cover
Contact Name
Irfan Fauzi Rachmat
Contact Email
jendelabunda@umc.ac.id
Phone
+6285294906142
Journal Mail Official
irfan.fauzi@umc.ac.id
Editorial Address
https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/editorialboard
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon
ISSN : 23555661     EISSN : 2685564X     DOI : https://doi.org/10.32534/jjb
Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan lingkup: 1. Pendidikan dan Pembelajaran PAUD: 2. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 3. Media Pembelajaran PAUD 4. Strategi Pembelajaran PAUD 5. Kesehatan Gizi dan Nutrisi PAUD 6. Perawatan, Pelindungan dan Pengasuhan AUD, (Holistik Integratif) 7. Manajemen PAUD 8. Pertumbuhan dan Perkembangan AUD 9. Parenting Islami 10. TIK (Teknologi) untuk AUD Khusus untuk hasil penelitian, metode penelitian yang digunakan dapat menggunakan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian campuran, penelitian pengembangan, penelitian desain, ataupun jenis penelitian lainnya yang berkaitan dengan topik di atas.
Articles 29 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 2 (2023): Special Issue (Juli 2023)" : 29 Documents clear
ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI Fairuz, Nadia
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol. 11 No. 2 (2023): Special Issue (Juli 2023)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jjb.v11i2.4608

Abstract

Peran orang tua sangat berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak untuk menstimulasi perkembangan nya. Berdasarkan hasil pengamatan, permasalahan yang sering terjadi disekolah masih banyak orang tua yang belum paham tentang tahapan perkembangan anak sesuai dengan usianya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan peran orang tua dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua melalui pola asuh demokratis dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak serta mengetahui keberhasilan peran orang tua dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua sudah meningkat dengan presentase 81,12% dan termasuk berkembang dengan sangat baik. Untuk mencapai keberhasilan dalam mendidik anak, maka peran orang tua dalam mendampingi anak mencapai keberhasilan sangat diperlukan.
EFEKTIVITAS MEDIA PUPPET SHOW DALAM MENINGKATKAN BAHASA LISAN ANAK USIA DINI Sakinah, Silvani Alviatus
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol. 11 No. 2 (2023): Special Issue (Juli 2023)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jjb.v11i2.4610

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas penggunaan media puppet show sebaia alat bantu pengajaran untuk meningkatkan kemampuan Bahasa pada anak usia dini. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan observasi dan wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas, dan 10 siswa, dengan menggunakan instrument penelitian yang telah disiapkan dengan cermat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan media puppet show dapat meningkatkan kefokusan anak, menambah pengetahuan anak, dan meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak dengan hasil rata-rata Berkembang Sesuai Harapan. Harapannya adalah, guru dapat lebih bervariasi dan kreatif dalam penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar agar dapa tercapainya tujuan pembelajaran.
IMPLEMENTASI READ ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN Nurjayanti, Erna
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol. 11 No. 2 (2023): Special Issue (Juli 2023)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jjb.v11i2.4611

Abstract

Bahasa merupakan bagian penting dalam berkomunikasi sehari-hari untuk mengungkapkan ekspresi dan keinginan. Berkomunikasi dan aktifitas menyimak adalah hal yang selalu dilakukan anak setiap hari. (Oduoluwo & Oluwakemi (2014) mengungkapkan bahwa, menyimak adalah keterampilan komunikasi yang paling dominan dalam kelas dan kehidupan sehari-hari. Banyak metode variatif dalam mengembangkan kemampuan menyimak anak dalam aspek bahasa, salahsatu metode tersebut adalah Read Aloud. Hasil pengamatan pada metode belajar di TK Miftahul Jannah Kecamatan Widasari melihat ada beberapa anak yang belum bisa mengikuti kegiatan bercerita. Metode tersebut mempunyai efek memusatkan perhatian dan membuat suatu kelompok keterpaduan bentuk. Selain itu, tidak hanya memudahkan guru dalam penggunaannya, tetapi metode ini menggabungkan unsur visual dan auditori, sehingga menarik bagi anak tanpa harus membebani guru. Hal tersebut akan memberikan situasi pembelajaran bercerita yang efektif.
IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA ANAK USIA DINI DARI ORANGTUA YANG BERBEDA BANGSA DI CLC SANGGAR BELAJAR SENTUL KUALA LUMPUR MALAYSIA Nurhayati, Tati
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol. 11 No. 2 (2023): Special Issue (Juli 2023)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jjb.v11i2.4614

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi Profil Pelajar Pancasila pada Anak Usia Dini (usia 6-8 Tahun) di CLC (Community Learning Center) SB Sentul Kuala Lumpur Malaysia melalui wawasan kebangsaan yang bisa menanamkan nilai-nilai Profile Pelajar Pancasila dalam diri peserta didik dengan latar orang tua yang berbeda bangsa, sebagaimana tujuan dari wawasan kebangsaan ini yang menanamkan nilai-nilai profil pelajar pancasila, mendidik warga negara supaya supaya menjadi warga negara yang baik, terjaganya nilai luhur luhur moral bangsa, patriotik, toleran, setia terhadap bangsa dan negara, beragama, demokratis serta pancasila sejati (Somantri, 2001:279). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus disertai pendekatan fenomologi adapaun instrument yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi, display, dan tahap pengumpulan data. Metode penelitian ini dipilih karena peneliti ingin memperoleh data yang dapat mendeskripsikan penerapan profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter melalui wawasan kebangsaan peserta didik secara real dalam penelitian.penelitian ini bertujuan untuk pelaksanaan penguatan nilai nilai pancasila melalui wawasan kebangsaan sebagai upaya perwujudan profil pelajar pancasila dan mengetahui implemetasi profil pelajar. Menurut Sugiyono (2016) menyatakan bahwa metode deskriptif adalah suatu metode yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: melalui wawasan kebangsaan dapat memberikan penerapan pada nilai-nilai profil pelajar dan kemampuan anak dalam mengimplementasikan profil pelajar pancasila. Sehingga peserta didik lebih mengenal beraneka ragamnya suku bangsa, mengenal daerah asalnya, mengenal arti dari lambang bendera Indonesia, mengenal lagu-lagu wajib, lagu lagu daerah, permainan tradisional dan keberagaman budaya Indonesia. Sehingga dapat menimbulkan kecintaan terhadap Indonesia. Kesimpulan, dari temuan tersebut bahwa Implemetasi Profil Pelajar Pancasila dapat mengembangkan wawasan kebangsaan pada anak usia dini dari orang tua yang berbeda bangsa di sanggar belajar Sentul Kuala Lumpur Malaysia.
Pengembangan Modul Pembelajaran STEAM berbasis External Resources Installation Teaching (ERIT) Laila, Dwi Nopita
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol. 11 No. 2 (2023): Special Issue (Juli 2023)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jjb.v11i2.4618

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan sebuah Modul Pembelajaran Berbasis External Resources Installation Teaching (ERIT) yang valid dan efektif untuk anak usia dini (5-6 tahun) di RA Al-Fatih Pangandaran tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan Borg dan Gall (1983) menjadi delapan tahapan. Tahapan-tahapan tersebut mencakup analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji validitas ahli, revisi, uji lapangan awal, evaluasi operasional, dan uji lapangan akhir. Subjek penelitian ini adalah anak usia dini di RA Al-Fatih Pangandaran sebanyak 16 anak dan 7 validator ahli pendidikan serta ahli materi pembelajaran yang merupakan dosen. Objek penelitian ini adalah Modul Pembelajaran Berbasis External Resources Installation Teaching (ERIT). Teknik pengumpulan data kualitatif dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan validasi ahli dan tes. Data dikumpulkan melalui lembar validasi ahli dan tes sebagai instrumen pengumpulan data. Teknik kualitatif dan kuantitatif digunakan sebagai teknik analisis data dalam penelitian ini. Uji validitas dilakukan sebanyak dua kali, keduanya menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah dinyatakan valid. Kemudian, uji coba lapangan berkala dilakukan menunjukkan bahwa modul ini efektif. Hal ini dibuktikan dengan data hasil uji U-test yang menunjukan nilai signifikansi tes pada setiap aspeknya kurang dari 0,05, yang mengindikasikan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Modul Pembelajaran Berbasis External Resources Installation Teaching (ERIT) telah dinyatakan valid dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar anak usia dini (5-6 tahun) di RA Al-Fatih Pangandaran tahun ajaran 2022/2023.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSSY BOOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM NURUL HALIM Kemuning, Merli
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol. 11 No. 2 (2023): Special Issue (Juli 2023)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jjb.v11i2.4620

Abstract

Perkembangan bahasa merupakan perkembangan yang terkait dengan kemampuan berpikir seseorang yang diartikan sebagai perkembangan yang menunjukan kemampuan intelektual.salah satunya adalah bahasa arab untuk anak bahasa arab yang sederhana mengenal kata kata sederhana dalam bahasa arab. Pada penelitian ini menggunakan media Busy book untuk melihat permasalahan yang ada pada kelompok A di TK Nurul Halim dalam peningkatan perkembangan anak dalam pembelajaran BahasaArab Anak. Dalam penelitian ini yaitu kelompok A TK Nurul Halim, dengan jumlah siswa 17 siswa yang terdiri dari 12 amak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini meliputi indikator anak mampu mengklasifikasikan warna, bentuk, dan ukuran dengan baik mencapai 75%. Berdasarkan hasil penelitian sebelum atau pra tindakan didapat data sebagai berikut: Dapat diuraikan Pratindakan hanya 2 anak yang tuntas dengan presentase 12% dan 15 Anak tidak tuntas dengan presentase 88%dengan hasil rata-rata 1,7 dan presentase keberhasilan 44%, Pada Siklus I ada hari ke 2 mengalami kenaikan dengan presentase 47%,presentase keberhasilan 62,5%, pada siklus ke II mengalami kenaikan yang signifikan yaitu dengan Rata-rata 3,5 dan dengan hasil presentase keberhasilan 87,5% dan dapat disimpulkan bahwa perkembangan bahasa arab dengan menggunakan media bussy book sangat berpengaruh sehingga mengalami perkembangan yang sangat memuaskan.
ANALISIS PERAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK (STUDI KASUS) DI TK INTAN SURABAYA Aisyah, Zalza Nabila Nur Fajar
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol. 11 No. 2 (2023): Special Issue (Juli 2023)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jjb.v11i2.4621

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua terhadap perkembangan bahasa anak di TK Intan Surabaya. Metode penelitian yang diterapkan kualitatif deskriptif. Desain penelitian yang digunakan yaitu studi kasus yang difokuskan pada peran orang tua terhadap perkembangan bahasa anak di TK Intan Surabaya. Teknik pengumpulan data menerapkan triangulasi sumber data yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah wali murid (orang tua) ananda P, wali kelas, dan kepala sekolah untuk mendapatkan data mengenai perkembangan bahasa anak. Objek pada penelitian ini analisis peran orang tua terhadap perkembangan bahasa anak TK Intan Surabaya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa orang tua stimulasi yang diberikan orang tua mempengaruhi perkembangan bahasa anak dengan optimal anak bisa berbahasa dan kemampuan bahasa ekspresif.
ANALISIS KETERCAPAIAN HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI RA AN NAZLA Saufah, Saufah
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol. 11 No. 2 (2023): Special Issue (Juli 2023)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jjb.v11i2.4623

Abstract

Capaian pembelajaran (CP) merujuk pada kemampuan belajar yang harus dikuasai oleh murid pada setiap tahap perkembangan, mulai dari fase Fondasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Masa anak usia dini adalah periode penting di mana pertumbuhan mereka sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia selalu berinteraksi dengan orang lain menggunakan bahasa atau simbol-simbol tertentu. Oleh karena itu, perancangan pembelajaran bahasa Arab untuk anak usia dini menjadi penting agar mencapai hasil pembelajaran yang diharapkan. Dalam penelitian ini, pengamatan menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab menggunakan media kartu kecil yang berisi kosakata bahasa Arab, angka, atau huruf Romawi Arab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tujuan untuk menilai pencapaian hasil pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media kartu kecil masih belum optimal di RA AN Nazla, karena beberapa anak menghadapi kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab, dan terdapat kurangnya minat dari anak-anak dalam mempelajari bahasa Arab.
EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN CANVA DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SURAT PENDEK PADA KELOMPOK B KB (KELOMPOK BERMAIN) NURUL HUDA DESA CIKULAK KIDUL Suhaemah, Siti
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol. 11 No. 2 (2023): Special Issue (Juli 2023)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jjb.v11i2.4629

Abstract

Pada Pembelajaran Hafalan Surat Pendek Pada Kelompok B KB (Kelompok Bermain) Nurul Huda masih mengalami kendala menghafal hafalan surat pendek atau kurang, karena kemampuan peserta didik tidak semua memahami atau tertarik dengan hanya sekedar hafalan saja. Untuk itu penulis bertujuan memberikan stimulasi Metode Pembelajaran Canva Dalam Meningkatkan Hafalan Surat Pendek Pada Kelompok B KB (Kelompok Bermain) Nurul Huda. Metode penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis studi kasus disertai pendekatan fenomenologi. Adapun instrument yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi, display, dan tahap verifikasi. Temuan penelitian ini adalah Efektivitas Media Pembelajaran canva Dalam Meningkatkan Hafalan Surat Pendek Pada Kelompok B KB (Kelompok Bermain) Nurul Huda Di Kecamatan Waled. Kesimpulan dari temuan tersebut adalah bahwa Efektifitas Media Pembelajaran Canva Dalam Meningkatkan Hafalan Surat Pendek Pada Kelompok B KB (Kelompok Bermain) Nurul Huda Di Kecamatan Waled. Hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian Efektivitas Metode Pembelajaran Canva Dalam Meningkatkan Hafalan Surat Pendek Pada Kelompok B KB (Kelompok Bermain) Nurul Huda Di Kecamatan Waled membutuhkan proses pembelajaran menjadi tidak membosankan salah satunya ialah aplikasi Canva, Canva merupakan aplikasi berbasis online dengan menyediakan desain menarik berupa template, fitu-fitur dan kategori-kategori yang diberikan di dalamnya
PENGARUH GAME WORDWALL TERHADAP PENGETAHUAN PERSONAL SAFETY SKILL ANAK USIA DINI Putri, Deasti
Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon Vol. 11 No. 2 (2023): Special Issue (Juli 2023)
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jjb.v11i2.4630

Abstract

Isu kekerasan terhadap anak masih menjadi masalah kritis yang harus segera di tangani. Fenomena kekerasan seksual ini disebabkan oleh banyak penyebab. Salah satu penyebabnya karena kurangnya pembelajaran keterampilan keselamatan diri pada anak. Untuk mengurangi kasus child sexual abuse, penting bagi orang tua maupun pendidik untuk mengajarkan anak-anak tentang cara melindungi diri sendiri. Termasuk dengan memberikan mereka pengetahuan dan mengajarkan mereka cara menghargai diri sendiri melalui media pendidikan. Salah satunya adalah media pendidikan berupa permainan wordwall. Tujuan pada penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh permainan wordwall dalam pembelajaran di TK ‘‘Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Cilegon tentang keamanan diri. Penelitian berjenis kuantitatif eksperimen ini memakai desain one-group pretest-postest design. Terdapat 48 siswa di TK ‘‘Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Cilegon, dengan sampel sebanyak 36 siswa di antaranya berusia antara 5 dan 6 tahun. Data survei dilengkapi dengan dokumen, tes, dan metode wawancara. Uji analisis prasyarat yang digunakan adalah normalitas dan homogenitas. Selain itu, dalam penelitian ini, hipotesis N-Gain dan paired sample t-test digunakan sebagai uji hipotesis. Berdasarkan paired sample t-test, hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak berusia 5 hingga 6 tahun di TK ‘‘Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Cilegon menunjukkan perbedaan signifikan antara permainan wordwall dan kemampuan dalam keterampilan keselamatan diri. Diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah sekitar 0.000<0.05, yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa sekitar 75% penggunaan permainan wordwall meningkatkan pemahaman seorang anak tentang keterampilan keselamatan diri. Dengan demikian, anak-anak berusia antara 5 dan 6 tahun di TK ‘‘Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Cilegon menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman mereka tentang keterampilan keselamatan diri.

Page 1 of 3 | Total Record : 29