cover
Contact Name
Hadijah wahid
Contact Email
gp2m.fehi@gmail.com
Phone
+6285210860232
Journal Mail Official
ijha747@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Hasanuddin no. 20 Sinjai
Location
Kab. sinjai,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Asy-Syarikah : Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam
ISSN : 26566117     EISSN : 27150356     DOI : https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v3i1
Core Subject : Economy,
Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam memuat seputar masalah lembaga keuangan, ekonomi, dan bisnis baik bersifat konvensional maupun syariah. Dikelola oleh Prodi Perbankan Syariah. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Maret dan bulan September setiap tahun. Fokus bidang keilmuan pada pengembangan ekonomi bisnis, Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam menerbitkan artikel yang telah publish dapat didownload secara gratis, dibaca dan disebarluaskan sebagai rujukan artikel selanjutnya. Paper di Submit secara online dengan melakukan registrasi terlebih dahulu di website ini atau dapat dikirimkan via email gp2m.fehi@gmail.com dengan mengikuti Template dan Panduan Penulisan serta mengirimkan artikel bersama surat pernyataan publikasi. Fokus dalam jurnal ini adalah menerima artikel dalam bidang: 1. Lembaga Keuangan syariah 2. Ekonomi Islam 3. Bisnis Islam 4. Bisnis Konvensional
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2022): Asy-Syarikah Volume 4 Nomor 2 September Tahun 2022" : 6 Documents clear
TEORI AGENSI ISLAM SEBAGAI LOKOMOTIF MORAL HAZARD DAN ADVERSE SELECTION Zulfajrin Zulfajrin; M. Wahyuddin Abdullah; Ziana Asyifa
Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 4 No 2 (2022): Asy-Syarikah Volume 4 Nomor 2 September Tahun 2022
Publisher : Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/asy-syarikah.v4i2.1047

Abstract

Teori Agensi Islam Sebagai Lokomotif Moral Hazard Dan Adverse Selection Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Dengan pendekatan paradigma religius dan paradigma kritis. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan fenomena, hingga kajian kepustakaan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hasil penelitian Teori keagenan yang menjelaskan masalah risiko antara prinsipal dan agen yang dihasilkan dari kerjasama antara prinsipal dan agen sering kali membahas peran informasi akuntansi sebagai media penghubung antara kedua belah pihak. Perbedaan wawasan antara prinsipal dan agen serta perbedaan informasi agen membuat agen sering melaporkan informasi asimetris yang tidak valid untuk mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Moral Hazard Ini mendesak para prinsipal untuk menerapkan sistem pengendalian untuk mengawasi perilaku manajemen sebagai pemegang amanah. Manajer dipahami sebagai agen yang mengejar kepentingan pribadi terhadap kepentingan investasi pemilik atau pemegang saham perusahaan yang kemudian menciptakan sisa kerugian residual dikarenakan kepentingan pribadi manajer Masalah keagenan bukan hanya terjadi antara manajer dengan pemegang saham, tetapi dapat juga terjadi antara manajer dengan kreditor, antara pemegang saham dengan kreditor. Teori agensi dalam perspektif Islam hadir menjadi solusi bagi dua permasalahan tersebut, diantaranya Moral Hazard dan Adverse selection. Salah satunya dengan menerapkan sistem kerjasama yang sesuai syariat Islam, dengan memenuhi hak dan kewajiban dari setiap penanggung dan tertanggung.
PENGARUH DANA PIHAK KETIGA DAN INFLASI TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK UMUM SYARIAH BUMN PADA TAHUN 2016-2020 Dima Maulika Sehany; Maulida Nurhidayati
Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 4 No 2 (2022): Asy-Syarikah Volume 4 Nomor 2 September Tahun 2022
Publisher : Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/asy-syarikah.v4i2.1051

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dana pihak ketiga dan inflasi terhadap ROA Bank Umum Syariah BUMN pada tahun 2016-2020 dan mengetahui perbedaan tingkat ROA Bank Umum Syariah BUMN sebelum dan saat masa pandemi. Kebaruan dari penelitian ini adalah penggunaan regresi data panel dan adanya analisis komparasi tingkat ROA sebelum dan selama pandemi tiap sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Dengan jumlah sampel 3 Bank Umum Syariah BUMN, yaitu BRISyariah, BNI Syariah dan Bank Syariah Mandiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan analisis regresi data panel, pengujian asumsi klasik, pengujian hipotesis, dan analisis komparasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dana pihak ketiga dan inflasi tidak berpengaruh terhadap ROA Bank Umum Syariah BUMN periode 2016-2020 secara parsial. Dana pihak ketiga dan inflasi berpengaruh terhadap ROA Bank Umum Syariah BUMN periode 2016-2020 secara simultan dengan pengaruh terhadap ROA sebesar 11,5%. Terdapat perbedaan yang signifikan tingkat ROA BRISyariah dan Bank Syariah Mandiri sebelum dan saat masa pandemi. Namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan tingkat ROA BNI Syariah sebelum dan saat masa pandemi. Abstract The purpose of study is to determine and analyze the effect of third-party funds and inflation on ROA of BUMN Sharia Commercial Banks in 2016-2020 and to determine the difference in ROA level of BUMN Sharia Commercial Banks before and during the pandemic. The novelty of this research is the use of panel data regression and comparative analysis of ROA levels before and during the pandemic for each sample. This research uses quantitative methods, and using secondary data. This research uses a purposive sampling method, with 3 sample of BUMN Sharia Commercial Banks, which is BRISyariah, BNI Syariah, and Bank Syariah Mandiri. The data collection techniques using documentation studies, the data analysis technique in this research is panel data regression, classical assumption testing, hypothesis testing, and comparative analysis. Based on the results, it can be concluded that third party fundsband inflation do not partially affect the ROA of BUMN Sharia Commercial Banks in 2016-2020. Third-party funds and inflation have an effect on ROA BUMN Sharia Commercial Banks in 2016-2020 simultaneously with an effect on ROA 11,5%. There is a significant difference between the ROA levels of BRISyariah and Bank Syariah Mandiri before and during the pandemic. However there is no significant difference in the ROA levels of BNI Syariah before and during the pandemic.
AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ZAKAT BERDASARKAN SYARIAH ENTERPRISE THEORY (SET) Berlian Berlian; Murtiadi Awaluddin
Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 4 No 2 (2022): Asy-Syarikah Volume 4 Nomor 2 September Tahun 2022
Publisher : Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/asy-syarikah.v4i2.1079

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam bagaimana memaknai akuntabilitas dalam pengelolaan zakat yang melihat syariah enterprise theory (SET) sebagai basis akuntansi syariah. Akuntabilitas dalam pengelolaan zakat sangat diperlukan untuk mewujudkan kepercayaan pihak-pihak yang terkait, seperti muzakki, mustahiq, Pemerintah maupun masyarakat secara keseluruhan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui kajian referensi. Deskriptif kualitatif adalah karena peneliti ingin mendeskripsikan keadaan yang akan diamati di lapangan dengan lebih spesifik, transparan, dan mendalam. Dalam artikel ini, penulis mencoba menelaah konsep syariah enterprise theory dalam penerepannya terhadap pengelolaan dana zakat. Hasilnya akuntabilitas tidak hanya menyangkut aspek fisik yang bersifat kuantitatif saja tetapi tidak kalah penting aspek spiritual dan mental. Akuntabilitas yang hanya melibatkan aspek fisik saja cenderung bebas nilai sehingga penilaiannya hanya untung/rugi secara material dan cenderung kurang humanis Dalam pengelolaan dana zakat, amanah merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada Allah untuk menghimpun dan mengelola dana zakat sesuai dengan syari’ah Islam yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadist.
STRATEGI CUSTOMER SERVICE BANK SYARIAH INDONESIA KCP GUNUNG KIDUL WONOSARI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA TERHADAP PRINSIP SYARIAH Vivi Lutfiatin Atin; Luthfi Hadi Aminuddin
Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 4 No 2 (2022): Asy-Syarikah Volume 4 Nomor 2 September Tahun 2022
Publisher : Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/asy-syarikah.v4i2.1166

Abstract

Bank Syariah Indonesia is a financial institution that is engaged in services based on sharia principles. Where the bank must prepare qualified, trustworthy, obedient to bank operations and have a good service strategy so that the bank is able to provide services and handle various customer complaints. In this case, customer service is the key to success in banking activities. This study aims to: (1) find out customer service in improving excellent service to sharia principles, (2) find out customer service strategies in improving excellent service to sharia principles, (3) find out the impact of service in improving excellent service to sharia principles. In this study, the author uses a qualitative approach and the type of research (field research), data collection techniques by means of interviews and documentation. Furthermore, data analysis using the description method. The data source is Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Kidul Wonosari. Based on the results of the study, it can be concluded that the strategy used by customer service at Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Kidul Wonosari to improve excellent service to sharia principles is customer service in providing services to its customers, namely using the basic strategy of being friendly, responsive, and good name tags. always considered, while the main strategies are Responsiveness (Quick Respond), Competence (competence), Credibility (trustworthy), Contribution (contribution), Honesty (honesty), Service Excellent (excellent service), Innovation (change). Strategi customer service bank syariah Indonesia Kcp gunung Kidul Wonosari dalam meningkatkan pelayanan prima terhadap prinsip syariah. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pelayanan, Strategi dan dampak pelayanan dalam meningkatkan pelayanan prima terhadap prinsip syariah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian (field research), teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi dengan memakai analisis data menggunakan metode deskripsi. Data yang menjadi sumber adalah Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Kidul Wonosari. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan customer service Bank Syariah Indonesia KCP Gunung Kidul Wonosari untuk meningkatkan pelayanan prima terhadap prinsip syariah adalah pelayanan customer service dalam memberikan pelayanan kepada nasabahnya yaitu menggunakan strategi dasar yaitu bersikap ramah, cepat tanggap, dan name tag yang selalu diperhatikan, sementara strategi utamanya adalah Responiveness (Cepat Tanggap), Competence (kompetensi), Credibility (dapat dipercaya), Contribution (kontribusi), Honesty (kejujuran), Service Excellent (pelayanan prima), Innovation (perubahan).
PERAN CUSTOMER SERVICE DALAM HANDLING COMPLAIN UNTUK KEPUASASN NASABAH PADA BRI UNIT SANGIASSERI KECAMATAN SINJAI SELATAN Nunung Sari; Nurwahida Nurwahida; Rahman Subha
Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 4 No 2 (2022): Asy-Syarikah Volume 4 Nomor 2 September Tahun 2022
Publisher : Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/asy-syarikah.v4i2.1200

Abstract

Peran Customer Service Dalam Heandling Complain Untuk Kepuasan Nasabah Pada BRI Unit Sangiasseri Kecamatan Sinjai Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui: model complain nasabah serta peran customer service dalam heandling complain untuk kepuasan nasabah pada BRI unit sangiasseri. Jenis penelitian yang digunakan yaitu field research dengan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi, dengan instrument penelitian lembar pedoman dan lembar dokumentasi adapaun keabsahan data triangulasi dengan teknik analisis data, pengumpulan data, verification, display, and conclution. Hasil penelitian menunjukkan. pertama, model complain nasabah mulai dari complain mengenai kartu ATM terblokir, kartu ATM eror, kartu ATM hilang, kartu ATM expayer dan cara penggunaan aplikasi BRImo. Kedua, peran customer service dalam handling complain untuk kepuasan nasabah pada BRI unit sangiasseri kecamatan sinjai selatan cutomer service akan meminta dokumen pendukung ketika ingin memperbaiki kartu ATM yang terblokir, memberikan solusi yang lain ketika ATM miliknya eror karena ATM yang eror selanjutnya ketika kartu ATM nasabah hilang nasabah ke kantor polisi untuk meminta surat keterangan hilang dan kembali ke kantor dengan membawa dokumen pendukung lainnya, ketika kartu ATM nasabah expayer nasabah mengisi formulir pengajuan kartu ATM yang baru dan customer service membantu nasabah untuk mendownload aplikasi BRImo terlebih dahulu kemudian mengarahkan nasabah dalam penggunaanya.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RUMAH MAKAN BERKAH PANAIKANG KEC.SINJAI TIMUR KAB SINJAI SELATAN Syarigawir Syarigawir; Heri Irawan; ST. Hadijah Wahid; Abdul Rahman
Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 4 No 2 (2022): Asy-Syarikah Volume 4 Nomor 2 September Tahun 2022
Publisher : Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47435/asy-syarikah.v4i2.1215

Abstract

Pengaruh kualitas produk dan pelayanan Terhadap kepuasan pelanggan di rumah makan Berkah panaikang kec.sinjai timur Kab sinjai selatan, Jenis penelitian yang di gunakan adalah survey analitik yang merupakan jenis penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa pengaruh antara variabel dengan pendekatan cros sectional populasi berjumlah 120 orang dengan sampel sebanyak 55 orang. Hasil penelitian ini dengan uji chi-square antara variabel pelayanan dengan kepuasan pelanggang menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kedua variabel tersebut dengan nilai p=0,00, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima Namun dalam penelitian ini didapatkan bahwa responden sebagian besar puas dengan yang diberikan sedangkan variabel Produksi dengan kepuasan pelanggang menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kedua variabel tersebut dengan nilai p=0,00, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima ini menunjukkan bahwa kualitas produksi sangat erat kaitamnnya dengan kepuasan pelanggang di rumah makan Berkah Kec, Sinjai Timur dengan kesimpulan bahwa Ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggang bahwa pelayanan yang berkualitas dapat memberi kepuasan terhadap pelanggang.dam Ada pengaruh yang signifikan kualitas produksi terhadap kepuasan pelanggang ,bahwa produksi yang berkualitas sangat mempengaruhi kepuasan pelanggang sehingga disarankan kepada pengelola rumah makan lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggang dimasa yang akan datang sehingga kepuasan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6