cover
Contact Name
Kadek Widiyarta
Contact Email
dekwiedie1996@gmail.com
Phone
+6287762794462
Journal Mail Official
dekwiedie1996@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali, Kode Pos 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Indonesian Values and Character Education Journal
ISSN : 26154684     EISSN : 26156938     DOI : 10.23887/ivcej.v3i1
Core Subject : Education,
Indonesian Values and Character Education Journal is a general journal published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal aims to accommodate articles of research results in the social field. In the end, this Journal can provide a description of the development of science and technology in the field of character education and value education for the academic community. This journal is published twice a year
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2020): October" : 6 Documents clear
ANALISIS PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DI SD NEGERI 11 SUNGAI MELAYU RAYAK KETAPANG Maysaroh, Siti; Nuroso, Hartono; Baedowi, Sunan
Indonesian Values and Character Education Journal Vol. 3 No. 2 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v3i2.27977

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dekriptif analisis.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis penerapan pendidikan karakter kedisiplinan di SD Negeri 11 Sungai Melayu Ketapang. Hasil angket perilaku peserta didik dalam menerapkan karakter kedisiplinan, pada kategori baik dengan prosentasi (77,92%). Faktor pendukung dari penerapan pendidikan karakter kedisiplinan di SD Negeri II Sungai Melayu Rayak peserta didik yang aktif, guru-guru yang tergolong masih muda, adanya dukungan dari sekolah seperti sarana dan prasarana yang cukup baik dan mendapatkan dukungan dari orang tua peserta didik. Faktor penghambat dalam menerapkan pendidikan karakter kedisiplinan di SD Negeri II Sungai Melayu Rayak yaitu setiap peserta didik memiliki karakter yang berbeda-beda, jadi guru juga harus memahami setiap karakteristik peserta didiknya satu-persatu untuk mengetahui bagaimana caranya menanamkan pendidikan karakter kedisiplinan yang baik dan mudah diterima oleh peserta didik.Kata Kunci :Pendidikan Karakter, Kedisiplinan, Karakter Siswa.
ANALISIS NILAI KARAKTER PADA BUKU SISWA TEMA LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT, DAN ASRI KELAS I SEKOLAH DASAR Risnwati, Nani; Dewi, Endah Rita S.; Listyarini, Ikha
Indonesian Values and Character Education Journal Vol. 3 No. 2 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v3i2.28515

Abstract

penelitian ini dilatarbelakangi karena melemahnya nilai karakter karena perkembangan zaman hal ini terbukti maraknya aski kekerasan antar pelajar penanaman nilai karakter sejak dini sangat dibutuhkan melalui buku yang mereka baca dan pelajari yaitu melalui buku siswa. Permasalah dalam penelitian ini adalah “Karakter apa saja yang terdapat pada buku siswa kelas I Sekolah Dasar Tema Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai dan mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terkandung pada buku tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari Buku Siswa Kelas I Sekolah Dasar tema Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri  yang disunting dan diterbitkan oleh Kemendikbud. Data dalam penelitian ini meliputi kata, kalima, dan gambar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai karakter dalam Buku Siswa tema Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri terdapat 14 nilai karakter yang ditemukan yaitu Religius, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Sahabat/Komunikatif, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung Jawab. Nilai karakter yang diteliti terdiri dari 18 nilai karakter dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa oleh KemendikbudKata Kunci : nilai-nilai karakter, buku siswa
ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI TENDAS KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI Novaris, Riftian; Nugroho, Ary Susatyo; Untari, Mei Fita Asri
Indonesian Values and Character Education Journal Vol. 3 No. 2 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v3i2.28572

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan proses pelaksanaan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri Tendas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kepala sekolah, pembina pramuka dan 10 peserta didik kelas 5. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui kegiatan pramuka dengan cara praktek langsung melalui keteladanan dan pembiasaan dengan cara memberikan contoh nyata disiplin dan tanggung jawab pada kegiatan pramuka, dengan materi pembacaan dasa dharma yang dapat dipahami setiap maknanya, baris berbaris, dan SKU. Proses pelaksanaannya untuk meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab dengan cara kegiatan pramuka rutin setiap minggunya, kegiatan persami dan kegiatan jelajah alam.Kata Kunci: Karakter disiplin, tanggung jawab, pramuka
Analisis Nilai Karakter Pada Lirik Lagu Dalam Buku Lagu-Lagu Pilihan Ismail Marzuk Martin, Yorris Adiguna; Ysh, A.Y. Soegeng; Listyarini, Ikha
Indonesian Values and Character Education Journal Vol. 3 No. 2 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v3i2.29243

Abstract

Munculnya lagu-lagu modern yang bertemakan cinta yang sering ditayangkan di televisi, penambahan jam pelajaran yang terfokus pada mata pelajaran ujian nasional dan tindak kekerasan yang sering bermunculan menyebakan terjadinya krisis karakter. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan nilai-nilai karakter pada lagu dalam buku lagu-lagu pilihan Ismail Marzuki. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari lagu-lagu pilhan Ismail Marzuki yang terdapat dalam buku lagu-lagu pilhan Ismail Marzuki. Prosedur pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan peningkatan ketekunan. Metode analisis data menggunakan data collection, data reduction, data display, dan verification. Dari hasil penelitian dua puluh lima lagu Ismail Marzuki dalam buku lagu-lagu pilihan Ismail Marzuki yang dianalisis ditemukan 14 nilai karakter yang muncul. Nilai karakter tersebut adalah religius, jujur, toleransi, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai karakter cinta damai dan nilai karakter komunikatif adalah nilai yang paling banyak muncul pada dua puluh lima lagu Ismail Marzuki dan nilai karakter mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, dan tanggung jawab adalah nilai yang paling sedikit muncul pada lagu Ismail Marzuki dalam buku lagu-lagu pilihan Ismail Marzuki.Jadi, dapat dikatakan bahwa lirik lagu Ismail Marzuki mengandung 14 nilai karakter.
DAYA TANGKAP SISWA TERHADAP NILAI KARAKTER PADA FILM JEMBATAN PENSIL Astrinika, Ghonys; Prasetyo, Singgih Adhi; Putri, Anggun Dwi Setya
Indonesian Values and Character Education Journal Vol. 3 No. 2 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v3i2.29707

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggungjawab yang terdapat dalam film Jembatan Pensil. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV-VI Sekolah Dasar. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, dokumentasi serta metode simak catat. Peneliti melakukan analisis terdapat tujuh belas nilai karakter dari delapan belas nilai karakter acuan yang terkandung dalam film Jembatan Pensil. Namun siswa Sekolah Dasar hanya mampu menganalisis nilai karakter jujur, nilai karakter disiplin, nilai karakter kerja keras, nilai karakter toleransi, nilai karakter mandiri, nilai karakter bersahabat/komunikatif, nilai karakter semangat kebangsaan, dan nilai karakter peduli sosial dalam film tersebut. Film ini dapat dijadikan sarana penanaman karakter yang sesuai dengan kurikulum 2013 karena dapat memberikan motivasi dan inspirasi untuk anak dengan bimbingan guru ataupun orang tua.  
Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerita Raja Gembul Karya Soesilo Toer Hakim, Moh Luqman; Noor Ahsin, Muhammad; Fardani, Much Arsyad
Indonesian Values and Character Education Journal Vol. 3 No. 2 (2020): October
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ivcej.v3i2.32667

Abstract

Pendidikan karakter merupakan elemen yang penting bagi siswa, khususnya anak-anak di sekolah dasar. Pendidikan karakter diharapkan mampu menumbuhkan karakter siswa sesuai dengan ideologi bangsa. Melalui bacaan-bacaan yang telah tersusun dalam buku pembeajaran, anak-anak mempelajari nilai-nilai karakter yang ada. Tetapi tidak menutup kemungkinan anak-anak mempelajari nilai karakter dari sekitar mereka, baik secara mandiri maupun melalui bimbingan guru dan orang tua. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam kumpulan cerita Raja Gembul karya Soesilo Toer. Hasil penelitian ini menunjukkan dari sembilan belas cerita yang telah dianalisis, terdapat delapan belas nilai karakter dalam buku kumpulan cerita Raja Gembul karya Soesilo Toer. Nilai-nilai karakter yang dianalisis dalam buku ini sesuai dengan Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (2010) yang disusun oleh Badan Penelitian dan Pengembangan, bersumber dari agama, Pancasila, kebudayaan, dan pendidikan nasional. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6