang diujikan. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan uji-t berpasangan dengan taraf signifikansi 0.05 dan pengujian hipotesis ketiga menggunakan uji-t tidak berpasangan dengan taraf signifikansi 0.05. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis ketiga, diperoleh dan sehingga hipotesis tolak H0. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model SAVI berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik SMPN 1 Tambun Selatan.
Pengaruh Pendekatan Metode Pembelajaran dan Belief Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Dwi Antari Wijayanti; Agus Agung Permana
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.021.03

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan metode pembelajaran matematika realistik dan konvensional serta belief matematika terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain treatment by level (2 X 2). Variable dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebasnya adalah pendekatan pembelajaran dan belief siswa terhadap matematika yang terbagi atas belief positif dan belief negatif, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Metode pengambilan sampel dilakukan secara bertahap (multi-stage random sampling). Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode statistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran matematika realistic (PMR) dengan pendekatan konvensional baik untuk siswa yang memiliki belief positif maupun negatif. Pada siswa yang memiliki belief matematika positif, hasil belajar siswa yang belajar menggunakan PMR lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar menggunakan pendekatan konvensional. Namun pada siswa yang memiliki belief negatif, baik menggunakan PMR maupun konvensional, hasil belajarnya tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat menjadi salah satu pilihan dalam pembelajaran. Pendekatan pembelajaran matematika realistik dinilai efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, karena dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Terhadap Soal Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Indikator Pemahaman Dinda Permatasari
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.021.04

Abstract

Banyak siswa kesulitan dalam hal memahami soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus berdasarkan indikator pemahaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik purposive sampling yaitu pengambilan sample dengan pertimbangan tertentu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 7 soal persamaan garis lurus berdasarkan indikator pemahaman. Instrumen penelitian telah diuji cobakan kepada 10 siswa SMP yang sebelumnya sudah penah mempelajari materi persamaan garis lurus. Setelah melalui proses uji coba, prosentase siswa dalam menyelesaikan soal adalah pada soal nomor 1 (100%), soal nomor 2 (55%), nomor 3 (35%), soal nomor 4 (26,7%), soal nomor 5 (20%), soal nomor 6 (13%), soal nomor 7 (5%). Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus berdasarkan indikator pada umumnya masih rendah. Hasil penelitian menujukkan banyaknya kesalahan siswa dalam memahami soal, siswa lemah dalam memahami konsep persamaan garis lurus, tidak menggambarkan titik koordinat dari suatu persamaan kedalam diagram cartesius, siswa tidak hafal rumus yang berkaitan dengan persamaan garis lurus, dan siswa tidak dapat membedakan rumus yang digunakan untuk menyelesaikan soal. Alternatif mengatasi lemahnya kemampuan pemahaman siswa adalah perlu bagi guru untuk dapat mengembangkan strategi pembelajaran agar siswa terlatih kemampuan pemahaman matematisnya dengan memberikan soal – soal latihan yang bervariasi kepada siswa secara kontinu.
Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Terbuka 264 Jakarta Barat Nadiah Dirayati Atikah; Makmuri Makmuri; Tri Murdiyanto
JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpms.021.05

Abstract

Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap peserta didik dan guru SMP Terbuka 264 Jakarta Barat, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivisme pada pokok bahasan bentuk aljabar. Pendekatan konstruktivisme yang didukung beberapa penelitian relevan dianggap mampu membangkitkan motivasi dan minat belajar peserta didik. Implikasi pendekatan konstruktivisme yang diterapkan dalam pengembangan modul ini adalah Orientasi, Elicitasi, Restruksi Ide, Aplikasi Ide, dan Review. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Bahan ajar yang dikembangkan adalah modul pembelajaran matematika. Bahan ajar telah melalui validasi dan uji coba lapangan dengan instrumen penilaian yang valid. Modul diuji oleh ahli materi dan bahasa dengan nilai akhir 87,06% serta ahli media dengan nilai akhir 87,22%. Uji coba perorangan dan kelompok kecil dilakukan pada Juli 2018 di SMP Terbuka 264 Jakarta Barat dengan nilai akhir 88,72% dan 86,38%, dilanjutkan dengan uji coba kelompok besar dan guru dengan nilai akhir 88,76% dan 90,93%. Dengan demikian, dapat disimpulkan dari hasil validasi dan uji lapangan bahwa modul yang dihasilkan berada dalam kategori sangat baik dan layak digunakan. Pengembangan modul dapat diterima dengan baik oleh peserta didik dan guru, serta dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.

Page 1 of 1 | Total Record : 5